9 Contoh Paragraf Argumentasi Singkat Berbagai Tema Menarik

Dalam bahasa Indonesia itu ada beberapa jenis paragraf, dan salah satunya adalah paragraf argumentasi yang akan kita bahas. Sebelum kita masuk ke contoh paragraf argumentasi singkat, sebaiknya kita pelajari dulu pengertian supaya lebih memahami.

Paragraf argumentasi ini hampir mirip dengan paragraf eksposisi, namun memang tetap saja berbeda dan biasanya berfungsi mempengaruhi orang lain.

Pengertian Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi itu sebenarnya adalah paragraf yang ide utamanya itu dikembangkan dengan memaparkan pendapat ataupun ide pribadi dari penulisnya.

contoh paragraf argumentasi singkat

Biasanya tujuan dari pembuatan paragraf ini adalah untuk mengubah pandangan atau pendapat dari orang lain supaya satu arah dengan penulis. Argumentasi yang diberikan tentu akan bisa membenarkan suatu pendapat atau juga menolak pendapat yang berbeda.

Dalam sebuah argumen tentu harus ada dasar yang kuat agar supaya orang yang membaca itu bisa setuju dengan penulis. Sehingga biasanya paragraf argumentasi itu akan berisikan berbagai data, contoh kasus, dan juga mungkin hasil riset dari para ahli. Ini dipakai untuk menguatkan pendapat dari penulis agar orang tidak beranggapan kalau kita sedang bicara omong kosong saja.

Sponsored Link

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

Ada beberapa ciri dari paragraf argumentasi yang akan bisa membantu kita untuk mengenali paragraf argumentasi itu sendiri. Berikut ini beberapa cirinya.

  1. Berisi kalimat pendapat dari penulis dengan topik tertentu
  2. Terdapat data ataupun contoh kasus yang faktual yang bisa membuat pembaca percaya
  3. Topik akan dibahas secara dan dianalisa bahkan diberi semacam analogi
  4. Diakhiri dengan kesimpulan dalam bentuk pendapat

Pengembangan Paragraf Argumentasi

Ada 2 cara pengembangan dari paragraf argumentasi yang saat ini banyak dipergunakan oleh orang salah satunya adalah sebab akibat. Jadi cara untuk mengembangkan paragraf seperti ini adalah dengan mengumpulkan beberapa sebab kejadian tertentu terlebih dahulu. Setelah itu akan diambil kesimpulan bahwa beberapa sebab tersebut yang membawa akibat tertentu di paragraf argumentasi.

Lalu pengembangan yang kedua adalah akibat sebab, ini juga biasa dipergunakan oleh orang dalam membuat paragraf argumentasi. Pola pembuatan paragraf yang seperti ini diawali dengan beberapa kejadian dan menjabarkan suatu permasalahan yang sedang terjadi. Setelah itu dijelaskan bahwa itu disebabkan oleh beberapa hal dan murni merupakan pendapat dari penulis itu sendiri.

Penggunaan Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi tentunya paling banyak dipergunakan untuk mengkritik baik itu orang, instansi, pemerintah, ataupun juga perusahaan. Argumentasi sendiri kan memang sangat lekat dengan kritik dan masukkan untuk orang lain dengan gagasan dasar adalah pendapat. Paragraf argumentasi ini pun biasa dipakai dalam sebuah karya ilmiah, karena memang didasarkan pada data-data yang faktual.

Langkah Menyusun Paragraf Argumentasi

Membuat paragraf argumentasi itu perlu menjalankan langkah yang benar supaya bisa menyusunnya dengan baik dan benar. Intinya paragraf argumentasi itu dianggap berhasil kalau sudah bisa mempengaruhi orang lain dan membuatnya sependapat dengan penulis. Berikut beberapa langkah dalam membuat paragraf argumentasi.


  1. Menentukan topik yang akan dibahas
  2. Melakukan Observasi dan juga pencarian data yang bisa menunjang pendapat kita
  3. Membuat kerangka paragraf
  4. Mengembangkan kerangka
  5. Memberikan kesimpulan
diskusi
Young students learning,library bookshelves on background

Contoh Paragraf Argumentasi Singkat

Supaya kita bisa lebih memahami mengenai paragraf ini, tentu saja kami akan memberikan beberapa contoh dengan beberapa topik. Diharapkan dengan adanya contoh ini, kita bisa memperhatikan dan menganalisa mengenai ciri, kerangka, dan pengembangan dari paragraf argumentasi itu sendiri. Berikut ini beberapa contoh yang akan kami berikan.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Pendidikan I

Pendidikan gratis dari pemerintah sampai saat ini terlihat seperti hanya sebuah wacana dan angan-angan saja. Karena sampai saat ini pun tetap masih ada biaya yang harus dikeluarkan supaya anak-anak bisa mengenyam pendidikan yang layak. Selain itu pendidikan gratis ini pun belum bisa dinikmati oleh semua anak di Indonesia karena memang belum merata.

Terbukti di daerah pelosok dan diluar Jawa itu masih ada banyak sekali anak yang tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Sekolahnya pun tidak memiliki gedung yang layak, sehingga masih dipungut biaya untuk pembangunan sekolah mereka.

Disini peran serta pemerintah terkait dalam memeratakan pendidikan di Indonesia itu sangat penting, karena pendidikan adalah pondasi. Pendidikan yang baik tentu akan bisa membuat Indonesia jadi bisa lebih maju dan berkembang jauh dari sekarang. Mengutamakan pembangunan sarana dan prasarana sekolah di setiap daerah akan mewujudkan pendidikan gratis tersebut.

Contoh Paragraf Argumentasi tema Pendidikan II

Pendidikan merupakan pondasi bagi sebuah bangsa, sehingga pemerintah wajib untuk membiayai pendidikan untuk warganya supaya bisa lebih cerdas. Satu hal yang perlu diakui masih salah di Indonesia itu adalah soal sistem pendidikan yang memang belum tepat. Sistem pendidikan memang perlu diperbaiki, agar supaya pendidikan di Indonesia bisa meningkat dan jadi lebih baik.


Banyak sekali warga negara Indonesia yang sebenarnya menjadi korban dari salahnya sistem pendidikan di Indonesia ini. Banyak orang yang tidak bisa berpikir dengan lebih luas dan akhirnya mudah terbawa dan mudah didoktrin secara salah. Banyak sekali orang yang mudah gagal paham dan mudah dicuci otaknya untuk menjadi teroris.

Sangat penting bagi pemerintah untuk meracik sistem pendidikan yang baru yang lebih relevan dengan kondisi sekarang ini. Sudah saatnya pemerintah membangun ulang sistem pendidikan agar supaya pendidikan di Indonesia bisa lekas maju. Dan pendidikan yang maju akan mendorong bangsa dan negaranya pun maju dengan pesat.

kuliah

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Kesehatan

Rokok itu mengandung banyak sekali zat yang berbahaya dan sebenarnya sangatlah mematikan sekali meski memang memberikan efek yang nikmat. Ada banyak sekali zat racun yang ada di rokok salah satunya adalah zat Aceton yang biasa dipakai dalam pembersih kuku.

Rokok sendiri memiliki zat adiktif juga, sehingga orang yang mengonsumsinya akan bisa ketagihan dan tidak bisa berhenti. Kandungan racun yang masuk terus menerus ke dalam tubuh tentunya akan bisa merusak tubuh secara perlahan dan menyebabkan kematian.

Rokok yang terbakar itu akan menghasilkan karbon monoksida yang merupakan gas yang sangat beracun. Biasanya gas seperti ini muncul dari kendaraan bermotor, sehingga merokok sama dengan menghisap asap knalpot dari kendaraan bermotor. Bahkan ada hukuman mati yang menggunakan gas monoksida ini, jadi memang sangat berbahaya.


Contoh Paragraf Argumentasi tentang Lingkungan

Sampah sebenarnya menjadi satu masalah yang sudah besar di Indonesia, namun banyak orang yang masih menyepelekannya. Sampah yang paling sering ditemukan dan sulit untuk dikurangi adalah sampah plastik yang sebenarnya berbahaya bagi alam. Ini karena sampah plastik ini sangat sulit untuk diurai dan membutuhkan waktu yang lama.

Pengelolaan sampah itu adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan, apabila kita tidak ingin terkena bencana alam. Sebab pengaruh dari sampah yang berlebihan itu sudah pasti akan merusak alam dan akan menimbulkan bencana. Banjir, tanah longsor dan bencana lainnya terjadi karena pengelolaan sampah yang salah.

Peran serta pemerintah dan kerja sama dengan masyarakat itu menjadi kunci untuk kita bisa bebas dari bencana karena sampah. Pengelolaan sampah itu perlu kerja sama antara pemerintah dengan masyarakat, kesadaran masyarakat itu menjadi penting. Karena pengelolaan ini merupakan hal yang baik dan demi kepentingan kita bersama juga.

Contoh Paragraf Argumentasi tema Agama

Salah satu modal bangsa Indonesia itu adalah keberagaman salah satunya adalah keberagaman dari agama di Indonesia. Akan tetapi di era sekarang nampaknya keberagaman itu malah menjadi malapetaka bukannya menjadi modal berkembang bangsa ini. Terbukti ada banyak sekali kasus kerusuhan yang terjadi karena akibat dari perbedaan ataupun keberagaman itu sendiri.

Banyak sekali permasalahan yang muncul di berbagai daerah di Indonesia mulai dari Poso, Maluku, dan masih banyak lagi. Ini semua sebenarnya salah satunya adalah masuknya ideologi garis keras yang masuk ke Indonesia dari berbagai agama. Ini yang membuat banyak kerusuhan muncul dan orang menggunakan kekerasan dengan berkedok agama.

Pemerintah perlu melakukan sesuatu yang sebenarnya efektif yakni memberikan pendidikan agama yang baik dan benar. Karena dasarnya setiap agama baik, sehingga kalau ada pendidikan agama yang kuat maka perdamaian akan bisa tercipta. Ini merupakan contoh paragraf argumentasi singkat dengan tema agama.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Politik

Pemilu di Indonesia itu menjadi salah satu sarana kedaulatan rakyat yang diatur dalam undang-undang 1945 dan juga Pancasila. Pelaksanaan pemilu itu sendiri harus dilakukan secara langsung, jujur, adil, bebas, rahasia dan juga umum. Prinsip seperti ini sering dimanfaatkan oleh para caleg untuk bisa menjadi pemenang pemilu.

Sampai sekarang ini masih banyak terjadi kampanye uang yang membuat caleg jadi bisa mendapatkan lebih banyak suara. Akan tetapi ini bukanlah sistem politik yang baik dan sehat, karena orang tidak memilih berdasarkan program kerjanya. Padahal orang itu memilih inginnya bisa menjadi lebih sejahtera kehidupannya.

Karena itu melarang adanya kampanye uang dan menghindarinya menjadi satu cara untuk memajukan sistem politik Indonesia. Pendidikan politik diperlukan supaya rakyat itu melek dengan situasi politik Indonesia pada saat ini. Sesuai pernyataan Aristoteles bahwa politik yang bermakna adalah yang bisa mengubah hidup masyarakat dari sekedar hidup menjadi hidup yang baik.

Contoh Teks Eksposisi tentang Internet

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Teknologi

Teknologi memang maju dengan pesat, akan tetapi ini membawa dampak yang positif dan juga membawa dampak negatif. Pengaruh dari teknologi yang berkembang itu memang banyak yang baik, akan tetapi banyak juga nilai buruk yang ada disana. Peran orang tua menjadi hal yang penting di era teknologi yang sekarang ini serba modern.

Teknologi jelas membawa dampak positif yang sangatlah banyak sekali, salah satunya adalah kemudahan dalam melakukan banyak hal. Sekarang ini dengan adanya sistem online, orang itu bisa melakukan apa saja dengan mudah tanpa harus kemana-mana. Selain itu orang bisa terbantu dalam mengerjakan berbagai pekerjaan dengan adanya teknologi.

Akan tetapi teknologi pun memberikan dampak negatif juga, karena orang bisa mengakses berbagai informasi di internet. Ini membuat anak-anak bisa mengakses konten yang tidak patut untuk anak seusia mereka. Dan ini menjadi tugas orang tua untuk bisa mengontrol anak mereka.

Pada dasarnya tugas orang tua itu adalah mendidik anaknya supaya bisa menjadi anak yang baik dan juga memiliki bekal. Berarti akses internet yang luas sekarang ini menjadi tanggung jawab orang tua untuk mengontrol hal tersebut. Sehingga masa depan bangsa tidak rusak karena teknologi yang berkembang.

Contoh Paragraf Argumentasi tema Narkoba

Obat-obatan yang termasuk dalam narkotika sebenarnya merupakan obat yang bermanfaat, namun kebanyakan disalahgunakan. Pengedaran obat-obatan terlarang itu memang sudah memiliki hukum yang jelas dan juga sangat tegas sekali. Namun itu saja sebenarnya tidak cukup untuk memutus rantai narkotika di Indonesia.

Meskipun ada tindakan tegas seperti itu, peredaran narkoba sendiri masih cukup marak dan juga masih sangat banyak terjadi. Terbukti sampai sekarang pun masih banyak orang yang tertangkap mengonsumsi narkoba, terutama di kalangan artis. Berarti peredarannya pun masih sangat baik dan harus dihentikan.

Pemerintah sudah baik memberikan sanksi tegas yang membuat orang berpikir seribu kali untuk mengedarkan obat-obatan. Namun peran serta masyarakat terutama dalam mendidik anak dan keluarga menjadi rem yang sangat efektif. Karena orang bisa terhindar dari narkoba atau masuk ke narkoba dari pergaulannya.

Contoh Paragraf Argumentasi Singkat tentang Sampah

Permasalahan yang paling besar di Indonesia saat ini sebenarnya adalah sampah, karena sudah tidak terkontrol lagi. Sampah rumah tangga terutama plastik menjadi salah satu kendala yang sangatlah besar bagi negara Indonesia. Perlu adanya langkah efektif yang bisa memangkas jumlah sampah plastik ini supaya alam tetap sehat.

Sampah yang tidak terkontrol bisa menimbulkan banyak bencana seperti banjir yang memang sudah seperti agenda rutin. Salah satu yang menjadi penyebabnya sebenarnya adalah perilaku masyarakat terutama dalam pengelolaan sampah dalam hal pembuangan. Banyak orang yang masih buang sampah secara sembarangan.

Perlu adanya pendidikan mengenai sampah dan cara membuang yang baik dan benar supaya tidak salah. Pemerintah pun perlu memberi sanksi tegas agar supaya masyarakat bisa patuh dan disiplin dalam membuang sampah.

pengertian struktur ciri-ciri contoh teks
Apa bedanya paragraf persuasi dan paragraf argumentasi?

Argumentasi tujuan utamanya adalah pihak yang diberi argumen mengakui dan yakin bahwa pendapat kita benar.
Sedangkan paragraf persuasi lebih daripada itu yaitu mengajak orang untuk mau mengerjakan/melakukan isi saran/ajakan/nasehat atau bujukan tersebut.

Apa perbedaan paragraf argumentasi dan eksposisi ?

Paragraf argumentasi tujuannya agar pembaca yakin dan menerima gagasan penulis melalui alasan-alasan yang menyertai nya. Sengkan paragraf eksposisi untuk mejelaskan ke pembaca agar paham terhadap hahasan yang penulis sertakan.

Apa perbedaan paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif?

paragraf deskripsi =menggambarkan objek secara rinci
paragraf persuasi=paragraf yang berisi ajakan/himbauan
paragraf argumentasi= paragraf yang berisi pendapat para ahli
paragraf narasi=kejadian/peristiwa sesuai urutan waktu

Demikianlah beberapa contoh paragraf argumentasi singkat yang mungkin bisa kami berikan. Semoga beberapa contoh tersebut bisa memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai paragraf argumentasi ini. Pada dasarnya paragraf argumentasi ini sebisa mungkin bisa mengubah pendapat orang supaya bisa mengikuti apa yang kita tulis.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp
Apakah ada tanggapan/pertanyaan?
Kirim Komentar


📢 Komentar / Pertanyaan