Alasan Memilih Divisi Minat dan Bakat beserta Tugasnya

Sebagai seorang mahasiswa, penting bagi kita untuk mengikuti suatu organisasi sehingga kemampuan soft skill yang kita miliki bisa terasah. Di organisasi sendiri, sudah ada beberapa divisi yang bervariasi dan bisa kita pilih sesuai dengan apa yang kita sukai.

Ada beragam organisasi di kampus yang bisa dipilih agar softskill berkembang, misalnya BEM, DPM, UKM, Himpunan Mahasiswa, Lembaga Pers dan AIESEC. Masing-masing organisasi mempunya sub-sub divisi. Salah satu dari divisi yang sering ditemukan di organisasi adalah Divisi Minat dan Bakat. Lantas, apa yang menjadi alasan memilih divisi minat dan bakat?

Alasan Memilih Divisi Minat dan Bakat

Pada dasarnya, setiap kita hendak mengikuti suatu organisasi pasti akan ada proses recruitment yang harus diikuti oleh seluruh calon anggota. Kegunaan dari proses wawancara recruitment ini adalah untuk menyaring siapa saja yang memang memiliki visi dan misi yang sama dengan anggota lain sehingga bisa bekerja sama dengan lebih kompak dan serasi.

Alasan Memilih Divisi Minat dan Bakat

Pada saat memilih Divisi Minat dan Bakat, kita pun juga nantinya akan ditanyai mengenai beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan divisi ini. Sebelum itu, ada baiknya apabila kita mengenal lebih jauh mengenai seluk beluk Divisi Minat dan Bakat sehingga ketika kita mengikuti proses wawancara, kita dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh panitia dengan lebih serius dan percaya diri.

Secara singkat, Divisi Minat dan Bakat bisa didefinisikan sebagai sebuah divisi di organisasi yang memang berfokus untuk mencoba mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa. Mahasiswa setiap universitas pastinya sangat banyak, dan seluruh mahasiswa memiliki kreativitas dan kelebihannya tersendiri.

Oleh karena itu, muncul Divisi Minat dan Bakat yang nantinya bisa membantu seluruh mahasiswa universitas untuk mengetahui potensi dan kemampuan yang mereka miliki di depan publik.

Dengan begitu, mahasiswa yang sebelumnya tidak merasa terlalu percaya diri atau merasa tidak memiliki bakat apa pun dapat mengubah persepsi yang mereka miliki sehingga mereka bisa menjadi lebih berani lagi.

Tugas Divisi Minat dan Bakat

Sesuai dengan nama divisinya, tugas utama yang dimiliki oleh divisi adalah menjadi sebuah media penyalut pengembangan minat dan bakat mahasiswa. Hal ini dimaksudkan agar terciptalah sekumpulan mahasiswa universitas yang begitu sportif, solid, kreatif, dan unggul dalam bidang yang mereka kuasai. Untuk mengetahui lebih lanjut tugas dari Divisi Minat dan Bakat ini, simaklah penjelasan berikut ini.

contoh

1. Bertanggung Jawab untuk Mengembangkan Bakat dan Minat Mahasiswa

Divisi Minat dan Bakat memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk membantu mahasiswa memaksimalkan minat dan bakat yang mereka punyai. Dengan memberikan wadah untuk menampung kreativitas yang mereka miliki, maka pihak universitas dan fakultas pun juga akan sangat diuntungkan.

Divisi ini harus mampu memberikan fasilitas untuk membuat mahasiswa menggali potensi diri. Terkadang, divisi ini akan menyesuaikan fasilitas yang menaungi mereka. Sebagai contohnya, Divisi Minat dan Bakat yang berada di Fakultas Ilmu Budaya akan berusaha untuk membuat mahasiswa berpartisipasi dalam menorehkan karya yang mereka miliki di dunia seni.


Dengan begitu, maka ide yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut pun tidak akan sia-sia sama sekali. Hal yang sama juga akan berlaku di fakultas lain, namun yang pasti adalah Divisi Minat dan Bakat memiliki tanggung jawab tinggi untuk menjembatani antara mahasiswa dan kemampuan yang mereka gali.

2. Melaksanakan Lomba

Lomba yang diadakan oleh organisasi pada umumnya memang berupa lomba yang berusaha untuk menonjolkan bakat dan minat mahasiswa. Tugas dari Divisi Minat dan Bakat pun juga menjadi panitia yang melaksanakan lomba dalam periode tertentu dan umumnya lomba ini diadakan pada saat ada hari-hari tertentu yang perlu diperingati.

Sebagai salah satu contohnya yaitu Lomba Tari Modern yang nantinya bisa diikuti oleh mahasiswa yang memang memiliki kemampuan menari bagus. Lomba tersebut biasanya akan diikuti oleh mahasiswa satu fakultas atau universitas, bahkan bisa pula lomba itu juga boleh diikuti oleh pihak umum dengan syarat-syarat tertentu. Mahasiswa yang menganggap dirinya mampu melakukan tari modern dengan sempurna pun akhirnya mendapatkan kesempatan untuk unjuk diri tentang kemampuan mereka.

3. Memberi Binaan Prestasi

Tidak hanya minat dan bakat pada bidang seni atau pun olahraga, namun Divisi Minat dan Bakat juga harus mampu mewadahi mahasiswa yang memang memiliki minat dan bakat pada bidang akademik. Banyak sekali mahasiswa yang memiliki prestasi tinggi, dan tugas dari divisi ini adalah mampu memberikan bantuan untuk melakukan binaan prestasi pada mereka.

Divisi Minat dan Bakat harus bisa memberikan fasilitas yang sangat memadai untuk membantu mahasiswa berprestasi itu agar selalu berada dalam kondisi baik. Selain itu, divisi ini juga bertugas untuk membantu mereka melengkapi persyaratan agar bisa mendapatkan beasiswa atau pun membantu mereka mengikuti kompetisi.


Universitas yang Menerima KIP Kuliah

Kelebihan Divisi Minat dan Bakat

Setelah mengetahui tugas dan program kerja dari Divisi Minat dan Bakat, mungkin banyak yang masih merasa penasaran mengenai divisi. Divisi Minat dan Bakat ini menawarkan berbagai kelebihan yang pasti akan membantu anggota untuk turut berkembang bersama mahasiswa lain yang mereka bantu. Berikut ini adalah kelebihan yang dirasakan jika menjadi anggota Divisi Minat dan Bakat:

· Kegiatan Tidak Monoton

Kelebihan utama yang ditawarkan oleh Divisi Minat dan Bakat adalah setiap anggota pasti tidak akan merasa jenuh sama sekali ketika menjalankan program kerja yang sudah ada. Bagaimana tidak, seluruh kegiatan yang nantinya diadakan oleh Divisi Minat dan Bakat ini sangat bervariasi dan tidak monoton sehingga pastinya akan mendapatkan pengalaman yang senantiasa berbeda.

Mahasiswa yang ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi panitia lomba kesenian pun dapat mengikuti Divisi Minat dan Bakat ini dengan sempurna. Sebab, dengan menjadi panitia maka mahasiswa mampu melihat bagaimana prosesi mempersiapkan sebuah perlombaan kesenian sekaligus menonton secara langsung penampilan menarik yang nantinya akan ditampilkan oleh setiap peserta lomba. Oleh karena hal tersebut, Divisi Minat dan Bakat sangat cocok bagi mahasiswa yang senantiasa ingin mencari suasana baru dan tidak selalu berhubungan dengan dunia akademik.

· Mendapatkan Relasi yang Luas

Manfaat lain yang bisa diperoleh dengan menjadi anggota Divisi Minat dan Bakat adalah hal ini membuka kesempatan mahasiswa untuk mempunyai kenalan atau relasi yang lebih luas dan bermanfaat lagi. Bagaimana tidak, akan ada banyak sekali peserta lomba yang memiliki reputasi cukup terkenal.

Selain itu, saat membantu memfasilitasi mahasiswa berprestasi, maka kita juga bisa mendapatkan kesempatan untuk berkenalan dengan mereka secara lebih baik. Hal ini akan sangat membantu untuk mempunyai koneksi yang nantinya akan berguna ketika sudah lulus kuliah.

Editor Choices :

Begitulah informasi mengenai alasan memilih Divisi Minat dan Bakat beserta informasi tambahan lain yang berkaitan dengan divisi ini. Tidak salah lagi, divisi yang satu ini menawarkan berbagai macam hal menarik untuk anggota, oleh karena itu tidak ada salahnya apabila memilih untuk memasuki divisi ini.

Komentar / Pertanyaan