7 Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil

Investasi menjadi salah satu gaya hidup masyarakat zaman sekarang yang mana bisa mengembangkan uang dengan cara yang tergolong mudah. Sebagai mahasiswa yang akan menyongsong masa depan yang cemerlang tentunya kamu juga harus memulai investasi itu sendiri.

Ya, ada banyak investasi yang cocok untuk mahasiswa yang pastinya hanya membutuhkan modal yang kecil saja. Dengan sumberdana yang masih mengandalkan tabungan atau kiriman orangtua, tentu tidak bisa nanam saham seperti real estate maupun beli beberapa lot saham perusahaan kelas atas.

Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa

Walaupun dengan uang yang tak terlalu banyak, sebagai mahasiswa harus memiliki pemikiran yang jauh ke depan untuk investasi. Salah satunya untuk mempersiapkan dana darurat yang kemungkinan besar terjadi kepada siapa saja. Untuk kamu yang ingin melakukannya tapi masih bingung, inilah investasi yang cocok untuk mahasiswa:

Editor Choices :
aplikasi investasi untuk mahasiswa, cara berinvestasi untuk mahasiswa, investasi properti untuk mahasiswa, investasi syariah untuk mahasiswa, Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa, reksadana untuk mahasiswa, saham untuk mahasiswa, tempat investasi terpercaya
Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa

Reksadana

Pertama dan memang yang paling dekat dengan para anak muda adalah investasi reksadana. Reksadana adalah suatu jenis investasi di mana para investor ini mengumpulkan uang untuk disalurkan kepada manajer investasi. Mereka bertugas untuk melakukan pengelolaan dan juga menyalurkan serta mengelolanya dengan profesional dalam reksadana.

Nantinya, para nasabah akan mendapatkan laporan mengenai uang yang telah diserahkan oleh manajer investasi tersebut. Untuk memulai investasi yang satu ini, kamu tak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak.

Sponsored Link

Caranya juga cukup mudah, kamu bisa langsung menuju ke bank atau bisa melalui aplikasi yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Untuk nominalnya itu sangat ringan sehingga mahasiswa bisa memulainya dengan mudah. Umumnya, nasabah bisa menyerahkan modal sebesar 100 ribu saja dan selanjutnya bisa mulai dari angka 10 ribu-an saja.

Ada beberapa jenis reksadana yang bisa kamu gunakan untuk memulai investasi di masa muda, yaitu:

  • Reksadana Pasar Uang

Pertama adalah reksadana pasar uang.  Jenis investasi ini memiliki likuiditas yang cukup tinggi di mana nasabah bisa menarik uang tunai dalam waktu yang tak terlalu lama.

  • Reksadana Pendapatan Tetap

Selanjutnya ada reksadana pendapatan tetap yang memiliki pengelolaan aset yang cukup fleksibel. Reksadana ini biasanya memiliki tujuan jangka menengah hingga jangka panjang. Tenang saja, pendapatan biasanya juga cukup stabil.

  • Reksadana Syariah

Terakhir, jika kamu takut dengan transaksi reksadana biasa maka bisa menggunakan yang syariah. Metode ini cukup aman karna saham perusahaan yang ditawarkan akan diseleksi dahulu. Untuk keuntungan juga akan dibagi sesuai dengan promosi yang berbeda dengan yang biasa yaitu menggunakan suku bunga.


investasi yang cocok untuk mahasiswa
Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa

Emas dan Logam Mulia Lainnya

Investasi yang murah dan mudah bagi mahasiswa salah satunya yaitu investasi emas dan/atau logam mulia lainnya. Investasi emas menjadi salah satu yang bisa dilakukan karena kini telah tersedia banyak ukuran dengan harga yang beragam juga.

Emas memiliki nilai yang terus meningkat dan jarang sekali mengalami penurunan harga. Emas juga bisa dibeli dalam berbagai bentuk seperti emas murni atau emas perhiasan. Emas murni bisa kamu beli secara fisiknya langsung atau bisa juga secara online.

Sedangkan untuk emas perhiasan, kamu bisa menggunakannya setiap hari seperti kalung, gelang, dan cincin. Akan tetapi, yang namanya barang fisik tentu risikonya kehilangan juga besar. Oleh karena itu, jika ingin investasi emas sebaiknya gunakan yang cara online ya…

Deposito

Investasi yang cocok untuk mahasiswa berikutnya adalah investasi deposito. Investasi deposito adalah jenis investasi yang cukup aman. Nasabah akan menyimpan uangnya seperti menabung pada umumnya.

Akan tetapi berbeda dengan menabung biasa yang dapat diambil kapan saja. Untuk deposito sendiri pengambilannya dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Nanti uang akan berkembang sesuai dengan suku bunga dari bank tersebut.


Deposito menjadi salah satu produk bank yang menarik untuk para mahasiswa karena bisa dilakukan dalam jangka waktu yang pendek yaitu hingga 1 tahun saja. Untuk besaran suku bunga yang ditetapkan oleh OJK rata-rata adalah 7,6% dan meningkat jika tenornya lebih panjang.

investasi yang cocok untuk mahasiswa
Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa

Obligasi Ritel Indonesia

Investasi yang bisa kamu lakukan sebagai seorang mahasiswa selanjutnya adalah Obligasi Ritel Indonesia atau ORI. Produk yang satu ini merupakan suatu investasi dalam bentuk surat utang yang memiliki jumlah tertentu serta dibayarkan pada periode waktu tertentu pula.

Nah, surat utang ini dikeluarkan oleh negara dan bisa dibeli oleh individu serta dapat dijual kembali. Untuk menjualnya, bisa menggunakan ritel dan nantinya akan dibeli melalui perusahaan sekuritas, bank, atau bahkan platform digital.

Untuk keuntungannya sendiri, nasabah akan mendapatkannya dari bunga yang diberikan secara rutin sesuai dengan pasar sekunder. Di mana pasar tersebut mempengaruhi harga dari ORI itu sendiri.

Saham

Jika mendengar investasi saham mungkin kita menganggap bahwa investasi ini sangat berisiko. Namun, kamu tak perlu takut karena kini mahasiswa pun bisa berinvestasi saham dengan mudah, murah, dan risiko yang rendah.


Saham sendiri merupakan salah satu bukti kepemilikan nilai dari sebuah perusahaan. Nah, walaupun masih mahasiswa, kamu juga berkesempatan memiliki nilai dari suatu perusahaan bahkan yang terkenal sekali pun.

Bagaimana bisa mahasiswa berinvestasi saham? Di zaman sekarang ini ada banyak sekali saham yang harganya hanya sekitar Rp10 ribuan saja. Jadi, dengan modal Rp1 juta, kamu bisa membeli 1 lot saham perusahaan.

Tenang saja, walaupun harganya murah, saham bukan berarti tidak bagus. Sebab, kita harus menilai saham dari evaluasi perusahaan yang bisa diketahui dari PER atau Price to Earnings Ratio, jadi bukan dari harga.

P2P Lending

Sebagai mahasiswa, kamu juga bisa menggunakan investasi P2P Lending atau Peer to peer Lending. P2P Lending ini adalah suatu program investasi yang modalnya tak terlalu besar. Ingin tahu berapa nominal yang bisa digunakan sebagai modal? Hanya sekitar ratusan ribu rupiah saja.

Cara dari investasi ini adalah kamu yang seolah-olah menjadi pihak yang meminjamkan uang. Targetnya adalah UKM dengan menggunakan platform P2P Lending itu sendiri. Keuntungan yang didapatkan bisa mencapai 20 persen tapi cukup berisiko karena tak memiliki jaminan.

Bitcoin dan Uang Kripto Lainnya

Nah, sebagai generasi muda di zaman modern ini pastinya kamu tak asing lagi dengan Bitcoin dan juga uang kripto lainnya kan? Harga dari satu Bitcoin itu bisa mencapai ratusan juta rupiah, dan sering kali mengalami kenaikan yang fantastis.

Bagaimana bisa harga sebanyak itu untuk investasi mahasiswa? Jangan salah, kini banyak sekali platform digital yang memfasilitasi mahasiswa untuk ikut dalam investasi Bitcoin dengan harga yang super murah.

Ya, kamu bisa membelinya mulai dari Rp10 ribu saja karena kamu bisa membelinya dalam bentuk desimal misalnya adalah 0,000000001 Bitcoin.

Apa saja kesalahan investasi buat pemula ?

Langsung masuk di instrumen yang bertipe high risk – high return (saham).
Kurangnya diversifikasi ke instrumen investasi lain,
Kalau mau trading, bekali diri dengan ilmu yang cukup.
Tidak sedari awal menyadari pentingnya berinvestasi,

Kalau mau trading, bekali diri dengan ilmu yang cukup dahulu. Pelajari history, sinyal pasar, aneka teknik trading, baca buku, cari kelas trading online, dsb. Yang tidak kalah penting, mentalnya harus kuat dan tenang, jangan panikan, jangan ambil keputusan karena disuruh orang lain.

Jenis investasi apa yang memberikan bagi hasil besar?

Saham. Dalam jam bursa, keuntungan investasi saham yang bisa didapat mungkin terbatas hingga 20 – 25%. Jika melebihi itu bakal kena ara (auto reject atas).
Namun dalam jangka panjang, harga saham tertentu dapat naik hingga ribuan persen yang membuat keuntungan yang kamu peroleh pun jadi jauh lebih tinggi.

Apakah membeli 1 slot BCA tiap bulan untuk mendapatkan dividen adalah cara yang tepat ?

Sangat benar untuk pemula. Itu adalah cara menabung saham yang paling aman, meskipun keuntungannya kurang maksimal.
Ketika Anda sudah bekecimpung di dunia itu, semakin lama Anda akan tahu pola. Semakin lama Anda akan semakin mahir membaca situasi.
Di titik itu, Anda bisa memilih waktu-waktu yang tepat kapan Anda harus membeli, sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang murah.

Nah, itulah beberapa investasi yang cocok untuk mahasiswa agar nantinya uang yang dikembangkan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dan kepentingan. Walaupun nantinya hasilnya itu kecil dan tak sebesar investasi pada umumnya, tapi lebih baik jika dijajakan dan habis ketika dibutuhkan. Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, kamu harus terus belajar dalam melakukan investasi tersebut.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan