Pesona Keindahan Wisata Alam Hutan Pinus Limpakuwus Baturaden Banyumas

Berwisata di alam memang tidak pernah gagal membuat bosan, apalagi dengan suasana yang tenang dan kesejukan yang begitu alami tentu saja akan membuat kita merasa tenteram dan dapat menghilangkan kepenatan.

Salah satu tempat di alam yang akan membuat Anda merasakan hal tersebut adalah Hutan Pinus Limpakuwus yang ada di kawasan Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Objek wisata yang satu ini juga sangat cocok untuk keluarga karena berbagai wahana permainan tersedia secara lengkap

Berada di lereng Gunung Slamet pada ketinggian 700-750 mdpl, membuat suasana sejuk kian terasa di sini. Pemandangan hijau yang membentang dengan pohon pinus yang berjajar menjulang pasti membuat siapa pun terpana.

Harga tiket Masuk Hutan Pinus Limpakuwus Lokasi Jam Buka Rute Foto
Hutan Pinus Limpakuwus sedang Berkabut

Lokasi dan Rute ke Hutan Pinus Limpakuwus

Kawasan wisata hutan pinus ini berada di Area Sawah, Desa Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. Dari pusat kota Banyumas sendiri jaraknya 40 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Apabila Anda datang dari kota Purwokerto, jaraknya sekitar 15 kilometer ke arah utara dengan waktu tempuh kurang lebih 20-30 menit.

Anda dapat mencapai kawasan wisata hutan pinus ini dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Rute yang dilalui pun sama dengan rute menuju Baturraden. Jalanan yang dilewati relatif mulus dengan kondisi lalu lintas yang cukup padat karena kawasan ini memang menjadi pilihan warga Purwokerto dan sekitarnya untuk berwisata.

Sponsored Link

Untuk menuju ke kawasan Limpakuwus, dari depan pintu gerbang Baturraden, belok ke kanan untuk terus melaju melintasi jalanan yang agak menanjak. Setelah sekitar 1 kilometer, Anda baru tiba di pintu masuk kawasan hutan pinus dengan area parkir yang ada di depannya.

Hutan Pinus Limpakuwus Baturaden Banyumas

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Limpakuwus 2021

Untuk dapat menikmati panorama yang tersedia, para pengunjung dikenakan biaya masuk yang sangat terjangkau, yakni cukup Rp13.000-Rp15.000 saja. Biaya tambahan lain dikenakan untuk parkir sebesar Rp5.000 per mobil, sementara sepeda motor gratis.

Sayangnya, harga tiket masuk tersebut tidak termasuk dengan tiket untuk setiap wahana permainan yang disediakan. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan biayanya, sebab per wahana harga sangat terjangkau, yakni dari Rp5.000 sampai dengan Rp20.000.

Anda juga bisa menikmati indahnya suasana hutan pinus dengan menikmati sejumlah hidangan yang tersedia di sekitar lokasi. Dengan harga yang murah, menikmati berbagai camilan dan minuman sebagai bekal atau setelah puas berkeliling tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Daya Tarik Spot Foto di Hutan Pinus Limpakuwus

Suatu tempat wisata sudah pasti menawarkan daya tarik yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Begitu pula dengan yang ada di kawasan wisata ini. Di sini, Anda akan menemukan berbagai spot foto yang unik dengan pemandangan yang menakjubkan.


Bagaimana tidak, jika berkunjung saat pagi atau menjelang sore hari, kawasan ini akan diselimuti kabut. Meskipun begitu, kalau Anda baru berkesempatan berkunjung di siang hari tidak perlu khawatir karena suasana yang cerah akan berpadu dengan rimbunnya pohon pinus sehingga menjadikan foto Anda semakin estetis.

Anda dapat berfoto di tengah-tengah pohon pinus yang berjejer, atau di beberapa jembatan gantung yang tersedia. Dengan sudut pengambilan foto yang baik, tentunya akan membuat foto Anda semakin Instagramable.

Fasilitas yang Tersedia di Hutan Pinus Limpakuwus

Kawasan wisata hutan pinus ini selain menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan suasana sejuk, tentunya juga didukung oleh berbagai fasilitas penunjang wisata yang terjamin. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia.

1. Berbagai spot foto

Sejatinya, berfoto di antara pohon-pohon pinus sudah dapat menghasilkan foto yang ciamik. Anda juga dapat mengeksplor berbagai tempat lain yang bisa digunakan untuk pengambilan foto. Mulai dari track kayu di tengah hutan pinus, jembatan gantung di antara pepohonan, hingga sejumlah jalan setapak.

Jika berkunjung pada saat sore atau malam hari, kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang lampu-lampu di pepohonan atau dengan gemerlapnya kota Purwokerto dari ketinggian.


2. Wahana permainan

Selain tempat berfoto, kawasan wisata Hutan Pinus Limpakuwus ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas permainan yang dapat dinikmati semua anggota keluarga. Mulai dari ATV untuk menguji adrenalin sekaligus berkeliling area hutan pinus, flying fox, trampolin, spider web, dan masih banyak lagi.

Harga tiket Masuk Hutan Pinus Limpakuwus Lokasi Jam Buka Rute Foto
Outbond Flying Fox di Hutan Pinus Limpakuwus
Harga tiket Masuk Hutan Pinus Limpakuwus Lokasi Jam Buka Rute Foto
Bermain ATV di Hutan Pinus Limpakuwus

3. Camping area

Anda ingin mencoba sensasi berbeda ketika berwisata ke hutan pinus ini? Cobalah untuk camping dan mendirikan tenda di camping ground yang sudah disediakan. Anda juga dapat menyewa peralatan atau membawa perlengkapan sendiri.

4. Lahan parkir yang luas

Tidak perlu khawatir jika membawa kendaraan untuk menuju tempat ini karena pihak pengelola Limpakuwus sudah menyediakan tempat parkir yang luas. Memuat banyak mobil dan motor dengan tarif parkir yang terjangkau tentu cocok buat Anda yang ingin berwisata bersama pasangan atau keluarga.

lahan parkir hutan pinus limpakuwus

5. Toilet dan mushola

Anda juga tidak perlu khawatir dengan fasilitas toilet sebab di sini disediakan beberapa titik toilet yang bersih. Jika ingin menunaikan ibadah sholat, Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas mushola yang ada di dalam kawasan hutan pinus.

6. Gazebo

Hutan pinus ini juga cocok untuk area berpiknik. Jadi jika Anda bersama dengan keluarga dan membawa bekal sendiri, Anda dapat memanfaatkan beberapa gazebo yang tersedia untuk menggelar tikar dan menikmati makanan sembari bersantai melihat-lihat pemandangan.


7. Area makan dan minum

Tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal. Di dekat area parkir, tersedia beberapa warung makan dan minum. Anda dapat memesan beberapa makanan khas seperti Mendoan, atau menikmati teh dan kopi hangat.

mobil akses jalan sewa

Tips Berkunjung ke Hutan Pinus

Karena berada di kawasan yang sejuk dan dingin di waktu-waktu tertentu, sangat disarankan untuk Anda menyiapkan baju hangat atau jaket. Tidak jarang, kawasan ini juga kerap diselimuti kabut yang mendatangkan hujan gerimis sehingga siapkan payung atau mantel untuk melindungi dari hujan.

Jangan lupa juga siapkan kamera dan penuhi baterainya supaya Anda semakin puas berfoto, baik selfie atau foto bersama dengan keluarga. Anda dapat membawa kamera HP, digital, atau DSLR untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Pastikan juga tidak membuang sampah secara sembarangan. Pihak pengelola telah menyediakan beberapa tempat sampah di sejumlah titik sehingga jika Anda membawa makanan atau minuman, pastikan wadahnya dibuang di tempat tersebut supaya tidak mengotori kawasan wisata.

Anda sejatinya dapat mengunjungi tempat ini selama 24 jam. Namun, di beberapa tempat kawasan ini dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Jika Anda ingin mengadakan acara di kawasan ini, bisa menghubungi pihak pengelola secara langsung atau melalui nomor telepon di 082251611550.

Demikian beberapa hal terkait dengan objek wisata Hutan Pinus Limpakuwus yang menjadi salah satu objek wisata unggulan di kawasan Banyumas, Jawa Tengah ini. Jika berkunjung ke kota Purwokerto, jangan lupa mampir mengunjungi wisata ini, ya!


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp
Apakah ada tanggapan/pertanyaan?
Kirim Komentar


📢 Komentar / Pertanyaan