9 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja Saat ini

Era digitaliasi dan teknologi sedang kita alami, era revolusi industri 4.0 juga nyata didepan kita. Ada banyak kesempatan pekerjaan yang semakin terbuka luas, baik bagi para lulusan baru maupun yang sudah berpengalaman.

Berdasarkan riset terbaru terkait dunia pekerjaan masa kini, ada beberapa jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2021 dan tahun-tahun mendatang.

Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja

Jurusan Astronomi

Latar belakang munculnya jurusan ini adalah rasa ingin tahu manusia tentang asal mula terciptanya alam semesta.

Manusia terus berusaha mencari tahu dengan kemudian belajar tentang benda-benda yang dapat mereka observasi di langit. Berbeda dengan negara lain yang sudah terlebih dahulu menggali potensi ini, Indonesia masih harus mengejar ketertinggalan.

Dengan demikian, banyak tenaga ahli dibutuhkan di Indonesia untuk terus memperbaharui informasi terkait bumi.

Prospek pekerjaan ini juga sangat menjanjikan, sebab para pekerjanya akan diberikan gaji yang cukup menggiurkan. Di Indonesia, tercatat sejumlah lembaga mempekerjakan lulusan astronomi sebagai penggerak lembaga mereka, misalnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Apa yang dipelajari di Jurusan Astronomi

Beberapa matkul yang dipelajari dan perlu dikuasai adalah sbb:
Astrofisika, Statistika dalam Astronomi
Astronomi Posisi/Astrometri, Komputasi dalam Astronomi
Mekanika Benda Langit, Medan Elektromagnetik
Fisika Gelombang, Fisika Bintang
Kosmologi, Astrofisika Termal, Tata Surya
Hidrodinamika dalam Astrofisika, Proses Astrofisika

advertisement

Kampus mana yang memiliki jurusan astronomi di Indonesia?

ITB satu-satunya kampus yang punya jurusan astronomi di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Tahu Bosscha kan? Nah, Bosscha tuh salah satu fasilitas milik astronomi ITB.

Jurusan Teknik Nuklir

Masyarakat sering kali mengaitkan nuklir dengan bom. Nyatanya, nuklir ini memiliki hal yang lebih luas daripada sekedar bahan pembuatan bom. Hal-hal yang akan dipelajari oleh lulusan jurusan teknik nuklir yaitu reaktor nuklir dan radiasi nuklir.

Nantinya, ilmu yang telah dipelajari akan digunakan untuk memajukan teknologi di bidang pertanian dan juga kedokteran.

Banyak universitas negeri yang menawarkan jurusan ini, dan ada lebih banyak perusahaan baik nasional maupun internasional yang tidak sabar merekrut lulusan teknik nuklir.

Tidak perlu khawatir urusan gaji, sebab pekerjaan yang berkaitan dengan teknik nuklir akan mendapatkan gaji yang cukup besar hingga puluhan juta rupiah.

Apa suka duka kuliah di Jurusan Teknik Nuklir

Suka: Prestis menjadi mahasiswa S1 yang jurusannya hanya ada 1 di Indonesia, Menggunakan material nuklir sebagai bahan praktik dan tidak sembarang orang yang memakainya, Jadi paham betapa besar energi nuklir itu dibanding energi dari sumber daya yg pernah ditemukan
Duka: Stereotype masyarakat bhwa jurusan ini belajar merakit b0m, prospek kerja di perusahaan Indonesia masih terbatas,

advertisement

Jurusan Oseanografi

Indonesia terkenal akan kekayaan bahari. Selain itu, Indonesia juga dikenal dengan hasil lautnya yang jauh lebih maju dibandingkan dengan negara lain.

Namun sayangnya, Indonesia masih kekurangan tenaga ahli yang mampu mengelola kekayaan laut. Jurusan oseanografi menjadi jalan keluar dari permasalahan ini. Nantinya, para ahli kelautan dari jurusan ini diharapkan dapat mengembangkan dan menjaga lautan Indonesia.

Kesempatan bekerja tak sebatas pada organisasi pemerintahan, ada banyak perusahaan di industri kelautan dan perikanan yang juga mengincar tenaga ahli oseanografi.

Dengan cabang ilmu yang beragam seperti mitigasi, bencana laut, lingkungan, perikanan, dan rekayasa, akan ada lebih banyak kesempatan kerja yang terbuka luas bagi para lulusannya.

Apa bedanya jurusan Teknik Kelautan, Teknik Perkapalan dan Oseanografi?

Oseanografi lebih kearah survei ekosistem atau biota laut, juga mempelajarai hidrodinamika.

Teknik kelautan mempelajari bidang struktur di laut. Selain itu juga mempelajari ilmu teknik sipil, kekuatan struktur di darat karena memang ilmu dasarnya sama.

advertisement

Teknik perkapalan lebih fokus di struktur bidang kapalnya, dan lebih mendalam dibanding teknik kelautan, dari bahannnya dan penempatan komponen di atasnya juga.
Ada yang mempelajari struktur aquaculture juga. Namun nggak hanya mempelajari struktur, manajemen industri, pengelolaan produksi, dll juga dipelahari.

Jurusan Tenik Pertambangan dan Perminyakan

Peluang kerja yang ditawarkan kepada lulusan jurusan ini sangatlah banyak dan luas, namun masih sedikit universitas di Indonesia yang membuka jruusan ini.

Dengan jumlah yang terbatas, beberapa perusahaan bahkan rela mengantri untuk merekrut para lulusan untuk bekerja dan berkarir di perusahaan mereka.

Dengan kekayaan minyak dan tambang di Indonesia, kebutuhan tenaga ahli masih sangat dibutuhkan, sebelum nantinya dikelola oleh pihak asing. Sebagai apresiasi atas kerja kerasnya, para lulusan bidang ini diklaim dapat mengantongi gaji belasan juta rupiah di awal karirnya.

Bagaimana prospek pertambangan Indonesia 10-20 tahun kedepan?

Jika indonesia tidak melakukan pencarian cadangan migas baru, maka dalam kurun waktu 14–38 tahun kedepan industri migas masih akan ada.

Apabila indonesia melakukan pencarian cadangan migas baru setiap tahunnya, maka perhitungan sederhana diatas dapat dirubah sesuai kondisi. Berikut update perkembangan kegiatan eksplorasi migas tahun 2021.

advertisement

Baca juga: Syarat Masuk Jurusan Pertambangan

Jurusan Ilmu Hukum

Masalah hukum terus terjadi di Indonesia. Banyak ahli hukum yang kemudian bekerja bagi masyarakat untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Meski jumlah tenaganya cukup banyak, bukan berarti tenaga baru tidak dibutuhkan lagi. Ada banyak sektor di tengah masyarakat kita yang masih membutuhkan tenaga hukum yang kompeten baik secara praktek maupun teori.

jurusan yang paling dibutuhkan didunia kerja

Cakupan kerja tidak hanya sebatas di pemerintahan, namun juga swasta melalui kantor advokad yang ada banyak jumlahnya di Indonesia.

Ada banyak peminat jurusan ini, maka tak heran pilihan universitas yang menawarkan jurusan ini pun juga terbilang banyak. Menjadi seorang ahli hukum merupakan salah satu pekerjaan di Indonesia yang akan dihargai dengan gaji yang cukup tinggi di sebuah perusahaan.

Maka tak heran bahwa jurusan ini menjadi jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Baca juga: Alasan Masuk Jurusan Hukum

advertisement

Apa Pertimbangan Sebelum Masuk Jurusan Hukum?

1. Siapkan mental untuk mata kuliah praktik yang mengharuskan tidak tidur
2. Unsur senioritas akan cukup tinggi
3. Siapkan banyak dana yang akan dikeluarkan untuk membeli buku
4. Jangan takut apabila akan banyak menghafal pasal-pasal,karena kebanyakan kampus ujiannya open book
5. Jangan bayangkan bahwa pekerjaan hukum itu selalu berada di pengadilan, prospek kerja nya luas.

Jurusan Ilmu Perpustakaan

Meski kini teknologi sudah semakin berkembang dan proses pengarsipan bisa dilakukan dengan aplikasi, nyatanya pustakawan masih dibutuhkan hingga saat ini.

Tidak hanya di perpustakaan, banyak perusahaan yang membutuhakn keahlian puustakawan untuk penyusunan dokumen, pembukuan, atau hal lain yang membutuhkan kerapian, keringkasan, dan keefektifan.

Jadi, seorang pustakawan tidak melulu tentang seseorang yang berfokus pada buku saja.

Ilmu perpustakaan tidak hanya mempelajari bidang perpustakaan. Beberapa hal lain yang dipelajari di jurusan ini yaitu penyampaian dan pengolahan informasi yang dikemas dengan lebih modern. Dengan demikian, kesempatan bekerja pun tidak hanya sebatas di lingkup perpustakaan saja.

Apa saja yang dipelajari di jurusan Ilmu Perpustakaan?

Ilmu perpustakaan merupakan sebuah ilmu yang melibatkan banyak keahlian di bidang Informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan dan menyimpan data.

Kamu yang suka bermain dengan data, berkomunikasi dengan manusia, dan berimprovisasi di lembaga informasi, cocok banget masuk jurusan Ilmu Perpustakaan.

Kamu bisa memilih jurusan Ilmu Perpustakaan di Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Islam Syarif Hidayatullah, Universitas Sebelas Maret, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, dan UIN di beberapa daerah.

Jurusan Tata Bahasa dan Sastra

Sejak kecil, kita telah belajar berbicara bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Namun, kenyatanya, tidak sedikit dari kita yang sering gagal dalam mengikuti ulangan bahasa Indonesia.

Belajar tata bahasa dan sastra Indonesia memberikan kesempatan pada pesertanya untuk mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Di masyarakat, lulusan jurusan ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan besar. Keahlian yang dibutuhkan yaitu sebagai seorang penerjemah dan penyambung komunikasi antara perusahaan dengan investor, pejabat, ataupun perusahaan lain. Selain pekerjaan konvesional, pekerjaan ini kini juga ditawarkan dalam sistem online.

Kenapa jurusan sastra disebut jurusan “santuy” ?

“SASTRA” digunakan untuk merujuk kepada “kesusastraan”yang memiliki arti atau keindahan tertentu. Sastra, jg bisa disebut pedoman, ajaran, instruksi. Semua itu mengarah pada “seni” → bebas, tak terikat, imajinatif, estetika.
Kuliah di sastra kebanyakan nugasnya cuma baca buku, nonton film, analisis. Ujian kadang mentas doang. Santuy kan? Tapi meski keliatannya santuy kita harus pakai analisis dengan mengingat teori sastra yang ada.

Jurusan Teknik Informatika

Teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang setiap harinya, sehingga lulusan jurusan teknik informatika akan memiliki kesempatan bekerja yang terus terbuka lebar setiap tahunnya. Hal ini diiringi pula dengan penghasilan yang begitu menjanjikan dari sejumlah perusahaan ternama di Indonesia.

alasan memilih jurusan informatika

Dengan kemajuan internet, perusahaan bisa dengan bebas mengumpulkan data dan informasi terkait konsumen, namun perusahaan tidak bisa mengolahnya sehingga data tersebut menjadi sia-sia.

Keberadaan lulusan teknik informatika akan mamu menginterpretasikan data yang telah diperoleh, agar nantinya berguna bagi kemajuan perusahaan.

Kenapa teknik informatika termasuk jurusan yang sulit ?

Teknik informatika banyak main logika dan hitung hitungan. Ingat, di kampus hanya mempelajari basic-basic nya saja. Tanpa mempelajari lebih dalam akan kesulitan saat di dunia kerja.

Jurusan Psikologi

Meski teknologi sudah semakin berkembang dan membawa dampak positif bagi masyarakat, nyatanya teknologi juga membawa dampak negatif terkait kesehatan mental.

alasan memilih jurusan psikologi

Dengan adanya media sosial, beberapa orang menjadi minder dan kurang menghargai diri sendiri. Hal ini kemudian berujung pada depresi, kecemasan, hingga bunuh diri,

Kehadiran lulusan psikologi sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita saat ini. Ada banyak penderita di sekitar kita yang tidak bisa kita identifikasi secarar kasat mata mengidap masalah mental.

Namun, seorang lulusan psikologi mampu melakukan hal itu, dan diharapkan menyelamatkan para penderita sebelum hal lebih buruk terjadi.
Baca juga: Alasan Masuk Jurusan Psikologi

Kesempatan bekerja di lembaga sosial terbuka luas untuk jurusan ini, namun perusahaan besar juga membutuhkan lulusan psikologi untuk menjaga kesehatan mental para karyawan yang bekerja.

Apa gambaran kuliah di jurusan psikologi?

Menguasai suatu bidang ilmu bukanlah perkara mudah, apapun bidang ilmu yang kita pilih.
Dalam hal psikologi, tingkat kesulitannya muncul karena ada lima kemampuan independen yang perlu seorang kuasai untuk benar-benar hebat dalam bidang psikologi: (1) filsafat, (2) konseptual, (3) fenomonologis, (4) sosio-emosional, (5) teknis (saintifik).

Jurusan Manajemen Logistik

Beberapa tahun belakangan, bisnis logistik terus mengalami pertumbuhan secara signifikan dari 15 hingga 20 persen. Dengan demikian, pemerintah segera mengambil kesempatan untuk memaksimalkan potensi tersebut dengan merekrut lebih banyak lulusan jurusan logistik, yang ternyata jumlahnya masih jauh di bawah kebutuhan pasar saat ini.

Lulusan jurusan logistik memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai tempat, mulai dari kargo, pelayaran, kereta api, hingga penerbangan. Ada banyak kesempatan terbuka luas bagi lulusan jurusan ini.

Apa persiapan untuk mengambil jurusan Manajemen Logistik?

Yang pertama dan utama adalah anda lulus dulu seleksi Universitasnya. Setelah lulus anda harus tahu dulu manajemen itu apa, Setelah anda tau manajemen Itu Apa anda Belajar ttg logistik Apa.
kemampuan yang akan membantu kalian di Logistik: kemampuan analisis (Data, aliran proses), kepekaan kalian terhadap sekitar (terutama gudang pastinya), menghafal (diperlukan dalam istilah-istilah rantai pasok), menghitung, bekerja sama.

Tahun 2021 telah tiba. Banyak pekerjaan baru ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sepuluh poin di atas adalah jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja di tahun mendatang. Semoga membantu para calon mahasiswa dalam menentukan pilihan.

advertisement

Tinggalkan Komentar / Pertanyaan


Chief Executive Officer

CEO DeckaRenas A scientist who loves to write about anything especially about education, lifestyle, tech stuff and popular science. Learn something new and pretty good in digital literacy.
  Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram