2 Contoh Karangan Argumentasi tentang Lingkungan

Masih bingung seperti apa bentuk karangan argumentasi? Jika iya, di bawah ini ada beberapa contoh karangan argumentasi tentang lingkungan yang bisa menjadi referensi bagi Anda. Karangan argumentasi sendiri berisi pendapat penulis terkait topik tertentu yang sedang dibahas.

Sebagaimana sudah disebutkan, kali ini akan dibahas mengenai beberapa contoh karangan argumentasi seputar lingkungan. Berikut ulasan selengkapnya

Contoh Karangan Argumentasi Seputar Lingkungan

Ada dua tema yang akan dibahas dalam ulasan contoh karangan argumentasi tentang lingkungan kali ini. Keduanya adalah topik seputar sampah plastik di lingkungan sekolah dan kerusakan alam karena pemanasan global.

contoh karangan argumentasi tentang lingkungan
Contoh Karangan Argumentasi tentang Lingkungan

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Sampah di Lingkungan Sekolah

Penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari bisa mengakibatkan bertambahnya sampah di lingkungan sekitar. Pembuangan sampah plastik yang dilakukan secara sembarangan akan mengganggu kondisi lingkungan.

Mirisnya, di lingkungan sekolah, fenomena permasalahan sampah plastik ini banyak dijumpai. Katakanlah misalnya seperti masalah penumpukan sampah, hingga penyebaran sampah plastik di setiap sudut lingkungan sekolah.

Sponsored Link

Sampah plastik tersebut akan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan, seperti mengganggu pemandangan dan menyebabkan saluran air tersumbat. Penumpukan sampah plastik ini merupakan masalah yang perlu diselesaikan dan menjadi tanggung jawab bersama.

Selain itu, sampah plastik tersebut juga bisa menjadi sarang penyakit. Untuk mendapatkan lingkungan sekolah yang sehat, maka pengelolaan sampah tersebut perlu diperhatikan. Plastik sendiri merupakan jenis bahan yang tidak bisa terurai, sehingga memerlukan bantuan manusia untuk mengolahnya.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi penumpukan sampah tersebut adalah meminimalisir penggunaan bahan plastik. Selain itu, pengelolaan sampah yang baik oleh warga sekolah, dan membuang sampah pada tempatnya juga bisa membantu mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat.

Demi lingkungan yang sehat, seluruh warga sekolah perlu ikut bertanggungjawab akan hal ini. Penggunaan plastik yang disertai dengan tanggung jawab, seperti tidak membuang atau memakainya secara sembarangan dalam kasus ini juga penting diterapkan.

contoh karangan argumentasi tentang lingkungan
Contoh Karangan Argumentasi tentang Lingkungan

Contoh Karangan Argumentasi Lingkungan Alam Seputar Pemanasan Global

Pemanasan global merupakan topik yang hingga kini terus menjadi perbincangan di berbagai negara di hampir seluruh belahan dunia. Hal ini karena efek dari pemanasan global tersebut memang sangat mengkhawatirkan.


Berbagai negara hingga saat ini masih memikirkan solusi yang akan diaplikasikan sebagai alternatif untuk mengurangi efek pemanasan global. Terjadinya pemanasan global sendiri pada dasarnya diakibatkan karena berbagai faktor akibat ulah manusia.

Hal paling umum yang bisa terjadi akibat pemanasan global ini adalah efek rumah kaca. Arti sederhana dari istilah efek rumah kaca sendiri merupakan peristiwa dimana atmosfer menghangatkan planet. Ini terjadi karena panas yang ada di bumi terkumpul dan terperangkap pada gas di atmosfer

Akibat dari hal tersebut adalah, panas akan kembali dipantulkan ke bumi dan tidak diteruskan ke luar angkasa. Efek rumah kaca yang berlebihan bisa mengganggu keseimbangan iklim di bumi, sehingga menimbulkan berbagai permasalahan lainnya.

Faktor terbesar yang menyebabkan terjadinya pemanasan global dan efek rumah kaca adalah kendaraan bermotor. Pembakaran bahan bakar pada mesin kendaraan bermotor menimbulkan gas hasil pembuangan yang berbahaya, yaitu karbondioksida.

Produksi karbondioksida yang berlebihan akan semakin memperbesar pemanasan global dan efek rumah kaca. Gas inilah yang memegang peran penting saat panas terperangkap di atmosfer dan tidak bisa disalurkan ke luar angkasa.


Penyebab lain dari pemanasan global adalah penerapan berbagai fasilitas kehidupan manusia yang berlebihan, seperti, penggunaan listrik. Pada dasarnya kampanye hemat listrik yang saat ini sering digaungkan mempunyai tujuan untuk mengurangi pemanasan global.

Apalagi karena listrik didapatkan dari sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui, seperti batu bara. Pemanfaatan batubara sebagai bahan listrik ini menimbulkan debu dan polusi udara yang jumlahnya besar dan bisa menyebabkan pemanasan global.

contoh karangan argumentasi tentang lingkungan
Contoh Karangan Argumentasi tentang Lingkungan

Dampak terjadinya pemanasan global ini sebenarnya akan sangat terasa bagi manusia karena akan mempengaruhi beberapa sektor. Salah satu dampak langsung yang sudah terasa dari pemanasan global ini adalah perubahan musim kemarau dan penghujan yang ekstrim,

Saat musim kemarau, efek rumah kaca ini bisa menyebabkan kekeringan semakin luas dan meningkat hingga berpotensi menyebabkan kebakaran hutan. Sementara di sisi lain, pemanasan global juga menyebabkan curah hujan semakin tinggi, sehingga ekosistem bisa berubah.

Pemanasan global juga berdampak pada sektor pertanian, yang menyebabkan tanaman menjadi lebih mudah mati. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya pasokan makanan akibat hasil pertanian yang rendah, sehingga bisa memicu konflik lain.


Kesimpulan yang dapat diambil adalah, pemanasan global merupakan suatu peristiwa yang terjadi karena hal-hal yang dilakukan manusia sendiri. Oleh sebab itu, mengatasinya secepat mungkin merupakan salah satu hal yang penting dilakukan seluruh kalangan untuk menjaga bumi.

Sebutkan Struktur Teks Argumentasi ?

Pendahuluan, tujuannya untuk menunjukkan alasan argumen dikemukakan kepada para pembaca, agar pembaca merasa terbujuk dari paragraf yang penulis buat.
Tubuh Argumen, untuk membuktikan kebenaran yang akan disampaikan. Kebenaran yang disampaikan harus dapat dianalisis, disusun dan disajikan dengan melakukan observasi, eksperimen dan menyusun fakta yang ada.
Kesimpulan, memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa kebenaran yang disampaikan kepada pembaca memang dapat diterima sebagai sesuatu yang logis.

Contoh karangan argumentasi tentang lingkungan sekolah dan alam tersebut dapat Anda pelajari agar bisa memahami bagaimana bentuk karangan argumentasi yang baik. Di samping itu, Anda juga perlu mempelajari pola penulisannya apabila ingin membuat karangan dengan topik berbeda.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan