2 Contoh Karangan Argumentasi tentang Pendidikan

Membuat karangan argumentasi memang tidak mudah. Sebelum membuatnya, Anda harus tahu bagaimana bentuk teks tersebut sebenarnya. Salah satu bacaan yang bisa dijadikan rujukan disini adalah contoh karangan argumentasi tentang pendidikan.

Pada pembuatan contoh karangan argumentasi tema pendidikan, penulis perlu mencantumkan data dan fakta yang didapat dari sumber terpercaya. Nah, untuk contoh bacaan yang bisa Anda jadikan referensi terkait karangan ini, simak beberapa di antaranya dalam ulasan berikut.

Contoh Karangan Argumentasi Seputar Pendidikan Saat Ini

Ada banyak tema yang sangat relevan dengan fenomena pendidikan saat ini, khususnya di Indonesia. Di antara berbagai tema tersebut, yang cukup menarik adalah pendidikan karaktrer dan pendidikan di era pandemi. Berikut contoh masing-masing tema tersebut.

Editor Choices :
contoh karangan argumentasi tentang pendidikan

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Pendidikan Karakter            

Karakter merupakan perilaku yang ditunjukkan individu dalam kehidupan bermasyarakat agar bisa saling bekerjasama dan memberi keamanan. Setiap orang mempunyai kewajiban untuk menjaga karakter baiknya dalam kehidupan bermasyarakat agar tercipta tatanan kehidupan yang nyaman.

Manusia dilahirkan dengan karakter yang terpuji, tetapi dalam perkembangannya lingkungan dapat mempengaruhi karakter tersebut. Setiap individu memerlukan pendidikan karakter sejak dini agar bisa mempertahankannya di tengah perubahan lingkungan sosial.

Sponsored Link

Dalam kasus ini, penanaman pendidikan karakter sejak dini merupakan hal penting. Pendidikan karakter sejak dini akan membantu anak untuk mengenal kehidupan dan kebiasaan di lingkungan sosialnya, sehingga akan belajar bagaimana cara berinteraksi dengan baik.

Pendidikan karakter dapat diterapkan di sekolah dengan peran guru sebagai pemberi contoh perilaku yang baik kepada para siswa. Guru yang bisa memberikan contoh baik dengan gaya belajar menarik akan membantu membentuk karakter siswa.

Guru harus mempunyai cara untuk menjadi teladan yang baik bagi anak didiknya. Keberhasilan pendidiakn karakter juga penting untuk menjadi salah satu tujuan akhir yang harus dicapai pada proses pendidikan siswa di berbagai jenjang.

Keberhasilan pendidikan karakter berguna untuk membentuk generasi penerus bangsa yang berbudi luhur. Karakter baik yang harus diajarkan kepada anak-anak sejak masih kecil ini di antaranya adalah bertanggung jawab, adil, ramah, sopan, dan jujur.

Selain guru, pada dasarnya berbagai elemen lain turut bertanggung jawab dalam memberikan pendidikan karakter sejak dini pada generasi muda, termasuk keluarga. Orang tua berperan untuk melakukan pengawasan dan memberikan contoh yang baik sebagai penerapan pendidikan karakter di rumah.


Kesimpulan yang dapat ditarik adalah, penanaman pendidikan karakter sejak dini pada anak merupakan hal yang sangat penting saat ini. Penerapan pendidikan karakter pada anak bisa dimulai dengan peran orang tua dan guru yang dilakukan di lingkungan kehidupan sehari-hari peserta didik.

contoh karangan argumentasi tentang pendidikan diskusi

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Pendidikan di Era Pandemi

Pada era pandemi ini pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak dan harus mengadakan adaptasi dengan adanya perubahan kebijakan. Sektor pendidikan tidak bisa lagi berjalan seperti sedia kala dengan pembelajaran di sekolah secara tatap muka.

Pendidikan di era pandemi dijalankan dengan membiasakan metode online yang menjadi tantangan bagi guru maupun peserta didik. Sistem pendidikan online ini dinilai tidak mudah karena ada berbagai faktor penghambat yang membuat materi kurang tersampaikan dengan baik.

Hambatan pertama pembelajaran online disebabkan oleh anak yang belum terbiasa, sehingga kesulitan mencerna materi. Hal ini semakin diperparah apabila anak belajar online di rumah tanpa pendampingan secara langsung dari orang tua karena sibuk dengan urusan pekerjaan.

Penyebab terhambatnya pembelajaran online berikutnya adalah kersediaan perangkat dan koneksi internet yang terbatas. Tidak semua daerah di indonesia mempunyai koneksi internet dan perangkat teknologi yang baik, sehingga menjadi hambatan tersendiri dalam pembelajaran.


Akses internet yang sulit ini menjadi banyak kelurahan orang tua murid karena merasa tidak bisa memfasilitasi kebutuhan pembelajaran anaknya. Orang tua di beberapa daerah menganggap terlalu banyak modal yang harus dikeluarkan untuk menyediakan perangkat ponsel dan koneksi internet.

Hambatan selanjutnya adalah terletak pada tanggungjawab masing-masing peserta didik yang harus diarahkan kembali. Ada sebagian peserta didik yang merasa sulit memahami materi secara daring, dan malah memilih menggunakan perangkatnya untuk membuka hal lain sebagai hiburan.

Peserta didik terutama yang masih di usia anak-anak harus diarahkan mengenai bagaimana cara untuk memanfaatkan perangkat dengan bijak saat pembelajaran. Dalam hal ini, diperlukan adanya pengawasan berkala oleh guru dan pendampingan dari orang tua.

Metode pembelajaran yang monoton juga membuat peserta didik kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran online. Guru yang kurang pandai beradaptasi dengan teknologi juga menjadi hambatan tersendiri karena tidak bisa menciptakan ruang belajar yang menarik bagi siswa.

Akibat dari berbagai hambatan tersebut adalah hasil pembelajaran yang kurang maksimal dan tidak semua anak bisa paham terhadap materi. Hal ini juga berpotensi menyebabkan penurunan kemampuan kognitif anak karena kesulitan dalam belajar.


Apabila permasalahan ini tidak segera ditemukan solusinya, maka akan berpotensi untuk menyebabkan angka anak putus sekolah meningkat. Efek jangka panjangnya adalah menyebabkan menurunnya tingkat produktivitas nasional.

contoh teks

Solusi yang diberikan oleh pemerintah saat ini adalah pemberian bantuan untuk keberlangsungan sistem pendidikan di masa pandemi. Namun, disini pemerintah juga harus memperhatikan kesejahteraan guru yang mengajar untuk tetap menjaga kualitas KBM-nya.

Kesimpulannya, pembelajaran di era pandemi yang dijalankan secara online ini masih memiliki banyak kekurangan. Berbagai hambatan ini harus segera dicari solusinya agar kualitas KBM bisa kembali pulih dan peserta didik dapat menerima materi pembelajaran dengan baik.

Sebutkan Struktur Teks Argumentasi ?

Pendahuluan, tujuannya untuk menunjukkan alasan argumen dikemukakan kepada para pembaca, agar pembaca merasa terbujuk dari paragraf yang penulis buat.
Tubuh Argumen, untuk membuktikan kebenaran yang akan disampaikan. Kebenaran yang disampaikan harus dapat dianalisis, disusun dan disajikan dengan melakukan observasi, eksperimen dan menyusun fakta yang ada.
Kesimpulan, memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa kebenaran yang disampaikan kepada pembaca memang dapat diterima sebagai sesuatu yang logis.

Kedua contoh karangan argumentasi tentang pendidikan tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan bacaan sekaligus referensi apabila ingin karangan argumentasi dengan tema lain.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan