3 Contoh Teks Deskripsi tentang Tumbuhan Kaktus Mawar Jahe

Teks deskripsi adalah teks yang berisi gagasan mendetail terkait penggambaran suatu objek baik itu tokoh, tempat, peristiwa, lingkungan, dan sebagainya secara terperinci.

Teks ini merupakan salah satu mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mulai dipelajari oleh para murid mulai dari kelas 7 SMP dengan tema berupa contoh teks deskripsi tentang tumbuhan dan alam.

Di kehidupan sehari-hari, teks deskripsi memiliki peran yang sangatlah penting karena berguna untuk mendeskripsikan sesuatu secara rinci kepada orang lain. Misalnya saat kalian kehilangan sebuah buku, maka kalian akan mendeskripsikan ciri-ciri buku tersebut secara detail dan rinci kepada orang lain agar mereka dapat memahaminya.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Tumbuhan
Contoh Teks Deskripsi Tentang Tumbuhan

Struktur Teks Deskripsi yang Perlu Kalian Ketahui

Teks deskripsi banyak ditemui di berbagai macam literatur baik itu fiksi maupun non fiksi. Sebelum kalian mencoba membuatnya, alangkah baiknya untuk memahami struktur teks deskripsi secara menyeluruh seperti yang kami rincikan berikut ini:

a)  Deskripsi Umum

Deskripsi umum sering disebut juga sebagai tahap identifikasi. Hal ini dikarenakan pada tahapan ini dilakukan identifikasi seputar elemen-elemen yang menjadi pengantar terhadap inti dari teks deskripsi yang akan di ulas nantinya.

Di tahap juga dilakukan pengenalan secara umum terhadap suatu objek baik itu tokoh, peristiwa, tempat, benda, hewan, tumbuhan, alam, atau lainnya dengan cara mendeskripsikannya secara ringkas. Para penulis biasanya membuat tahap ini hanya dalam satu ada dua paragraf saja karena hanya digunakan sebagai pengantar teks deskripsi yang akan jadi topik pembicaraan.

b)  Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian merupakan tahap yang ditulis dengan pengelompokan bagian-bagian dari objek yang dibicarakan. Pengelompokan ini ditulis dan disusun secara sistematis sesuai dengan kaidah penulisan yang ada.

Tahap ini juga sering disebut sebagai klasifikasi karena dibuat dengan cara mengelompokkan gagasan suatu topik secara sistematis. Tujuannya ialah agar pembaca atau pendengar lebih mudah dalam memahaminya.

c)  Penutup

Terakhir, ialah bagian penutup yang akan mengulas terkait ringkasan teks deskripsi yang telah dijabarkan sebelumnya. Tahap ini juga akan memuat gambaran-gambaran suatu cerita secara lebih mendetail agar para pembaca bisa menyimpulkan secara  jelas terkait apa yang sebelumnya di bahas.

Bagian ini terkadang disebut juga sebagai tahap kesan karena berisi kesan-kesan penulis cerita terkait topik yang sedang dibahas tersebut. Kesan ini akan diutarakan dalam bentuk opini atau pendapat masing-masing penulis.


Daftar Contoh Teks Deskripsi Tentang Tumbuhan

Apabila kalian sedang membutuhkan contoh teks deskripsi tentang tumbuhan untuk melengkapi tugas sekolah, maka kalian bisa mempelajarinya dari beberapa contoh yang kami berikan di bawah ini:

contoh teks text paragraf kalimat

Contoh Teks Deskripsi Tumbuhan Kaktus

Inilah contoh teks deskripsi tentang tumbuhan kaktus yang kami contohkan lengkap dengan struktur penulisannya:

Deskripsi Umum
Kaktus merupakan tumbuhan yang sering ditemui di gurun atau padang pasir yang kering. Dengan memiliki daun berbentuk duri yang sangat kecil serta memiliki batang dengan kemampuan menyerap air dalam jumlah banyak, maka tanaman ini dapat bertahan di tempat gersang dan panas dalam waktu yang lama.

Tumbuhan ini masuk ke dalam golongan sukulen yang ditandai dengan kemampuan batangnya untuk menyimpan cadangan air dalam jumlah banyak. Di seluruh penjuru dunia, setidaknya ada lebih dari 2000 varietas dari tanaman yang masuk ke dalam famili Cactaceae ini.

Deskripsi Khusus
Kaktus memiliki ciri khas yang hampir sama pada semua varietas yang ada. Di antaranya ialah daun tanaman yang runcing seperti duri, batang  tanaman yang mampu menyerap air, akar yang panjang dan lebar sehingga mampu menyerap air lebih banyak, serta terdapat lapisan khusus yang mampu membatasi penguapan.


Habitat kaktus terkenal pada daerah padang pasir atau gurun yang gersang. Namun sejatinya, tanaman kaktus yang hidup di gurun hanya sekitar 25% dari total varietas yang ada. Sisanya tumbuh di lingkungan seperti padang rumput, semi gurun, hutan meranggas, dan padang rumput kering.

Dari segi metabolismenya, kaktus berbeda dengan hampir semua tumbuhan yang ada di dunia. Hal ini karena ia memiliki sistem metabolisme khusus yang memungkinnya untuk bisa bertahan di kondisi kering ekstrem. Contohnya ialah dengan membuka stomatanya di malam hari di banding siang hari.

Stomata yang dibuka di malam hari tersebut berfungsi untuk mengambil COh2 dari udara sekitar kemudian menyimpan di suatu organ yang bernama vakuola. Fungsinya ialah untuk membantu proses fotosintesis pada siang hari.

Salah satu bagian yang tak kalah penting untuk membuat tanaman ini bertahan hidup ialah akarnya. Akar ini akan menyebar ke samping sejauh-jauhnya ketika musim hujan untuk mendapatkan air sebanyak-banyaknya. Kemudian, saat musim panas tiba, kaktus akan memutuskan akarnya agar kebutuhan air dan nutrisinya terfokus pada batang dan daun.

Penutup
Saat ini, kaktus sudah banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Dengan kemampuannya yang mampu bertahan di tempat kering, maka perawatan tanaman ini pun sangatlah mudah. Terlebih, dengan hadirnya varietas baru yang memiliki bentuk dan warna yang begitu beragam tentu membuat tumbuhan ini menjadi kegemaran para pecinta tanaman hias.

contoh membuat laporan tugas

Contoh Teks Deskripsi Bunga Mawar

Deskripsi Umum
Bunga mawar adalah tumbuhan semak yang termasuk ke dalam genus Rosa dan famili Rosaceae. Ciri khas dari tanaman ini ialah batangnya yang berduri serta bunganya yang terdiri atas kelopak bunga yang bertumpuk satu sama lain.

Tumbuhan ini memiliki lebih dari 100 spesies yang tersebar di seluruh penjuru bumi. Namun, sebagian besar di antaranya berasal dari belahan bumi utara yang terkenal akan udaranya yang sejuk dan dingin.

Deskripsi Bagian
Mawar merupakan tanaman memanjat yang mampu mencapai ketinggian mulai dari 2 hingga 5 meter. Bahkan, beberapa spesies mawar ada yang memiliki ketinggian hingga 20 meter. Sebagian besar varietas bunga mawar memiliki 5 helai daun mahkota, dan memiliki anak daun dalam jumlah ganjil mulai dari 3 hingga 13 helai.

Penutup
Daya tarik utama dari tumbuhan satu ini ialah dari bunganya yang beraneka warna dan harum aromanya. Karena itulah tanaman ini sangat digemari oleh para pecinta tanaman hias dari seluruh penjuru negeri.

Contoh Teks Deskripsi Tanaman Jahe

Deskripsi Umum:
Jahe merupakan tanaman yang sering dimanfaatkan rimpangnya untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bumbu masak, minuman herbal, maupun permen. Dengan ciri khasnya berupa rasanya yang pedas, jahe kerap dimanfaatkan sebagai penghangat tubuh.


Deskripsi Bagian:
Tanaman yang masuk ke dalam suku temu-temuan (zingiberaceae) ini berasal dari Asia Tenggara dan saat ini sudah menyebar ke hampir semua negara di dunia. Tinggi tanaman ini berkisar antara 30 – 100 cm dengan daun berbentuk menyirip sepanjang 8 – 15 cm. Tanaman satu ini sejatinya memiliki bunga, namun telah kehilangan kemampuannya untuk berkembang biak melalui biji.

Penutup:
Jahe termasuk tumbuhan yang mudah sekali dibudidayakan. Hanya perlu menanam rimpangnya, maka tanaman akan tumbuh subur tanpa perlu banyak perawatan. Kurang dari satu tahun, jahe bisa dipanen dengan jumlah rimpang yang telah bertambah berkali-kali lipat.

Editor Choices :

— — —
Nah, itu dia informasi yang bisa kami berikan seputar contoh teks deskripsi tentang tumbuhan yang nantinya bisa kalian pelajari secara lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Komentar / Pertanyaan