Contoh Cerpen 500 Kata tentang Pendidikan & Persahabatan

Kebanyakan dari kita mungkin akan merasa ragu untuk membuat cerpen karena merasa bukan penulis yang handal. Akan tetapi, menulis contoh cerpen 500 kata pun sejatinya bukan hal yang benar-benar sulit.

Dalam membuat cerita, akan sangat mudah bila tidak ada patokan berapa jumlah kata, semua akan mengalir, imajinasi dan kreativitas jadi tak terbatas. hanya saja dalam beberapa tugas sekolah & lomba karya sastra dibatasi agar lebih menantang.

Contoh Menulis Cerpen 500 Kata

Sejatinya, penulisan cerpen tidak benar-benar dibatasi dalam berapa banyak kata. Jika kamu ingin menuliskan cerpen sebanyak kurang lebih 500 kata, berikut beberapa contoh penulisan cerpen yang bisa kamu perhatikan.

Contoh Cerpen 500 Kata Cerita Pendek Singkat

Contoh Cerpen 500 Kata tentang Pendidikan/Sekolah

Arti Sebuah Kejujuran

Orang bijak berkata, kejujuran adalah mata uang yang berlaku di mana-mana. Pepatah ini nyata adanya, bahkan aku sendiri mengalaminya sejak di bangku SMP, terutama pada waktu ujian akhir sekolah.

Perkenalkan, namaku Dimas, seorang siswa kelas 9 yang berambisi untuk mendapat nilai ujian terbaik dalam satu angkatan. Hanya saja, untuk mendapatkan nilai tertinggi tersebut tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Pilihan untuk berbohong dan jujur, hal itulah yang aku hadapi ketika menghadapi ujian. Saat itu, teman-teman sekelas banyak yang melakukan berbagai cara untuk mendapat contekan. Mulai dari membawa catatan kecil, bahkan menyembunyikan buku di laci meja.

“Dim, lu mau contekan kaga? Nih gue bawa” bisik Amri di sebelahku sesaat sebelum ujian berlangsung.

“Hm, boleh boleh. Mau deh!” ucapku sambil mengambil catatan kecil darinya.

Saat itu, aku memang masih belum percaya buah dari sebuah kejujuran. Bahkan tidak jarang aku mencontek di beberapa mata pelajaran yang kurang begitu aku suka seperti matematika, fisika, hingga kimia. Itu pun karena aku juga duduk di bagian belakang sehingga ada kesempatan besar untuk melihat contekan.


Beberapa hari kemudian, wali kelas mengumumkan nilai ujian tersebut. Aku dan teman-teman sama-sama tegang ketika nilai tersebut akan diumumkan.

Secara umum, nilai ujian kami tidak terlalu mengecewakan, namun berbeda dengan nilaiku, sebab dari semua nilai, justru mata pelajaran matematika jauh dari ekspektasi. Padahal, sewaktu ujian mata pelajaran itulah aku membawa catatan lengkap di dalam laci meja.

Saat itu aku hanya dapat termenung, mengingat kembali momen ujian di mana aku mencontek namun mendapatkan nilai buruk. Sementara di mata pelajaran lain yang aku kerjakan sendiri, hasilnya justru di luar dugaan begitu baik.

Aku pun bertekad untuk menghadapi ujian berikutnya dengan usaha sendiri. Aku pun berniat untuk berusaha lebih jujur ketika mengerjakan soal-soal yang diberikan, sesulit apapun itu. Terlebih ujian yang akan kuhadapi nanti merupakan ujian penentu kelulusan dengan pengawas eksternal dari sekolah lain. Jadi jika aku mencontek, kemungkinan akan ketahuan juga akan jauh lebih besar.

Semenjak itu, aku selalu mempelajari kembali materi yang sudah diajarkan guru di kelas. Aku juga selalu berlatih mengerjakan soal-soal latihan setiap hari demi mengejar tekadku untuk menjadi yang terbaik di kelas bahkan dalam satu angkatan.


Akhirnya hari ujian pun tiba, materi yang telah aku pelajari semuanya keluar. Tanganku terasa begitu lancar mengerjakan soal-soal tersebut dan membubuhkan jawaban tanpa ragu. Bahkan aku begitu lega setelah pelaksanaan ujian selesai.

Pengumuman ujian pun tiba. Aku kembali merasa tegang dengan hasil yang akan didapatkan. Ibu Kepala Sekolah pun membacakan tiga besar siswa yang mendapat nilai terbaik.

“Dan siswa yang meraih juara umum adalah …” ujar Ibu Kepala Sekolah,

Semua murid begitu tegang menunggu kelanjutan ucapan beliau.

“Dimas Agung Nugraha” lanjutnya sambil bertepuk tangan dan mengarahkan pandangan padaku.

Semua murid & guru pun bertepuk tangan. Bahagia dan haru mengiringi langkahku menuju ke podium untuk menerima penghargaan dari sekolah. Semua teman dan guru memberikan selamat padaku. Bahkan aku didaulat untuk menyampaikan pidato kelulusan mewakili seluruh teman-teman angkatan.

Dari kejadian tersebut aku banyak belajar jika kejujuran memang akan selalu membawa kebahagiaan meskipun awalnya terasa sulit. Yakinlah pada kemampuan sendiri dan tidak perlu berlaku curang dengan contekan.

2 Contoh Teks Inspiratif tentang Persahabatan dan Strukturnya

Contoh Cerpen 500 Kata tentang Persahabatan

Nyanyian Terakhir

“Di mana ada Nina, di situ ada Thea”, itulah yang sering dikatakan oleh teman-teman, bahkan orang tua kami. Tidak mengherankan memang, sebab aku dan Thea memang sudah berteman sejak kecil, bahkan sejak masih duduk di bangku TK sampai sekarang, kelas 11 SMA. Kami berdua juga sudah saling menganggap satu sama lain sebagai saudara sendiri.

“The, balik yuk!”, seruku suatu hari. “Iya Na, bentar”, jawabnya sambil mengacak-acak laci meja, seperti tengah mencari sesuatu.


“Nyari apa sih?” tanyaku sambil berjalan mendekati Thea. “Oh, nyari kertas Na. Brosur lomba, tadi aku taruh di laci tapi kok sekarang nggak ada.” jawabnya. “Udah cari di tas?” tanyaku. “Udah kok, tapi nggak ada nih.”

“Ya udah, aku bantuin cari ya.” ucapku.

Tidak berselang lama, aku menemukan secarik kertas bertuliskan lomba cipta lagu di samping lemari kelas. “Ini bukan, The?” seruku. “Wah iya betul Na. Waaaahh makasiiih yaaa!” seru Thea kepadaku.

“Ya udah yuk, kita pulang. Udah laper nih mau makan.” ujarku.

Tidak lama kemudian kami menuju ke tempat parkir mengambil sepeda. “Ngomong-ngomong, kamu mau ikut lomba cipta lagu itu, The?” tanyaku. “Iya dong” jawab Thea dengan cepat. “Tapi jangan kasih tahu siapa pun ya, Na” lanjutnya.

**

Sejak hari itu, aku sering menemani Thea menulis lagu dan berlatih menyanyikannya. Kami pun selalu melakukannya sepulang sekolah ke sebuah taman yang ada di dekat kompleks rumah, yang kami sebut dengan “green house”.

Hari berganti hari, Thea pun semakin semangat berlatih di tempat favorit kami. Tapi entah mengapa, aku merasa keadaan Thea semakin hari semakin lemah dan sering terlihat pucat. Aku tidak tahu apa yang membuatnya begitu, karena setiap kali aku menanyakannya Thea selalu berkata baik-baik saja. Justru hal tersebut malah membuatku semakin khawatir.

**

“Na, kamu hari ini pulang dulu atau langsung ke venue?”, tanya Thea. “Kayanya aku balik dulu deh, gapapa kan? Aku lupa nggak bawa baju soalnya.” ujarku. “Ya udah, tapi jangan telat ya. Jam 3 pas kamu udah harus ada di venue. Duluan ya.” ucap Thea sambil melangkah ke luar kelas, terburu-buru.

Aku pun bergegas mengambil sepeda ke parkiran, sepeda Thea juga sudah tidak ada. “Tumben ini anak, mungkin saking gugupnya” ucapku dalam hati.

**

advertisement

Pukul 15.10, aku sudah ada di kursi venue final lomba cipta lagu, sayangnya aku agak terlambat sehingga tidak sempat ke belakang panggung untuk memberi semangat buat Thea. Namun, aku tidak terlambat menyaksikan penampilan Thea yang tampil di urutan ke-7 menyanyikan lagu ciptaannya “Nyanyian Terakhir” yang menurutnya dibuat berdasarkan kisah cintanya dengan Gery, kakak kelas yang ia sukai namun ternyata lebih memilih bersama Mila, teman sekelas kami.

Tiba-tiba, tubuh Thea ambruk di pertengahan lagu. Semua panitia pun panik dan segera membawa Thea ke ruangan medis.

**

“Na, makasih ya udah datang. Maaf aku nggak bisa memberi penampilan yang maksimal.” ucap Thea lirih. Ternyata, ia lama tak sadarkan diri sehingga harus dilarikan ke rumah sakit terdekat. Aku hanya bisa menjawab, “Tidak apa-apa Thea, justru aku sekarang khawatir dengan keadaanmu.”

Aku hanya bisa mengatakan itu, karena aku akhirnya tahu jika selama ini Thea ternyata menderita sakit yang cukup parah. Itulah yang membuatnya pucat akhir-akhir ini.

Itulah langkah-langkah penulisan cerpen dengan sejumlah contoh cerpen 500 kata yang sejatinya tidak sulit dijalankan. Nah, semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua. Selamat berkreasi!

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas