Gerbang Mas Bahari Waterpark (Lokasi, Wahana, Tiket Masuk dan Fasilitas)

Selain kulinernya, Tegal juga memiliki daya tarik dari sisi wisata yakni Gerbang Mas Bahari Waterpark. Kawasan ini merupakan salah satu wisata air terbesar yang ada di Tegal dan menjadi objek wisata tak cuma bagi warga setempat namun juga dari luar kota.

Bagaimana tidak, Gerbang Mas Bahari Waterpark berdiri di lahan seluas 3,5 hektar dan menyajikan banyak wahana menarik baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Sebagai area rekreasi air, banyak aktivitas bisa dilakukan selain berenang. Anda dan keluarga bahkan bisa berpiknik sederhana sembari melihat pemandangan sekitar pada akhir pekan.

Alamatnya persis berada di Jalan Wahidin Sudirohusodo, Pesurungan Lor, Marganda, Kota Tegal, Jawa Tengah. Untuk transportasi akan lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena akses dengan kendaraan umum akan sulit.

Editor Choices :
Tiket Masuk Gerbang Mas Bahari Waterpark

Harga Tiket Masuk

Keseluruhan harga tiket masuk terjangkau, yakni sebesar Rp 25.000 per orang pada akhir pekan dan Rp 15.000 saat weekday, harga tersebut berlaku mulai anak di atas 2 tahun.

Harga tersebut sama jika dikunjungi pada saat weekend maupun weekday. Setiap fasilitas juga bisa digunakan secara bebas, di luar dari tiket parkir dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Sponsored Link

Wahana Gerbang Mas Bahari Waterpark

Sebagai tempat rekreasi air, ada banyak wahana menarik untuk digunakan. Setidaknya terdapat enam jenis wahana sekaligus kolam berenang yaitu River Pool, Octopus Pool, Senior Pool, Wave Pool, Kiddy Pool hingga Junior Pool. Setiap wahana ini memiliki desain dan batas usia masing-masing sehingga penting untuk diperhatikan sebelum masuk ke area kolam.

Selain itu, ada juga Wet Futsal atau arena bermain futsal di atas air dan kolam olimpic. Kedua arena ini memang diperuntukkan sebagai kompetisi permainan, jangan khawatir soal kedalaman karena area tetap memungkinkan pergerakan bebas meski di atas genangan air. Sementara itu, olympic pool khusus dibuat untuk pertandingan renang dewasa. Untuk mengenal lebih banyak wahana, berikut ini daftarnya:

1. Kiddy Pool

Seperti namanya, Kiddy Pool adalah arena kolam khusus anak-anak dengan berbagai fasilitas menarik. Ini adalah kolam dengan luas 34 meter persegi, di dalamnya ada kapal bajak laut, pancuran, 2 seluncuran mini, 4 seluncuran sedang hingga canon air.

Bukan hanya itu, ada juga patung ikan paus serta ember tumpah (aqua play) yang bisa menampung hingga 500 liter air setiap 15 menit. Di salah satu sisinya, dibangun seluncuran dengan panjang lintasan 8 meter dan untuk anak balita sepanjang 3 meter saja.

Kedalaman air di kolam ini 50 centimeter untuk perhitungan tinggi rata-rata anak, sehingga cukup aman ditempati. Kendati demikian, orang tua tetap wajib melakukan pengawasan di area ini karena cukup licin.


Tiket Masuk Gerbang Mas Bahari Waterpark
Tiket Masuk Gerbang Mas Bahari Waterpark

2. Kolam Ombak

Jika Anda senang dengan wahana yang menguji adrenalin, maka kolam ombak wajib untuk dicoba. Wave ombak menciptakan sebuah ombak berukuran sedang layaknya pantai setinggi dua meter.

Pengunjung bisa leluasa berselancar atau menggunakan pelampung selama jika dirasa kurang memadai. Desain pantai lainnya juga dilengkapi dengan beach area sehingga membuat penggunanya serasa berada di ombak pantai sungguhan.

Luas wahana wave ombak 38 meter persegi dengan tujuh variasi ombak berbeda dan akan digantikan secara periodik. Kedalaman maksimalnya adalah 140 centimeter saat ombak muncul. Arena ini akan memberi pengalaman wisata air cukup menarik jika dibandingkan wahana lainnya.

Wisatawan sebenarnya lebih disarankan untuk menggunakan pelampung untuk bermain di wahana ini, karena ombak air tinggi akan menyulitkan Anda berenang saat ombak muncul.

Tiket Masuk Gerbang Mas Bahari Waterpark

3. River Pool

River pool merupakan kolam yang menyerupai sungai dengan kedalaman 80 cm dan arus tenang. Karena didesain serupa dengan arus sungai, river pool memiliki panjang 245 meter yang memungkinkan pengunjung berkeliling menggunakan ban.


Arusnya cukup tenang sehingga Anda bisa melintas dengan santai. Sembari melewatinya, cobalah melihat suasana teduh di Mini Forest tepat di Gerbang Mas Bahari Waterpark.

Kawasan ini juga kerap disebut sebagai kolam bersantai karena memiliki gua buatan sepanjang 25 meter. Di sisi kolam Anda akan menemukan air terjun buatan setinggi 3,5 meter serta 4 unit air mancur katak.

Bosan mengelilingi arena, pengunjung bisa menaiki seluncuran sepanjang 38 meter dan tinggi 8 m, ini adalah spot menarik bagi mereka yang ingin mencoba tantang berbeda dalam rekreasi air.

Tiket Masuk Gerbang Mas Bahari Waterpark

4. Octopus Pool

Octopus Pool cocok untuk dimainkan anak-anak maupun dewasa, terlebih bagi pengunjung yang datang langsung bersama keluarga. Octopus atau gurita merupakan sebuah patung berwarna merah sebagai pusat wahana

Area ini sebenarnya lebih cocok bagi pengunjung untuk bersantai ketimbang wahana menegangkan lainnya. Kedalamannya sendiri ideal yakni 90 centimeter dengan luas 400 meter persegi.


Tiket Masuk Gerbang Mas Bahari Waterpark octopus pool
Tiket Masuk Gerbang Mas Bahari Waterpark Cctopus Pool

5. Kolam Renang Junior

Kolam renang junior adalah area prestasi khusus bagi anak-anak dan ingin berlatih menjadi atlet renang. Ada juga pengajar yang siap membimbing dalam proses belajar. Lantaran dirancang khusus bagi anak-anak, area ini dibuat dengan kedalaman 100-150 centimeter saja.

Luasnya pun cukup yakni 500 meter persegi dan dilengkapi dengan luncuran setinggi 14 meter dan panjang 6 meter. Kolam renang junior sebenarnya adalah kolam renang standar yang cocok bagi orang dewasa namun tidak dalam.

Tiket Masuk Gerbang Mas Bahari Waterpark junior pool

6. Kolam Renang Dewasa

Untuk orang dewasa yang khusus datang untuk berenang lebih bebas, maka area ini akan sangat cocok. Bukan hanya itu, pengunjung yang ingin belajar renang profesional juga dibolehkan karena tersedia pelatih khusus. Namun ingat jika area ini khusus bagi orang dewasa sehingga anak-anak tidak dibolehkan untuk masuk.

Kedalaman tersedia minimal 150 cm dan maksimal hingga 200 centimeter. Luasnya pun sangat memadai sebagai area latihan yakni 5000 meter persegi. Bahkan, tersedia pula area prestasi sebagai fasilitas untuk kompetisi khusus. Pengunjung atau penyelenggara bisa melakukan turnamen khusus dan menyewa kolam sebagai arena lomba.

Tiket Masuk Gerbang Mas Bahari Waterpark senior pool

Fasilitas Gerang Mas Bahari Waterpark

Memiliki lahan dengan luas 1,5 hektar, seluruh fasilitas tersedia dengan cukup kompleks. Misal saja tempat penjualan tiket khusus, ada pun kafetaria untuk santapan para pengunjung dan area parkir luas baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Prosedur pembelian tiket hingga masuk memiliki petunjuk jelas sehingga Anda cukup mengikutinya. Pun, pada peta lokasi sehingga wisatawan bisa dengan mudah mengunjungi area yang diinginkan.

Untuk tempat ibadah tersedia lengkap dengan mushola, ruang ganti, snack bar hingga karaoke outdoor. Untuk beberapa fasilitas tertentu akan dikenakan biaya khusus tergantung jenisnya.

Jika ingin memastikan waktu, wisatawan juga bisa melakukan reservasi lebih dulu melalui kontak (0283) 341392 atau datang langsung di hari Senin-Jumat pukul 08:00 – 17:00 sementara Sabtu-Minggu pukul 07:00-18:00.

Melihat berbagai wahana menarik dan harga terjangkau, Gerbang Mas Bahari Waterpark bisa menjadi destinasi wisata akhir pekan yang menyenangkan. Jangan lupa untuk mengajak keluarga, teman atau orang terkasih Anda dengan menikmati momentum liburan yang menyenangkan.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp
Apakah ada tanggapan/pertanyaan?
Kirim Komentar


📢 Komentar / Pertanyaan