7 Cara Menjadi Aktuaris Kompeten dengan Karir Gemilang

Belakangan ini cara menjadi Aktuaris sering disebut-sebut dalam setiap perbincangan para pencari kerja, karena memiliki peluang pekerjaan paling tinggi. Pasalnya profesi Aktuaris dan ahli Aktuaris dalam bidang Aktuaria masih sangat jarang ditemui, padahal kebutuhan akan ahli Aktuaria semakin meningkat.

Siapakah Aktuaris Itu?

Aktuaris adalah profesi dan seorang ahli yang dapat mengaplikasikan berbagai teori seperti matematika, ilmu ekonomi, statistika dan probabilita, ilmu keuangan untuk digunakan dalam menyelesaikan persoalan di dalam sebuah bisnis khususnya risiko.

Seorang Aktuaris mampu menganalisa kemungkinan peristiwa terkait masalah bisnis yang terjadi di masa depan, kapan peristiwa dapat terjadi, serta berapa jumlah dana yang dibutuhkan. Masalah-masalah di dalam bisnis akan dihubungkan dengan risiko dari berbagai aspek seperti keuangan.


cara menjadi aktuaris profesional gaji besar

Profesi Aktuaris pada umumnya bekerja di bidang industri keuangan, namun saat ini profesi Aktuaris juga merambah ke berbagai bidang terkait dengan pengelolaan risiko yang membutuhkan keahlian khusus seorang Aktuaris seperti logika dan analisa yang kuat.

Bidang industri keuangan yang membutuhkan seorang Aktuaris adalah perusahaan asuransi jiwa, asuransi umum, perusahaan asuransi kesehatan, dana pensiun, dan konsultan untuk investasi dan Aktuaria.

advertisement

Seorang Aktuaris dapat memiliki pengetahuan yang luas mengenai bisnis komersial serta pemahaman yang baik dalam bidang keuangan apabila telah mendapatkan pengalaman kerja yang cukup. Akan lebih baik jika Aktuaris memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sehingga dapat membangun relasi.

Kebutuhan Profesi Aktuaris di Indonesia

Kebutuhan akan profesi dan ahli Aktuaris di Indonesia mengalami peningkatan yang pesat. Peningkatan tersebut berkaitan dengan semakin tingginya dinamika yang terjadi dari segala aspek seperti regulasi di Indonesia, ekonomi, maupun sosial.

Secara umum, profesi Aktuaris di Indonesia bekerja pada perusahaan asuransi. Sebab perusahaan asuransi membutuhkan setidaknya 10 tenaga profesional di bidang Aktuaria, sehingga peluang kerja Aktuaris masih sangat tinggi.

Pekerjaan yang dilakukan oleh seorang Aktuaris di perusahaan asuransi meliputi perancangan produk, menentukan tingkat premi, menghitung nilai perusahaan (appraisal value dan embedded value), menghitung tingkat solvabilitas dalam perusahaan, dan menjawab pertanyaan teknis regulator.

cara menjadi aktuaris profesional gaji besar

Alasan Kenapa Anda Perlu Menjadi Seorang Aktuaris

Berdasarkan fakta, profesi seorang Aktuaris di Indonesia hanya sekitar 500 Aktuaris saja, padahal jumlah dari penduduk Indonesia sudah mencapai 250 juta jiwa lebih. Sehingga kebutuhan akan profesi Aktuaris sangat tinggi.

Berikut ini beberapa fakta seputar Aktuaris yang perlu Anda ketahui:

1. “Meramal” risiko masa depan adalah tugas utama seorang Aktuaris

Dengan perhitungan yang tepat, maka seorang Aktuaris dapat membantu meramal risiko yang akan terjadi di masa mendatang. Risiko yang diperhitungkan oleh seorang Aktuaris meliputi kecelakaan, kebakaran, bencana alam, dan kerugian finansial dalam suatu perusahaan.

Dalam menghitung risiko yang mungkin terjadi, Aktuaris harus dapat mengaplikasikan teori-teori probabilita dan statistika, matematika, serta ilmu keuangan dan ekonomi yang telah dipelajari dalam bidang ilmu aktuaria untuk melihat peluang.

2. Memiliki Kontribusi dalam Pembangunan Bangsa

Seorang Aktuaris dapat memberikan dampak pada pembangunan ekonomi di suatu Negara. Pembangunan tersebut termasuk juga asuransi jiwa dan umum, dana pensiun, layanan pemerintah, investasi, dan perbankan.

Berdasarkan pernyataan dari Fauzi Arfan selaku ketua dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) yaitu Indonesia membutuhkan lebih banyak seorang ahli aktuaria atau Aktuaris. Sebab Indonesia rentan terhadap berbagai risiko seperti risiko ekonomi dan bencana alam.

3. Menyukai Matematika

Pekerjaan seorang Aktuaris sangat erat dengan hal-hal mengenai perhitungan serta analisa yang membutuhkan logika. Sehingga penting untuk menguasai ilmu dan teori matematika agar dapat diaplikasikan dalam pekerjaan yang dilakukan.

Jika Anda tidak menyukai matematika, Anda tidak akan dapat menekuni profesi sebagai seorang Aktuaris. Sebab untuk dapat menguasai ilmu matematika, kita perlu menyukai matematika itu sendiri terlebih dahulu.

4. Harus memiliki Tekad Kuat

Agar menjadi seorang Aktuaris dengan gelar profesional diperlukan tekad yang kuat. Sebab dibutuhkan waktu setidaknya 6 hingga 10 tahun untuk mengikuti berbagai ujian sertifikasi gelar Aktuaris profesional.

Di Indonesia sendiri, seorang Aktuaris memiliki dua gelar yaitu Fellow of the Society of Actuaries of Indonesia (FSAI), gelar ini diberikan jika Aktuaris berhasil menyelesaikan 10 mata ujian yang diselenggarakan oleh PAI (persatuan Aktuaris Indonesia). Sedangkan ajun Aktuaris dengan gelar ASAI hanya perlu mengikuti 8 mata ujian.

cara menjadi aktuaris profesional gaji besar

Cara Menjadi Aktuaris yang Perlu Diketahui

Terdapat dua cara untuk menjadi seorang Aktuaris, yakni jalur ujian profesi dan jalur kerja sama dengan perguruan tinggi dan ujian profesi.

Pada jalur ujian profesi, Anda perlu mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh PAI. Biasanya PAI akan mengadakan ujian profesi Aktuaris sebanyak 3 kali dalam satu tahun. Sebelum mengikuti ujian profesi Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke PAI dan ke regulator untuk Aktuaris perusahaan.

Ujian yang perlu Anda lalui adalah 10 mata ujian (sebagian besar merupakan ujian seputar matematika dan statistika), yang terbagi ke dalam 9 mata ujian wajib dan 1 mata ujian pilihan. Setelah itu, Anda juga perlu mengikuti setidaknya 1 seminar profesionalisme.

Pada jalur kerja sama dengan perguruan tinggi dan ujian profesi, Anda perlu mengambil kuliah dengan jurusan Ilmu aktuaria. Kemudian mengikuti ujian profesi sebagai syarat wajib untuk bisa menjadi sarjana ilmu aktuaria.

Ujian regular PAI adalah ujian profesionalisme aktuaria yang memiliki 11 mata ujian. Pada tingkat Ajun Aktuaris (Associate) terdapat 8 jenis ujian. Sedangkan pada ujian profesi tingkat Aktuaris (Fellow) terdapat 6 jenis ujian.

Gaji Aktuaris di Indonesia yang Sangat Menggiurkan

Meski terbilang cukup sulit dan rumit untuk menjadi seorang aktuaris, hal tersebut akan setimpal dengan gaji yang didapatkan oleh seorang ahli aktuaria. Berikut ini beberapa kisaran gaji seorang Aktuaris berdasarkan gelar mulai dari tahap pemula hingga selevel dengan direktur utama:

  • Gaji profesi Actuarial Analyst berkisar antara 4 hingga 7 juta rupiah per bulan.
  • Gaji profesi Aktuaris yang telah lulus dalam lima mata ujian sertifikasi, dan dari seorang Actuarial Analyst yang menjadi seorang Associate berdasarkan syarat ASAI (Associate Societies Actuary Indonesia) berkisar antara 10 hingga 25 juta rupiah per bulan.
  • Gaji profesi Aktuaris sebagai seorang Associate yang telah naik ke level Manager Actuary berkisar 38 juta rupiah per bulan.
  • Gaji profesi Aktuaris yang telah mendapatkan gelar Fellow Societies Actuary Indonesia berkisar lebih dari 50 juta rupiah per bulan.
  • Gaji profesi Aktuaris di tingkat paling tinggi yaitu level Chief Actuary selevel dengan gaji seorang direktur utama pada perusahaan besar.

Dengan jumlah gaji yang sangat fantastis tersebut, tidak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba mencari tahu cara menjadi Aktuaris profesional.

Apa perbedaan Aktuaria dengan Matematika Murni ?

Yang sering dikatakan sebagai matematika murni antara lain Number Theory, Algebra, dll. Banyak sistem matematika yang dikembangkan bukan didasarkan atas kebutuhan
Contohnya seperti aljabar matrix pertama kali dibuat belum diketahui akan digunakan untuk apa. Tapi sekarang matrix digunakan di banyak cabang matematika terapan seperti Programa Linear, Statistik, dll.

advertisement

Sedangkan Akturia merupakan statistika terapan dan statistika adalah cabang dari matematika. Aktuaria membahas tentang cara-cara mengasses resiko dalam bidang asuransi, keuangan dan bidang apapun dan pada dasarnya setiap bidang aktifitas selalu ada resiko yang harus diperhitungkan.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp
Tinggalkan komentar