Contoh Karangan Rencana Masa Depan setelah Lulus SMA SMK

Dari banyaknya contoh karangan rencana masa depan singkat yang ada di media internet, tentu membuktikan bahwa setiap orang umumnya memiliki rencana masa depan setelah lulus SMA / SMK ataupun kuliah nanti.

Yang sering kali membuat seseorang atau bahkan kamu sendiri merasa takut ketika membicarakan rencana masa depan yakni mengenai cara menyusunnya. Sebagai solusinya, disini akan kita ulas lebih detail terkait contoh rencana masa depan singkat setelah lulus SMA / SMK maupun lulus kuliah, agar bisa dijadikan pedoman penting bagi kamu dalam menyusun rencana masa depan nanti.

Apa Itu Rencana Masa Depan?

Pada dasarnya, rencana masa depan merupakan suatu sketsa yang menggambarkan mengenai kehidupan seseorang di masa depan nanti. Rencana masa depan ini bersifat jangka panjang lantaran menyangkut kehidupan seseorang yang pastinya akan secara terus menerus berkelanjutan. Dalam hal ini, rencana masa depan bisa diawali dengan sebuah target khusus agar lebih mudah dalam mencapainya nanti.

contoh karangan rencana masa depan

Terlepas dari hal tersebut, menulis rencana masa depan merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan bagi seseorang yang ingin mencapai cita – citanya. Apalagi seperti yang kita ketahui bersama, bahwasanya seseorang memang diharuskan memiliki yang namanya rencana masa depan karena beberapa alasan berikut ini.

1. Lebih Terarah dalam Mewujudkan Impian

Alasan kenapa seseorang perlu menyusun rencana masa depan yakni karena dinilai dapat menjadikan orang tersebut lebih terarah dalam mewujudkan impian. Sebab ketika kamu nantinya sudah merancangnya, maka kamu nantinya akan dapat mengetahui langkah apa yang harus ditempuh selanjutnya, kapan target harus diselesaikan serta bagaimana kamu dapat mencapai hal besar tersebut.

Dalam hal ini, kamu bisa menyusun rencana masa depan dengan menentukan target jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang serta membuat evaluasi di setiap bulan maupun tahunnya.

2. Dapat Meningkatkan Peluang Terwujudnya Impian

Selain menjadikan impian dapat terwujud lebih terarah, menyusun rencana masa depan juga bisa membantu dalam meningkatkan peluang terwujudnya impian.

Sebagai contoh ketika kamu akan membuat kue brownies, maka tentunya dibutuhkan yang namanya persiapan terlebih dahulu di dalamnya agar menjadikan apa yang diinginkan bisa terwujud. Hal ini sama halnya dengan menyusun rencana masa depan yang memang diperlukan adanya persiapan dan perencanaan yang matang di dalamnya.

3. Mampu Membangkitkan Motivasi Maupun Semangat

Alasan lain yang menjadikan seseorang perlu menyiapkan perencanaan masa depan yakni lantaran dinilai dapat membangkitkan motivasi maupun semangat dalam diri sendiri.

Pada saat kamu sudah menyusun rencana masa depan dengan sebaik mungkin, maka hal inilah yang nantinya akan menjadikan motivasi dan semangat dalam diri sendiri akan kembali bangkit. Ini wajar lantaran saat menyusun rencana masa depan tersebut, kamu nantinya akan berusaha untuk kembali fokus dalam mewujudkan hal yang diimpikan tersebut.


4. Membantu Memprediksi Masa Depan Diri Sendiri

Tahukah kamu, bahwa menciptakan masa depan yang baik bisa dilakukan dengan cara melakukan perencanaan yang baik secara matang di dalamnya. Sebab ketika kita membuat sebuah perencanaan untuk masa depan, maka di saat itulah kita juga tengah berupaya untuk mencapai kehidupan yang baik di masa depan nantinya.

Apalagi dengan adanya perencanaan yang baik, maka akan membuat masa depan seolah berada di masa sekarang sehingga kamu nantinya bisa menentukan hal-hal apa saja yang diinginkan untuk bisa terjadi di kemudian hari.

Berbagai Contoh Karangan Rencana Masa Depan Singkat

Sering kali seseorang merasa bingung dalam membuat rencana masa depan, baik itu setelah lulus SMA / SMK maupun kuliah. Bahkan kamu sendiri pun juga pastinya terkadang sering merasakan hal yang demikian hingga menyebabkan rasa ketakutan tersendiri dalam hidup.

Namun, hal tersebut tidak perlu kamu khawatirkan lantaran disini akan kita ulas seputar beberapa contoh karangan rencana masa depan yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pedoman dalam menyusun rencana masa depan setelah lulus SMA / SMK maupun kuliah nanti.

Karangan Rencana Masa Depan Setelah Lulus SMA / SMK

Bagi kamu yang saat ini merasa bingung dalam menyusun rencana masa depan setelah lulus SMA / SMK, maka berikut ada beberapa contoh karangan rencana masa depan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.


  • Melanjutkan ke jenjang kuliah ke universitas maupun perguruan tinggi negeri / swasta jika ingin meningkatkan skill dan pengetahuan yang dimiliki.
  • Bekerja di suatu perusahaan jika memang tidak memungkinkan melanjutkan kuliah lantaran terkendala kondisi ekonomi keluarga.
  • Mencoba memulai bisnis dan wirausaha kecil-kecilan secara offline maupun online.
  • Mengikuti kursus dan pelatihan sebagai modal awal dalam membekali diri sebelum terjun dalam dunia kerja.
  • Menempuh sekolah kedinasan yang dibentuk oleh pemerintah yang mana peserta yang lolos seleksi nantinya bisa langsung menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil).
  • Mengikuti program magang / internship untuk memperoleh pengalaman kerja sebelum melamar ke perusahaan besar.
  • Gabung program sukarela menjadi pasukan militer sebagai komcad TNI yang merupakan komponen cadangan yang dibutuhkan ketika terjadi kondisi darurat militer.
  • Bergabung di komunitas dan bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat jika memang belum memiliki kesibukan apapun.
  • Menjadi sukarelawan di berbagai bidang seperti konservasi lingkungan, edukasi, kesehatan, militer dan lain sebagainya.
contoh

Karangan Rencana Masa Depan Setelah Lulus Kuliah

Jika tadi kita membahas seputar rencana masa depan setelah lulus SMA / SMK, maka kini kita akan mengulas beberapa rencana setelah lulus kuliah. Beberapa rencana masa depan setelah lulus kuliah yang bisa kamu lakukan antara lain sebagai berikut.

  • Pulang ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga di rumah. Ini berlaku jika kamu selama ini menjadi anak rantau yang jauh dari keluarga karena harus menempuh pendidikan di kota orang.
  • Mengikuti kursus dan pelatihan untuk mengasah skill agar memperoleh kualifikasi yang baik dan diterima di tempat kerja yang lebih mudah.
  • Istirahat sejenak dari segala rutinitas kuliah dengan cara berlibur ke suatu tempat menarik dan seru untuk dikunjungi.
  • Merencanakan untuk menjadi seorang asisten profesor atau ilmuwan, baik dalam melakukan penelitian maupun menjadi asisten mengajar.
  • Mencari program magang yang sesuai dengan jenis pendidikan yang ditempuh selama menjalani masa perkuliahan.
  • Apabila kamu memiliki jiwa sosial yang tinggi dan selalu ingin membantu sesama, maka bisa merencanakan untuk menjadi seorang sukarelawan. Baik itu di dalam negeri maupun ke luar negeri sekalipun.
  • Mencoba untuk bekerja freelance terlebih dahulu seperti misalnya menjadi tenaga pengajar bimbingan belajar, penulis, marketing dan lain sebagainya.
  • Melanjutkan studi ke luar negeri, terutama jika kamu memiliki relasi untuk kuliah ke luar negeri.
  • Merantau ke tempat lain untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik dengan ijazah yang dimiliki.
kuliah lulus

Contoh Karangan Masa Depan Setelah Lulus dalam Bahasa Inggris

After high school graduation, I plan on attending a four-year university to earn a bachelor’s degree in computer science. I have always had a passion for technology and have always enjoyed working with computers, so I believe that studying computer science will be a natural fit for me.

In addition to earning my degree, I also plan on gaining practical experience by completing internships and possibly even studying abroad. I believe that gaining real-world experience and exposure to different cultures will be invaluable in helping me to become well-rounded and prepared for a successful career.

After completing my degree, I hope to land a job at a top technology company where I can use my skills and knowledge to make a difference. I am excited to see where my career takes me and am confident that my education and experiences will set me up for success in the future.

Editor Choices :

Jadi, itulah tadi beberapa contoh karangan rencana masa depan singkat yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan ketika sudah lulus SMA / SMK maupun kuliah nanti.

Komentar / Pertanyaan