3 Contoh Teks Eksposisi tentang Hutan beserta Strukturnya

Teks eksposisi adalah jenis teks yang memuat informasi berdasarkan fakta yang disampaikan secara singkat dan jelas. Terdapat tiga struktur teks eksposisi yaitu tesis, argumen, dan penegasan ulang. Lebih jelasnya, bisa dilihat pada contoh teks eksposisi tentang hutan berikut.

Contoh Teks Eksposisi dan Strukturnya

hutan alam kebun taman sepeda sejuk rindang hijau

Contoh Teks Eksposisi tentang Deforestasi
(Hutan Menjadi Sawah)

Tesis / Pernyataan Pendapat:
Deforestasi atau penebangan hutan untuk membuka lahan pertanian sering terjadi di dekat pemukiman. Meski termasuk skala kecil, sawah-sawah yang dibuat dari penggundulan hutan dapat menyumbang dampak deforestasi yang parah. Apalagi deforestasi ini tidak disertai dengan pengelolaan lahan yang baik.

Argumen:
Kebutuhan masyarakat akan lahan pertanian atau sawah menyebabkan hutan mengalami pengurangan jumlah tanaman. Pohon-pohon ditebang untuk membuka lahan baru yang dapat memicu berbagai dampak buruk pada lingkungan.

Deforestasi yang cukup masif dapat memicu terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Pengurangan area hutan ini juga dapat menyebabkan penurunan keanekaragaman hayati di area hutan tersebut, baik flora maupun fauna endemik.

Hilangnya kawasan konservasi bukan hanya meningkatkan risiko kepunahan spesies-spesies tertentu. Hal ini juga dapat menyebabkan perubahan siklus air di bumi.

Upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan dampak deforestasi adalah mencari alternatif khususnya untuk pembukaan lahan yang berhubungan dengan pertanian masyarakat kecil agar tidak mengurangi area hutan konservasi. Selain itu, diperlukan juga pengawasan yang baik dan pengelolaan lahan secara tepat untuk menghindari dampak kerusakan lahan.

Penegasan ulang:
Deforestasi untuk membuka lahan pertanian perlu dilakukan dengan cermat dan izin resmi agar tidak sembarangan dan menyebabkan masalah lingkungan yang parah. Hutan yang sudah diubah menjadi lahan pertanian juga perlu dikelola dengan baik dengan penanaman kembali pada lahan sisa yang sudah terdegradasi.

hutan

Contoh Teks Eksposisi tentang Hutan yang Kebakaran

Tesis:
Kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh beragam faktor. Petani atau bahkan perusahaan besar yang membuka lahan dengan metode tebang dan bakar hingga cuaca kering yang memperparah kebakaran hutan. Masalah lingkungan ini bahkan menjadi sorotan dunia karena dampak polusi yang ditimbulkan.

Argumen:
Pada 2019, kebakaran hutan di Indonesia menjadi yang terparah sejak tahun 2015. Setidaknya 40% kebakaran hutan terjadi di lahan kambut yang memiliki tingkat karbon tinggi dan sangat sulit dipadamkan.


Peringatan kebakaran hutan paling banyak terdeteksi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Riau, dan Jambi. Dampak dari kebakaran sangat serius karena setiap satu hektar lahan gambut yang terbakar menghasilkan karbon dioksida yang hampir sama seperti membakar 6.000 galon gas.

Kabut asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan membuat banyak sekolah di beberapa daerah terdampak terpaksa harus diliburkan. Polusi udara yang mencapai tingkat tidak aman dan bahkan asapnya menyebar hingga ke negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Upaya untuk mencegah kebakaran hutan sangat penting untuk dilakukan, seperti restorasi lahan gambut, pembukaan lahan tanpa pembakaran, dan transparansi data mengenai tata kelola hutan di Indonesia.

Restorasi lahan gambut maupun kawasan yang rawan kebakaran hutan dapat mencegah kebakaran hutan. Restorasi yaitu dengan pembasahan kembali lahan yang kering untuk meningkatkan tingkat air sehingga dapat memperlambat penyebaran api.

Larangan pembukaan hutan dengan dibakar bisa efektif jika pemerintah juga memberikan alternatif bagi para petani dalam membuka lahan mereka. Selain itu, pemerintah juga harus tegas terhadap perusahaan-perusahaan besar yang akan membuka lahan.


Di sisi lain, transparansi data diperlukan yaitu informasi mengenai lokasi kelapa sawit dan konsesi lainnya agar masyarakat maupun LSM dapat ikut memantau. Jika informasinya lebih terbuka, masyarakat dapat memantau dan mendorong pemilik tanah untuk bertanggung jawab apabila terjadi kebakaran hutan.

Penegasan ulang:
Hutan di Indonesia yang sangat luas rawan mengalami kebakaran hutan, baik karena faktor cuaca maupun manusia. Jika terus terjadi tanpa penanganan yang massive, hutan di Indonesia akan semakin berkurang. Oleh karena itu, semua pihak harus bisa ikut berperan untuk mencegah kebakaran hutan.

camping limpakuwus

Contoh Teks Eksposisi tentang Illegal Logging

Tesis:
Illegal logging atau penebangan liar masih banyak terjadi di Indonesia meski sudah menerapkan sistem verifikasi legalitas kayu. Tampaknya penebangan liar menjadi salah satu permasalahan lingkungan terbesar bagi negeri ini. Indonesia bahkan sempat masuk sebagai negara yang paling banyak melakukan penebangan hutan.

Argumen:
Penebangan hutan secara liar ini memiliki sejumlah dampak buruk untuk lingkungan. Dampak terhadap lingkungan yang paling utama adalah hilangnya biodiversitas, feorestasi, dan pemanasan global.

Seperti yang diketahui, hutan menjadi rumah bagi beragam flora dan fauna. Hutan hujan tropis di Indonesia menyimpan keanekaragaman hayati.

Jika hutan terus berkurang, bukan tidak mungkin generasi mendatang tidak bisa melihat hewan atau tumbuhan tertentu. Penebangan hutan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan hewan dan tumbuhan kehilangan habitatnya yang bisa memicu kepunahan spesies tertentu.

Dampak penebangan hutan secara liar dapat terasa pada seluruh ekosistem hutan, termasuk kesuburan tanah. Hal ini karena tanah gundul dan terlalu banyak terpapar sinar matahari.

Pemerintah diharapkan untuk lebih tegas dalam menangani kasus penebangan liar. Selain itu, tindakan nyata untuk pencegahan seperti edukasi kepada masyarakat tentang dampak illegal logging, memperketat pengawasan hutan, dan melakukan reboisasi.

Penegasan ulang:
Illegal logging memiliki dampak serius bagi lingkungan di masa mendatang. Oleh karenanya, semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat dapat lebih aktif untuk mencegah dan mengatasi permasalahan lingkungan ini.


— — —
Itulah beberapa contoh teks eksposisi tentang hutan lengkap dengan strukturnya. Pada intinya, teks eksposisi memberikan informasi fakta dengan struktur teks eksposisi yang terdiri dari tesis, argumen, dan penegasan ulang.

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas