10 Jurusan Arsitek Terbaik di Indonesia Akreditasi A

Menjadi arsitek merupakan salah satu cita-cita yang sangat baik. Dengan kemampuan menggambar dan teknik menghitung yang baik, seseorang dapat menjadi arsitek yang profesional.

Bagi Anda yang saat ini baru lulus SMA atau yang sudah kuliah lalu ingin ganti jurusan ke arsitektur maka Anda dapat memilih salah satu dari beberapa jurusan arsitek terbaik di Indonesia yang akan dijelaskan berikut ini :

Jurusan Arsitek Terbaik di Indonesia

Arsitek merupakan prodi yang mempelajari tentang perananan bangunan dan ruang untuk memenuhi berabgai macam kebutuhan. Yang diperlukan mahasiswa arsitek adalah keahlian teknis, estetika (keindahan) dan kepekaan sosial untuk memahami kebutuhan masyarakat.

Jurusan Arsitek terbaik di Indonesia

Daftar yang kami sebutkan dibawah ini merupakan kumpulan universitas terbaik, yang di ukur melalui serangkaian pengujian oleh pihak berwenan yang kemudian menghasilkan akreditasi A

Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung

Jurusan arsitek terbaik yang pertama adalah jurusan arsitektur di Institut Teknologi Bandung. Jurusan arsitektur ITB ini telah mendapatkan akreditasi A yang mana kualitas pendidikan dan juga fasilitas untuk mahasiswanya sudah sangat baik dan sangat mendukung pendidikan. Jurusan ini masuk pada Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan atau sering disingkat dengan SAPPK.

Tidak hanya akreditasi di Indonesia saja, jurusan ini sudah mengantongi akreditasi internasional yang membuat namanya semakin baik dan menjadi favorit para calon mahasiswa.

Biaya kuliah jurusan arsitektur ITB ini juga sudah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau biasa disingkat dengan UKT sehingga Anda tidak perlu membayar per SKS dan dapat dibayarkan sekali dalam satu semester saja. 

Untuk syarat masuk jurusan arsitektur ITB, maka Anda harus mengambil materi ujian saintek karena dasar pendidikan yang akan digunakan dan diambil adalah IPA. Namun, berbeda dengan tahun ini yang mana tidak ada lagi saintek dan soshum hanya tes TPS (Tes Potensi Skolastik)

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya

jurusan arsitek terbaik di Indonesia selanjutnya adalah jurusan arsitek di ITS. Jurusan ini berada di bawah naungan fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Jurusan ini juga telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT sehingga tidak heran apabila pada sistem SNMPTN dan juga SBMPTN jurusan ini banyak dipilih.

Jurusan ini didirikan pada tanggal 15 September 1965 dan pada saat itu hanya ITB yang memiliki jurusan tersebut. Pada saat itu, tenaga arsitek masih sangat sedikit sehingga kebutuhannya sangat banyak di lapangan, walaupun sebenarnya Indonesia telah merdeka sejak 20 tahun yang lalu.

Jurusan Arsitek Terbaik di Indonesia

Universitas Brawijaya (UB), Malang

Universitas di Malang yang satu ini juga memiliki jurusan arsitektur yang sangat baik. Jurusan arsitektur UB ini berada di bawah naungan fakultas Teknik yang sebelumnya sempat menjadi bagian dari Jurusan Teknik Sipil. Peminat jurusan ini sangat banyak, pada tahun 2019 untuk jalur SBMPTN saja mencapai 1057 peminat sehingga persaingannya sangat ketat.

Jurusan ini sudah tentu mengantongi akreditasi A yang dikeluarkan oleh BAN-PT sehingga fasilitas pendidikannya sangat baik sehingga Anda pasti akan betah kuliah di sana.  Persiapkan diri dengan baik agar dapat masuk di jurusan tersebut.

Universitas Diponegoro (Undip), Semarang

Bagi Anda yang ingin belajar arsitektur di Semarang, maka Universitas Diponegoro dapat menjadi pilihan. Kampus dengan almamater biru dongker tersebut menyediakan pendidikan jurusan arsitektur yang sangat baik.

Jurusan ini sering kali mengadakan kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai instansi dalam maupun luar negeri salah satunya adalah organisasi Uzo Nishiyama Memorial Library dalam kegiatan Architectural Summerschool jadi Anda pun akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

Metode belajar di jurusan Arsitektur Undip ini dibagi menjadi dua yaitu PBL atau Problem/Procet Based Learningdan juga SCL atau Student Centered Learning. Jurusan ini berada di bawah fakultas Teknik Undip.

jurusan arsitektur terbaik di Indonesia UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

Universitas favorit yang ada di kota yang penuh kenangan yaitu di Yogyakarta yang satu ini juga memiliki jurusan Arsitektur yang sangat baik. Bahkan jurusan ini menjadi salah satu jurusan unggulan dari UGM.

Jurusan ini berada di bawah wewenang Fakultas Teknik, namun zaman dahulu pada sekitar tahun 1962 sebagai Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan UGM hanya menyediakan satu program studi saja yaitu program studi S1.

Namun, saat ini juga menyediakan jenjang pendidikan S2 dan juga S3. Jadi, bagi Anda yang sudah lulus dari S1 Arsitektur jika ingin meneruskan maka dapat mendaftar di UGM sehingga ilmu Anda menjadi lebih bertambah banyak.

Universitas Indonesia (UI), Depok

Universitas yang terkenal dengan jas almamaternya yang berwarna kuning cerah ini juga memiliki jurusan arsitektur yang sangat baik dan sudah terakreditasi BAN-PT sebagai jurusan yang berakreditasi A. Universitas yang bertempat di Depok ini memang memiliki sistem pembelajaran yang baik dan modern sehingga juga mendapatkan Akreditasi ASEAN University Networkatau AUN.

Untuk mahasiswa dengan program studi S1 yang memenuhi syarat, UI juga menyediakan program fast-track yang mana dapat memungkinkan seorang mahasiswa menyelesaikan studi S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun saja sehingga lebih singkat dibandingkan dengan masa studi yang memiliki kurikulum reguler.

Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta

Universitas yang Terkenal dengan Kampus Hijau di Surakarta ini juga memiliki jurusan arsitektur yang baik.  Jurusan ini juga telah mengantongi akreditasi A dengan sistem pendidikan yang baik serta fasilitas pendidikannya yang menunjang belajar para mahasiswanya. 

Penerimaan mahasiswa jurusan ini juga sangat ketat karena daya tampung dan peminat memiliki perbandingan yang sangat signifikan. Daya Tampungnya hanya sekitar 60 kursi sedangkan yang mendaftar sekitar 963 pada SBMPTN tahun 2019 yang lalu.

advertisement

Lulusan arsitektur UNS juga banyak dilirik oleh perusahaan-perusahaan yang besar sehingga tidak heran jika banyak lulusan arsitektur UNS yang banyak diserap oleh lapangan kerja.

Masih beberapa hari lagi untuk mempersiapkan SBMPTN 2020, jadi jangan sampai lengah sebab persaingannya sangat ketat.

Universitas Sriwijaya (Unsri), Palembang

Tidak hanya di Pulau Jawa saja, di Sumatera pun Anda juga dapat menempuh pendidikan arsitektur yang terbaik di Indonesia yaitu di Unsri.

Jurusan ini juga telah mengantongi akreditasi A dari BAN=PT sehingga sudah jelas sekali bahwa fasilitas pendidikan yang akan Anda dapatkan nantinya akan sangat baik dan sangat mendukung perkembangan Anda di dunia arsitektur.

Jurusan ini berada di bawah Fakultas Teknik yang sebenarnya baru saja dibuka pada tahun 2001. Jurusan ini juga memiliki peminat yang sangat banyak.

Misalnya saja pada SBMPTN tahun 2020 ini Unsri hanya menyediakan 45 kursi saja. Sebagai gambaran keketatannya yaitu pada tahun 2019 peserta yang mendaftar sebanyak 530 orang.

Universitas Hasanudin (Unhas), Makassar

Universitas di Makassaryang satu ini juga tidak dapat dilewatkan dan dapat menjadi pertimbangan. Jurusan ini membuka penerimaan mahasiswa baru dari jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, dan juga Jalur Beasiswa. 

Jurusan arsitek terbaik di Indonesia yang satu ini memiliki berbagai fasilitas yang sangat lengkap dari mulai sarana dan prasarana administrasi serta akademik untuk proses pembelajaran seperti laboratorium untuk penelitian, peralatan, studio. Perpustakaan, lecture theatre, akses internet, ruang belajar yang nyaman dan bisa dilakukan secara outdoor, hotspot dan lain sebagainya

Apa yang Dipelajari dalam Ilmu Arsitektur?

Mahasiswa mempelajari tentang rancangan dan konstruksi bangunan., ruang terbuka, landscape, dan kini menjangkau tentang perancangan sistem kota.

Apakah Masuk Jurusan Arsitek Harus Pintar Menggambar?

Jaman sekarang semua sudah canggih. Sudah ada perangkat lunak yang bisa membantu proses design kita. Gambar freehand di pakai 3 atau 4 semester.
Untuk membuat konsep design walaupun sketsa kurang bagus tidak kenapa, karena yang terpenting adalah ide, dapat menjelaskan kepada si dosen atau klien.

Jurusan Arsitek Terbaik di Indonesia

Apa Perbedaan Arsitek dengan Teknik Sipil?

Ibaratnya arsitek adalah pelukis,
sipil yang menyediakan dan mencari kanvas, kuas, memilih cat, dsb.
Arsitek bisa saja merancang bangunan pencakar langit setinggi seribu meter dari tanah. Tapi saat sipil mengatakan tidak ada struktur dan pondasi yang mampu menopang gedung setinggi itu, maka arsitek harus menurunkan tinggi bangunannya.
– Bisakah arsitek tanpa sipil? Bisa, tapi akan ada pemborosan
– Apakah bisa sipil tanpa arsitek? Bisa, tapi akan menghasilkan bangunan yang monoton tanpa estetika

jurusan arsitek terbaik di indonesia akreditasi A

Berapa Penghasilan Arsitek dari Satu Proyek?

Berikut ini adalah angka kasar, bisa lebih bisa kurang:
1. Buat desain rumah tunggal sekitar 5 jutaan.
2. Jasa pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Ruko sekitar 1,5 juta per pintu dan rumah tunggal lebih mahal beberapa ratus ribu.
3. Kontraktor Ruko dengan tarif 1,8 juta per meter. Rumah tunggal lebih mahal beberapa ratus ribu.
Usakan sudah punya team, sehingga kerja bisa sesuai deadline client

Bagaimana Seorang Arsitek Mendapatkan Proyek?

Kunci nya adalah eksis!. Misal kamu bekerja secara mandiri, tidak punya bos. Maka cara mendapatkan proyek adalah dengan eksis bersayembara. Menang dan dapat proyek lanjutan.
Jangan lupa untuk mempelajari marketing konten. Sebar portofolio, design dan konten bermutu di facebook, instagram, youtube, quora. Niscaya klien yang datang kepada anda. Bukan anda yang “ngemis” kesana kemari.

Desain Apa yang Paling Dihindari Arsitek?

Salah rancangan yang membuat pusing arsitek adalah RUKO, terlebih ada embel-embel modern minimalis.
Melihat bangunan ini di pinggir jalan, berderet dengan bentuk dan warna yang sama dan entah kenapa menyakiti mata.
Sepertinya hingga detik ini belum melihat desain ruko yang menyeimbangkan estetika dan fungsi bangunan

Apa Kelemahan Sebagian Besar Lulusan Arsitek di Indonesia?

Tidak memiliki refrensi pengetahuan tentang bahan/ dan material, serta metode konstruksi

Apa yang Harus Dilakukan untuk Menjadi Arsitek?

Kuliah jurusan arsitek, berlatih menggambar dengan tangan/software, perbanyak info tentang material dan bahan terbaru, pahami struktur bangunan yang ada disekitar, ketahui lingkungan bangunan (arah sinar matahari + arah angin), berlatih komunikasi dengan client, Meningkatkan leadership untuk mengelola internal team.

Bagaimana Cara Arsitek Menjelaskan Desain kepada Klien?

Banyak cara. Tapi salah satu yang paling efektif adalah membawa klien merasakan pengalaman ruang dari desain yg dibuat dengan video animasi.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *