11 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak Perhotelan

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan di jurusan perhotelan? Mengapa tidak? Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal dengan daerah wisata yang indah dan mempesona. Hal itu terang saja membuat pekerjaan di bidang pariwisata dan perhotelan pun terlihat cukup menjanjikan.

Namun apa saja jurusan kuliah yang cocok untuk anak perhotelan? Yuk simak ulasannya secara lengkap hanya dalam artikel berikut ini.

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kamu yang Ingin Bekerja di Bidang Perhotelan

Apa saja materi atau ilmu pengetahuan yang akan dipelajari dalam jurusan perhotelan? Perlu diketahui bahwa jika Kamu memilih jurusan perhotelan saat kuliah nanti, maka akan mempelajari tentang metode pengelolaan hotel. Yang mana dalam bidang tersebut terdiri dari dua macam yaitu manajemen bisnis dan potensi pariwisata.

jurusan kuliah yang cocok untuk anak perhotelan
jurusan kuliah yang cocok untuk anak perhotelan

Seseorang yang bekerja di hotel, harus mampu untuk menyeimbangkan kedua macam aspek yang ada di dalam bidang perhotelan tersebut dalam upaya mengelola manajemen hotel sehingga bisa mendapatkan kesuksesan di dalamnya. Bahwa seseorang yang bekerja di sebuah hotel harus bisa memberikan pelayanan terbaik untuk para tamunya dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku di daerah tersebut.

Selain itu, Kamu juga harus bisa menguasai bahasa asing secara aktif. Serta mampu menjadikan hotel sebagai sarana untuk lebih menyejahterakan kehidupan karyawan serta masyarakat yang ada di sekitarnya.

Setidaknya ada sekitar 10 jurusan yang bisa Anda ambil jika ingin memiliki karir di bidang perhotelan.

1. Jurusan Tata Boga

Kamu bisa mengambil jurusan Tata Boga untuk memiliki karir di bidang perhotelan. Jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang sangat dibutuhkan dalam bidang pelayanan yang diberikan pada seluruh tamu hotel yang datang dan menginap.

Jurusan ini akan mencakup tentang ilmu pengetahuan mengolah makanan, menyajikan makanan, menyimpan makanan dengan benar dan memberikan sajian makanan sesuai dengan pesanan para tamu hotel. Dan semua yang bekerja di bagian makanan serta minuman untuk para tamu hotel harus memiliki kondisi tubuh yang sehat serta dituntut untuk lebih kreatif dalam pekerjaannya.

2. Jurusan Perhotelan

Kemudian jurusan yang kedua adalah jurusan perhotelan. Dalam jurusan ini Kamu akan dilatih untuk mempelajari tentang bagaimana cara mengelola sebuah hotel, cara memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan untuk semua kalangan tamu yang datang.

Bukan hanya itu saja, Kamu juga harus bisa memasarkan hotel dengan baik sehingga memiliki perkembangan dan kemajuan yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.


3. Jurusan Manajemen Perhotelan

Untuk jurusan manajemen perhotelan, Kamu akan mempelajari tentang cara mengatur dan mengelola sebuah hotel agar supaya bisa memberikan kenyamanan dan kepuasan layanan pada para tamunya. Kamu juga akan dilatih untuk bisa melakukan manajemen keuangan hotel agar supaya tetap memberikan layanan berkualitas untuk para tamu sekaligus bisa menyejahterakan karyawan yang bekerja di hotel tersebut.

jurusan kuliah yang cocok untuk anak perhotelan

4. Jurusan Akuntansi

Mengapa jurusan akuntansi dibutuhkan dalam bidang perhotelan? Karena lulusan jurusan akuntansi akan bisa membantu dalam urusan pencatatan keuangan dengan baik dan benar. Bahwa dalam keuangan hotel akan memiliki arus keluar dan masuk yang jelas serta bisa dikelola dengan lebih baik.

5. Jurusan Perpajakan

Bahwa semua hal yang berhubungan dengan keuangan, pasti akan secara otomatis juga berhubungan dengan perpajakan. Lulusan jurusan pajak juga memiliki peluang untuk bisa memiliki profesi di bidang perhotelan.

6. Jurusan Keuangan

Keuangan hotel tentunya tidak hanya mencakup semua uang yang masuk dan keluar dalam aktivitas harian mereka. Namun semua hal yang berhubungan dengan pengelolaan hotel, pelayanan pada para tamu, pemeliharaan dan perawatan fasilitas hotel, manajemen hotel dan lain sebagainya juga turut diatur sedemikian rupa oleh bagian keuangan hotel.

Maka dari itu, hotel yang sudah besar dan terkenal pastinya akan membutuhkan lulusan jurusan keuangan yang dianggap bisa membantu melakukan pencatatan dan pengelolaan secara maksimal dalam bidang keuangan hotel mereka.


jurusan kuliah yang cocok untuk anak perhotelan

7. Jurusan Hubungan Internasional

Menjadi lulusan dari Jurusan Hubungan Internasional rupanya sangat memiliki peluang untuk berkarir di bidang perhotelan. Terutama jika Kamu bekerja di sebuah hotel yang berada di dekat kawasan wisata ternama di Indonesia.

Bahwa sebuah hotel akan membutuhkan seseorang yang ahli untuk melakukan komunikasi antar negara. Sehingga mereka bisa menjalin kerja sama yang baik dengan negara lainnya dalam rangka untuk menciptakan kawasan wisata yang nyaman untuk para wisatawan yang datang ke negara tertentu sesuai dengan sistem yang ada di negara tersebut.

8. Jurusan Sistem Informasi

Jurusan sistem informasi akan mempelajari tentang bagaimana mengadakan sistem informasi untuk hotel yang sejalan dengan dunia perhotelan yang digeluti. Sistem informasi disini berkaitan erat dengan data para tamu, komunikasi antara Anda dengan para tamu dan bagaimana untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik pada para tamu yang datang.

9. Jurusan Pemasaran

Untuk jurusan pemasaran akan memiliki tugas penting yaitu untuk menjadikan hotel tempatnya bekerja menjadi lebih maju dan berkembang lebih besar lagi. Hal itu bisa dicapai dengan sistem pemasaran yang efektif untuk menarik datangnya para tamu yang lebih banyak serta bagaimana untuk menjaga kepercayaan para tamu yang sudah pernah menginap di hotel tersebut.

Dengan kata lain, lulusan jurusan pemasaran memiliki peranan yang cukup penting dalam profesi bidang perhotelan. Mereka harus selalu bisa memberikan ide terbaik mereka untuk menjadi marketing terbaik untuk memperkenalkan hotel tempat mereka bekerja pada khalayak umum.

jurusan kuliah yang cocok untuk anak perhotelan
jurusan kuliah yang cocok untuk anak perhotelan

10. Jurusan Sastra Bahasa

Dan jurusan yang terakhir yang memiliki prospek untuk bisa bekerja di bidang perhotelan adalah dengan memilih jurusan sastra bahasa. Bahwa jurusan sastra ternyata sedikit banyak memiliki peranan dalam karir bidang perhotelan.

Mereka yang lulus dari jurusan sastra umumnya memiliki karakter yang unik dan menarik serta lebih kreatif dalam menunjukkan ekspresi mereka.

Bidang perhotelan umumnya kerap memanfaatkan lulusan jurusan sastra untuk membuat kesan hotel mereka tampak lebih artistik dan lebih menarik dengan semua ornamen yang ditempatkan di beberapa sudut area hotel tersebut.


Itulah beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk Kamu yang ingin berkarir di bidang perhotelan. Perlu diketahui bahwa untuk bekerja di bidang perhotelan maka minimal Kamu harus memiliki beberapa keahlian dan pengetahuan secara khusus. Diantaranya adalah keahlian dan ilmu pengetahuan untuk :

  • Berkomunikasi

Dalam hal ini komunikasi bukan hanya dilakukan dengan para tamu hotel saja, namun juga semua orang yang beraktivitas di dalam hotel tempat Kamu bekerja.

  • Menguasai bahasa asing

Dituntut untuk bisa menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional dan bahasa yang paling banyak dipakai oleh berbagai negara di dunia.

  • Memberikan pelayanan terbaik

Kamu juga harus bisa memberikan layanan terbaik sesuai dengan standar operasional yang berlaku pada hotel. Tentunya dengan tetap memperhatikan aturan dan ketentuan yang berlaku dalam hotel tersebut.

  • Bekerja dalam tim

Kebanyakan pekerjaan yang dilakukan di bidang perhotelan adalah jenis pekerjaan yang harus bisa diselesaikan dengan baik dengan cara bekerja sama dalam tim. Maka Kamu juga harus bisa bekerja sama dalam tim dengan baik dan benar.

  • Manajerial

Kamu harus memiliki kemampuan manajerial yang bagus dan memadai untuk bisa melakukan pengelolaan pada hotel.

  • Teliti, detail dan tekun

Dan semua orang yang berkarir di bidang perhotelan harus bisa memiliki sifat yang lebih teliti, detail dan juga tekun. Karena pekerjaan mereka adalah berhubungan langsung dengan kepentingan orang lain.

jurusan kuliah yang cocok untuk anak perhotelan

Prospek Kerja Setelah Berkuliah di Jurusan Perhotelan

Ke depannya, setelah berhasil menyelesaikan pendidikan di jurusan kuliah yang cocok untuk anak perhotelan maka ada banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa menjadi pilihan profesi Kamu nantinya. Seperti memiliki profesi yang menjanjikan di kapal pesiar, hotel berbintang yang ternama, memulai bisnis agen perjalanan dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah beberapa jenis profesi yang bisa Kamu miliki jika berkuliah di jurusan perhotelan.

  1. Pebisnis dalam bidang pariwisata dan perhotelan
  2. Chef
  3. Staf khusus kapal pesiar
  4. Staf untuk maskapai penerbangan
  5. Karyawan hotel
  6. Bagian pemasaran hotel
  7. Perencana acara pernikahan
  8. Ahli minuman anggur atau makanan pencuci mulut
  9. Pembuat kue profesional
  10. Editor Choices :
Komentar / Pertanyaan