2 Teks Deskripsi tentang Bunga Anggrek dan Bunga Matahari

Teks deskripsi biasanya berisi kalimat yang menjelaskan sebuah objek agar pembaca mendapatkan gambaran dari objek tersebut. Contohnya seperti teks deskripsi tentang bunga yang menjelaskan detail mengenai gambaran bunga melalui kalimat demi kalimat.

Penulisan teks deskripsi bertujuan untuk memberi kesan pada pembaca yang seolah-olah ikut melihat dan merasakan atas objek yang digambarkan. Lebih jelasnya bisa dilihat pada contoh teks deskripsi berikut.

Contoh Teks Deskripsi Bunga

Objek yang dibahas pada teks deskripsi bisa berupa makhluk hidup, benda, atau peristiwa. Berikut contoh deskripsi dengan objek bunga.

Contoh Teks Deskripsi tentang Bunga

Teks Deskripsi tentang Bunga Anggrek

Anggrek merupakan suku tumbuhan berbunga yang tersebar di daerah tropika basah hingga sirkumpolar. Bunga anggrek memiliki akar serabut dan tidak dalam. Pada jenis epifit, akarnya mengembang dan melekat pada tumbuhan lain yang tidak merugikan inangnya.

Ada pula bunga anggrek dengan akar yang tumbuh di dalam tanah dan menjalar ke dalam. Bagian akarnya memiliki jamur akar yang bersimbiosis dengan bunga anggrek.

Batang dari tanaman anggrek memiliki bentuk beruas-ruas yang cenderung pendek untuk tanaman yang tumbuh di tanah. Sedangkan untuk tanaman epifit, batangnya seringkali menebal yang dilapisi dengan lapisan lilin untuk melindungi dari penguapan berlebihan.

Bagian daunnya memiliki bentuk oval memanjang. Termasuk daun monokotil dengan tulang daun yang juga memanjang. Bentuk daun yang menebal biasanya berfungsi sebagai tempat menyimpan air.

Sementara untuk bagian bunganya memiliki warna-warna yang beragam dan cenderung cerah. Misalnya pada anggrek jenis Dendrobium yang memiliki kelopak bunga dengan warna kuning, putih, dan lavender.

Ada juga bunga anggrek yang tumbuh dengan kelopak bunga yang dihiasi bintik-bintik atau garis-garis seperti pada jenis Anggrek Cattleya. Beberapa jenis bunga anggrek bahkan memiliki bau yang sangat harum, contohnya jenis Anggrek Brassavola yang bunganya berwarna putih dan kehijauan.

Bunga anggrek memiliki varietas yang cukup banyak jenisnya dengan masing-masing memiliki ciri khas kelopak bunga yang berbeda. Pada Anggrek Cymbidium misalnya yang bunganya memiliki duri dengan ukuran bunga yang lebih kecil.


Kelopak bunga pada Anggrek Encyclia lebih unik lagi karena bentuk kelopaknya yang mirip gurita dengan sepal yang menjuntai. Namun untuk bunga anggrek ini tidak harum.

Berbeda dengan Anggrek Oncidium yang memiliki aroma wangi khas kakao yang cukup manis. Bentuknya terlihat seperti wanita yang sedang menari.

Kebanyakan bentuk bunga anggrek akan mengalami resupinasi, posisi bunga yang akan berputar saat berkembang.

Sementara itu, untuk bagian buah anggrek memiliki bentuk kecil seperti kapsul berwarna hijau. Apabila masak, buah anggrek akan mengering dan terbuka. Biji buahnya pun sangat kecil sehingga ringan untuk terbawa angin.

contoh teks

Teks Deskripsi tentang Bunga Bunga Matahari

Bunga matahari banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias dan juga penghasil makanan ringan. Sangat mudah untuk mengenali bunga matahari karena bentuk dan warnanya yang sangat khas. Bunga yang mekar secara musiman ini memiliki warna kuning terang.

Sebenarnya bunga matahari bukan dari Indonesia melainkan tanaman dari kawasan Amerika dan Eropa. Namun sekarang sudah tersebar hampir di seluruh negara. Bunga matahari atau sunflower termasuk tumbuhan dikotil

Selain bunga matahari kuning, ada juga bunga matahari dengan warna ungu dan merah. Varian bunga matahari ini biasanya digunakan untuk bucket bunga. Bunga matahari merah gelap keunguan ditemukan pada jenis Chianti Hybrid.

Bunga matahari juga merupakan tanaman unik karena saat muda akan tumbuh mengikuti arah sinar matahari. Arah bunga matahari akan mengikuti arah matahari terbit hingga terbenam. Namun pada bunga dewasa, bunga matahari akan menghadap ke arah matahari terbit yaitu timur.

Kelopak bunganya termasuk majemuk dengan lapisan kelopak bunga yang jumlahnya banyak. Pada bagian tengah yang sering terlihat gelap merupakan kumpulan dari ribuan bunga-bunga mungil yang mungkin jarang diketahui.

Bunga-bunga kecil ini memiliki warna kecokelatan. Sedangkan untuk buahnya memiliki bentuk tabung dan berwarna putih kotor. Garis tengah dari buahnya kurang lebih 3 mm.

Bunga matahari termasuk tanaman perdu dengan tinggi rata-rata mencapai 2,5 meter. Beberapa tanaman ini memiliki batang yang pendek namun ada juga yang lebih tinggi hingga 9 meter. Bunga matahari tertinggi ini berhasil dikembangkan di Jerman oleh Hans Peter Schiffer.

Bentuk daunnya termasuk bulat dengan bulu-bulu kasar yang menutupi daun. Bunga matahari tumbuh subur di daerah yang mendapat sinar matahari cukup. Tanaman ini dapat dibudidayakan atau diperbanyak melalui biji bunga matahari.

Biji bunga matahari biasanya dijadikan sebagai bahan makanan ringan yaitu kuaci. Biji bunga yang sering dikonsumsi manusia adalah jenis non-oilseed yang memiliki warna lebih terang dan bergaris-garis. Sedangkan untuk biji bunga matahari dengan warna hitam dan kulit tipis dijadikan pakan burung.

— — —
Itulah beberapa informasi dan contoh teks deskripsi tentang bunga. Pembaca dapat ikut melihat gambaran bunga atau objek yang dibahas melalui kalimat-kalimat yang disampaikan dalam teks deskripsi.

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas