Gaji Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran beserta Keunggulan dan Kekurangannya

Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) adalah jurusan yang berhubungan dengan komunikasi dan korespondensi dalam ruang lingkup perkantoran. Jurusan studi tingkat SMK ini dulunya bernama Administrasi Perkantoran (AP) yang mempelajari terkait pengelolaan perkantoran seperti pembukuan, public relations, hingga pengarsipan. Lalu, berapakah gaji otomatisasi dan tata kelola perkantoran?

Gaji otomatisasi dan tata kelola perkantoran bervariasi tergantung pada keterampilan yang dimiliki serta bidang kerja yang mereka pilih. Walaupun kerjanya hanya di ruang lingkup perkantoran, namun prospek kerjanya sangat luas karena hampir semua perusahaan membutuhkan lulusan dari OTKP.

Apa itu Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)

Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) merupakan jurusan sekolah SMK yang mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan operasional perkantoran. Lulusan jurusan OTKP 2023 diharapkan untuk siap bekerja di perkantoran tanpa memandang bidang usahanya.

gaji otomatisasi dan tata kelola perkantoran
gaji otomatisasi dan tata kelola perkantoran

Di luar negeri, jurusan ini dinamakan sebagai Office Automation and Governance. Jurusan ini memang tidak sebanyak jurusan administrasi maupun manajemen, namun kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan lebih luas karena banyak perusahaan yang membutuhkannya.

Tidak semua SMK Negeri maupun swasta memiliki jurusan satu ini. Jadi, apabila kalian tertarik untuk masuk jurusan OTKP, pastikan bahwa sekolah yang kalian daftar sudah memiliki jurusan OTKP sesuai dengan kurikulum yang sudah di tetapkan.

Nantinya, di jurusan ini kalian akan dilatih untuk membuat, menata, dan mengelola arsip perkantoran. Termasuk juga melakukan tata kelola kepegawaian dan tata kelola keuangan yang diharapkan dapat berguna setelah lulus SMK kelak.

Apabila kalian ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, maka dapat masuk ke jurusan perguruan tinggi yang masih sejalur yakni:

  • Pendidikan Administrasi Perkantoran
  • Administrasi Perkantoran
  • Manajemen
  • Ilmu Komunikasi atau Politik
  • Administrasi Negara
  • Akuntansi
  • Pariwisata dan Perhotelan
  • Sekretaris
  • Ilmu Perpustakaan
  • Hubungan Internasional

Apa saja yang Dipelajari di Jurusan OTKP

Ada banyak hal yang dipelajari oleh jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) mulai dari keterampilan dasar, materi pengetahuan, hingga praktek. Berikut rincian lengkapnya:

  • Administrasi umum: mempelajari tentang ilmu administrasi perkantoran yang dapat digunakan untuk mengelola perusahaan, mengatur pegawai, hingga pengelolaan SDM.
  • SIMKOMDIG (Simulasi dan Komunikasi Digital): berisi pembelajaran tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan perangkat digital khususnya untuk kategori software digital.
  • Kearsipan: mempelajari tentang urusan berkas, dokumen, dan kebutuhan surat menyurat. Materi ini mencangkup tentang pembuatan, pengelolaan, sekaligus penataan berkas perkantoran.
  • Ekonomi bisnis: mata pelajaran yang mempelajari terkait permintaan dan penawaran dalam konsep ekonomi seperti permintaan dan penawaran, produksi, konsumsi, dan juga distribusi.
  • Teknologi perkantoran: mempelajari terkait cara mengaktifkan, mengoperasikan, dan merawat teknologi perkantoran seperti komputer, laptop, PC, mesin print, mesin foto copy, dan lainnya.
  • Administrasi khusus: selain mempelajari administrasi umum, jurusan OTKP juga mempelajari administrasi khusus seperti administrasi kepegawaian, keuangan, humas, dan sarana prasarana.
gaji otomatisasi dan tata kelola perkantoran

Prospek Kerja dan Estimasi Gaji Jurusan OTKP

Inilah daftar prospek kerja dari jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran beserta estimasi gajinya yang perlu kalian ketahui:

1. Staf Administrasi

Perlu kalian tahu, dalam suatu perusahaan tentunya terdapat banyak bidang mulai dari bidang produksi, keuangan,  operasional, marketing, ekspor impor, dan lainnya.


Nah, untuk staf administrasi sendiri nantinya dibutuhkan untuk masing-masing bidang tersebut jadi ada staf administrasi produksi, staf administrasi operasional, staf administrasi dokumen, staf administrasi ekspor impor, staf administrasi marketing, staf administrasi keuangan, dan sebagainya.

JenisKeterangan
Prospek KerjaStaf Administrasi
Tugas & Tanggung JawabMengelola administrasi perkantoran sesuai bidangnya masing-masing
Estimasi GajiRp3 – 4 juta / bulan

2. Sekretaris

Baik perusahaan, instansi pemerintahan, maupun organisasi semuanya membutuhkan sekretaris yang bertugas untuk mencatat data masuk dan keluarnya keuangan.

Tak hanya itu, sekretaris juga biasa merangkap sebagai asisten pimpinan sehingga harus membuat jadwal untuk atasan serta menggantikan pimpinan saat ia sedang bertugas ke luar kota atau saat tidak berada di tempat.

JenisKeterangan
Prospek KerjaSekretaris
Tugas & Tanggung JawabMengelola keuangan, membuat arsip dan laporan keuangan, dan membuat jadwal untuk pimpinan.
Estimasi GajiRp3 – 5 juta  /bulan

3. Staf Personalia

Para lulusan OTKP sudah dibekali dengan pengetahuan seputar personalia yang bertanggung jawab secara langsung terhadap SDM dan karyawan.

Hampir setiap perusahaan bonafit pasti membutuhkan posisi seorang staf personalia. Dengan begitu, estimasi gaji yang di dapatkan pun akan semakin besar.


JenisKeterangan
Prospek KerjaStaf Personalia
Tugas & Tanggung JawabMengelola presensi karyawan, menginput database karyawan, mencatat penggajian / payroll.
Estimasi GajiRp4 – 6 juta /bulan

4. Resepsionis / Front Office

Resepsionis atau biasa disebut font office merupakan seseorang yang bekerja untuk menyambut tamu sekaligus sebagai pusat informasi di ruang meja depan kantor.

Tidak semua perusahaan membutuhkan seorang resepsionis, hanya perusahaan besar yang melayani banyak pengunjung. Misalnya hotel, kantor, hingga rumah sakit.

JenisKeterangan
Prospek KerjaResepsionis (Front Office)
Tugas & Tanggung JawabSebagai pusat informasi, melayani tamu, menyambut pengunjung, dan memberikan pelayanan yang dibutuhkan.
Estimasi GajiRp3 – 4 juta /bulan

5. Customer Relation Officer (CRO)

CRO adalah profesi yang bertanggung jawab dalam menjaga relasi baik dengan para pelanggan (customer).

Selain berperan sebagai customer service, CRO juga memiliki peran dalam menjaga citra dan nama baik perusahaan dengan cara senantiasa meningkatkan kepuasan pelanggan.

JenisKeterangan
Prospek KerjaCustomer Relation Officer (CRO)
Tugas & Tanggung JawabMemberikan layanan after sale pada pelanggan, meningkatkan citra baik perusahaan, dan sebagai customer service
Estimasi GajiRp3 – 6 juta /bulan

6. Pustakawan

Memang, jarang ada lulusan OTKP yang bercita-cita jadi pustakawan mengingat profesi ini jarang sekali diminati. Pustakawan tak berarti hanya soal buku, namun juga pengarsipan dan indexing.

Walau begitu, banyak tempat yang membutuhkan profesi ini loh. Mulai dari sekolah, instansi, perpustakaan daerah, hingga perpustakaan universitas.

JenisKeterangan
Prospek KerjaPustakawan
Tugas & Tanggung JawabMendata peminjaman dan pengembalian buku, mengelompokan tipe  buku, serta melayani pengunjung perpustakaan.
Estimasi GajiRp2,5 – 4 juta /bulan

7. Transfer Desk

Di bandara, tentu kalian pernah melihat ada seseorang yang bertugas melayani transit pesawat bagi para penumpang bukan? Nah itulah yang dinamakan sebagai transfer desk.

Prospek kerja sebagai transfer desk terbilang luas, namun kalian membutuhkan kursus di salah satu Lembaga Kursus dan Pelatihan (LPK) penerbangan.

JenisKeterangan
Prospek KerjaTransfer Desk
Tugas & Tanggung JawabMelayani penumpang yang transit atau pindah dari satu pesawat ke pesawat lainnya.
Estimasi GajiRp3 – 5 juta /bulan
11 Jurusan yang Bisa Kerja di Bank Paling Direkomendasikan
Baca juga: Jurusan yang bisa kerja di bank

Keunggulan dan Kekurangan Jurusan OTKP

Setelah tahu secara detail terkait prospek kerja dan gaji otomatisasi dan tata kelola perkantoran 2023, selanjutnya kita akan bahas keunggulan dan kekurangan jurusan OTKP. Silakan simak selengkapnya di bawah ini:

a) Keunggulan Jurusan OTKP

  • Lulus SMK bisa langsung kerja
  • Pilihan kariernya cukup luas
  • Tersedia banyak pilihan di perguruan tinggi
  • Materi yang dipelajari tidak terlalu rumit
  • Dibekali pemahaman etika Tabel Manner

b) Kekurangan Jurusan OTKP

  • Selalu ramai akan para peminat
  • Harus mampu mengetik 10 jari
  • Punya cukup banyak pesaing
  • Bidang kerja bisa dimasuki jurusan lain

Jurusan kuliah yang tepat atau cocok untuk anak SMK OTKP?

Dengan kuliah, maka jenjang karier lebih luas, lebih mudah promosi atau naik jabatan. Beberapa jurusan kuliah yang sesuai untuk Lulusan dari Kompetensi Keahlian Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran antara lain :
1. Pendidikan Administrasi Perkantoran
2. Administrasi Perkantoran
3. Pendidikan Administrasi
4. Ilmu Komputer/Sistem Informasi
5. Ilmu Sosial / Politik
6. Manajemen
7. Ilmu Komunikasi
8. Pendidikan Ekonomi, dll

Editor Choices :

Itulah sedikit ulasan yang dapat kami berikan seputar gaji otomatisasi dan tata kelola perkantoran. Apakah kalian tertarik untuk mencoba masuk jurusan satu ini?


Komentar / Pertanyaan