Jam Buka dan Tiket Masuk Wisata Setigi Sekapuk Gresik

Gresik, Jawa Timur saat ini tengah memiliki sebuah destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi dan ramai diperbincangkan. Tempat tersebut bernama Wisata Setigi Sekapuk Gresik atau yang kerap disingkat Setigi.

Lokasi wisata ini terbilang unik dibandingkan dengan wisata lain di Jawa Timur karena memadukan konsep keindahan alam dengan bangunan wisata dan berbagai spot foto yang menarik.

Setigi sejatinya berasal dari singkatan Selo, Tirto, dan Giri yang masing-masing berarti batu, air, dan bukit. Uniknya, objek wisata ini dulunya merupakan tempat pembuangan sampah yang kini disulap menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Kabupaten Gresik.

Harga tiket masuk Wisata Setigi Sekapuk Gresik

Objek wisata Setigi ini berada di Desa Sekapuk, Kec. Ujungpangkah, Gresik, Jawa Timur. Terletak sekitar 27 kilometer dari exit tol Manyar dan dapat ditempuh selama sekitar 40 menit menggunakan kendaraan roda empat.

Kendati demikian, Anda yang menggunakan motor pun masih bisa berkunjung dengan melewati petunjuk jalan yang sudah banyak terpasang di kawasan Gresik.

Sponsored Link
Denah Wisata Setigi Sekapuk Gresik
Denah Wisata Setigi Sekapuk Gresik

Spot Wisata Apa Saja di Setigi Sekapuk Gresik?

Wisata Setigi di Desa Sekapuk ini merupakan salah satu objek wisata yang sedang hits belakangan ini. Menempati luas sekitar 5 hektar, tentu ada berbagai macam spot foto menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk mengabadikan momen.

Meskipun memang belum sepenuhnya sempurna dan masih banyak pengembangan, namun tempat wisata ini sudah digadang-gadang oleh Gubernur Jawa Timur sebagai salah satu wisata unggulan di kawasan Gresik. Tidak mengherankan jika semakin lama, semakin banyak saja pengunjung yang datang berwisata ke bekas penambangan ini.

Ada beberapa atraksi wisata yang ada di ojek wisata ini, tentunya dengan berbagai spot yang dapat digunakan untuk selfie atau berfoto dengan rombongan. Berikut beberapa area wisata yang dapat dijangkau.

1. Goa-goa batu kapur

Ada beberapa goa yang bisa Anda temukan di sini. Mulai dari Goa Emas, Goa Pancawarna, dan beberapa goa kecil lainnya. Di dalamnya, kamu akan menemui beberapa ukiran alami dari bekas penambangan maupun secara buatan oleh pihak pengelola.

Harga tiket masuk Wisata Setigi Sekapuk Gresik 1
Goa Wisata Setigi Sekapuk Gresik

2. Jembatan Peradaban

Sebagai salah satu ikon pada tempat wisata ini, jembatan peradaban memiliki spot foto yang unik karena di belakangnya berdiri tegak bukit-bukit kapur yang sangat menawan. Anda dapat mengambil beberapa foto estetik di lokasi ini.


Harga tiket masuk Wisata Setigi Sekapuk Gresik
Jembatan di Wisata Setigi Sekapuk Gresik

3. Taman Desa

Ada juga beberapa taman yang sedang dalam proses pembangunan. Anda dapat menemui berbagai tumbuhan yang tertanam rapi dan sudah pasti membuat Anda betah berlama-lama di kawasan Wisata Setigi Sekapuk Gresik ini.

Harga tiket masuk Wisata Setigi Sekapuk Gresik

4. Miniatur wisata budaya

Uniknya, di wisata batu kapur ini Anda juga akan menemukan beberapa miniatur rumah adat seperti Honai dari Papua, rumah apung, hingga beberapa ukiran seperti topeng suku Asmat. Terdapat juga berbagai spot foto menarik dari ukuran berbentuk candi hingga replika tugu Gresik.

Selain beberapa area wisata di atas, Anda masih dapat menemukan banyak spot lain seperti kolam, air terjun, bahkan berbagai pahatan yang terlukis di batuan kapur dengan tingkat seni yang tinggi. Hal ini dijamin akan membuat Anda terkagum-kagum dengan kreativitas para seniman dan warga sekitar dalam mengelola tempat wisata unggulannya.

Harga tiket masuk Wisata Setigi Sekapuk Gresik

Fasilitas Memadai di Tempat Wisata Setigi Sekapuk Gresik

Berbicara mengenai suatu tempat wisata tentunya tidak dapat terlepas dari berbagai fasilitas yang tersedia di dalamnya. Kendati masih terbilang baru, objek wisata Setigi memiliki berbagai sarana dan prasarana yang memadai. Adapun fasilitas yang dimaksud di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Area parkir yang luas

Anda yang berkunjung ke Setigi tidak perlu merasa khawatir dengan area parkir yang tersedia. Terdapat sejumlah spot parkir yang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan kendaraan Anda selama berada di dalam wisata Setigi.


Tarif parkirnya juga sangat terjangkau. Mulai dari Rp5.000 untuk parkir motor, dan Rp10.000 untuk parkir mobil. Hal ini tentunya juga di luar dari harga tiket masuk yang dibanderol seharga Rp20.000 per orang dan tiket untuk menikmati beberapa wahana permainan yang tersedia.

2. Gazebo besar

Lelah berkeliling, Anda dapat beristirahat di beberapa gazebo yang tersedia di sejumlah titik. Bahkan gazebo yang tersedia cukup besar dan muat untuk banyak orang. Disediakan juga beberapa tempat duduk untuk tempat melepas lelah atau untuk sekedar duduk dan menikmati snack.

3. Kafetaria

Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner khas di sejumlah cafe dan warung yang banyak disediakan warga sekitar. Harganya masih terjangkau dengan menu yang beragam, mulai dari camilan, minuman ringan, bahkan makanan berat sekalipun.

makan warung cafe

4. Toilet dan Mushola

Fasilitas lain yang disediakan adalah toilet yang terdapat di beberapa titik objek wisata. Anda dapat menggunakan fasilitas ini secara aman, terlebih karena tempatnya yang bersih dan nyaman.

Selain itu, bagi Anda yang ingin menjalankan ibadah sholat juga dapat memanfaatkan fasilitas mushola yang terdapat di bagian sudut Setigi. Tersedia juga beberapa perlengkapan seperti sajadah, mukena, dan peralatan sholat lain yang dibutuhkan.


5. Wahana Permainan

Ingin menikmati wisata yang berbeda selain berfoto? Tenang saja, sebab wisata Setigi Gresik ini menyediakan beberapa wahana permainan yang sangat menarik dan dapat memacu adrenalin.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah fasilitas ATV yang dapat digunakan untuk berkeliling area wisata. Anda juga dapat menggunakan fasilitas perahu bebek untuk mengelilingi danau atau kolam yang ada di dalam Setigi.

Tips Berkunjung ke Tempat Wisata Wisata Setigi Sekapuk Gresik

Anda yang ingin datang berwisata ke Setigi setidaknya harus mematuhi beberapa hal seperti menjaga kebersihan lingkungan dan tidak melakukan aksi vandalisme yang dapat mengubah keindahan tempat wisata. Selain itu ada beberapa tips lain yang bisa Anda lakukan, misalnya:

1. Memperhatikan waktu kunjung yang tepat

Objek wisata yang sedang hits ini memang banyak dikunjungi pada saat libur atau akhir pekan. Jika ingin mendapatkan view yang sepi, Anda dapat berkunjung di hari-hari weekday atau pada waktu pagi hari.

2. Datang saat sore hari

Selain itu, Anda juga bisa datang pada saat sore atau pagi hari ketika matahari sedang tidak terik. Sebab, kawasan ini akan sangat panas ketika siang hari sehingga Anda perlu menyiapkan topi atau payung untuk melindungi diri dari panasnya terik matahari.

3. Membawa kamera dan outfit keren

Anda ingin berfoto ala OOTD? Tentunya membawa kamera yang mumpuni dan dandanan yang keren akan sangat penting. Anda juga perlu menyediakan baterai kamera yang penuh supaya tidak repot mencari tempat charger yang jauh dari pusat wisata.

Demikian beberapa informasi terkait dengan objek Wisata Setigi Sekapuk Gresik yang buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB ini.

Jika ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai tempat ini, kamu bisa membuka laman sosial media resmi dari wisata Setigi ini atau menghubungi telepon 081259880777. Selamat berlibur!


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp
Apakah ada tanggapan/pertanyaan?
Kirim Komentar


📢 Komentar / Pertanyaan