Baca ▹ 5 menit

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi, Ada yang Sesuai Bidangmu?

Mencari jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk masa depan? Kamu berada di halaman yang tepat! Masa depan memang merupakan hal yang selalu abu-abu. Tidak jelas ke mana arah dan tujuannya.

Lulus sekolah menengah atas menjadi usia yang masih tanggung untuk lanjut bekerja. Cita-cita yang diimpikan sejak kecil ataupun sekadar pekerjaan yang dapat diandalkan untuk masa depan akan menjadi incaran yang cukup membingungkan setelah kamu lulus sekolah.

Daftar Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Gaji tinggi merupakan impian semua orang. Siapa yang tidak ingin mendapat penghasilan yang tinggi? Bisa untuk kebutuhan sehari-hari, dan bisa untuk ditabung.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Jurusan Kedokteran

Bagi kamu yang menginginkan gaji tinggi untuk menunjang masa depan, jurusan ini menjadi jurusan yang menjadi top trending dalam data peminatan. Siapa yang tidak tahu kalau dokter adalah pekerjaan yang menghasilkan banyak uang? Ya, meskipun dengan jadwal-jadwal lebur di tengah malam.

Di beberapa universitas ternama pun, jurusan ini mendapat urutan teratas yang masuk dalam kategori favorit. Dalam jalur SBMPTN setiap tahunnya, universitas-universitas ternama ini rata-rata menyediakan hanya 100 kursi.

Sedangkan untuk jalur SNPMTN, daya tampungnya hanya sekitar 50-75 orang saja. Dengan data universitas seperti Universitas Sriwijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Padjajaran, dan beberapa universitas ternama lainnya.

advertisement

Lalu, untuk kisaran gajinya, dokter umum yang baru bekerja, dan non-PNS biasanya mendapat gaji UMR kurleb Rp. 2,5-3 juta per bulan, dengan berbagai bonus lainnya.

Sedangkan untuk dokter yang sudah PNS bisa 2-3x UMR mencapai Rp. 6 juta per bulan, dan untuk dokter yang bekerja di rumah sakit swasta bisa mendapat Rp. 10 juta atau lebih per bulannya.

Teknik Perminyakan

Perminyakan yang sering mengalami kembang-kempis ini ternyata menjadi jurusan yang mampu mengantarkanmu untuk mendapat gaji besar, lho. Karyawan-karyawan yang bekerja di perusahaan perminyakan ini kerjanya hampir sama dengan pekerja-pekerja tambang.

Dengan gaji yang besar, orang-orang yang bekerja di perminyakan ini juga harus menanggung tanggung jawab yang besar. Kamu yang ingin mengambil jurusan ini juga diwajibkan menguasai bidang matematika, fisika dan kimia karena akan ada perpaduan pengetahuan saat praktiknya. Gaji karyawannya sendiri, bisa mencapai 6 juta bahkan lebih. Belum untuk pekerja dengan jabatan yang lebih tinggi.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi
Teknik Perminayakan merupakan Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Teknik Informatika

Untuk kamu yang memiliki minat di bidang perkomputeran, dan biasa mendalami ilmu teknologi wajib sekali untuk masuk ke jurusan ini. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari ilmu pemrograman, yaitu asal muasal segala sesuatu di bidang teknologi bisa tercipta. Kamu juga akan diajarkan cara menyelesaikan masalah-masalah yang ada di komputermu.

Lalu apa lulusan teknik informatika biasa menjadi tukang service hp atau laptop? Beda, karena teknik informatika berkaitan dengan software. Kerennya, minimal kamu bisa membuat aplikasi sendiri sesuai yang kamu inginkan.

ads

Kamu bisa menjualnya dengan harga yang tidak murah. Dan banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan lulusan teknik informatika, ditawar dengan gaji besar, lho.

Teknik Kedirgantaraan/Penerbangan

Jurusan teknik kedirgantaraan ini berbeda ya dari orang-orang yang bekerja menjadi pilot. Lulusan dari jurusan ini nantinya akan bekerja pada perusahaan yang merakit komponen-komponen pesawat terbang.

Mempelajari ilmu-ilmu perancangan, pembuatan serta pengoperasian pesawat terbang atau sesuatu yang berhubungan dengan alat penerbangan lainnya. Pekerja juniornya bisa mencapai gaji Rp. 5 juta, lho.

Jurusan Ekonomi

Untuk kamu yang suka dengan hitung-menghitung uang, jurusan ekonomi cocok untuk kamu coba. Kamu akan diajarkan mengenai ilmu-ilmu yang berkaitan dengan perhitungan untuk bekal di dunia pekerjaan kelak.

Banyak pekerjaan-pekerjaan yang menghasilkan banyak uang jika kamu lulus dari jurusan ini, seperti pegawai pajak, akuntan, penasihat keuangan, bahkan bisa jadi Senior Vice President yang per bulannya bisa mencapai Rp. 100 juta.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi
ilustrasi : Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Arsitektur

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jurusan ini. Arsitek, merupakan pekerjaan orang-orang yang kuliah di jurusan ini. Jika kamu pandai menggambar, dan terbilang mampu secara akademis, kamu akan lebih mudah untuk masuk ke jurusan ini. Lalu, apa pekerjaannya hanya menggambar bangunan saja?

advertisement

Pekerjaan dari seorang arsitek adalah merancang dan mendesain bangunan. Arsitek akan berkolaborasi langsung dengan client untuk menuangkan ide dan keinginan yang client inginkan di atas kertas.

Kemudian arsitek akan dibantu oleh orang-orang teknik sipil untuk menghitung kebutuhan bahan bangunan dan mewujudkan bangunan yang sudah dirancang. Gaji arsitek baru bisa mencapai Rp. 4 juta dan bisa dinego sesuai dengan kesepakatan client.

Teknik Nuklir

Teknik nuklir ini hanya ada di satu kampus di Indonesia, lho. Universitas Gadjah Mada menjadi satu-satunya kampus yang menyediakan pembelajaran mengenai teknik nuklir ini. Ilmu yang akan dipelajari berupa praktik-praktik dari teori fisika. Kamu bisa bekerja di perusahaan-perusahaan minyak, listrik maupun nuklir dengan gaji rata-rata Rp. 1 Miliar per tahunnya.

Teknik Kimia

Di Sekolah menengah atas, pasti kamu sudah banyak mempelajari mengenai atom, kan? Jurusan ini akan menerapkan proses-proses kimiawi dalam suatu barang untuk menjadikan barang itu lebih berguna.

Pekerjaannya akan sedikit rumit, namun hasilnya akan sangat bermanfaat bagi keterusan hidup. Gaji pekerjanya memiliki peringkat gaji pekerja tertinggi di dunia dengan kisaran Rp. 450-850 juta.

Teknik Kelautan

Masih asing dengan jurusan ini? Tidak mempelajari mengenai makhluk-makhluk laut ataupun ekosistem bawah laut. Jurusan ini mempelajari mengenai infrastruktur bangunan-bangunan yang berada di kawasan lautan, baik pantai maupun perairan tengah laut. Jadi tidak ada kaitannya dengan nahkoda ataupun peneliti-peneliti ekosistem laut, ya.

ads

Lulusan ini akan berkutik dan memiliki peran besar karena sudah dibekali ilmu untuk menata bangunan di atas laut. Jadi jika ada urusan membangun bendungan untuk mencegah air laut pasang, teknik kelautan ini yang akan bekerja.

Gaji rata-rata pertahunnya untuk lulusan teknik kelautan bisa mencapai Rp. 1,07 miliar, tertarik?

Teknik Mesin

Terdengar biasa saja, tapi lulusan dari jurusan ini mampu meraup gaji Rp. 900 juta pertahunnya. Jurusan ini mempelajari hal-hal  yang berkaitan dengan mekanik seperti analisis, pemeliharaan, manufaktur mesin serta mendesain. Pekerjaan yang semakin ke sini semakin dibutuhkan karena kemajuan teknologi ini wajib kamu coba untuk kamu yang suka berkutik dengan mesin.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Selain 9 jurusan kuliah yang kami bahas diatas, ada tambahan 4 jurusan yang memungkinkan kamu untuk hidup layak berkecukupan bahkan bisa dibilang high class. Antara lain:

Jurusan Hukum. Apabila berbicara hukum, tentu pikiran kita mengacu pada profesi advokat/pengacara. Ada beberapa pengacara kondang di Indonesia yang kekayaan nya melimpah. Semua itu didapat dari proses yang panjang, tapi jalur untukk meraihnya jelas dan bisa ditiru oleh semua fresh graduated.

PGSD. Ya, kamu tidak salah baca. Pendidikan Guru SD bisa menjadi salah satu jalur menuju ekonomi yang lebih baik. Syaratnya adalah kamu mesti belajar bahasa asing. Apa hubungannya? Bila mampu berbahasa inggris/mandarin, kamu berkesempatan berkarier di sekolah internasional. Kita semua tahu disana SPP nya mahal dan kesejahteraan gurunya terjamin.

advertisement

Jurusan Aktuaria. Mau dapat duit tentunya tepat bila berkecimpung di perusahaan jasa keuangan. Profesi ini sangat langka, sepi pesaing dan dibutuhkan sebua korporat. Adanya aturan OJK bahwa tiap 1 perusahaan wajib memiliki minimal 1 aktuaris bisa membuka peluang berkarier disana.

Teknik Elektro. Kedepan pertumbuhan mobil listrik, motor listrik, panel tata surya pengganti PLN dan beberapa peralatan elektronik makin meningkat. Tenunya ini menjadi celah dan peluang kamu untuk menggapai ketersediaan tenaga kerja yang sangat melimpah

Apa Semua Jurusan Itu Menjamin Gaji yang Besar?

Jawabannya ada pada diri kamu sendiri. Terapkan pedoman “Usaha tidak akan mengkhianati hasil”. Jadi, selama mengambil jurusan itu pun kamu tidak hanya bisa mengandalkan gelar saja. Ilmu yang diajarkan pun harus tetap dipelajari karena akan sangat dibutuhkan nantinya.

Attitude kamu juga akan sangat menentukan masa depanmu kelak. Karena dengan attitude yang baik, kamu akan bisa menciptakan kondisi yang baik pula. Jangan lupa untuk giat berusaha dan tetap berdoa kepada Tuhan.

Apa sisi gelap dalam hidup sebagai karyawan bergaji tinggi?

Ada 3 hal yang tidak mengenakan, Tekanan yg sangat tinggi dari atasan mengakibatkan kesehatan mental terpengaruh, Susahnya mendapatkan perusahaan yang sanggup bayar ketika memutuskan untuk pindah, Siap Memberikan effort lebih meski di hari libur/tanggal merah sekalipun.

Apa Alasan Seseorang Menolak Tawaran Gaji Besar?

Sistem Kontrak. Misal karena sudah memiliki anak, maka mencari pekerjaan yang lebih terjamin
Masa depan. Perusahaan ini baru, hasil kerja sama perusahaan teknologi besar dari luar dengan sebuah institusi pendidikan. Tidak ada jaminan kerja sama ini berlanjut di tahun-tahun berikutnya sehingga perpanjangan kontrak maupun sudah permanen juga tidak terjamin.
Skema Gaji. Pihak Human Capital/HRD memasukkan semua komponen kontribusi perusahaan ke BPJS sehingga nilainya terlihat besar.

ads

Berjuanglah dengan keras selama 4 tahun / 8 semester masa perkuliahan, demi 50-60 tahun kehidupan yang layak dan berkecukupan. Jangan sampai menjalani kuliah dengan asal-asalan demi gengsi gelar semata. Lima, sepuluh, duapuluh tan nanti, kamu akan lebih menyesali apa yang tidak dilakukan, daripada sesuatu yang sudah dicoba/ dilakukan

Itulah beberapa contoh jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi. Jadi, jurusan mana yang akan kamu pilih? Pastikan pilih yang paling sesuai dengan kemampuan dan peminatanmu, ya

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp


CEO / Author

CEO DeckaRenasAzkayra Jihan S.Kom
An engineer who loves to write about anything especially about education, lifestyle, movies, tech stuff and popular science. Learn something new and pretty good in digital literacy.
Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram