4 Contoh Teks Diskusi tentang Kesehatan dan Strukturnya

Mengikuti diskusi memang menarik sekali karena ada 2pihak atau lebih interaksi, apalagi diskusi mengenai kesehatan jelas harus diikuti. Sebab dengan ikut diskusi tersebut akan banyak info yang bisa didapatkan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari

Sebelum mengikuti diskusi tersebut harus tahu dulu contoh teks diskusi tentang kesehatan itu seperti apa, untuk contohnya akan diulas secara lengkap di bawah ini.

Ciri-Ciri Teks Diskusi Kesehatan yang Benar

Untuk mengetahui apakah teks diskusi benar atau tidak itu mudah, bisa dilihat dari ciri-ciri dari teks diskusi tersebut. Setiap contoh teks diskusi tentang kesehatan pastinya punya ciri yang berbeda-beda, kalau teksnya benar pasti punya ciri seperti berikut ini.

Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan
  • Memiliki Isu

Isu sendiri adalah masalah yang nantinya akan didiskusikan oleh peserta diskusi, setiap teks diskusi wajib memiliki isu ini agar ada hal yang dibahas dalam diskusi.

  • Memiliki Argumen yang Mendukung

Argumen atau alasan yang mendukung isu yang jadi pokok pembahasan itu wajib ada. Setelah masalah disampaikan nantinya harus ada pendapat yang mendukung dan disertai alasan juga bukti. Jadi bukan asal berpendapat saja tetapi harus ada alasan yang kuat.

Sponsored Link
  • Ada Argumen yang Menentang

Argumen menentang juga ada, jadi bukan saja pendapat mendukung yang harus ada tetapi ada juga pendapat dari pihak yang menentang kebenaran dari argumen mendukung. Argumen ini juga disertai bukti agar valid.

  • Mempunyai Kesimpulan

Kesimpulan atau hasil akhir juga wajib ada sebab masalah tidak akan selesai kalau belum ada kesimpulannya, untuk tahu kesimpulan itu seperti apa lihat saja contoh teks diskusi tentang kesehatan.

Selain itu kesimpulan ini juga bisa menjadi penengah pihak yang berpendapat pro juga kontra.

Contoh yang Benar Teks Diskusi Kesehatan

Diskusi menjadi kegiatan yang harus dilakukan sebab dengan diskusi akan bisa didapatkan solusi dari sebuah masalah dan juga akan diperoleh informasi terbaru mengenai topik yang didiskusikan.

Ternyata diskusi tidak sembarangan dilakukan tetapi ada struktur formalnya, untuk tahu strukturnya seperti apa bacalah beberapa contoh teks diskusi tentang kesehatan berikut ini.

  • Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan
    Manfaat dan Efek Samping Buah Pisang

Pengenalan isu:
Mengonsumsi buah sudah jadi kebiasaan semua orang, dengan mengonsumsi buah tubuh jadi lebih sehat. Salah satu buah yang paling sering dikonsumsi di Indonesia adalah buah pisang.

Buah pisang selain rasanya enak juga punya banyak kandungan yang berguna untuk kesehatan tubuh. Untuk contoh kandungannya adalah Lemak, protein, kalori, serat, kalium dan masih banyak yang lain.

Argumen pendukung:
Setiap kandungan punya manfaat sendiri-sendiri, seperti kandungan kalium pada pisang yang sangat tinggi bisa mencegah menurunnya vitalitas. Jadi untuk yang ingin staminanya bagus bisa konsumsi pisang saja.

Menurut beberapa penelitian menyebutkan kalau mengonsumsi pisang itu akan membuat seseorang yang vitalitasnya menurun bisa meningkat. Selain itu buah ini bisa juga membuat jantung jadi lebih sehat.

Argumen kontra:
Buah pisang di samping bisa meningkatkan vitalitas ternyata bisa menyebabkan kerusakan otot dan fungsi saraf. Pisang yang banyak kaliumnya ini kalau dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kondisi seperti itu.

Sponsored Link

Selain menyebabkan kerusakan tubuh juga bisa membuat berat tubuh bertambah dengan cepat, hal tersebut dikarenakan kandungan karbohidrat di pisang. Jadi untuk yang obesitas baiknya jangan mengonsumsi dulu.

Kesimpulan
Kalau ingin vitalitas dan staminanya bagus konsumsi pisang jangan terlalu banyak, batasi konsumsi pisang ini agar manfaat pisang bisa terasa. Untuk porsinya minimal satu buah per harinya.

Contoh Teks Diskusi tentang Kesehatan beserta strukturnya
  • Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan
    Manfaat Ikan Salmon

Pengenalan Isu:
Ikan salmon adalah salah satu ikan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, makanya ikan ini harus dikonsumsi anak kecil atau orang yang sudah dewasa.

Mengonsumsi ikan salmon ini manfaatnya banyak sekali, seperti meningkatkan fungsi otak dan juga daya ingat seseorang. Manfaat tersebut dirasakan karena adanya kandungan Omega 3 di salmon.

Argumen Pendukung:
Manfaat berikutnya adalah menjaga tulang agar tetap sehat, tulang sehat dikarenakan kandungan Kalsitonin pada ikan salmon yang tinggi. Dengan tulang sehat maka penyakit yang menyerang tulang bisa dicegah.

Argumen Pertentangan:
Meskipun ikan salmon manfaatnya banyak bukan berarti ikan ini tidak berbahaya kalau dikonsumsi, sebab di ikan salmon ini terdapat bakteri dan juga parasit.

Bakteri dan parasit bisa masuk tubuh jika mengonsumsinya itu mentah, makanya tidak aneh kalau banyak orang yang sering makan ikan salmon mentah mengalami gangguan kesehatan.

Kesimpulan:
Jadi kalau mau tidak merasakan gangguan kesehatan maka ikan salmon baiknya di masak dulu, bisa di panggang, di rebus atau bisa juga di bakar. Dengan di masak maka parasit akan mati.

  • Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan
    Fungsi dan Bahaya Buah Manggis

Pengenalan Masalah:
Buah manggis merupakan buah yang sering dikonsumsi, buah manggis selain rasanya yang sangat manis juga punya banyak manfaat. Kandungan buah manggis juga banyak ada vitamin C, B2, asam folat dan magnesium.

Argumen Pendukung:
Mengonsumsi buah manggis bisa mencegah penyakit kanker, menurut penelitian menyebutkan jika kandungan Xanthones pada buah ini mampu melawan tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

i k l a n

Selain itu kandungan serat dan vitamin C di buah manggis juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Jadi dengan mengonsumsi buah ini tidak akan terserang penyakit.

Argumen Penolakan:
Meskipun manfaatnya cukup banyak ternyata buah ini juga berdampak buruk pada tubuh, apalagi kalau mengonsumsinya saat hamil. Jika hamil mengonsumsi manggis berlebih menyebabkan komplikasi.

Selain itu manggis juga bisa memperlambat proses pembekuan darah, dengan darah tidak membeku pastinya lebih beresiko terjadi perdarahan.

Kesimpulan:
Mengonsumsi manggis ini baiknya di waktu yang tepat, jika sedang hamil baiknya jangan konsumsi dulu. Selain itu kalau habis operasi juga tidak boleh mengonsumsi agar perdarahan tidak terjadi.

Contoh Teks Negosiasi
  • Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan
    Kebiasaan Minum Kopi

Pengenalan Isu:
Minum kopi adalah kebiasaan yang paling umum dilakukan di dunia, hampir setiap hari pasti kebiasaan ini dilakukan. Meminum kopi bisa dilakukan kapan saja, bisa pagi hari atau malam hari.

Argumen Pendukung:
Minum kopi dipercaya dapat membuat seseorang tidak mengantuk dan lebih bersemangat dan lebih fokus dalam bekerja atau melakukan kegiatan sehari-hari.

Selain itu kopi juga dipercaya bisa membuat seseorang merasa bahagia, jadi tidak aneh kalau yang suka pada minuman ini ada banyak.

Argumen Penolakan:
Meskipun yang suka banyak bukan berarti kopi itu selalu bagus sebab banyaknya kandungan kafein pada kopi itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Kesimpulan:
Jika memang suka minum kopi baiknya dibatasi saja setiap harinya jangan terlalu banyak, minimal sehari cukup satu kali saja. Kalau sudah jarang mengonsumsi tetap akan merasakan enaknya kopi tanpa merusak tubuh.

Sebutkan Jenis-jenis Teks Diskusi ?

Seminar, pemecahan permasalahan yang memerlukan interaksi di antara para peserta. Sarasehan, pertemuan untuk mendengarkan pendapat seseorang yang ahli. Simposium, serangkaian pidato pendek yang dilakukan oleh seseorang di depan para peserta.

Selain itu ada juga Diskusi panel, forum pertukaran pikiran yang dilakukan oleh sekelompok orang dihadapan. Kongres, pertemuan besar para wakil organisasi (politik, sosial, profesi) untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan.

Muktamar, permusyawaratan tertinggi yang diadakan oleh pimpinan pusat dalam sebuah organisasi. Lokakarya, pertemuan yang dilakukan oleh para ahli di bidang tertentu.

10 Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan

Manfaat Mengikuti Diskusi tentang Kesehatan

Mengikuti diskusi itu bermanfaat sekali apalagi kalau yang diikuti adalah diskusi kesehatan pasti peserta diskusi bisa tahu apa saja info terbaru mengenai kesehatan. Selain memperoleh info tersebut peserta jadi tahu juga bagaimana sikap yang benar waktu jadi peserta diskusi.

Editor's Choices:

Kalau sudah tahu tata cara diskusi itu seperti apa bisa juga membuat diskusi sendiri bersama teman atau saudara. Agar sukses untuk buat teks diskusinya bisa dengan mengikuti contoh teks diskusi tentang kesehatan.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Mata Kuliah Jurusan Ilmu Gizi
Alasan Memilih Jurusan Manajemen
Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi
cita cita yang cocok untuk jurusan IPA
teknik kelautan osenografi
Universitas Islam Terbaik di Indonesia