11 Prospek Kerja Teknik Lingkungan S1 dan Gajinya

Pernahkah Anda memikirkan siapa orang-orang yang bertugas memikirkan dan mengatasi permasalahan lingkungan, air, dan pencemaran limbah dari sebuah perusahaan?

Ya, orang-orang dibalik semua urusan tersebut adalah orang-orang yang berasal dari jurusan teknik lingkungan. Prospek kerja teknik lingkunganyang beragam membuat mahasiswa lulusannya mampu bersaing dalam dunia kerja, sekaligus berkontribusi dalam melestarikan lingkungan.

Ada beberapa pengetahuan dan keahlian yang dibekali untuk mahasiswa jurusan teknik lingkungan sejak mereka berkuliah, seperti eksperimental skill, design abilities, kemampuan meneliti dan melakukan analisis, pengaplikasian matematika, sains, dan rekayasa, dan kesediaan bekerja secara tim. Semua perangkat keahlian dan pengetahuan ini akan menjadi sangat berharga saat masuk dalam dunia kerja.

prospek kerja teknik lingkungan

11 Prospek Kerja Teknik Lingkungan

Pada bahasan kali ini kami akan memaparkan prospek kerja teknik lingkungandan universitas yang ada jurusan teknik lingkungandi Indonesia di mana saja. Jika ini adalah informasi yang sedang Anda butuhkan saat ini, maka pastikan membacanya hingga selesai ya.

1. Konsultan Lingkungan

Konsultan lingkungan merupakan salah satu profesi yang bisa dicoba bagi seorang lulusan teknik lingkungan. Pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk menyelesaikan masalah lingkungan dari suatu organisasi atau perusahaan. Pendapat Anda soal kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh suatu organisasi atau perusahaan tertentu sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Nah, untuk menjalani profesi ini, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu di universitas yang ada jurusan teknik lingkungan. Beberapa kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan tersebut adalah di ITB atau Institut Teknologi Bandung, ITS atau Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, hingga di Universitas Hasanuddin.

Jika Anda memilih salah satu dari kampus tersebut, sudah bisa dipastikan Anda akan mendapatkan beberapa mata kuliah seperti kimia lingkungan, pengetahuan struktur, kesehatan lingkungan, statistika lingkungan, mekanika fluida, mikrobiologi lingkungan, hidrologi dan hidrogeologi, epidemiologi lingkungan, dan laboratorium lingkungan.

Ada beberapa karakter mahasiswa yang sesuai dengan jurusan ini. Karakter tersebut mulai dari teliti, tekun, detail tentu saja, rasional, kritis, berwawasan luas, senang menganalisis, dan senang berhitung. Sebab banyak mata kuliah di jurusan ini akan bersinggungan dengan ilmu matematika.

2. Manajer Lingkungan

Manajer lingkungan merupakan salah satu profesi dalam sistem manajemen perusahaan. Ada beberapa unsur utama yang harus dikuasai oleh seorang manajer, mulai dari kebijakan lingkungan dan perencanaan. Seorang manajer harus mampu mengimplementasikan, memeriksa, dan mengkaji manajemen lingkungan secara benar. Adapun gaji yang ditawarkan untuk profesi ini jutaan rupiah.

3. Petugas Pemeliharaan Kualitas Air

Menjaga kualitas air ternyata membutuhkan orang yang sudah ahli. Nah, lulusan teknik lingkungan adalah salah satunya. Profesi ini mengharuskan Anda untuk menjaga dan memelihara kualitas air. Jangan bingung dulu. Anda akan diberi indikator untuk bisa mengatakan bahwa air tersebut sudah bersih dan layak pakai. Indikator tersebut mengacu pada Undang-Undang khusus yang kemudian turut Anda analisis kembali.

4. Petugas Daur Ulang

Profesi ini tidak hanya akan mendatangkan uang bagi Anda. Tetapi juga dapat memberikan kepuasan batin karena sudah mengurangi limbah yang ada di masyarakat. Kerjanya cukup sederhana.

Anda akan masuk dalam beberapa instansi atau departemen terkait. Setelah itu, Anda diminta untuk merencanakan pengembangan program daur ulang yang bisa dilakukan oleh semua orang. Medianya pun Anda yang ciptakan.

5. Pengelolaan Limbah

Selanjutnya, pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan teknik lingkungan adalah menjadi orang yang mengelola limbah. Apa maksudnya? Nah, jadi profesi ini akan memberikan Anda tanggung jawab untuk membersihkan lingkungan dari limbah yang bisa mengancam manusia dan makhluk hidup lainnya.

Andalah yang harus mengatur pembuangan limbah tersebut secara aman. Semua prosedur yang Anda lakukan pun merujuk pada peraturan daerah.

6. Ahli Ekologi

Ahli ekologi seringkali dianggap juga sebagai seorang ilmuwan yang tugasnya meneliti dan mengklasifikasikan sikap makhluk hidup dalam sebuah ekosistem.

Tidak hanya melakukan klasifikasi dan diversifikasi, ahli ekologi pun melihat interaksi yang terjadi terhadap makhluk tersebut. Pengetahuan yang harus dimiliki ada di bidang biologi atau lingkungan, rekayasa teknologi, dan tentu saja bahasa inggris.

Beberapa keterampilan pun harus dikuasai, seperti menyelesaikan masalah yang kompleks, koordinasi, berpikir kritis, pertimbangan dan pengambilan keputusan, bahkan hingga ke penentuan masalah. Nalar dan sensitivitas menjadi bagian yang sangat dibutuhkan dalam hal ini. Mengenai gaji, Anda dengan profesi ini akan mendapatkan jutaan hingga puluhan juta rupiah.

7. Insinyur Energi

Seorang insinyur energi memiliki pekerjaan yang tidak jauh dari berbagai sumber daya alam, mulai dari energi biofuel, angin, air, minyak, gas, bahkan tenaga surya. Tidak hanya itu, pasokan energi yang efisien pun harus diperhatikan oleh orang yang memutuskan untuk mengambil profesi ini.

Merancang sekaligus menguji mesin juga merupakan job deskyang tidak bisa dihindari. Mereka harus mampu meningkatkan proses produksi energi, bahkan mengonversi, dan memasoknya kepada masyarakat untuk dimanfaatkan. Energi terbarukan juga menjadi fokus yang harus terus dikembangkan agar kerusakan lingkungan bisa diminimalisir. Adapun untuk persoalan gaji, profesi sebagai insinyur energi menjanjikan gaji puluhan juta bagi Anda.

8. Manajer Pengelolaan Energi

Sebagai seorang manajer di bagian pengelolaan energi, Anda yang memutuskan menekuni profesi ini harus mampu mengatur sekaligus mengawasi penggunaan energi dalam perusahaan tempat Anda bekerja. Efisiensi energi sangat ditekankan dalam hal ini. Maka dari itu, seorang manajer akan terus mengusahakan pengurangan emisi karbon dioksida yang muncul dari perusahaan yang ditempatinya.

Selain mengurusi emisi karbon dioksida, manajer pun sudah seharusnya memahami pengelolaan sampah dan pembangunan yang berkelanjutan. Sumber daya terbarukan, tentu saja menjadi bagian yang harus selalu diusahakan dan didorong untuk menekan tingkat kerusakan lingkungan yang terjadi hari ini.

9. Teknisi Konservasi Lingkungan

Pekerjaan ini menjanjikan Anda gaji sekitar 3 hingga 5 juta rupiah. Orang-orang yang menjadi teknisi ini wajib memiliki dua sertifikat inti, yaitu manajer energi dan auditor energi. Seorang teknisi konservasi lingkungan memiliki tugas untuk memantau perkembangan lingkungan terkini.

Setelah mempelajari dan menganalisis hal tersebut, seorang teknisi harus bisa menemukan solusi terhadap masalah yang sedang dihadapi. Ketika seorang teknisi konservasi lingkungan memilih bekerja di bawah naungan sebuah industri, ia harus bertanggung jawab melakukan beberapa kegiatan produksi, desain, dan memelihara peralatan di pabrik atau industrinya.

10. Dosen

Berprofesi sebagai seorang tenaga pendidik seperti dosen mungkin bukan cita-cita banyak orang. Apalagi bagi Anda yang memilih jurusan teknik lingkungan agar bisa segera bekerja di perusahaan atau industri-industri besar. Karir menjadi dosen sebenarnya adalah milik orang-orang yang ingin mengembangkan atau mentransfer ilmu yang dimilikinya. Maka dari itu, untuk profesi yang satu ini Anda harus melanjutkan pendidikan ke jenjang magister minimal, untuk bisa mengajar di kampus-kampus.

11. Peneliti dan Teknisi Kimia

Seorang peneliti dan teknisi kimia bisa digaji sekitar 3 hingga 8 juta rupiah, tergantung dari posisi dan lama Anda bekerja di sebuah perusahaan. Tugas dari profesi ini adalah mengembangkan beberapa produk kimia yang setidaknya bisa dibuat sesuatu yang bermanfaat dan memiliki profit.

Hal ini tentu saja harus sesuai dengan core businessatau dasar bisnis yang dimiliki oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Perusahaan yang mempekerjakan profesi ini mulai dari perusahaan farmasi hingga pertambangan. Tidak hanya bekerja di perusahaan Indonesia. Anda yang menggeluti profesi ini pun bisa bekerja di luar negeri. Tergantung dari kesiapan, kemampuan dan pengalaman yang Anda miliki.

Baca juga:
Prospek Kerja Teknik Metalurgi di Indonesia

prospek kerja teknik lingkungan
Contoh Implementasi Ilmu Teknik Lengkungan

Apa yang perlu dipersiapkan untuk masuk jurusan Teknik Lingkungan?

1. Belajar, jika ingin masuk SBMPTN tulis, pastikan selama try out, nilainya bisa masuk standard passing grade Teknik Lingkungan
2. Kalau tidak salah, sampai sekarang syarat masuk jurusan Teknik Lingkungan itu tidak boleh buta warna, jangan lupa untuk cek buta warna
3. Membuat proyeksi karir yang kakak inginkan ke depannya, apakah jurusan ini sesuai dengan proyeksi karir yang kakak inginkan atau tidak
4. Mencari daftar mata kuliah pada Jurusan Teknik Lingkungan, apakah sudah sesuai dengan gambaran yang diinginkan
5. Mencari informasi terkait pasca lulus dari Jurusan Teknik Lingkungan, apakah gambaran karir lulusan jurusan ini sesuai dengan gambaran yang kakak inginkan

Apakah jurusan Teknik Lingkungan itu sulit?

Semua jurusan teknik itu tidak ada yang mudah, termasuk teknik lingkungan karena harus berkutat dengan hitung-hitungan, mendesain dengan perhitungan presisi, praktikum yang menguras tenaga dan pikiran, dan juga tugas besar seperti plumbing (perpipaan), spal (sistem penyaluran air limbah), PBPAM(perencanaan bangunan pengolahan air minum), dll.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest