3 Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Diri Sendiri yang Berkesan

Teks Eksemplum salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia yang jarang Kita dengar. Padahal sebenarnya ada banyak sekali contoh dari teks Eksemplum yang Kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah contoh teks eksemplum pengalaman diri sendiri yang banyak ditemukan di berbagai sumber tertulis. Dalam artikel berikut ini Kita akan membahas tentang teks Eksemplum beserta contohnya.

Definisi dan Ciri Teks Eksemplum

Secara pengertian, teks Eksemplum adalah sebuah teks cerita yang menceritakan tentang pengalaman hidup atau perilaku dari seseorang yang menjadi tokoh dalam cerita tersebut.

advertisement
contoh teks eksemplum pengalaman diri sendiri

Umumnya sebuah teks Eksemplum diawali dengan pengenalan diri dari tokoh dalam cerita tersebut. Namun ada juga teks Eksemplum yang tak diawali dengan pengenalan diri tokoh terlebih dahulu.

Adapun ciri dari teks Eksemplum ada beberapa, diantaranya adalah teks cerita memiliki nuansa narasi. Karena memang si penulis membuat teks dengan model bercerita sehingga membuat pembaca ikut larut dalam narasi yang dibuatnya.

Kemudian teks Eksemplum biasanya diambil dari pengalaman pribadi seseorang yang mana kebanyakan merupakan cerita tentang kejadian yang tak diinginkan oleh tokoh cerita namun bisa memberikan hikmah dalam hidupnya.

adv

Ciri yang terakhir adalah dimana teks Eksemplum diakhiri dengan interpretasi dari tokoh cerita yang mengambil pelajaran atau hikmah dari kejadian yang dialaminya.

Teks Eksemplum juga memiliki rangkaian kejadian yang urut dan sangat jelas untuk diceritakan kembali. Kebanyakan artikel teks Eksemplum juga menyertakan contoh teks eksemplum pengalaman diri sendiri yang diambil dari pengalaman pribadi seseorang.

struktur teks eksemplum

Struktur Teks Eksemplum

Adapun teks Eksemplum memiliki struktur tersendiri yang membuatnya kemudian disebut teks Eksemplum. Berikut struktur yang bisa Anda temukan dalam teks Eksemplum. Berikut deskripsi singkat dari struktur yang dalam sebuah teks Eksemplum.

 1.  Abstrak

ads

Sebuah pengantar yang ditulis untuk menjelaskan peristiwa atau kejadian yang akan diceritakan. Ini merupakan sebuah inti dari kejadian yang akan diceritakan dalam teks Eksemplum.

 2.  Orientasi

Dalam orientasi akan berisi pengenalan tokoh cerita yang akan diceritakan dalam teks Eksemplum. Orientasi biasanya akan diletakkan di bagian awal teks Eksemplum.

3. Insiden

Bagian dari teks Eksemplum yang menceritakan tentang bagaimana kejadian atau peristiwa tersebut bisa terjadi pada tokoh cerita. Bagian ini diceritakan dengan detail serta berurutan sehingga pembaca bisa memahami isi teks dengan baik.

a d s

4. Interpretasi

Bagian ini berisi tentang pelajaran, pesan moral atau hikmah yang bisa diambil oleh tokoh cerita berdasarkan pengalaman diri yang sudah dilaluinya. Biasanya hal itu juga diikuti oleh adanya perubahan diri tokoh cerita ke arah yang lebih baik.

 5.  Koda

Bagian penutup dari sebuah teks Eksemplum bisa diakhiri dengan interpretasi atau Koda.

Itulah penjelasan singkat dari struktur yang ada dari teks Eksemplum. Berikut ini adalah beberapa contoh dari teks Eksemplum yang dibuat dari pengalaman pribadi.

contoh teks

Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Diri Sendiri

  • Berkendara saat waktu Maghrib

Cerita ini terjadi pada waktu aku dan keluargaku berkunjung ke rumah nenek di akhir pekan. Setiap dua pekan atau beberapa pekan sekali aku dan keluargaku selalu berkunjung ke rumah nenek yang tinggal di Purbalingga. Pada waktu itu kebetulan aku dan keluargaku tak menginap, sehingga langsung pulang di sore harinya.

sponsor

Saat aku dan keluargaku berpamitan sebenarnya sudah diingatkan bahwa hari sudah sore dan menjelang sholat Maghrib. Namun aku dan keluargaku tetap bersikukuh untuk pulang saat itu juga.

Perjalanan dengan mobil dilalui dengan hening karena masing-masing sudah lelah setelah seharian bercengkerama dengan keluarga besar di rumah nenek. Sepanjang perjalanan hanya sesekali ayah dan ibu bercerita tentang beberapa hal tertentu.

Hingga tiba-tiba ibuku berteriak dan mengingatkan ayahku untuk segera menghentikan mobil. Seketika ayah langsung menginjak rem hingga mobil berhenti dan langsung memarahi ibuku karena membuatnya kaget. Dan ayahku pun bertanya, ada apa sehingga ibuku meminta mobil segera berhenti.

Setelah itu ibuku meminta ayah untuk melihat ke depan mobil. Tak disangka, hanya dalam jarak setengah meter saja mungkin mobil sudah menabrak pembatas jalan yang terbuat dari beton.

Ayah kaget, karena selama berkendara tadi hanya melihat jalanan yang lurus dan lengang tanpa ada hambatan. Sama sekali tak terlihat adanya pembatas jalan tersebut.


Setelah itu aku dan keluargaku langsung beristighfar, mengucapkan syukur karena masih diberi keselamatan oleh Allah SWT. Sejak itu aku dan keluargaku tak berani lagi melakukan perjalanan tepat menjelang waktu maghrib.

Lebih baik menunaikan shalat terlebih dahulu daripada nekat berkendara di waktu menjelang Maghrib yang menurut kata orang tua seharusnya masuk ke dalam rumah hingga waktu isya datang.

iklan
  • Terlupa buku PR

Aku adalah seorang siswi SMP yang sangat menyukai pelajaran bahasa Inggris. Pada waktu itu pelajaran bahasa Inggris baru ada di jenjang sekolah menengah SMP. Tak seperti sekarang yang sudah mulai diajarkan sejak sekolah dasar.

Waktu itu aku masih kelas 1 SMP. Pelajaran pertama di pagi itu adalah bahasa Inggris, mata pelajaran favoritku. PR bahasa Inggris sudah selesai aku kerjakan tadi malam di buku khusus PR bahasa Inggris.

Sesampainya di kelas, aku langsung duduk dan menyiapkan buku bahasa Inggris untuk pelajaran pertama di hari itu. Namun aku kaget saat mencari buku PR bahasa Inggrisku ternyata tak ada di tas. Berulang kali aku bongkar isi tas tetap tak ketemu juga. Sepertinya tertinggal di meja belajar sewaktu menyiapkan tas terburu-buru pagi tadi.

Entah ide darimana aku langsung mengambil buku pelajaran lain yang masih kosong kemudian aku isi dengan PR bahasa Inggris yang aku salin dari teman. Masih teringat betapa berkeringatnya aku karena cemas waktu bel masuk berbunyi. Sehingga tak terasa aku melewatkannya.

Aku tersentak kaget saat bilah bambu memukul mejaku. Ternyata guru bahasa Inggrisku sudah di depan mejaku. Beliau bertanya mengapa aku baru mengerjakan PR. Kemudian aku jawab buku PR ku tertinggal di rumah.

Namun beliau tak percaya. Dan menyayangkan sikapku yang mencontek hasil pekerjaan teman. Saat itu juga aku dihukum berdiri di depan kelas hingga pelajaran bahasa Inggris usai.

Sejak saat itu aku mulai lebih berhati-hati untuk membawa buku atau barang di tasku. Aku akan menyiapkan terlebih dahulu buku atau barang penting di malam harinya sehingga tak ada lagi kejadian serupa.

pengertian struktur dan contoh teks - DeckaRenas.Com
  • Pergi main tanpa ijin orang tua

Aku dan temanku adalah seorang penggemar grup musik asal Jogja. Pada waktu itu aku mendengar grup musik itu mengadakan konser di kota tempat tinggalku. Sayang aku tak punya uang untuk membeli tiket masuk konsernya.

Namun karena penasaran, aku dan temanku nekat pergi ke konser tersebut. Katanya Kita bisa masuk meski tanpa tiket di beberapa lagu yang dinyanyikan sebelum konser berakhir. Karena khawatir tak diperbolehkan, aku dan temanku ijin bermain di rumah teman di sore hari itu.

Sesampai di tempat konser aku bertemu dengan teman sekolah lainnya. Setelah menunggu beberapa saat, pintu gerbang pun dibuka. Aku dan temanku nekat masuk. Yang aku ingat hanya aku dan temanku saja yang berjilbab pada waktu itu.

Di dalam ada ribuan penonton yang asyik mendengarkan lagu yang hits pada masa itu. Aku dan temanku pun puas melihat penampilan grup musik tersebut meski hanya menyanyikan beberapa lagu. Setelah konser selesai, penonton pun berebut keluar dari tempat konser. Begitu juga aku dan temanku.

Namun disitulah insiden terjadi, karena pintu keluar yang sedikit tak sebanding dengan jumlah penonton yang hadir membuat kerumunan parah di pintu keluar.

Dan setelah berhasil keluar meski dengan susah payah, aku kembali bernafas lega. Namun kemudian tercekat melihat temanku keluar sambil menangis.

Ternyata ketika berada di kerumunan pintu keluar, dia mendapatkan pengalaman tak menyenangkan. Ada yang melecehkan daerah pribadinya. Aku tenangkan dia dan setelah tangisnya mereda Kita pulang ke rumah.

Setelah merenung di malam harinya, aku sadar. Hal itu bisa terjadi karena Kita pergi tanpa jujur pada orang tua. Sejak saat itu aku selalu berusaha untuk jujur dalam berkata dan bertindak pada siapa pun serta  kapan pun itu. Sekian beberapa contoh teks eksemplum pengalaman diri sendiri.

Bagaimana kaidah penggunaaan bahasa dan cara mengklasifikasikan teks eksemplum?

Teks eksemplum menggunakan bahasa naratif kata kerja (verba), kata kongjungsi (hubung), kalimat majemuk (kompleks) dan kata rujukan.
Cara mengklasifikasikan teks eksemplum: 1. Membaca dengan saksama, 2. Memperhatikan poin-poin penting, 3. Memahami teks dengan cermat, 4. Membedakan teks dangan teks yang lain, 5. Mengelompokkan teks ( i.e.: tokoh = pendamping utama ),struktur dll

Apa bedanya teks eksemplum dengan teks biografi?

Sruktur Teks Eksemplum : Abstrak, Orientasi, Insiden/Peristiwa, Interpretasi, Koda.
Struktur Teks Biografi :
Orientasi : gambaran awal tentang tokoh atau pelaku didalam teks biografi.
Reorientasi : pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp