8 Manfaat Investasi Mata Uang Asing (Foreign Exchange)

Artikel berikut akan membahas mengenai seluk beluk dan manfaat investasi mata uang asing di tahun 2021 yang perlu Anda ketahui. Bahwa setidaknya ada 4 mata uang asing yang direkomendasikan untuk aktivitas investasi mata uang asing atau yang disebut juga investasi valas atau foreign exchange. Dunia bisnis menyebutnya sebagai bisnis forex.

Investasi ini dilakukan dengan cara melakukan transaksi jual beli mata uang asing di pasar valas. Alasan memilih empat jenis mata uang yang disebutkan di atas  adalah karena mata uang tersebut  memiliki nilai transaksi yang besar dan nilai tukar yang cenderung stabil dibandingkan mata uang lainnya.

5 Manfaat Investasi Mata Uang Asing

4 mata uang asing yang disebutkan di atas adalah Poundsterling, Euro, Dolar Amerika dan Yen. Adapun cara melakukan investasi tersebut adalah dengan cara pergi ke pasar valas untuk menukar mata uang yang dimiliki ke mata uang yang diinginkan. Setelah itu baru membuat rekening valas yang ke depannya akan memberikan kemudahan pada Anda untuk melakukan transaksi jual beli valas.

Editor Choices :
Manfaat Investasi Mata Uang Asing thumbnail

Di bawah ini akan Kami sebutkan beberapa manfaat dari melakukan investasi mata uang asing untuk Anda.

1. Untuk tabungan pendidikan atau dana darurat

Investasi mata uang asing memiliki manfaat yang pertama adalah untuk tabungan pendidikan atau dana darurat yang harus Anda simpan dengan baik. Menyimpan dana tak terpakai yang menguntungkan dan aman, salah satunya adalah dengan mengubahnya menjadi mata uang yang memiliki prospek bagus.

Sponsored Link

2. Mudah untuk membeli barang impor tanpa terpengaruh ketidakstabilan kurs mata uang rupiah

Manfaat yang kedua akan bisa dirasakan oleh Anda yang memiliki hobi berbelanja produk dari luar negeri. Kini tak perlu lagi khawatir jika Anda berbelanja dari luar negeri, karena proses pembayaran yang jauh lebih mudah, Anda pun akan terhindar dari pengaruh naik turunnya kurs mata uang rupiah di berbagai negara dunia.

3. Mendapatkan keuntungan dari naik turunnya kurs mata uang dollar

Tahukah Anda bahwa harga dollar Amerika naik turun setiap harinya. Untuk itu jika Anda memiliki sejumlah dana sebaiknya segera tukarkan di waktu dolar Amerika sedang menurun nilai tukarnya. Kemudian tukar kembali ke mata uang sebelumnya ketika nilai tukarnya sedang menanjak naik. Dengan begitu Anda akan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.

Manfaat Investasi Mata Uang Asing
Manfaat Investasi Mata Uang Asing

4. Memudahkan pengiriman dana pendidikan saat anak kuliah di luar negeri

Manfaat yang berikutnya adalah dimana Anda akan mendapatkan kemudahan tersendiri jika ingin mengirim sejumlah uang ketika anak atau keluarga melanjutkan pendidikan di luar negeri. Selain prosedur yang lebih mudah dan cepat, Anda pun akan mendapatkan nilai tukar yang menguntungkan.

5. Memberikan kemudahan untuk Anda yang hobi travelling ke luar negeri

Manfaat yang terakhir adalah bisa dinikmati oleh Anda yang memiliki hobi untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Tentunya Anda tak perlu repot menukar uang karena semua kebutuhan sudah dihandle dengan baik dan benar.

Manfaat Lainnya

Selain mendapatkan manfaat yang sudah disebutkan di atas, jika Anda melakukan investasi mata uang maka Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan lainnya. Diantaranya adalah;


Manfaat Investasi Mata Uang Asing
Manfaat Investasi Mata Uang Asing

a. Mudah dan cepat untuk dicairkan

Investasi mata uang asing akan jauh lebih mudah dan cepat untuk dicairkan. Anda tinggal datang ke bank atau tempat penukaran mata uang asing terdekat kemudian tukar mata uang asing yang Anda miliki.

b. Memiliki prospek yang kuat dan bagus

Bahwa investasi ini memiliki prospek menguntungkan yang kuat dan bagus. Terutama jika Anda memilih jenis mata uang yang terbaik untuk investasi ini.

c. Menjaga nilai aset berharga Anda


Bahwa investasi mata uang asing juga memberikan keuntungan agar aset yang Anda miliki tak mudah tergerus inflasi. Sebagaimana Kita ketahui, mata uang merupakan salah satu hal yang sangat rentan dengan inflasi. Dan berinvestasi mata uang asing menjadi cara agar supaya aset yang dimiliki tak mudah tergerus oleh inflasi yang berlangsung.

Perhatikan hal berikut sebelum melakukan investasi mata uang asing.

  • Bahwa kondisi ekonomi  terkini Anda akan sangat berpengaruh pada investasi mata uang asing ini
  • Ketahui target dan tujuan yang dimiliki untuk melakukan investasi valas untuk sukses berinvestasi
  • Pastikan memilih jenis mata uang yang memiliki prospek menguntungkan
  • Update nilai tukar di bank atau tempat penukaran uang terdekat untuk mendapatkan informasi terbaru yang menguntungkan Anda
  • Investasi mata uang asing hanya cocok untuk investasi jangka pendek

Sekian ulasan singkat tentang manfaat investasi mata uang asing dan berbagai hal yang penting untuk diketahui.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan