15 Cita cita yang Cocok untuk Jurusan IPA/Saintek

Sobat, apakah saat ini kamu hendak lulus dari jenjang pendidikan menengah atas? Langkah apa yang selanjutnya akan kamu pilih? Tentu kamu akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, kan?

Lowongan pekerjaan kini semakin ketat dan bahkan mencari lulusan terbaik. Bila kamu mencari cita cita yang cocok untuk jurusan IPA, maka artikel ini sangatlah tepat dan akan memberikan jawaban atas kegelisahanmu. Berbagai jurusan IPA dapat kamu pilih dengan prospek kerja yang luas.

Jurusan IPA VS Prospek Kerja

Perlu diketahui bahwa kini banyak jurusan perkuliahan yang bisa kamu pilih berdasarkan latar belakang pendidikan menengah atas yang kamu miliki. Seseorang yang berasal dari SMA MIPA memiliki peluang yang lebih luas dibandingkan dengan SMA IPS atau peminatan lain seperti kejuruan, lho.

advertisement
cita cita yang cocok untuk jurusan IPA

Seseorang yang berasal dari lulusan MIPA memiliki kemudahan dalam memilih jurusan perkuliahan dibanding lainnya. Mereka bisa menempuh pendidikan lanjut baik pada jurusan IPA alias saintek maupun jurusan soshum. Sedangkan jurusan selain MIPA tidak dapat mengambil alih jurusan IPA untuk perkuliahannya.

Bila kamu berasal dari MIPA, maka jangan lewatkan kesempatanmu untuk mengambil pekerjaan yang cocok untuk jurusan IPA. Beragam jurusan perkuliahan yang berkaitan dengan IPA bisa kamu pilih dengan gampang. Ini merupakan privilege bagi kalian yang berasal dari MIPA, lho.

Jurusan IPA memiliki prospek kerja yang sangat luas. Bahkan, jurusan ini distigma sebagai output berkelas alias memiliki otak yang cerdas-cerdas. Beragam lowongan pekerjaan dari jurusan IPA juga menempatkan posisi terbaik sehingga tidak sembarangan orang bisa mendapatkan posisi tersebut.

adv

15 Jurusan IPA Terbaik

Di bawah ini terdapat 15 jurusan IPA terbaik yang mungkin bisa kamu pilih untuk kuliah nanti. Jurusan-jurusan berikut ini akan dikupas berdasarkan bidangnya masing-masing. Untuk itu, perhatikan dengan saksama mengenai  cita cita yang cocok untuk jurusan IPA dengan prospek kerja yang cerah ini.

Cita cita yang Cocok untuk Jurusan IPA di Bidang Kesehatan

  • Pendidikan Kedokteran (Dokter Umum, Dokter Gigi, dan Dokter Hewan)

Profesi ini merupakan salah satu profesi yang paling diminati oleh anak-anak. Saat masih kecil, kamu atau teman-temanmu pasti ingin menjadi dokter, kan? Pada dunia kesehatan, kedokteran ini terbagi ke dalam beberapa macam. Nah, kamu harus mengenalinya satu-persatu.

Secara umum, pendidikan yang akan kamu tempuh pada profesi dokter ini cukup panjang. Awal mulanya dari S1 selama 4 tahun. Kemudian melanjutkan koas dan diakhiri dengan internship dan uji kelulusan untuk mendapatkan gelar dokter kurang lebih 2 tahun. Meskipun perjalanannya cukup panjang, namun profesi ini menjadi peluang terbesar pada prospek kerja mendatang.

ads

Bila kamu ingin menjadi dokter umum, maka kamu harus berkuliah di Pendidikan Kedokteran. Apabila ingin menjadi dokter gigi, maka kamu dapat menempuh Pendidikan Kedokteran Gigi. Sedangkan untuk menjadi dokter hewan, maka kamu akan berkuliah di Pendidikan Kedokteran Hewan.

  • Perawat

Selain dokter, profesi yang amanah dan berkeperimanusiaan lainnya adalah perawat. Kamu pasti akan menemukan perawat di rumah sakit, puskesmas, atau faskes lainnya. Perawat menjadi profesi yang banyak diminati terutama kaum wanita karena memiliki prospek kerja yang luas.

Ada dua jurusan yang bisa kamu tempuh untuk menjadi perawat, yakni D3 Keperawatan dan S1 Ilmu Keperawatan. Bila kamu ingin merawat pasien secara terus-menerus, kamu dapat mengambil D3 Keperawatan. Namun bila kamu ingin menjadi supervisor atau kepala bagian dari suatu bangsal, kamu dapat mengambil S1 Ilmu Keperawatan.

alasan memilih jurusan farmasi
  • Apoteker

Dalam dunia medis, peran apoteker tentunya sangat diperlukan. Dokter dan perawat pastinya memerlukan obat maupun alat kesehatan lain yang menunjang pasien untuk pulih kembali. Peran apoteker ini tentunya sangat penting dan dibutuhkan di banyak tempat.

  • Kebidanan

Keberadaan bidan juga masih sangat diperlukan khususnya bagi ibu hamil dan anak-anak, lho. Bahkan, hampir setiap desa memerlukan bidan minimal satu. Mereka pastinya akan membantu proses persalinan ibu hamil sehingga ada faskes terdekat untuk melahirkan.

a d s
  • Kesehatan Masyarakat

Mungkin kamu agak asing dengan pekerjaan yang satu ini. Masih dalam dunia kesehatan, para lulusan Kesehatan Masyarakat biasanya lebih sering berada di luar ruangan. Mereka melakukan berbagai penyuluhan tentang kesehatan maupun sejenisnya.

  • Radiografer, Ahli Gizi, dan Laboran

Radiographer merupakan orang yang bekerja dalam merekam medis data pasien. Mereka bekerja sebagai juru fotonya pasien, lho. Begitu pun dengan ahli gizi, mereka akan menyiapkan makanan sesuai dengan takaran gizi di berbagai faskes serta memikirkan gizi seimbang untuk masyarakat. Kedua jurusan ini memiliki prospek kerja yang masih sangat luas.

Laboran juga menjadi jurusan yang prospek kerjanya bagus. Mereka akan memeriksa berbagai kandungan yang ada pada darah, urine, atau lainnya dari tubuh pasien.

Cita cita yang Cocok untuk Jurusan IPA Bidang Teknik

Syarat Masuk Jurusan Pertambangan
  • Teknik Pertambangan

Berprofesi sebagai penggali hasil bumi alias penambang merupakan cita cita yang cocok untuk jurusan IPA. Gaji pada profesi ini sangat banyak dan peluang kerjanya juga sangat luas. Bahkan, kontrak kerjanya juga sangat menggoda.

  • Arsitektur

Bila kamu gemar menggambar atau membuat desain bangunan, alangkah baiknya memilih jurusan ini untuk masa depanmu. Profesi sebagai arsitektur semakin dicari oleh banyak pebisnis bahkan memiliki gaji yang sangat fantastis.

sponsor
  • Geografi

Beragam jurusan geografi bisa kamu pilih untuk mendapatkan pekerjaan yang luas. Kamu bisa menjadi perencana wilayah di kota atau kabupaten, menganalisa iklim dan cuaca, teknik lingkungan, atau lainnya. Kamu tak perlu khawatir dengan prospek kerjanya karena banyak perusahaan yang akan mencarimu, lho.

Cita cita yang Cocok untuk Jurusan IPA Bidang Pendidikan

  • Guru IPA (Biologi, Fisika, Kimia)

Pekerjaan yang cocok untuk jurusan IPA adalah guru IPA. Kamu bisa fokus pada materi biologi, fisika, maupun kimia. Bahkan, kamu juga bisa bekerja di lembaga formal maupun nonformal.

  • Guru Matematika

Bila kamu gemar berhitung, kamu juga bisa menjadi guru matematika. Kamu dapat mengajar di sekolah tingkat pertama hingga tingkat atas. Bahkan, kamu juga bisa menjadi dosen, lho.

  • Guru SD

Peluang kerja yang satu ini masih sangat luas. Bahkan, untuk jangka waktu yang mendatang masih sangat diperlukan guru SD. Berbagai sekolah negeri dan swasta siap menerimamu, lho.


  • Peneliti

Bila kamu senang melakukan penelitian, maka kamu dapat bergabung sebagai tim peneliti. Kamu harus berkuliah hingga S3 sehingga bisa menjadi seorang peneliti.

Cita cita yang Cocok untuk Jurusan IPA Bidang Publik

iklan
  • Psikolog

Berperan sebagai seorang psikolog tentu sangat keren. Bahkan, peluang kerjanya juga sangat luas. Kamu dapat mengambil jurusan Psikologi bila tertarik menjadi psikolog. Namun, kamu harus siap menghafalkan banyak teori mengenai psikologi.

alasan memilih jurusan psikologi
  • Psikiater

Banyak orang awam yang berpikir bahwa psikiater merupakan lulusan dari psikologi. Istilah psikiater sebenarnya digunakan sebagai dokter kejiwaan. Mereka adalah sarjana pendidikan kedokteran yang melanjutkan pendidikannya pada jurusan psikologi.

  • Duta dan Konsul

Profesi yang satu ini merupakan profesi yang sangat menarik. Apalagi bila kamu senang bertemu dengan orang baru. Duta dan Konsul ini merupakan lulusan dari Ilmu Hubungan Internasional. Kamu akan bekerja di kedutaan suatu negara dan pastinya akan belajar banyak hal baru tentang budaya negara lain.

Cara Memilih Jurusan Kuliah IPA

Setelah mengetahui 15 cita cita yang cocok untuk jurusan IPA di atas, jurusan apa yang akan kamu pilih? Mungkin kamu agak sedikit kesulitan dalam menentukan jurusan untuk perkuliahan nanti, ya? Kita memang memerlukan bimbingan dari banyak pihak khususnya yang dapat mengarahkan kita dalam memilih jurusan.

Untuk memudahkanmu dalam memilih pekerjaan yang cocok untuk jurusan IPA, tentu kamu memerlukan arahan, kan? Nah, berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memilih jurusan perkuliahanmu.

  • Pahami potensi diri, gali kemampuan yang kamu miliki

Hal utama yang harus kamu lakukan yaitu dengan memahami potensi yang ada pada dirimu sendiri. Orang lain tidak berhak mengaturmu dan memihakmu untuk mengambil jurusan tertentu. Kamulah yang bertanggung jawab atas segala keputusanmu.

Untuk itu, kamu perlu mengenali potensi diri. Gali berbagai kemampuan yang kamu punya. Bila perlu, catat kemampuan-kemampuanmu dari yang lemah hingga kuat. Nah, dari kemampuan yang kuat itulah kamu dapat mengembangkannya lebih dalam.

Bila selama ini kamu belum menemukan potensi yang ada pada dirimu, maka kamu dapat menemukannya melalui berbagai tes psikologi. Ikuti beragam tes online maupun langsung ke bimbingan dan konseling pihak sekolah atau lembaga psikologi untuk menggali kemampuanmu itu.

  • Buat list pekerjaan yang kamu minati
mahasiswa kuliah daftar isi

Saat masih sekolah dasar atau masa kecil, kamu pasti pernah ditanya oleh gurumu atau orang lain tentang cita-citamu, kan? Cita-cita biasanya berhubungan dengan pekerjaan yang kamu minati. Untuk itu, cobalah kamu tulis berbagai pekerjaan yang kamu minati.

Kamu sebaiknya menulis pekerjaan-pekerjaan tersebut sesuai dengan kesukaanmu. Ingat, kamu harus bercermin dengan diri sendiri. Pastikan bahwa berbagai pekerjaan yang kamu catat merupakan pekerjaan yang kamu minati dan bukan dari orang lain.

Hasil catatanmu mengenai pekerjaan yang kamu minati dapat kamu hubungkan dengan potensi yang kamu punya. Ada korelasi antara potensi diri dengan apa yang kamu sukai. Inilah yang disebut sebagai minat dan bakat seseorang.

  • Cari informasi mengenai jurusan kuliah dari pekerjaan yang kamu list

Setelah menghubungkan antara minat dan bakatmu, tentu akan lebih mengerucut pada jurusan perkuliahan. Cobalah cari informasi mengenai jurusan kuliah yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.

Sebagai contoh, bila kamu ingin menjadi seorang perawat, maka kamu dapat mengambil jurusan D3 Keperawatan atau S1 Ilmu Keperawatan. Kedua jurusan tersebut tidak beda jauh namun sama-sama menjadi perawat. Hanya saja, posisi perawat di faskes kesehatan ini juga berbeda. Untuk itu, kamu perlu mencari informasi yang banyak tentang jurusan tersebut.

Kamu juga perlu melihat kualitas pendidikan dari jurusan yang kamu pilih. Misalnya dengan melihat akreditasi dari jurusan tersebut. Lihat pula dari institusi yang menyediakan jurusan tersebut. Tak ketinggalan berbagai hal yang berkaitan dengan perkuliahan tersebut termasuk kota dan biaya hidupnya.

  • Pertimbangkan jurusan kuliah dengan kemampuanmu

Kamu harus benar-benar mempertimbangkan jurusan perkuliahanmu dengan kemampuan yang kamu punya. Misalnya dari segi keahlian, apakah kedepannya kamu benar-benar menguasai keahlian tersebut atau tidak. Apakah kemampuan berpikirmu juga semakin berkembang dan dapat diarahkan sesuai dengan tuntutan perkuliahan atau tidak.

Jangan sampai kamu merasa terbebani dengan perkuliahanmu. Banyak mahasiswa yang merasa pesimis, putus asa, bahkan tidak nyaman dengan kuliah yang ditempuhnya saat memasuki tingkat akhir. Kebosanan pasti akan dirasakan oleh para mahasiswa. Untuk itu, rencanakan dalam jangka panjang dan sesuaikan dengan kemampuanmu.

kuliah
  • Diskusikan dengan orang tua dan orang-orang yang kuliah pada jurusan tersebut

Untuk memutuskan jurusan yang akan kamu pilih, sebaiknya kamu berdiskusi dengan banyak pihak. Utamakan diskusi dengan orang tua karena kamu pastinya masih memerlukan bantuan dari mereka. Sesuaikan perkuliahanmu dengan keuangan dalam keluarga. Jangan sampai kamu terlalu membebani dan memaksakan keuangan keluarga.

Bila kamu punya tekad yang kuat, kamu dapat mengajukan berbagai beasiswa agar perkuliahanmu ringan. Namun, kamu tetap harus diskusi dengan kedua orang tuamu mengenai rencana perkuliahanmu.
Baca juga: Jurusan yang susah mendapat pekerjaan

Kamu juga dapat bertanya-tanya dengan orang yang berkuliah pada jurusan kamu hendak kamu ambil. Cari tahu berbagai hal yang berkaitan dengan perkuliahan itu sehingga ke depannya membuatmu ada gambaran untuk kuliah. Termasuk prospek kerja, kamu juga perlu kepo-kepo dengan orang-orang yang bersangkutan pada jurusan tersebut.

Apa jurusan kuliah IPA yang santai dan mudah dipelajari?

Sebenarnya, susah atau gampang dipelajari merupakan hal yang relatif. Artinya, tiap-tiap orang punya pengalaman tersendiri mengenai apa pelajaran yang mudah baginya.
Namun yang pasti, jika kita menyukai suatu pelajaran, pelajaran tersebut akan cenderung lebih mudah untuk dipelajari dibandingkan dengan pelajaran yang kita tidak suka. Jadi, kata kuncinya adalah SUKA.

Nah, itulah 15 cita cita yang cocok untuk jurusan IPA yang bisa kamu pilih setelah menempuh pendidikan menengah atas. Pilih jurusan yang sesuai dengan passionmu serta memiliki prospek kerja yang sangat luas, ya!

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp
Tinggalkan komentar

Author / CEO

CEO DeckaRenasAzkayra Jihan S.Kom
An engineer who loves to write about anything especially education, movies and popular science.
Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram