Syarat Masuk Jurusan Manajemen Bisnis dan Perkantoran

Jurusan manajemen bisnis merupakan salah satu jurusan yang memberikan penawaran menarik bagi para mahasiswa. Selain prospek kariernya yang luas, jurusan manajemen juga memiliki syarat masuk yang mudah. Bila kalian tertarik untuk kuliah di jurusan ini, silakan cek syarat masuk jurusan manajemen berikut ini.

Apa itu Jurusan Manajemen?

Jurusan manajemen adalah jurusan yang mempelajari tentang strategi, tata cara, prosedur, serta rencana pengelolaan bisnis.

Di jurusan satu ini, para mahasiswa akan belajar tentang ilmu bisnis dasar hingga lanjutan. Di antaranya ialah ilmu terkait perencanaan bisnis, pembukuan usaha, marketing / pemasaran, kepemimpinan, hingga perekrutan calon tenaga kerja.

syarat masuk jurusan manajemen bisnis - manajemen perkantoran

Jika dilihat dari tingkatan pendidikannya, maka jurusan manajemen bisnis dibagi menjadi tiga macam kategori. Di antaranya ialah:

  • Associate’s degree: tingkat pendidikan perguruan tinggi sekolah manajemen yang membutuhkan waktu 2 tahun masa pembelajaran. Di Indonesia, strata pendidikan ini disamakan dengan tingkat D2, saat ini jarang sekali ditemui karena hampir semua universitas mensyaratkan tingkat S1.
  • Bachelors’s degree: disebut juga tingkat S1 yang merupakan strata pendidikan manajemen bisnis yang wajib ditempuh dalam waktu 4 tahun masa pendidikan. Setelah lulus strata pendidikan ini, maka akan mendapatkan gelar S.M (sarjana manajemen).
  • Master’s degree: merupakan tingkat pendidikan manajemen lanjutan yang akan mendapatkan posisi gelar lebih tinggi yakni S2 dan S3. Disini, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masa pendidikan Master’s degree ialah hingga 2 tahun setelah selesai S1.

Alasan Masuk Jurusan Manajemen

Perlu kalian tahu, jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati para mahasiswa. Hampir tiap tahunnya pasti jurusan ini selalu penuh dan bahkan sampai kekurangan kelas karena minatnya yang begitu tinggi.

Nah, berikut adalah berbagai macam alasan kenapa jurusan manajemen bisnis begitu populer dibandingkan dengan jurusan lainnya:

a)Jenjang Karier yang Cemerlang

Lulusan manajemen hampir dibutuhkan di semua jenis perusahaan. Hal ini karena para perusahaan membutuhkan seseorang yang mampu mengelola administrasi bisnis dengan baik.

Nah, berikut ini merupakan contoh prospek kerja alumni jurusan manajemen:

  • Manajer marketing
  • Staf keuangan
  • Konsultan bisnis
  • Staf HRD
  • Manajer operasional
  • Guru / dosen

b)Memperluas Wawasan Kewirausahaan

Banyak mahasiswa jurusan ekonomi yang akhirnya pindah jurusan ke manajemen karena memang ilmu bisnis baik secara teori maupun praktikal justru terdapat di jurusan manajemen.

Bagi kalian yang tertarik untuk menjadi seorang wirausahawan, maka masuk ke dalam jurusan manajemen merupakan pilihan terbaik yang dapat kalian coba.


Hal ini karena dalam jurusan manajemen tidak hanya akan memperdalam ilmu manajerial saja, melainkan dasar-dasar berwirausaha sehingga bisa diterapkan untuk bisnis mereka masing-masing.

c)Banyak Pilihan Konsentrasi Manajemen

Konsentrasi manajemen merupakan program studi mahasiswa tahap akhir untuk menentukan jurusan yang lebih spesifik sehingga bisa pemahaman mereka dapat lebih spesifik.

Tidak seperti jurusan hukum yang hanya memiliki satu konsentrasi manajemen, jurusan manajemen sendiri memiliki cukup banyak konsentrasi manajemen sehingga kalian bisa fokus pada satu bidang pilihan. Berikut di antaranya:

  • Manajemen perbankan
  • Manajemen bisnis
  • Manajemen pemasaran
  • Manajemen SDM
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen operasional

d)Penyerapan Tenaga Kerja yang Tinggi

Banyak lulusan manajemen yang mendapatkan tawaran di berbagai perusahaan mulai sektor publik, swasta, organisasi, hingga sektor non profit.

Sebagai fresh graduate, mereka pun banyak terserap di beragam jenis industri baik industri lokal, maupun asing. Terlebih jika jalur spesialisasi yang kalian pelajari sesuai dengan kebutuhan pasar, tentu akan mudah sekali diterima. Misalnya:


  • Organizational behaviour
  • Operation & strategic planning
  • Management consultant
  • Account excecutive
  • Executive officer
  • MBA management / marketing

Apa yang Dipelajari di Jurusan Manajemen Bisnis?

Tujuan diadakannya pendidikan manajemen bisnis ialah agar para lulusannya dapat memiliki kemampuan kecakapan pengelolaan (manajerial) bisnis yang bagus dan terarah.

Nantinya, hal tersebut dapat diterapkan dalam beragam bidang seperti bisnis, produksi, pemasaran, tenaga kerja, akuntansi, dan sebagainya.

Selain mempelajari konsentrasi manajemen, mahasiswa jurusan manajemen bisnis akan wajib mengikuti pembelajaran mengenai:

  1. Perencanaan dan pengelolaan bisnis yang bisa diterapkan pada aspek usaha jangka pendek maupun jangka panjang dalam lingkup yang luas dan menyeluruh.
  2. Penyusunan struktur organisasi perusahaan, kepemimpinan (leadership), pembentukan organisasi, controlling, hingga penyusunan rencana bisnis.
  3. Metode, analisa, teori, konsep terkait keahlian manajerial yang nantinya dapat diterapkan pada konsentrasi studi manajemen.
  4. Pelaksanaan manajemen fungsional bisnis yang berkaitan dengan manajemen keuangan, manajemen SDM, manajemen pemasaran, dan manejemen operasional.
  5. Menjalankan konsep manajemen berdasarkan study case yang dirancang melalui pengumpulan, analisis, pemrosesan data untuk tujuan penelitian.
  6. Proses pemecahan kasus masalah pada suatu proses manajerial dengan cara menyusun keputusan, pengambilan alternatif perencanaan, dan juga pengelolaan operasional bisnis.

Apabila para mahasiswa urusan manajemen sudah mampu memahami tentang semua materi di atas, maka ia akan diarahkan pada konsentrasi manajemen untuk kecakapan manajerial yang lebih handal, lebih spesifik, dan lebih terarah.

Berikut daftar konsentrasi manajemen yang dapat dipilih oleh para mahasiswa manajemen bisnis di akhir-akhir masa kuliah mereka nantinya:

  • Manajemen pemasaran: mata kuliah manajemen yang mempelari tentang teknik marketing berupa 4P yakni promotion, product, place, dan price. Konsentrasi manajemen pemsaran akan membahas tentang manajemen merk, manajemen distribusi, dan sistem informasi pemasaran.
  • Manajemen operasional: tipe manajemen bisnis yang mempelajari tentang proses produksi. Di dalamnya, akan mempelajari lebih jauh tentang manajemen logistik, manajemen distribusi, manajemen proyek, dan sebagainya.
  • Manajemen SDM: mempelajari tentang pengelolaan sumber daya manusia berupa karyawan sebagai salah satu aset penting perusahaan. Manajemen SDM akan memberikan mata kuliah berupa pendekatan ilmu psikologi, pengembangan karier, dan produktivitas tenaga kerja.
  • Manajemen keuangan: tipe manajemen yang banyak diminati mahasiswa dengan mata kuliah berupa pengelolaan keuangan perusahaan maupun finansial pribadi / individu. Di dalam manajemen keuangan akan mempelajari terkait manajemen investasi, pengelolaan dana, hingga asuransi.

Universitas Jurusan Manajemen dengan Akreditasi Terbaik

Di bawah ini merupakan daftar universitas jurusan manajemen terbaik dengan kategori akreditasi A (sangat memuaskan):

No.UniversitasAkreditasiLokasi
1Universitas IndonesiaAJakarta
2Universitas Gadjah MadaAYogyakarta
3Universitas DiponegoroASemarang
4Universitas PadjadjaranABandung
5Universitas BrawijayaAMalang
syarat masuk jurusan manajemen bisnis dan manajemen mnmnmn

Syarat Masuk Jurusan Manajemen yang Perlu Kalian Tahu

Ada 11 syarat masuk jurusan manajemen yang wajib kalian ketahui oleh kalian yang ingin mendaftar ke dalam jurusan manajemen. Berikut rincian lengkapnya:

1. Memenuhi Persyaratan Administrasi

Persyaratan administrasi merupakan beragam persyaratan yang tersedia dalam bentuk dokumen atau berkas sehingga biasa disebut juga sebagai persyaratan berkas. Berikut di antaranya:

  • Scan asli dokumen Ijazah / SKL (surat keterangan lulus)
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Salinan nilai raport dari semester 1 – 5 yang sudah dilegalisir
  • Pas foto 3 x 4 dengan latar belakang berwarna merah
  • Bukti pembayaran biaya masuk (jika ada)

2.Lulusan SMA/SMK/MA sederajat

Syarat masuk jurusan manajemen yang wajib kalian perhatikan ialah lulusan terakhirnya yang harus berupa lulusan SMA / SMK / MA sederajat.

Untuk yang berasal dari lulusan kejar paket atau lulusan sekolah luar biasa, harus mengikuti aturan dari pihak kampus. Hal ini karena beberapa kampus menerapkan aturan sendiri untuk kategori lulusan seperti demikian.

Apabila kalian belum lulus pendidikan sekolah tingkat atas tersebut, maka tidak akan bisa mendaftarkan ke universitas jurusan manajemen.


3.Lolos Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Walaupun sudah lulus SMA sederajat, bukan berarti kalian bisa langsung di terima masuk di jurusan manajemen.

Ada proses seleksi yang wajib kalian ikuti agar bisa lolos masuk perguruan tinggi jurusan manajemen. Di antaranya adalah:

  • SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri): jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang dilakukan berdasarkan nilai ujian / nilai raport selama SMA sehingga tidak perlu mengikuti ujian UTBK.
  • SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri): jenis seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang dilakukan melalui UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) yang dilakukan secara bersama-sama di universitas tujuan.
  • Seleksi Mandiri: jalur seleksi yang menggunakan jalur langsung ke universitas tanpa harus mengikuti seleksi SNMPTN dan SBMPTN. Biasanya, jalur ini membutuhkan aturan yang lebih banyak dan biaya yang besar.

Untuk perguruan tinggi swasta, biasanya mereka menggunakan sistem seleksi dari hasil nilai ujian dan akumulasi nilai raport selama 3 tahun masa SMA.

4.Melunasi Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran merupakan biaya masuk yang ditarik oleh pihak universitas untuk keperluan pembayaran biaya daftar dan biaya lain di tahun pertama.

Misalnya berupa biaya daftar ulang, biaya uang gedung tahun pertama, biaya UKT, biaya SKS, dan uang pangkal.

5.Tidak Melebihi Batas Maksimum Usia

Berapa sih batasan usia yang menjadi maksimum syarat masuk jurusan manajemen? Nah, hal ini tergantung dari jalur seleksi masuk yang kalian ikuti. Berikut contohnya:

  • SNMPTN: maksimum di tahun yang sama setelah lulus SMA sederajat
  • SBMPTN: maksimum 3 tahun setelah lulus SMA sederajat
  • Mandiri: maksimum 5 tahun setelah lulus SMA dengan batas usia 21 tahun
  • Swasta: tidak ada batasan khusus, namun biasanya maksimum berusia 23 tahun

6.Mampu Berpikir Kritis dan Analitis

Bagi seorang yang bekerja di dunia manajemen, mereka tentu harus punya pemikiran yang kritis dan analitis.

Hal ini tentu juga berlaku bagi para calon mahasiswa jurusan manajemen. Apabila mereka ingin menempuh pendidikan manajemen, maka wajib memiliki pemikiran yang kritis dan analitis.

7. Sehat Jasmani dan Rohani

Sehat jasmani dan rohani merupakan dambaan semua orang. Namun, sayangnya tidak semua orang memiliki kedua hal tersebut.

Padahal salah satu syarat masuk jurusan manajemen ialah harus memiliki kesehatan yang sempurna baik secara jasmani maupun rohani seperti:

  • Tidak cacat indra
  • Kondisi mental terjaga
  • Tidak sedang sakit keras

8. Menguasai Perhitungan Matematika

Manajemen erat kaitannya dengan analitis dan hitung-hitungan. Karena itulah calon mahasiswa jurusan manajemen setidaknya harus menguasai perhitungan matematika.

Namun bukan berarti perlu menjadi ahli matematis seperti lulusan matematika, tapi setidaknya harus bisa menghitung segala hal yang dibutuhkan dalam manajerial.

9. Memiliki Karakter yang Bagus

Karakter atau kepribadian yang baik tentu akan membuat orang di sekitarnya pun senang dan damai. Berkelakuan baik dan disiplin akan membantumu beradaptasi di dunia kerja nantinya.

Berikut contoh karakter baik yang wajib dimiliki calon mahasiswa jurusan manajemen:

  • Menghargai orang lain
  • Tidak suka membuat masalah
  • Jujur dan adil
  • Disiplin

10. Bukan Pengguna Narkoba

Beberapa universitas ternama di Indonesia menerapkan aturan syarat masuk jurusan manajemen berupa bebas narkoba.

Selain melanggar aturan hukum, penggunaan narkoba juga bisa mempengaruhi mahasiswa lain dalam lingkup satu kampus. Karena itulah hal ini sangat dilarang.

11. Berjiwa Kepemimpinan

Berjiwa kepemimpinan atau biasa disebut dengan leadership merupakan hal yang sangat erat kaitannya dengan dunia manajemen, terutama bagi kalian yang mempelajari manajemen SDM.

Untuk melatih jiwa kepemimpinan, kalian harus menerapkan sikap seperti:

Itu dia syarat masuk jurusan manajemen yang perlu kalian ketahui. Apakah kalian tertarik untuk mencoba masuk jurusan manajemen?

Komentar / Pertanyaan