11 Jurusan yang Cocok untuk Lulusan SMK Akuntansi

Jurusan yang Cocok untuk Lulusan SMK Akuntansi. Memasuki jenjang perkuliahan menjadi tantangan baru sekaligus chapter baru bagi para siswa-siswi SMA/SMK yang telah menyelesaikan bangku sekolah. Pada tahap ini, mereka akan memilih bidang atau jurusan yang akan sedikit banyak mempengaruhi pekerjaan mereka di masa depan.

Itulah mengapa, memilih kampus dan jurusan menjadi momen penting yang nantinya akan membawa mereka pada bidang yang akan mereka tekuni di kemudian hari. Kebanyakan siswa biasanya akan memilih jurusan perkuliahan sesuai dengan jurusan mereka di SMA/SMK.

Namun tak sedikit pula siswa yang mengambil jurusan lain dari apa yang telah mereka pelajari sebelumnya dan memilih bidang baru. Ada banyak jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan SMK Akuntansi, mengingat Akuntansi adalah ilmu yang digunakan dibanyak bidang.

Jurusan yang Cocok untuk Lulusan SMK Akuntansi

Ketika kamu memutuskan untuk mengambil jurusan yang selinear, hal tersebut tentu saja akan memudahkanmu menjalani proses pembelajaran yang akan datang. Hal tersebut dikarenakan, kamu sudah memiliki gambaran apa saja yang sekiranya akan kamu pelajari selama proses perkuliahan berlangsung.

Jurusan Akuntansi

Jurusan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat mengingat sudah ada banyak sekolah, kursus, dan perguruan tinggi yang memiliki jurusan akuntansi. Akuntansi sendiri merupakan proses penghitungan dan penyusunan yang menghasilkan laporan akuntansi yang dalam setiap pengerjaannya disesuaikan dengan prinsip dan standar akuntansi.

Bukan hanya di perkuliahan, kamu juga bisa menemukan jurusan akuntansi di tingkat Pendidikan SMK. Penjurusan ini bertujuan untuk mencetak generasi muda yang awas akan ilmu akuntansi sehingga dapat mempraktikkannya langsung di dunia kerja. Siswa SMK jurusan akuntansi akan mulai diperkenalkan dengan pembelajaran basic mengenai akuntansi.

Seiring dengan proses pembelajaran, siswa akan diajarkan Menyusun laporan pembukuan keuangan yang akan sangat dibutuhkan di perusahaan dan perkantoran. Siswa akuntansi dituntut menjadi sangat teliti, karena setiap proses pembuatan buku keuangan, semua angka dan data yang dimasukkan harus sesuai.

Jurusan Kuliah untuk Siswa Lulusan Akuntansi SMK

Jika kamu memilih jurusan akuntansi di SMK, bukan hanya jurusan akuntansi yang bisa menjadi pilihanmu di perkuliahan. Kamu memiliki banyak pilihan jika ingin tetap mendapatkan jurusan yang selinear dengan jurusan akuntansimu di SMK.

Bahkan kamu juga bisa menyesuaikan jurusan di perkuliahan sesuai dengan minat dan bakatmu, tapi masih tetap berhubungan dengan akuntansi yang sudah kamu pelajari di SMK. Mengingat memilih jurusan perkuliahan bukanlah hal yang sepele, kamu harus memikirkan dengan matang akan jurusan apa yang mau kamu ambil nantinya di perkuliahan.

Menjalani masa perkuliahan cenderung memiliki banyak perbedaan dibandingkan dengan masa SMK. Akan ada tanggung jawab besar yang harus kamu jalankan, sesuai dengan jurusan yang telah kamu pilih. Untuk menyesuaikan jurusan akuntansi SMK-mu sebelumnya, ada beberapa jurusan yang sesuai di perkuliahan yang bisa kamu ambil.


Jurusan Statistika

Apa yang muncul di pikiranmu Ketika mendengar Jurusan Statistika? Iya benar, Matematika. Statistika secara umum merupakan studi ilmu Matematika yang akan lebih focus pada data dan pengolahannya. Mempelajari Statistika akan membantumu memahami bagaimana cara terbaik untuk mengumpulkan data, menganalisisnya, kemudian menyajikan data tersebut.

Penyajian data pada Statistika harus dapat ditampilkan dengan cara yang mudah dipahami oleh banyak orang, bahkan mereka yang tidak mempelajari Statistika. Selain itu, mempelajari Statistika juga akan meningkatkan skillmu dalam pemrograman dasar, Matematika yang lebih kompleks, analisis data, dan lain sebagainya.

Jurusan yang Cocok untuk Lulusan SMK Akuntansi
Jurusan yang Cocok untuk Lulusan SMK Akuntansi

Jurusan Perpajakan

Salah satu jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan SMK Akuntansi adalah Jurusan Perpajakan. Jurusan Perpajakan terbilang masih selinear dengan jurusan Akuntansi yang kamu pelajari di SMK. Jurusan Perpajakan sendiri berhubungan erat dengan pengelolaan angka dan keuangan yang juga pastinya dipelajari selama di SMK.

Jurusan Perpajakan di perguruan tinggi akan mengajarkanmu menjadi orang yang ahli dalam bidang pajak. Kamu akan mempelajari berbagai macam hak dan kewajiban seseorang, perusahaan, maupun Lembaga terhadap pajak yang harus mereka bayarkan. Selain itu, kamu juga akan mempelajari berbagai jenis pajak daerah dan pajak pusat.

Jurusan Matematika

Jurusan selanjutnya yang bisa kamu pilih Ketika kamu merupakan lulusan SMK Akuntansi adalah Jurusan Matematika. Ilmu Akuntansi berhubungan erat dengan angka dan tentu saja Matematika. Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut mengenai ilmu perhitungan, maka Jurusan Matematika adalah yang sangat tepat untukmu.


Jurusan Matematika di Perguruan Tinggi mungkin akan sedikit berbeda dengan apa yang ada di bayanganmu. Jurusan Matematika di Perguruan Tinggi akan mengajarkanmu berbagai macam teori Matematika secara lebih dalam dan detail. Dibandingkan menyelesaikan soal, kamu akan lebih sering melakukan pembuktian teori atau rumus Matematika.

Jurusan Perbankan

Banyak fresh-graduate yang menargetkan untuk bekerja di Bank setelah mereka lulus. Hal tersebut dikarenakan gaji yang ditawarkan memang menggiurkan, begitu pula dengan prestige sebagai pegawai bank yang disegani di tengah masyarakat.

Beberapa hal pokok yang akan kamu pelajari di jurusan ini diantaranya adalah asuransi, transaksi, pasar modal, simpan pinjam, sistem perbankan, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga akan belajar banyak tentang public speaking mengingat bekerja di Bank berarti akan sering berhubungan dengan konsumer.

Jurusan Akuntansi

Pilihan terakhir yang ada pada daftar, sekaligus pilihan yang akan banyak diambil oleh lulusan SMK Akuntansi adalah Jurusan Akuntansi di Perguruan Tinggi. Jurusan ini sangat linear dengan jurusan yang kamu ambil sebelumnya di SMK.

Kamu mendapatkan keuntungan dengan mengambil jurusan yang linear sebelumnya. Teman-temanmu yang sebelumnya belajar Akuntansi mungkin akan kaget dan perlu waktu untuk beradaptasi dengan topik pembelajaran di Jurusan Akuntansi. Tapi kamu sebagai lulusan SMK Akuntansi sudah memiliki bayangan apa saja yang akan kamu pelajari.

Alasan Memilih Jurusan Akuntansi

Jurusan Administrasi Perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran juga masih berhubungan dengan Akuntansi dan dapat kamu pilih Ketika akan memasuki Perguruan Tinggi. Di jurusan ini, kamu akan belajar bagaimana cara merencanakan anggaran keuangan dan Menyusun dokumen pendapatan dan pembayaran di suatu perusahaan.

Jika kamu bercita-cita menjadi karyawan dari suatu perusahaan dengan bekerja di balik computer setiap harinya, maka jurusan ini akan sangat cocok. Selain itu, ilmu Akuntansi yang sudah kamu pelajari sebelumnya akan sangat membantumu dalam memahami materi-materi yang akan dipelajari di Perguruan Tinggi.

Jurusan Ekonomi

Jurusan Ekonomi adalah jurusan dimana kamu akan belajar tentang segala aspek kerja sama, ekspor-impor, jual-beli, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan ekonomi. Jurusan ini tentu saja tidak jauh dari perhitungan matematis dan juga angka-angka.

Hitung-menghitung tentu saja sudah tidak asing lagi bagi lulusan SMK Akuntansi. Di Jurusan Ekonomi, kemampuanmu dalam mengobservasi dan menganalisis segala masalah perekonomian dari sudut pandang makro dan mikro.

Jurusan Manajemen Bisnis

Di Jurusan Manajemen Bisnis kamu akan mempelajari berbagai strategi dan cara untuk mengimplementasikan ilmu manajemen untuk mengatur bisnis. Kamu masih akan bertemu dengan perhitungan matematis, hanya saja kamu akan lebih sering membedah dan menganalisis strategi menarik untuk dapat membangun dan mengembangkan bisnis.

Jurusan Komputer Akuntansi

Jurusan lainnya yang juga sangat cocok untuk lulusan SMK Akuntansi adalah Jurusan Komputer Akuntansi. Jurusan ini akan mengajarkanmu bagaimana menggunakan sistem computer dengan menggunakan program software untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang berhubungan dengan Akuntansi.


Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah

Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah diresmikan pada tahun 2009 oleh DIKTI. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak muncul Lembaga syariah saat ini sehingga memberikan prospek kerja yang bagus bagi lulusan Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah.

Itulah mengapa Jurusan ini juga menjadi salah satu Jurusan yang cocok untuk lulusan SMK Akuntansi. Di Jurusan ini, kamu akan belajar memahami cara mengelola keuangan dan perbankan sesuai dengan syariat Islam. Kamu akan mempelajari sistem operasional yang berbeda dengan bank pada umumnya karena hal tersebut diatur sesuai dengan syariat Islam.

Jurusan Matematika Bisnis

Jurusan Akuntansi memang berkaitan erat dengan angka serta perhitungan matematis. Begitu pula dengan Jurusan Matematika Bisnis dimana kamu akan belajar cara menganalisis langkah yang tepat untuk mengatasi permasalahan ekonomi dan bisnis.

Editor Choices :

Jurusan Matematika Bisnis adalah salah satu jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan SMK Akuntansi. Hal tersebut karena kamu akan mempelajari dengan lebih lanjut bagaimana nantinya menjadi seorang Big Data Analyst yang banyak dicari saat ini.

Komentar / Pertanyaan