9 Soft Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa agar Kompetitif

Selain aspek hardskill, dibawah ini dijelaskan tentang soft skill yang harus dimiliki mahasiswa. Sebagai seorang mahasiswa, tentu kamu paham betul mengenai pentingnya soft skill serta pengaruhnya di dunia kerja nanti.

advertisement

Bahkan diera yang penuh dengan pencari kerja ini, kebanyakan perusahaan lebih mementingkan soft skill dibandingkan dengan hard skill. Karena soft skill lebih mencerminkan “karakter” seseorang yang mana ini hanya bisa didapatkan dari bakat alami serta pengalaman.

Mahasiswa adalah seorang yang memasuki tahap awal kedewasaan. Mereka mulai menentukan dan mencari arah jati diri masing-masing. Banyak dari mereka yang bimbang memilih arah mana yang harus dilalui, mungkin kamu juga sedang mengalaminya bukan?.

Jika ya, maka selagi mencari arah jati dirimu yang sebenarnya, kembangkanlah berbagai macam soft skill yang ada pada dirimu. Karena soft skill inilah yang akan menuntun kita saat sudah mulai menginjak kehidupan yang sebenarnya suatu saat nanti.

Soft Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa agar Kompetitif

Soft Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa

Setiap orang memiliki basic soft skill yang berbeda-beda, faktor genetikalah yang mempengaruhinya. Namun bukan berarti kita pasrah menerimanya begitu saja, kita juga harus mengembangkan soft skill yang sekiranya penting untuk kehidupan kita nantinya. Berikut macam-macam soft skill yang wajib dimiliki tiap mahasiswa:

1. Attitude (Sikap)

Alasan utama kenapa banyak mahasiswa berprestasi tidak lolos seleksi kerja adalah karena attitude yang dimilikinya. Karena tidak penting sebagus apa skill yang dimilikinya tapi jika tidak punya attiitude yang baik. Seseorang yang memiliki attitude yang baik berarti dia bisa memposisikan “karakter” nya di saat yang tepat.

Attitude memang erat kaitannya dengan tabiat atau watak seseorang karena itu adalah bawaan sejak lahir. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa memunculkan karakter lain yang ada dirimu, misalnya tentang kesopanan, rendah hati, murah senyum, serta kejujuran.

Apa Bedanya Manner, Behavior dan Attitude?

Manner merupakan sifat bawaan lahir, Behavior itu perilaku yang menjadi kebiasaan, sedangkan attitude aalah cara berpikir dan bertindak.

Soft Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa - attitude

2. Leadership (Kepemimpinan)

Leadership bukan hanya soal menjadi pemimpin yang baik, tapi bagaimana kamu bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Bagi seorang mahasiswa, memiliki jiwa kepemimpinan bisa dimulai dari memimpin sebuah event atau terlibat dalam suatu kepanitiaan tertentu.

Jiwa kepemimpinan memang bawaan lahir, tapi itu adalah sesuatu yang bisa dibentuk. Semakin sering diasah, maka semakin cepat terbentuk dalam dirimu. Dan untuk memulai itu semua, pimpinlah diri sendiri terlebih dulu, baru nanti mempimpin orang lain.

Bagaimana Cara Melatih Jiwa Leadership?

-menjadi role model (panutan) yang baik, sehingga menginspirasi orang lain,
-mampu mengelola emosi (sedih, bimbang, amarah, kecewa)
-senang mengambil tanggungjawab lebih dan decision maker
-memiliki tujuan jangka pendek, menengah, panjang

3. Teamwork (Kerjasama Tim)

Kemampuan bekerja sama serta berkolaborasi dengan tim merupakan soft skill yang harus dimiliki mahasiswa sepertimu. Karena entah itu di dunia kerja, di organisasi, bidang kemasyarakatan, bidang keagaamaan.

Bahkan di rumah tangga sekalipun, kerjasama adalah sesuatu yang sangat penting. Karena tujuan apapun tidak akan tercapai bila usaha kita tidak diberangi dengan kekompakan dalam kerja sama tim.

Bila kamu sebagai anggota dalam suatu tim, maka ada kalanya harus mengalah dalam berpendapat. Demikian pula jika kamu adalah seorang leader, walau punya hak untuk menentukan segalanya, tapi jangan abaikan seluruh anggota tim.

Percayakan kepada mereka tugas yang diemban masing-masing dan saling terbuka satu sama lain, karena hal semacam inilah yang akan membuat langgeng suatu kerjasama.

Bagaimana Cara Membangun Kerjasama Tim?

– memiliki tujuan visi misi yang sama,
– menghargai perbedaan pendapat,
– komunikasikan kendala/progress,
– saling percaya antar anggota tim

soft skill yang harus dimiliki mahasiswa - mampu berbicara di depan umum

4. Confidence (Optimis & Percaya Diri)

Kepercayaan diri adalah pondasi dari soft skill lainnya. Keahlianmu tidak akan berguna apabila tidak memiliki keberanian untuk menunjukannya dengan baik dihadapan orang lain.

Untuk memupuk kepercayaan dirimu, kamu bisa melatih mental, mengubah mindset, memperbaiki bahasa tubuh, serta memperbanyak bersosialisasi. Menjadi mahasiswa merupakan kesempatan terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Bgaiamana Cara agar Pede?

1. Pilih lingkungan/pergaulan yang tepat, dan hindari toxic.
2. Selalu berpikiran positif
3. Berhenti untuk membanding-bandingkan
4. No body perfect. Yakini bahwa sesuatu/seseorang punya kelebihan dan kekurangan.

5. Public Speaking (Tidak Mudah Grogi)

Public speaking erat hubungannya dengan skill komunikasi. Banyak orang yang pandai bicara, tapi kesulitan saat menyampaikan pendapat dihadapan orang banyak. Sehingga hal semacam ini perlu dilatih dengan baik.

Menjadi seorang mahasiswa merupakan kesempatan yang sangat baik untuk hal ini. Karena kamu akan dituntut untuk belajar public speaking dengan teman kuliahmu atau bahkan ke masyarakat saat sedang mengikuti KKN nantinya. Manfaatkan masa-masa ini untuk mengembangkan skill komunikasi sebaik mungkin.

Bagaimana Cara agar Tidak Mudah Gugup saat Presentasi/Berbicara di Depan Publik ?

– Kuasai materi yang ingin disampaikan (5W+1H),
– Melakukan latihan terlebih dahulu,
– Anggap audience adalah teman dekat,
– Jangan paksa untuk tampil sempurna karena semua butuh proses dan jam terbang.

soft skill yang harus dimiliki mahasiswa - mampu berbicara di depan umum

6. Networking (Relasi Kerja)

Perlu kamu tahu, setelah lulus nanti kesempatanmu untuk mendapatkan teman sangat sedikit. Karena itulah bangun networking sebanyak mungkin dengan teman kuliahmu selagi kamu jadi mahasiswa.

Jika perlu jalin hubungan dengan teman beda angkatan ataupun jurusan lain, karena semakin luas networking mu, maka semakin banyak pula peluang yang kamu miliki suatu saat nanti. Karena bisa jadi karier mu berasal dari salah satu dari jaringan pertemananmu.

Bagaimana Cara Membangun Networking

– Keep in touch dengan teman meski sekedar say hello via sosmed
– Adakan silaturahmi dan pertemuan. Jangan datang saat ada keperluan saja.

7. Problem Solving (Mencari Solusi)

Prolem solving adalah soft skill yang harus dimiliki mahasiswa sejak dini. Kemampuan menyelesaikan masalah ini ditentukan dari seberapa kritis pemikiranmu terhadap suatu persoalan.

Bahkan tidak hanya itu, untuk bisa menyelesaikan masalah dengan baik, maka kamu juga harus punya rasa ingin tahu yang tinggi, inovasi yang mendalam serta kreatfivitas yang mumpuni.

soft skill yang harus dimiliki mahasiswa - cara mengatasi masalah

Apa itu Softskill?

Soft Skill merupakan kepribadian, watak, atribut personal, serta kemampuan komunikasi.

Apa Perbedaan Hardskill dengan Softskill?

Hardskill adalah semua yang dipelajari textbook di sekolah/kampus/kursus. Sedangkan softskill lebih kepada mengolah jiwa dan rasa.

Bagaimana Cara Melatih Softskill?

1. Mengenal diri sendiri dengan melakukan analisa SWOT( strenght weakness oportunities threats),
2. Memahami orang lain dan mampu melihat situasi.
3. Sering-sering berku,pul di lingkungan yang tepat.

Itulah 7 soft skill yang harus dimiliki mahasiswa sepertimu. Karena pada dasarnya semua soft skill ini telah ada pada dirimu, yang perlu kamu lakukan tinggal mengasahnya sebaik mungkin dengan berlatih terus menerus.

advertisement