3 Contoh Cerita Fantasi Singkat 3 Paragraf yang Menarik

Apakah kamu suka cerita fiksi? Cerita fiksi menjadi salah satu jenis cerita imajinatif yang banyak disukai anak-anak. Kelebihan cerita fiksi adalah ide cerita dan karakter menjadi luas tak terbatas

Jika selama ini kamu hanya membaca cerita fiksi, kali ini kamu akan belajar sendiri bagaimana cara membuat cerita fiksi.

Artikel kali ini akan mengajari kamu bagaimana cara membuat cerita fiksi dan contoh cerita fantasi singkat 3 paragraf. Pastikan kamu membaca tulisan ini sampai selesai.

Contoh Cerita Fantasi Singkat 3 Paragraf
Contoh Cerita Fantasi Singkat 3 Paragraf

Definisi Cerita Fiksi

Cerita fiksi atau sering kita sebut sebagai cerita fantasi adalah sebuah cerita imajinatif yang dibuat oleh penulis dan berkisah pada suatu peristiwa yang tidak nyata.

Cerita fiksi berupa teks narasi yang isinya hanya imajinasi penulis. Semua jalan cerita, tokoh dan alur cerita hanyalah karangan penulis.

Tokoh dan latar belakang cerita fantasi tidak benar-benar ada di dunia nyata. Penulis membuat cerita fiksi karena ingin menciptakan sesuatu berdasarkan angan-angan atau khayalan.

Seperti cerita Harry Potter yang hanyalah imajinasi penulis dan membuat banyak orang tergila-gila dengan cerita fiksi tersebut.

Ciri-ciri Cerita Fiksi

Tak hanya berbentuk khayalan dan imajinasi penulis, cerita fiksi juga memiliki ciri-cirinya tersendiri. Inilah yang membedakan cerita fiksi dengan narasi lainnya.

Berikut ini ciri-ciri cerita fiksi yang perlu kamu ketahui:

  • Cerita fiksi berisi hal-hal diluar nalar yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata tetapi dalam jalan ceritanya bisa seolah-olah terjadi
  • Cerita fiksi mengandung keanehan, keajaiban dan misterius.
  • Latar belakang cerita tidak ada di dunia nyata. Atau latar belakang cerita fiksi adalah modifikasi dari dunia nyata.
  • Tokoh dalam cerita fiksi tidak ada di dunia nyata.
  • Cerita fiksi kebanyakan memiliki tema keajaiban seperti sihir, futuristic dan supernatural.
  • Cerita fiksi mengalir berdasarkan khayalan penulis.
  • Latar belakang dalam cerita fiksi tidak terbatas dimensi waktu dan ruang.
  • Tokoh imajinatif dalam cerita fiksi biasanya memiliki karakteristik yang unik. Bahkan sangat sulit ditemui di dunia nyata.
  • Bahasa yang digunakan lebih ekspresif, variatif dan bukan bahasa formal.
kuliah
Contoh Cerita Fantasi Singkat 3 Paragraf

Struktur Membuat Cerita Fiksi

Setelah kamu mengetahui ciri-ciri cerita fiksi, selanjutnya kamu harus memahami bagaimana cara membuat cerita fiksi.


Struktur cerita fiksi harus kamu pahami terlebih dahulu agar kamu bisa menciptakan narasi sesuai keinginanmu. Berikut struktur cerita fiksi:

  • Orientasi
    Bagian awal cerita fiksi adalah orientasi. Disini kamu bisa memperkenalkan latar belakang cerita, tokoh dan kisah.
    Kamu bisa menceritakan tempat, waktu dan peristiwa yang akan ada di cerita fiksi kamu. Disini kamu juga bisa menuliskan adegan atau hubungan antar tokoh.
  • Komplikasi
    Pada bagian tengah cerita fiksi kamu bisa memberikan sebuah konflik. Komplikasi adalah narasi yang berisi tantangan dan kesulitan yang dialami oleh tokoh utama.
    Pada komplikasi juga kamu harus menjelaskan adanya sebab dan akibat dari konflik. Karena bagian ini akan memuncak sampai klimaks cerita.
  • Resolusi
    Bagian akhir cerita fiksi ini adalah penyelesaian masalah. Disini kamu bisa membuat cerita akhir dari semua konflik. Kamu bisa menceritakan bagaimana kondisi tokoh utama dan bagaimana masalah bisa terselesaikan.

Contoh Cerita Fantasi Singkat : Rembulan dan Taman Peri

Orientasi:
Rembulan adalah seorang gadis berusia 10 tahun. Ibunya meninggal sejak ia lahir dan ayahnya pergi bekerja ke luar kota. Rembulan tinggal bersama nenek dan kakeknya. Suatu hari rembulan bertanya pada kakeknya bagaimana raut wajah sang ibu ketika melahirkannya. Tetapi sang kakek tidak bisa menjawab dan membuat rembulan kesal.

Komplikasi:
Karena dia kesal, rembulan pergi ke hutan untuk menangis. Dia terduduk di sebuah batu dekat danau. Tiba-tiba seekor kupu-kupu hinggap di tengah rembulan. Rembulan kaget, ternyata kupu-kupu itu adalah ibu peri. Peri itu tersenyum pada rembulan dan bertanya alasan rembulan sedih. Rembulan menceritakan bahwa ia merindukan ibunya. Lalu ibu peri mengatakan agar rembulan mengikutinya kembali masuk ke hutan. Sampailah rembulan pada batu yang cukup besar.

Resolusi:
Lalu ibu peri dengan sihirnya membuka pintu batu besar itu dan di dalamnya ada taman yang sangat indah. Disitu rembulan melihat banyak sekali kupu-kupu dengan wajah ibu peri. Ibu peri itu membawa rembulan pada sebuah rumah. Rembulan duduk dan menunggu sampai ibu peri itu kembali. Ternyata ibu peri itu memberikan sebuah cermin. Dari cermin itu rembulan bisa melihat raut wajah ibundanya ketika melahirkan. Rembulan menangis akhirnya pertama kali melihat wajah ibunya. Setelah rembulan melihat cermin, barulah rembulan menyadari bahwa wajah ibu peri yang membawanya ke hutan adalah wajah ibu kandungnya. Lalu sang peri memeluk rembulan dan dengan sihirnya, ia berhasil membawa rembulan kembali ke rumah dan membuat seakan-akan kejadian itu hanyalah mimpi rembulan.


pengertian struktur ciri-ciri contoh teks

Contoh Cerita Fantasi 4 Paragraf:
Kursi Legenda Peninggalan Nenek

Orientasi:
Nirmala adalah gadis berusia 15 tahun. Ia dan keluarganya tinggal di rumah peninggalan neneknya di kampung. Karena rumah kuno, nirmala sedikit takut untuk keluar dari kamar. Di rumah itu ada sebuah kursi goyang yang dulunya sering dipakai nenek untuk menyulam. Kursi goyang itu cukup horor dan nirmala takut untuk duduk disitu.

Komplikasi:
Sampai suatu siang nirmala pulang sekolah dan terlalu lelah, akhirnya nirmala tertidur diatas kursi goyang itu. Anehnya nirmala bermimpi bagaimana kehidupan di rumah itu saat neneknya masih kecil. Di mimpi itu nirmala melihat kakek dan nenek buyutnya atau orang tua nenek nirmala yang baru saja meninggal.

Nirmala melihat keluarga itu sangat bahagia. Sampai akhirnya nenek nirmala menikah dan melahirkan ibu nirmala. Semenjak ibu nirmala lahir, ternyata sang nenek disiksa oleh kakek. Karena nenek lelah disiksa akhirnya nenek pura-pura lumpuh dan selalu duduk di kursi goyang.

Resolusi:
Nenek pura-pura lupa ingatan sampai akhirnya nenek nirmala menatap tajam mata nirmala dan berkata “nak bilang ibu dan ayahmu untuk segera pergi dari rumah ini. Kakek ingin membunuh ibumu sebagai tumbal pengganti nenek”. Karena terkejut, nirmala bangun dan langsung memberitahu ibunya. Tapi ibunya tak percaya sampai akhirnya ibunya sendiri dimimpikan oleh sang nenek.

Contoh Cerita Fantasi Singkat 3 Paragraf
Lula dan Buku Ajaib

Orientasi:
Lula adalah seorang anak yang hobi membaca buku. Suatu hari ia diberi buku dongeng oleh pemulung yang ia temui sepulang sekolah. Anehnya setiap Lula membuka halaman buku cerita itu, Lula tiba-tiba berada di tempat di dalam buku.

Komplikasi:
Lula merasa kekuatan sihir itu sangat menyenangkan sampai akhirnya Lula lupa waktu dan tidak pulang ke rumah karena terlalu asyik bermain di dalam negeri dongeng. Ibunya mencarinya sampai menemui paranormal. Paranormal itu berkata bahwa Lula tidak mau pulang dan lebih senang tinggal di negeri dongeng.

Resolusi:
Karena kesal, ibunya akhirnya membakar buku dongeng itu dan berharap Lula bisa keluar. Tetapi langkah itu salah justru membuat Lula tak pernah kembali dan terjebak di negeri dongeng selamanya.

Editor Choices :

Itulah contoh cerita fantasi singkat 3 paragraf. Semoga bermanfaat!

Tanggapan Netizen yang Budiman
Komentar / Pertanyaan