3 Contoh Teks Eksposisi tentang Sampah Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi tentang Sampah. Teks eksposisi adalah sebuah karangan yang membahas suatu topik, yang disampaikan secara ringkas, padat, jelas, ilmiah, menarik dibaca, dengan tujuan menjelaskan suatu pembahasan untuk menambah pengetahuan pembaca.

Teks eksposisi ditulis dalam struktur penulisan: dimulai dengan judul, pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, dan penegasan ulang (reiteration). Ada juga teks eksposisi yang ditulis tanpa memakai struktur tersebut, yang penting hasilnya nanti jelas, tidak berbelit-belit.

Banyak topik yang dapat dibahas dengan menggunakan  teks eksposisi ini, salah satu contohnya adalah membahas topik/isu soal sampah. Berikut ini adalah kumpulan contoh teks eksposisi tentang sampah:

Editor Choices :
Contoh Teks Eksposisi Tentang Sampah

Contoh Teks Eksposisi tentang Sampah Organik

Pemanfaatan Sampah Organik di Indonesia

Pernyataan Pendapat (Tesis)
Sebagian orang sering mengabaikan keberadaan sampah ini. Dikarenakan mereka bisa terurai sendiri, jadi bukanlah suatu hal yang perlu dipedulikan. Tapi sebagian orang lagi, sangat memedulikan sampah organik. Karena di samping konteks bahwa dia adalah seonggok sampah, ternyata ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari sampah ini.

Sponsored Link

Di Indonesia, sudah ada banyak anak muda, orang dewasa, dari segala usia dan tempat tinggal, mulai sadar dengan manfaat dari sampah organik ini.

Argumentasi
Sampah organik paling sering dimanfaatkan menjadi pupuk kompos dalam skala kecil maupun besar. Pemanfaatan ini sering dipakai oleh orang-orang di kota untuk menyuburkan tanaman mereka.

Sayangnya orang-orang di desa, belum begitu mengetahui soal pemanfaatan pupuk kompos dari sampah organik. Minimalnya mereka hanya memanfaatkan kotoran sapi atau hewan lain untuk menyuburkan tanaman. Selebihnya hanya mengandalkan obat-obatan kimia.

Kurangnya pengetahuan ini lah yang membuat mereka agak kesusahan membuat pupuk mereka sendiri. Jika dilihat lagi, tampaknya kondisi ini terbalik. Di kota jarang ada tumbuhan, minimalnya hanya ada tanaman-tanaman kecil di dalam pot. Sementara di desa ada bentangan sawah yang luas.

Oleh karena itu, beberapa program, misalnya KKN yang menelusur ke desa-desa terpencil  mulai berlomba-lomba mengajarkan bagaimana cara membuat sampah-sampah organik dari bahan-bahan yang ‘tak hanya kotoran’ saja.


Penegasan Ulang
Kesadaran mereka sudah cukup baik. Pemerataan pengetahuan soal sampah juga baik. Sekarang tinggal permasalahan sampah anorganik saja yang masih sangat sulit dikontrol oleh para penduduk di Indonesia.

Contoh Teks Eksposisi tentang Sampah

Contoh Teks Eksposisi tentang Sampah Anorganik

Penduduk VS Pemerintah dan Sampahnya

Pernyataan Pendapat (Tesis)
Sampah di laut, di pesisir pantai, di sungai, dan di jalanan, hampir di setiap sudut kota di Indonesia selalu ada sampah. Banyak warga geram dengan hal ini. Kenapa negaranya tidak bisa sebersih negara lain? Begitu kira-kira kekesalan mereka tiap kali melihat sampah di mana-mana.

Lalu suatu hari, ada salah satu warga di Indonesia, dengan sengaja membuang satu kantong sampah ke sungai. Warga itu berpikir, “Cuma satu kantong sampah tidak akan membuat Indonesia banjir.” Tapi sayangnya, ada jutaan warga lainnya berpikiran yang sama. Setelah kejadian itu, mereka pun menyalahkan pemerintah lagi.

Argumentasi
Peran tersebut mereka tunjukkan dalam berbagai hal, misalnya dengan memberikan fasilitas tempat sampah, pengangkut tempat sampah lalu dikumpulkan ke tempat pembuangan sampah utama untuk mewujudkan lingkungan bersih di lingkungan hidup kita.


Adapun bentuk pencegahan, dengan menggalakan program “Indonesia bebas plastik” dengan cara mengurangi sampah plastik sebanyak 70%. Agar program itu terwujud, pemerintah meminta kerjasama kepada para pengusaha, masyarakat dan berbagai instansi pemerintah. Ini adalah program yang dilaksanakan di tahun 2020 lalu, dan masih dilaksanakan sampai sekarang. Rencananya, mereka ingin di tahun 2025 nanti, impian Indonesia bebas sampah segera terwujud.

Sementara bentuk penghapusan sampah di Indonesia ini, pemerintah ditunjukkan melalui dilarangnya penggunaan kantong plastik saat belanja. Kita direkomendasikan menggunakan kantong belanja kain, jika ingin memakai plastik harus menggunakan jenis plastik sekali pakai. Peraturan ini telah resmi ditetapkan lewat Peraturan Gubernur Nomor 142 Tahun 2019.

Selain berbagai upaya di atas, mereka juga melakukan pengawasan pada sampah yang ada di laut, sungai, dan tempat-tempat sensitif yang dapat menghancurkan lingkungan dan keindahan lainnya.

Penegasan Ulang
Tugas pemerintah sudah lumayan bagus, tapi kenapa Indonesia sampai sekarang masih tidak bisa bebas sampah? Tanyakan saja warganya atau penduduknya, sudahkah kalian membuang sampah pada tempatnya hari ini?

Contoh Teks Eksposisi tentang Sampah B3/ Limbah Pabrik

Contoh Teks Eksposisi tentang Sampah

Orang Indonesia dan Kekuatan Super Penangkal Racun dari Limbah B3


Pernyataan Pendapat (Tesis)
Mereka tampak tidak ada kesadaran mengurangi sampah dari limbah B3 atau limbah beracun. Sementara itu, sampai sekarang jasa pengolahan limbah B3 masih sulit diakses.

Padahal jika dilihat dari bahayanya, manusia yang tercemar dengan limbah beracun ini dapat mengalami efek akut seperti memicu tumbuhnya kanker, rusaknya sistem jaringan paru-paru, kerusakan sistem reproduksi, cacat bawaan, penyakit kulit bahkan kematian.

Percayalah, masyarakat Indonesia tidak sekuat itu mampu hidup berdampingan dengan sampah beracun seumur hidup mereka. Jangan terlalu menganggap kami ini kuat.

Argumentasi
Miris, ditemukan sampah plastik di dalam telur ayam. Peternakan ayam mengaku, ayam-ayamnya tak hanya mencari makanan dari jatah yang sudah peternak berikan. Para ayam juga mencari makanan di sekitar lingkungan hidup mereka, dan memang ada ayam yang mencari makanan di atas limbah-limbah sampah yang menggunung.

Indonesia kecolongan ‘lagi’ kemasukan impor kontainer berisi limbah beracun dari negara lain. Sudah beberapa kali Indonesia menerima sampah-sampah beracun dari negara luar, padahal Indonesia sudah mengatakan dengan tegas tidak mau menerima sampah beracun ini. Tapi tetap saja kecolongan. Ini adalah berita yang diterbitkan pada bulan kemaren, tahun 2021.

Bahkan negara lain pun terlalu menganggap penduduk Indonesia kuat-kuat karena mampu berdampingan hidup dengan limbah beracun. Sungguh miris.

Penegasan Ulang
Perbanyak jasa pengolahan limbah B3, lebih tegas lagi kepada para pelaku bisnis di Indonesia yang menjadi penghasil sampah beracun terbesar, terus awasi sampah-sampah beracun dari rumah sakit, serta lebih selektif lagi dalam proses izin masuk barang impor di Indonesia.

Sebutkan dan jelaskan struktur teks eksposisi ?

Tesis / penyataan pendapat, Bagian pembuka dalam teks eksposisi yang berisi pendapat umum terhadap permasalahan yang diangkat dalam teks eksposisi.
Argumentasi, Unsur penjelas untuk mendukung tesis yang disampaikan yang dapat berupa alasan logis, data hasil temuan, fakta-fakta, bahkan pernyataan para ahli.
Penegasan ulang, Menambah rekomendasi atau saran terhadap permasalahan yang diangkat.

Itulah beberapa contoh teks eksposisi tentang sampah. Semoga penjelasan tadi bisa menambah referensi dan wawasan tentang materi bahasa indonesia khususnya tentang teks eksposisi.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan