13 Prospek Kerja Teknik Kelautan (Ocean Engineering)

Teknik kelautan merupakan sebuah program studi yang mempelajari rekayasa kelautan. Program studi ini tidak berhubungan dengan biota dan jenis-jenis hewan di laut, tapi mempelajari bangunan dan struktur yang berhubungan dengan laut.

Program studi ini merupakan pengembangan dari Teknik Sipil sehingga prospek kerja teknik kelautansangat luas dan menjanjikan. Lulusan Teknik Kelautan akan berperan penting dalam pembangunan di daerah laut seperti pengeboran minyak lepas pantai, pemecah ombak, reklamasi, pelindung abrasi, dan infrastruktur transportasi laut.

Jika kamu berminat ingin bergabung di program studi ini, sudah ada beberapa Perguruan Tinggi ternama di Indonesia yang memiliki program studi ini seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Hasanuddin, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Sepuluh November dan Perguruan Tinggi lainnya.

Mata kuliah yang akan kamu dapatkan jika kamu bergabung di program studi Teknik Kelautan adalah kalkulus, fisika dasar, kimia dasar, mekanika fluida, analisa rekayasa dasar, geoteknik kelautan, bahan bangunan laut, mekanika gelombang air, pengetahuan fisik laut, akustik bawah air, proses pantai, manajemen konstruksi bangunan laut, perencanaan prasarana pelabuhan, dan masih banyak mata kuliah menarik lainnya yang akan kamu pelajari.

Selain mendapatkan perkuliahan secara teori, kamu juga akan mendapatkan perkuliahan praktek sehingga kamu tidak akan bosan. Program studi Teknik Kelautan akan sangat cocok bagi kamu yang teliti, tekun, detail, terstruktur, senang berhitung, senang menganalisis, dan memecahkan masalah.

Adapun jurusan yang terkait dengan Teknik Kelautan selain Teknik Sipil adalah Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, dan Oseanografi.

Prospek Kerja Teknik Kelautan

Ini Dia Prospek Kerja Beserta Gaji Yang Sangat Menarik

Menjadi seorang lulusan Teknik Kelautan akan mendapatkan prospek kerja yang sangat luas, banyak sekali bidang industri yang membutuhkan keahlian seorang Teknik Kelautan terutama industri yang secara khusus berhubungan dengan laut. Berikut ini beberapa prospek kerja teknik kelautanbeserta gaji yang akan kamu dapatkan :

Insinyur Perkapalan

Menjari seorang Insinyur Perkapalan merupakan prospek kerja yang sangat diharapkan dan diimpikan oleh mayoritas lulusan teknik kelautan. Tugas dari seorang Insinyur Perkapalan adalah mengawasi dan mengkoordinasi para kru yang berhubungan dalam pengoperasioan dan pemeliharaan mesin, ketel, mesin dek, dan listrik apakah sudah melakukan tugasnya dengan benar atau tidak.

Untuk gaji yang akan didapatkan oleh seorang Insinyur Perkapalan rata-rata adalah sekitar 4,5 juta – 7 juta rupiah. Namun angka tersebut hanyalah perkiraan rata-rata saja, kamu bahkan bisa mendapatkan gaji yang lebih besar dan fasilitas menarik lainnya.

Manajer Transportasi

Lulusan Teknik Kelautan juga bisa menjadi seorang Manajer Transportasi lintas pulau yang melalui laut. Tugas dari seorang Manajer Transportasi adalah merencanakan, mengarahkan, serta mengkoordinasikan pengoperasian transportasi dalam suatu kegiatan yang menyediakan jasa transportasi laut. Untuk gaji yang bisa didapatkan oleh seorang Manajer Transportasi adalah sekitar 4,2 juta hingga 6,3 juta.

Pengawas Konstruksi dan Bangunan

Pada dasarnya, Teknik Kelautan juga merupakan bagian dari Teknik Sipil sehingga tidak heran jika seorang lulusan Teknik Kelautan juga bisa menjadi Pengawas Konstruksi dan Bangunan. Profesi ini bertugas untuk memeriksa struktur, menentukan kualitas struktur, dan memastikan jika semuanya telah sesuai dengan spesifikasi, kode bangunan, regulasi, dan faktor lainnya.

Gaji awal yang bisa didapatkan oleh seorang Pengawas Konstruksi dan Bangunan adalah sekitar 3,3 juta hingga 5,2 juta tergantung di Perusahaan dan daerah dimana bekerja.

Prospek Kerja Teknik Kelautan

Insinyur Sipil

Tugas dari seorang Insinyur Sipil adalah merencanakan, merancang, dan mengawasi konstruksi dan pemerliharaan dari suatu struktur bangunan dan juga fasilitas seperti sebuah jembatan, bendungan, proyek irigasi, jaringan pipa, pelabuhan, dan lain-lain. Gaji yang didapatkan oleh seorang Insinyur Sipil ada sekitar 4,3 juta hingga 6,5 juta.

Teknisi Kelautan

Menjadi seorang Teknisi Kelautan merupakan profesi yang sangat sesuai dan cocok bagi lulusan Teknik Kelautan. Menjadi seorang Teknisi Keluatan berarti kamu akan memiliki tugas untuk merancang, mengembangkan, dan bertanggung jawab untuk pemasangan mesin dan peralatan dari sebuha kapal termasuk juga mesin penggerak serta sistem sumber daya listrik.

Gaji yang akan  kamu dapatkan jika menjadi seorang Teknisi Kelautan adalah sekitar 4,4 juta hingga 7 juta.

Prospek Kerja Teknik Kelautan

Manajer Konstruksi

Manajer Konstruksi merupakan salah satu pekerjaan idaman dan impian bagi setiap lulusan Sarjana Teknik, tidak terkecuali dengan lulusan Teknik Kelautan.

Menjadi seorang Manajer Konstruksi akan bertugas untuk merencanakan dan mengarahkan pekerjaan yang berhubungan dengan konstruksi. Profesi ini menjadi idaman dan impian karena akan mendapatkan gaji yang cukup besar yaitu sekitar 6,9 juta hingga 11,1 juta.

Teknisi Sipil

advertisement

Bagi kamu yang baru akan berkuliah di Teknik Kelautan, mungkin akan bertanya-tanya kenapa prospek kerja dari lulusan Teknik Kelautan hampir mirip dan berhubungan dengan Teknik Sipil.

Menjadi lulusan Teknik Kelautan memang memiliki prospek kerja yang sangat luas, termasuk juga menjadi seorang Teknisi Sipil.

Seorang lulusan Teknik Kelautan yang bekerja sebagai Teknisi Sipil akan memiliki tugas untuk merencanakan, merancang, dan mengawasi konstruksi di lautan. Gaji seorang Teknisi Sipil yang bisa kamu dapatkan adalah sekitar 3,4 juta hingga 5,7 juta.

Manajer Arsitektur dan Insinyur

Tugas dari seorang Manajer Arsitektur dan Insinyur adalah merencanakan, mengarahkan, dan mengkoordinasi aktivitas seputar bidang arsitektur dan listrik. Gaji yang akan kamu dapatkan jika menjadi seorang Manajer Arsitektur dan Insinyur adalah sekitar 8,9 juta hingga 14,8 juta.

Prospek Kerja Teknik Kelautan

Pengajar / Dosen

Pekerjaan sebagai seorang guru, dosen atau pengajar memang sangat memungkinkan bagi setiap lulusan di berbagai program studi, bukan hanya di Teknik Kelautan saja.

Jika kamu ingin menjadi seorang pengajar setelah lulus dari Teknik Kelautan, kamu bisa mengajarkan hal-hal yang berhubungan dengan Teknik Kelautan maupun bidang lain yang berhubungan dengan gelar yang kamu miliki. Untuk gaji yang akan kamu dapatkan adalah sekitar 2 juta hingga 5 juta.

Manajer Akuakultural

Menjadi seorang Manaher Akuakultural akan membuatmu memiliki tugas untuk mengarahkan seluruh kegiatan dari pekerja yang berhubungan dengan produksi pembenihan ikan. Ada banyak sekali perusahaan, dan kantor-kantor yang membutuhkan posisi ini dan gaji yang akan didapatkan adalah sekitar 4,1 juta hingga 5,8 juta.

Bekerja di Instansi Pemerintah

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil tentu masih menjadi profesi yang di idam-idamkan oleh siapapun. Setelah menjadi lulusan Teknik Kelautan kamu bisa mendapatkan pekerjaan di Instansi Pemerintah yang tentunya berhubungan dengan latar belakang pendidikan yang kamu ambil.

Salah satu contohnya adalah kamu bisa bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan di bidang analis yang meliputi analis kelautan dan perikanan, analis konservasi kawasan, analis mutu hasil perikanan dan masih banyak profesi lainnya. Gaji seorang PNS pun juga sangat terjamin ditambah dengan tunjangan-tunjangan yang menarik.

Apa perbedaan Teknik Kelautan, Teknik Perkapalan dan Oseanografi ?

Teknik kelautan mempelajari bidang struktur di laut, khususnya bangunan lepas pantai, pengeboran lepas pantai, mempelajari kapal. Selain itu juga mempelajari ilmu teknik sipil karena memang ilmu dasarnya sama.
Teknik perkapalan lebih fokus di struktur bidang kapalnya, dan lebib mendalam dibanding teknik kelautan. Mulai dari bahannnya dan penempatan komponen di atasnya juga.
Sedangkan oseanografi lebih kearah survei ekosistem atau biota laut, meskipun juga mempelajarai hidrodinamika jugasma seperti 2 jurusan diatas.

Sebutkan contoh hasil karya lulusan Teknik kelautan?

1. Offshore platform; subsea pipeline & manifold;
2. Offshore windfarm; pembangkit listrik tenaga gelombang, pasang-surut, dan arus laut;
3. Pelabuhan, dermaga, breakwater;
4. Reklamasi, pengerukan

Apakah kuliah di Teknik Kelautan itu Susah?

Jawabannya adalah iya. Hampir semua jurusan yang ada embel-embel “Teknik” semuanya materi kuliahnya susah bikin pusing. Namun jika sudah ada kemauan dan passion maka semua kendala itu bisa diatasi.

Apa pesan buat calon mahasiswa Teknik kelautan?

Indonesia adalah negara maritim, potensi kelautan kita sangat besar. Hal yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi dalam memajukan kemaritiman Indonesia adalah dengan menjadi sarjana-sarjana muda di bidang maritim, contohnya teknik kelautan.

Nah, itu dia 11 prospek kerja teknik kelautanyang sangat menjanjikan dan memiliki gaji yang sangat menarik. Bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan salah satu profesi yang disebutkan diatas? Jika iya, kejarlah impianmu itu sampai terwujud. Semangat!

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest