3 Contoh Teks Eksemplum tentang Hewan beserta Strukturnya

Pada umumnya teks eksemplum diawali dengan pengenalan tokoh, kemudian peristiwa yang dialami, dan diakhiri dengan interpretasi. Jadi contoh teks eksemplum tentang hewan menceritakan tentang seekor hewan, peristiwa yang dialaminya, dan ditutup dengan interpretasi yang timbul dari peristiwa yang dialami hewan tersebut.

Teks eksemplum ini berbeda dengan teks cerita fabel. Jika masih bingung, berikut ulasan mengenai teks eksemplum dan beberapa contohnya.  

Definisi Teks Eksemplum

Teks eksemplum adalah karya sastra yang menceritakan tentang pengalaman seorang tokoh yang tidak diduga atau tidak diinginkan. Ceritanya dimulai dengan pengenalan tokoh seperti nama hewan, sifatnya, dan kehidupan awalnya.

Contoh Teks Eksemplum tentang Hewan - Karangan Eksemplum tentang Binatang
Contoh Teks Eksemplum tentang Hewan

Kemudian cerita berlanjut ke peristiwa apa yang dilewati oleh tokoh. Peristiwa yang tidak diinginkan atau tidak diharapkan dari tokoh yang akan menjadi pelajaran. Jadi pada akhir teks eksemplum diceritakan mengenai interpretasi dari tokoh itu sendiri sesuai dengan pengalaman masa lalu yang dialaminya.

Tujuan teks eksemplum adalah memberikan pelajaran atau nasihat hidup agar tidak melakukan kesalahan seperti tokoh yang diceritakan. Sedangkan untuk struktur penulisannya terbagi menjadi tiga yaitu orientasi, insiden, dan interpretasi. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai struktur teks eksemplum.

  • Orientasi, Pada orientasi berisi tentang pengenalan tokoh.
  • Insiden, Pada bagian ini menceritakan mengenai masalah yang dialami oleh tokoh.
  • Interpretasi, Bagian terakhir ini berisi mengenai evaluasi dan pesan yang diambil dari pengalaman yang dialami tokoh.

Ciri-ciri Teks Eksemplum

Teks eksemplum tentang hewan berbeda dengan teks dongeng atau fiksi. Perbedaannya dapat dilihat dari ciri-ciri teks eksemplum yang antara lain yaitu.

  • Teks menceritakan kejadian yang tidak diduga atau tidak diinginkan.
  • Teks menceritakan kejadian yang jarang terjadi di kehidupan nyata.
  • Teks menceritakan kejadian yang menimbulkan penyesalan bagi tokoh.
  • Teks mengandung amanat atau nilai pembelajaran untuk pembaca.
  • Teks menggunakan struktur lengkap yakni orientasi, insiden, dan interpretasi.
  • Teks menggunakan jenis teks naratif.
  • Teks menceritakan kejadian yang jelas dan runtut sehingga mudah dipahami.
  • Teks menggunakan kata kerja, kalimat kompleks, konjungsi, dan referensi.

Contoh Teks Eksemplum tentang Hewan dan Strukturnya

Lebih mudah untuk memahami teks eksemplum dengan contoh teks eksemplum tentang hewan seperti berikut. Yuk disimak.

Contoh Teks Eksemplum tentang Hewan I

Sombongnya Si Burung Gereja

Orientasi:

Di sebuah hutan belantara terdapat beberapa burung yang tinggal di sana. Burung gereja adalah burung yang terkenal sombong di antara kelompok burung ada di hutan. Burung gereja menganggap dirinya sangat pintar untuk membangun sarang di atas pohon.


Burung gereja dikenal gemar meremehkan burung-burung lain karena membuat sarang dari jerami. Sedangkan sarang burung gereja memiliki bentuk yang bagus dari sebuah kardus yang ditemukan di dalam hutan. Kardus yang besar dianggapnya sebagai istana paling megah dibanding sarang-sarang burung lain yang hanya dari sampah petani tersebut.

Insiden:

Suatu saat burung gereja berpapasan dengan burung pipit. Ia pun sangat senang untuk mengagumkan dirinya dengan sarang kardus miliknya. Burung pipit tidak membalas dan hanya menyarankan burung gereja untuk memiliki sarang dari jerami yang kuat. Burung gereja tidak memedulikan dan terus terbang sambil meracau tentang sarangnya.

Beberapa waktu kemudian hujan turun sehingga burung gereja berniat akan kembali ke sarangnya. Tanpa disangka-sangka sarang burung gereja sudah basah kuyup dan pada akhirnya rusak jatuh ke tanah.

Burung pipit dan beberapa burung lain melihat burung gereja yang kedinginan karena tidak memiliki sarang untuk berteduh. Setelah hujan reda, mereka bahu-membahu membangunkan sarang untuk burung gereja dari jerami.


Interpretasi:

Setelah peristiwa hujan lebat tersebut, burung gereja pun menggunakan sarang yang dibangun oleh teman-temannya. Burung gereja tidak lagi sombong dan berjanji dengan dirinya sendiri untuk tidak merendahkan burung-burung lain. Ia sadar bahwa teman-temanya sangat dibutuhkan dalam menjalani kehidupannya sehari-hari.

Teks Eksemplum tentang Hewan Kelinci dan Kura-kura

Contoh Teks Eksemplum tentang Hewan II

Kelinci yang Merendahkan Kura-kura

Orientasi

Dalam sebuah kelompok hiduplah beberapa hewan seperti kelinci, gajah, kura-kura, monyet, dan belalang. Kelinci sangat terkenal sebagai pelari yang hebat namun dia sangat sombong karena kemampuannya tersebut.

Kelinci tidak henti-hentinya menertawakan kura-kura yang akan ikut lomba lari. Dia begitu sombong dan yakin dirinya pasti akan menang melawan kura-kura yang jalannya sangat lambat. Sedangkan teman-temannya tidak ada yang ikut kelinci mengejek kura-kura.

Insiden

Pada hari perlombaan tiba, kura-kura dan kelinci sudah siap di garis start. Kelinci pun memperlihatkan tatapan mengejek kepada kura-kura yang ada di sampingnya. Dia sudah membayangkan dirinya lah yang akan menang dan mendapatkan hadiah perlombaan berupa buah-buahan lezat.

Kura-kura tetap semangat dan fokus dengan perlombaan lari yang diikutinya meskipun kelinci terus mengganggunya. Saat lomba sudah dimulai, kelinci berlari sangat cepat meninggalkan jauh kura-kura di belakangnya. Sedangkan kura-kura tetap fokus dan menyadari bahwa perlombaan lari ini memiliki banyak rintangan tersembunyi.

Peserta lomba yang tidak fokus pun banyak yang terjebak dan gagal melanjutkan lari. Berbeda dengan kura-kura yang masih semangat, walaupun lambat dia selamat dan berhasil lolos dari beberapa jebakan.

Hingga kemudian kura-kura mendengar suara kelinci minta tolong. Kura-kura pun mencari suaranya dan akhirnya menemukan kelinci yang terperosok ke dalam jebakan perlombaan. Kura-kura tidak membiarkannya dan menolong kelinci dengan memberikan seutas tali hingga akhirnya selamat ke permukaan.


Interpretasi

Kelinci pun menunjukkan rasa penyesalan dan berterima kasih kepada kura-kura. Dia juga meminta maaf kepada kura-kura karena sering mengejeknya. Kelinci bahkan meminta kura-kura untuk melatihnya agar bisa lebih waspada dan fokus dalam segala sesuatu.

Teks Eksemplum tentang Hewan Monyet yang Rakus

Contoh Teks Eksemplum tentang Hewan III

Kemalangan Monyet yang Rakus

Orientasi:

Di sebuah kelompok hewan terdapat seekor monyet yang sangat menyukai buah-buahan. Dia memakan bahan buah segar saat musim panen tiba. Semangka, apel, melon, pisang, dan berbagai buah segar disantapnya.

Monyet pun memamerkan buah-buahannya kepada teman-temannya. Dia juga menertawakan hewan-hewan lain yang hanya memakan sedikit buah karena beberapa buah hasil panen harus disimpan.

Insiden:

Hingga suatu saat hutan tempat hewan-hewan ini tinggal dilanda kekeringan panjang. Ladang-ladang mereka mati dan tidak ada buah yang bisa dipanen. Monyet pun kelabakan karena biasanya dia memakan buah dari ladang.

Monyet tidak memiliki persediaan buah untuk menghadapi musim kemarau. Sedangkan hewan-hewan lain tidak khawatir dan tetap bisa makan buah karena sudah menyimpannya sebelumnya. Walaupun sering diejek, mereka tetap menolong monyet saat melihatnya lemas karena kelaparan.

Interpretasi:

Monyet pun sangat berterima kasih kepada hewan lain yang sudah menolongnya. Dia meminta maaf dan berjanji untuk tidak rakus lagi memakan buah. Monyet akan makan buah secukupnya dan menyimpan sebagian untuk cadangan apabila ada musim kemarau panjang yang tidak terduga seperti sebelumnya.

Apa Perbedaan Teks Eksemplum dengan Cerita Fabel?

Kedua nya berbeda dari segi Fungsi, Struktur dan Ciri-cirinya. Fabel fungsinya untuk menyampain pesan dan amanat moral, strukturnya orientasi-komplikasi-resolusi, Ciri fabel adalah perisitiwa keseharian tokoh.

advertisement

Sedanglan teks eksemplum fungsinya untuk menilai perilaku tokoh, strukturnya orientasi-insiden-interpretasi, ciri teks ekseplum adalah cerita tentang peristiwa yang tidak diingankan tokoh (kemalangan tokoh).

Apa Perbedaan Teks Eksemplum dengan Cerpen?

Keduanya berbeda dari segi struktur dan unsur kebahasaan. Struktur cerpen adalah orientasi-komplikasi-resolusi, unsur kebahasaan cerpen berisi kata sifat, kata keterangan, kata kerja, kata ganti, dan dibumbui majas. Sedangkan kaidah kebahasaan teks eksemplum adalah kalimat kompleks, kalimat rujukan dan konjungsi.

Apa perbedaan teks eksemplum dengan teks eksposisi? Bedanya pada Definisi, Struktur, Isi/tujuan dan Kaidah Kebahasaan.

Teks EksemplumTeks Eksposisi
DefinisiPengalaman tokoh dalam ceritaTeks yang memaparkan fakta dan pendapat
StrukturOrientasi, Insiden, InterpretasiTesis, Argumen, Penegasan Ulang
IsiMemberi amanat pesan moralMemberi pengetahuan dan informasi
Kaidah BahasaKalmiat komplek, Konjungsi, Rujukan, Kata kerjaBentuk baku, ilmiah dan lugas, kata leksikal, pronomina

Itulah beberapa informasi yang perlu diketahui mengenai teks eksemplum. Melalui contoh teks eksemplum tentang hewan di atas, akan lebih mudah untuk mempelajari mengenai struktur-strukturnya. Jadi lebih mudah untuk mengenali teks eksemplum dan membedakannya dengan jenis teks lain

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas