Langkah langkah Menyusun Teks Eksposisi yang Benar

Teks eksposisi merupakan salah satu jenis teks yang digunakan untuk memaparkan gagasan yang dapat menambah pengetahuan pembaca. Jenis teks ini memiliki struktur penulisannya tersendiri yang harus diperhatikan dalam langkah langkah menyusun teks eksposisi yang benar.

Jenis teks eksposisi ini termasuk salah satu yang dipelajari dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Sebelum membuat teks eksposisi, sebaiknya pahami dulu definisi dari teks eksposisi beserta struktur penulisannya. Langsung saja simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah teks yang ditulis untuk menjelaskan informasi, pendapat, keyakinan, atau gagasan berdasarkan fakta tetapi tidak bersifat mempengaruhi pembaca. Dalam teks eksposisi berisi informasi pengetahuan yang disampaikan secara lugas, akurat, dan mudah dipahami.

Langkah langkah Menyusun Teks Eksposisi

Informasi disampaikan sejelas-jelasnya untuk menguraikan suatu isu atau permasalahan, objek, langkah, atau proses kerja. Jenis teks ini banyak ditemui pada tulisan artikel ilmiah, majalah, koran, atau media masa cetak lainnya.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Jika ingin lebih paham mengenai teks eksposisi, sebaiknya ketahui ciri-ciri yang dimiliki oleh jenis teks ini. Teks eksposisi memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut:

  • Ditulis menggunakan bahasa yang baku
  • Penyampaian teks secara jelas dan lugas
  • Berisi informasi-informasi pengetahuan
  • Bersifat faktual dan objektif
  • Bersifat netral dan tidak memihak, tidak memaksakan kehendak dari penulis pada pembacanya
  • Disertai dengan data yang akurat
  • Fakta yang digunakan menjadi penjelas dan kontribusi

Struktur Teks Eksposisi

Penulisan teks eksposisi harus memenuhi struktur teks secara keseluruhan. Berikut struktur teks eksposisi yang harus diperhatikan.

  • Tesis

Bagian awal dari teks eksposisi disebut sebagai tesis. Pada bagian ini menjelaskan bagaimana sudut pandang penulis terhadap topik atau permasalahan yang diangkat. Dijelaskan dalam pernyataan atau teori yang diperkuat dengan argumen penulis.

  • Argumentasi

Setelah tesis, teks eksposisi dilanjutkan dengan bagian argumentasi. Pada bagian ini dijelaskan bukti atau alasan penulis yang dapat memperkuat pendapatnya dalam sebuah tesis. Argumentasi juga bisa berupa pernyataan atau teori umum.

  • Penegasan ulang

Pada bagian terakhir dari teks eksposisi merupakan re-orientasi atau disebut juga penegasan ulang. Bagian ini berisi kesimpulan yang menegaskan tesis dengan bukti argumentasi yang menguatkan.

contoh membuat laporan tugas

Langkah Menulis Teks Eksposisi

Setelah memahami ciri-ciri teks eksposisi, Anda bisa membuat contohnya dengan memperhatikan beberapa langkah menulis teks eksposisi dengan mudah. Berikut langkah demi langkah untuk menulis teks eksposisi:


  • Menentukan topik atau permasalahan yang akan dibahas

Pada langkah pertama dalam membuat teks eksposisi, penulis harus menentukan terlebih dahulu topik apa yang akan dibahas. Bisa pilih topik yang menarik atau topik yang memang dikuasai.

Topik yang menarik adalah topik yang berkaitan dengan kepentingan pembaca, peristiwa besar, menyangkut orang-orang terkenal, atau bisa juga yang berkaitan dengan hal-hal langka atau unik.

  • Tentukan target pembacanya

Selanjutnya adalah menentukan target pembaca, apakah untuk masyarakat umum, pelajar, atau lainnya. Target pembaca ini menjadi pertimbangan bagaimana nanti teks eksposisi disampaikan. Gaya bahasa untuk menyampaikan argumen dan saran disesuaikan dengan target pembacanya.

  • Menyusun kerangka tulisan

Setelah menentukan permasalahan yang akan dibahas dan target pembacanya, maka langkah berikutnya adalah menyusun kerangka teks eksposisi. Susun kerangka sesuai dengan struktur dan topik pembahasan yang akan disampaikan.

Penyusunan kerangka tulisan bertujuan untuk mempermudah penulisan teks eksposisi agar lebih sistematis dan mudah dipahami oleh pembaca. Tulis poin-poin penting dari argumen yang ingin disampaikan agar nanti penulisannya tidak terlalu melebar.


  • Mengumpulkan bahan tulisan

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data dan fakta yang dapat memperkuat argumen. Kumpulkan bahan tulisan sebanyak-banyaknya yang bisa diseleksi untuk dimasukkan dalam teks eksposisi.

Jangan lupa untuk memilih bahan tulisan dari sumber informasi atau referensi yang terpercaya dan akurat. Referensi yang bagus adalah referensi yang isinya dapat dipertanggungjawabkan.

  • Mengembangkan kerangka tulisan

Kembangkan kera tulisan menggunakan bahan-bahan yang sudah dikumpulkan. Uraikan dengan memperhatikan struktur penulisan teks eksposisi yang benar.

Langkah langkah menyusun teks eksposisi dimulai dari bagian tesis, kemudian argumen, dan penegasan ulang. Penegasan ulang atau kesimpulan pada bagian terakhir bisa juga berisi saran atau rekomendasi. Kenapa? Supaya informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi orang lain terutama pembacanya.

kuliah

Contoh Teks Eksposisi

Tesis:
Kebersihan lingkungan merupakan salah satu faktor penting untuk menciptakan suasana yang nyaman dan masyarakat yang sehat. Setiap warga masyarakat tentunya memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan bagian dalam rumah setiap hari, menjaga kebersihan di lingkungan sekitar rumah, dan mengikuti kerja bakti bersih-bersih lingkungan.

Argumentasi:
Menjaga kebersihan lingkungan rumah dilakukan dengan menyapu, mengepel, dan membersihkan halaman. Lingkungan rumah yang bersih akan membuat penghuni rumah lebih betah dan nyaman. Begitu juga dengan lingkungan luar di sekitar rumah.

Budaya kerja bakti untuk bersih-bersih lingkungan menjadi cara efektif untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Bersih-bersih lingkungan biasanya dilakukan setiap beberapa minggu sekali atau pada hari-hari tertentu.

Lingkungan yang bersih juga akan menciptakan masyarakat yang lebih sehat. Misalnya dengan cara membersihkan lingkungan dengan 3D untuk mencegah penyakit DBD.

Penegasan ulang:
Kebersihan lingkungan menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang lebih indah dan asri. Kebersihan lingkungan juga menjadi faktor penting untuk kehidupan masyarakat yang lebih sehat.

Editor Choices :

Itulah beberapa informasi seputar teks eksposisi beserta contohnya. Jangan lupa perhatikan struktur dan langkah langkah menyusun teks eksposisi yang benar. Pastikan informasinya faktual dan bermanfaat bagi pembaca tanpa bersifat mengajak atau mempengaruhi.

Komentar / Pertanyaan