3 Contoh Cerita Non Fiksi tentang Hewan yang Menarik

Cerita mengenai hewan memang senantiasa seru, baik kisah fiksi seperti fabel maupun berbagai artikel non fiksi yang berkaitan dengan pengetahuan seputar dunia hewan. Anda juga bisa menemukan banyak contoh cerita non fiksi tentang hewan yang menarik untuk disimak.

Cerita non fiksi seputar hewan dibuat berdasarkan fakta dan bersifat ilmiah. Berbeda dengan cerita fiksi yang lebih banyak bersifat karangan dan bertujuan untuk hiburan, terutama bagi anak-anak. Tidak mengherankan jika banyak cerita fiksi ditulis seperti Si Kancil, Kisah Sang Lebah, dan sebagainya.

Menulis Cerita Non Fiksi Seputar Hewan

Sesuai namanya, cerita non fiksi berisi informasi berdasarkan beragam fakta yang ditulis secara singkat dan jelas. Struktur bahasanya juga cenderung sistematis dan memberikan analisis secara intelektual. Proses pembuatannya berlandaskan pengamatan serta data-data yang dapat dipertanggungjawabkan sehingga cerita ini dapat digunakan sebagai sumber info untuk setiap pembacanya.

Contoh Cerita Non Fiksi tentang Hewan Binatang
Contoh Cerita Non Fiksi tentang Hewan Binatang

Cerita non fiksi juga bersifat objektif, sehingga dapat diyakini kebenarannya. Penulisannya pun denotatif atau dengan bahasa yang baku dan formal berdasarkan kaidah penulisan. Berikut contoh cerita non fiksi tentang hewan yang menarik untuk menjadi bahan bacaan.

1. Cerita Non Fiksi tentang Kelinci

Kelinci merupakan hewan berbulu yang sangat lucu sehingga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hewan ini juga sering dijadikan sebagai santapan dan dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan karena merupakan sumber protein dan mengandung sedikit lemak jika dibandingkan dengan daging sapi maupun ayam.

Terdapat dua macam kelinci yang sering kita ketahui, yakni kelinci liar dan kelinci peliharaan. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis kelinci lokal seperti kelinci Jawa dan kelinci Sumatera.

Kelinci liar banyak hidup di sarang-sarang bawah tanah. Hidupnya berkelompok dan banyak ditemukan di padang rumput, hutan, bahkan semak-semak. Berbeda dengan kelinci liar yang hidupnya lebih banyak dihabiskan di kandang yang sudah disediakan oleh pemiliknya.

Jenis kelinci Sumatera merupakan ras kelinci asli Indonesia. Habitatnya ada di hutan pegunungan Pulau Sumatera dengan panjang badan mencapai 40 cm dan warna bulu yang kelabu hingga coklat kekuningan.

Adapun kelinci Jawa masuk ke dalam jenis terwelu yang banyak ditemukan di hutan-hutan sekitar Jawa Barat. Warna bulu hewan ini umumnya coklat perunggu dan kehitaman dengan ekor berwarna jingga dan hitam. Berat kelinci Jawa dewasa juga bisa mencapai 4 kg.

Kelinci merupakan hewan herbivora atau pemakan tumbuhan. Makanan utamanya adalah rumput dan sayur-sayuran, namun makanan kesukaannya sendiri adalah wortel.


Kelinci mempunyai gigi depan yang tajam untuk memotong makanan. Gigi gerahamnya juga sering digunakan untuk mengunyah makanan hingga halus. Selain itu, penciumannya juga terbilang tajam untuk mengendus sumber makanan.

Kelinci liar mendapatkan makanannya dengan cara mencari sumber makanan yang berada di dekat tempat tinggalnya. Berbeda dengan kelinci peliharaan yang biasanya mendapat makanan dari sang pemiliknya langsung.

Secara umum, kelinci dapat hidup antara 5-10 tahun di mana masa produksinya berkisar antara 1-3 tahun. Adapun kelinci dianggap dewasa ketika umur 4-10 bulan sehingga bisa dikawinkan pada umur 6-12 bulan.

Kelinci dapat bunting dengan masa kehamilan rata-rata 29-31 hari. Jumlah kelahiran pun beragam, yakni sekitar 4-10 ekor dalam satu kali persalinan.

Contoh Cerita Fantasi 4 Paragraf tentang lingkungan

2. Cerita Non Fiksi tentang Kambing

Kambing merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang. Di Indonesia, hewan ini seringkali dijadikan sebagai hewan ternak yang bahkan sering menjadi hewan kurban ketika hari raya Idul Adha. Kambing ternak ini merupakan subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di daerah Asia Barat Daya, Turki, hingga Eropa.


Ada banyak jenis kambing dengan berbagai kategori kegunaan, mulai dari penyusu, kambing pedaging, bahkan penyilangan gen. Contoh jenis kambing yang banyak diketahui yakni kambing etawa, kacang, jawarandu, saburai, dan sebagainya.

Kambing jantan umumnya mempunyai tanduk yang panjang dengan bulu lebat di bagian dada, sedangkan kambing betina biasanya hanya mempunyai tanduk yang pendek dengan bulu yang tidak terlalu panjang dan lebar. Tanduk kambing betina umumnya tidak tumbuh lebih dari 30 cm.

Panjang tubuh kambing umumnya 1,3-1,5 meter dengan panjang ekor sekitar 12-15 cm. Meski demikian, tentu saja ada beberapa jenis kambing yang berukuran lebih besar maupun lebih kecil tergantung jenisnya.

Bobotnya pun beragam, mulai dari 50-55 kg untuk kambing betina dan kambing jantan yang mampu mencapai 120 kg. Jangka hidupnya juga berbeda-beda, biasanya antara 15 sampai 18 tahun lamanya.

Kambing berkembang biak dengan cara melahirkan. Dalam satu kali kelahiran, kambing bisa melahirkan satu sampai tiga ekor anak setelah bunting selama kurang lebih 150-154 hari. Dalam satu tahun, kambing juga dapat beranak hingga dua kali.

Kambing tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai hewan ternak. Mulai dari bulu, daging, susu, hingga berbagai organ dalam seringkali dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Bulu kambing banyak digunakan sebagai bahan pembuatan baju, daging dan susunya untuk konsumsi, bahkan di beberapa negara, usus kambing digunakan untuk membuat katgut, sejenis tali untuk bahan pembuatan jahitan bedah dan tali alat musik.

Perawatan kambing cenderung cukup mudah bahkan seringkali dianggap sebagai hewan yang tahan fisik. Meski demikian, tidak jarang kambing tidak terlepas dari berbagai penyakit seperti penyakit kaki dan mulut yang beberapa waktu ini sering berkembang.

contoh teks text generic structure

3. Cerita Non Fiksi tentang Lumba-lumba

Lumba-lumba merupakan mamalia laut yang cerdas dengan sistem alamiah yang sangat kompleks. Banyak teknologi yang terinspirasi dari hewan laut yang satu ini. Meskipun hidup di kedalaman air, hewan yang dilindungi ini berkembang biak dengan cara melahirkan dan dapat menyusui.

Lumba-lumba bernapas melalui lubang udara yang ada di atas kepalanya. Tubuhnya pun licin dan ramping sehingga sesuai untuk berenang. Kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air membuat para desainer baju renang membuat rancangan baju yang mirip dengan kulit lumba-lumba.


Selain itu, lumba-lumba juga mempunyai suatu sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsangan bernama sonar. Sistem ini dapat membantu lumba-lumba menghindari benda-benda di depannya sehingga terhindar dari benturan. Sistem inilah yang kemudian diadaptasi dalam pembuatan radar pada kapal selam.

Cara kerjanya juga sama, di mana lumba-lumba mencari jalan dengan mengirimkan suara dalam air. Suara tersebut kemudian akan mengenai benda-benda di sekitarnya kemudian suara tersebut akan dipantulkan kembali sebagai gema.

Lumba-lumba dikenal sebagai hewan dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Ia memiliki kemampuan memecahkan masalah dan dapat membentuk kelompok sosial yang kompleks. Selain itu, lumba-lumba juga mempunyai otak yang relatif besar dengan berat sekitar 1.600 gram dengan rasio berat otak ke tubuh yang ideal.

Hal inilah yang membuat lumba-lumba mudah dilatih untuk melakukan berbagai atraksi seperti yang sering kita lihat di kebun binatang dan taman air.

Lumba-lumba merupakan mamalia yang hidup di laut maupun sungai di seluruh dunia. Ada lebih dari 40 jenis lumba-lumba. Meski demikian, lumba-lumba termasuk hewan yang langka karena banyaknya perburuan maupun kondisi lingkungan air yang kurang bagus, sehingga harus dilindungi.

Ya, lumba-lumba seringkali bermain sampai ke permukaan air, mereka terkadang ikut terjala jaring manusia. Karena tidak dapat menghirup napas di permukaan, mereka pun berisiko mati. Selain itu, bahan kimia berbahaya yang dibuang ke laut, suara gaduh akibat pengeboran minyak, hingga limbah-limbah seringkali meracuni lumba-lumba sehingga mereka rentan mati.

Itulah penulisan contoh cerita non fiksi tentang hewan yang bisa menjadi referensimu. Semoga bermanfaat!

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas