9 Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan + Strukturnya

Teks persuasif merupakan jenis teks yang berisi himbauan, ajakan, anjuran, usul dan nasehat dari penulis agar pembaca mengerti serta mengikuti hal-hal yang disampaikan di dalam teks tersebut.

Informasi yang terdapat di dalam sebuah teks persuasif biasanya dibuat sedemikian rupa agar informasi tersebut dapat dipercaya oleh para pembaca. Selain itu, pembaca juga diajak untuk melakukan atau mempraktekkan hal-hal yang menjadi topik pembicaraan dalam teks.

Contoh teks persuasif tentang kesehatan juga biasanya sering ditemukan dalam berbagai publikasi umum. Topik kesehatan memang banyak dicari oleh orang yang hendak mencari nasehat ataupun rekomendasi mengenai cara menjaga kesehatan mereka.

contoh teks persuasif tentang kesehatan beserta strukturnya

Berikut beberapa contoh teks persuasif yang memiliki topik yang masih berkaitan dengan kesehatan.

10 Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan

Teks persuasif kesehatan banyak mengandung informasi mengenai cara menjaga kesehatan. Teks persuasif jenis ini biasanya ditulis oleh orang-orang yang memiliki latar belakang di bidang kesehatan.

Sponsored Link

To be persuasive we must be believable; To be believable we must be credible; Credible we must be truthful. #QuotesOfTheDay

Kompetensi di bidang kesehatan ini membuat mereka menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat awam sebagai sumber rekomendasi dalam mencapai kehidupan yang sehat dan jauh dari penyakit.

Jika kamu ingin lebih mengerti mengenai teks persuasi jenis ini, kamu bisa melihat beberapa contoh di bawah ini:

Contoh #1 Pengaruh Diet Terhadap Kesehatan Gigi

Kita semua tahu bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan gigi. Tetapi, jika kita menilik lebih jauh mengenai hubungan antara diet yang sehat terhadap kesehatan gigi, maka ada beberapa fakta dan mungkin bisa mengejutkan  bagi anda.

Kebanyakan dari kita percaya bahwa kerusakan pada gigi, termasuk gigi berlubang, merupakan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki lagi. Gigi yang sudah berlubang tidak akan bisa kembali seperti semula. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki gigi yang telah berlubang agar dengan menambalnya.

Hanya saja, beberapa riset yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa gigi yang berlubang dapat memperbaiki diri sendiri jika pemiliknya menjalani program diet yang sehat.

Program diet yang dimaksud adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat, terutama makanan yang  berasal dari buah dan sayur. Selain itu, diet jenis ini juga sangat menghindari konsumsi gula serta mengurangi konsumsi daging dan produk susu.

Kerusakan pada gigi sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa hal, termasuk minimnya kandungan mineral dalam pola diet, minimnya vitamin, serta tingginya konsumsi gula.  Dengan mengubah pola diet yang tidak sehat tersebut maka kamu juga akan bisa meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

Contoh #2 Cara Menghindari Kecemasan dalam Aktivitas Sehari-hari

Kecemasan merupakan reaksi yang timbul yang diakibatkan oleh adanya rasa takut. Kecemasan ini bisa menjadi sangat parah dan sangat mengganggu dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa alasan yang menjadi dasar timbulnya kecemasan adalah pengalaman traumatik yang mungkin terjadi di masa lalu. Selain itu, kecemasan juga bisa muncul akibat aktivitas otak yang terlalu fokus dalam mengantisipasi kejadian yang kemungkinan akan terjadi di masa depan.

Apapun alasannya, kecemasan merupakan sebuah permasalahan kesehatan yang harus segera ditangani. Jika tidak, kecemasan bisa menimbulkan depresi yang akan memiliki efek yang lebih buruk terhadap kesehatan.

Sponsored Link

Oleh karena itu, jika kamu merasa kamu mengalami kecemasan dalam kehidupan kamu sehari-hari, maka ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu coba untuk  lakukan.

Hal paling baik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecemasan adalah memfokuskan pikiran kamu untuk menghadapi permasalahan yang ada pada masa sekarang.

Memikirkan masalah yang mungkin bisa muncul di masa depan hanya akan membuat pikiran kamu menjadi lebih stress.  Hasilnya, kamu pun akan lebih sulit untuk menyelesaikan masalah yang mungkin ada dalam kehidupan kamu.

Cara lain yang biasanya direkomendasikan oleh pakar kesehatan mental adalah dengan mengubah perilaku kamu. Hal yang paling penting untuk diubah adalah kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan.

Misalnya, kamu mungkin sering merasa cemas ketika salah seorang temanmu tidak langsung membalas pesan yang kamu kirimkan. Kamu bisa mengubah kecemasan ini dengan menghindari berpikir negatif terhadap teman kamu.

Contoh #3 Mengurangi Rasa Sakit di Punggung pada Malam Hari

Apa biasanya yang kamu lakukan pada malam hari sebelum waktu tidur? Apakah kamu menghabiskan waktu dengan menonton film favorit kamu? Apakah kamu meluangkan sedikit waktu untuk berjalan kaki keluar rumah?

Atau apakah kamu suka menghabiskan waktu bersama keluarga? Apapun jawabannya, biasanya aktivitas pada malam hari lebih ditekankan untuk relaksasi dan menenangkan pikiran.

Namun, bagi kamu yang sering mengalami sakit punggung, malam hari bisa menjadi waktu yang cukup menyiksa bagi kamu. Rasa sakit di punggung biasanya akan lebih terasa ketika kamu hendak tidur. Bahkan, banyak orang yang yang tidak bisa tidur ketika diserang rasa sakit di punggung.

Untuk mengurangi rasa sakit di punggung, hal pertama yang mungkin bisa kamu coba adalah dengan mengubah posisi tidur. Walaupun terdengar sederhana, mengubah posisi tidur  bisa menjadi sangat mengganggu bagi banyak orang.

Posisi tidur yang tidak biasa dilakukan akan membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Walaupun, beberapa posisi tidur biasanya lebih nyaman untuk dilakukan bagi mereka yang menderita sakit punggung.

i k l a n

Contoh #4 Menghindari Stress untuk Mengurangi Resiko Penyakit Pencernaan

Beberapa dari kita mungkin pernah mengalami masalah dalam sistem pencernaan kita ketika pikiran kita dilingkupi oleh stres dan kecemasan. Awalnya, kedua hal ini memang terlihat tidak berhubungan.

Namun faktanya, kesehatan pencernaan anda saat bergantung pada kesehatan pikiran anda. Pikiran yang terbebas dari stres dan kecemasan akan membuat anda dapat mencerna makanan dan menyerap nutrisi lebih baik.

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai hubungan antara sistem pencernaan dengan pikiran kita, maka yang harus dilakukan adalah dengan melihat reaksi tubuh ketika kita mengalami stres.

Ketika kita memasuki keadaan stress, maka tubuh akan menganggap bahwa kita sedang berada di dalam bahaya. Oleh karena itu, tubuh pun mengurangi volume aliran darah ke organ pencernaan. Ini yang menyebabkan organ pencernaan kita menjadi kurang efektif dalam bekerja ketika otak sedang diserang keadaan stress.

Meskipun manajemen stress tidak dengan mudah bisa dilakukan, kamu juga bisa menguranginya dengan melakukan aktivitas yang membuat kamu bahagia. Selain itu, aktivitas fisik seperti olahraga ringan juga akan bisa mengurangi tekanan stress pada pikiran kamu. Dan efeknya adalah organ pencernaan kamu dapat bekerja secara maksimal.

contoh teks

Contoh #5
Konsumsi Kunyit untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan

Kunyit telah digunakan selama ribuan tahun sebagai bumbu makanan. Selain itu, kunyit juga sering digunakan dan sebagai bahan obat-obatan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kunyit sendiri merupakan akar dari sebuah spesies tumbuhan yang  yang masih memiliki keluarga yang sama dengan jahe.

Salah satu manfaat yang paling baik dari mengkonsumsi kunyit adalah kemampuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghalau berbagai macam penyakit agar tidak muncul dalam tubuh kita. Kunyit memiliki kandungan antioksidan dan anti peradangan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan secara umum.

Disamping itu, kunyit juga sangat berguna bagi penderita diabetes. Efek dari konsumsi kunyit yang dilakukan oleh penderita diabetes adalah dengan mengatur level insulin dalam tubuh yang lebih baik. Level insulin yang baik ini juga akan memberikan kondisi kesehatan yang lebih efektif bagi para penderita diabetes.

Dan yang terakhir, kunyit juga dapat digunakan untuk mengurangi infeksi yang bisa terjadi akibat kontak dengan bakteri.  Konsumsi kunyit dapat menyembuhkan infeksi tersebut serta mengurangi resiko infeksi muncul kembali setelah disembuhkan.

Contoh Teks Eksposisi Singkat tentang Kesehatan

Contoh #6
Tips untuk Mengurangi Efek Penuaan Dini

Menjadi tua adalah sebuah proses yang akan terjadi pada setiap orang. Proses ini adalah proses alami yang tidak bisa dihindari. Hanya saja, setiap orang biasanya mengalami proses penuaan yang berbeda dengan orang lain. Beberapa hal biasanya menyebabkan hal ini. Misalnya, faktor diet, stress, dan juga faktor genetik.

Untuk menghindari efek penuaan dini pada wajah dan tubuh anda, ada beberapa tips yang mungkin bisa anda coba. Yang pertama adalah dengan menghindari level stres yang tinggi. 

Otak yang sering  dilingkupi oleh level stres yang tinggi akan mengalami kesulitan untuk menjaga kesehatan sel yang baik. Kesehatan  sel yang buruk akan membuat Anda terlihat lebih tua. Misalnya, kulit anda akan lebih mudah keriput.

Selain itu, mengurangi asupan kalori yang tidak sehat juga harus tetap dilakukan. Konsumsi makanan yang anda lakukan setiap hari harus tetap mengedepankan nutrisi yang baik. Vitamin dan mineral harus tetap dipenuhi sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Dan yang terakhir,  anda tidak bisa melupakan aktivitas olahraga untuk menggerakkan tubuh anda.  Olahraga yang dilakukan pun tidak perlu olahraga berat.  Cukup melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki ataupun berlari jarak pendek.

Contoh #7
Gaya Hidup Sederhana untuk Menghindari Obesitas

Ada banyak alasan mengapa masyarakat sekarang banyak mengalami obesitas yang berlebihan. Namun, alasan yang paling utama yang melatarbelakangi hal ini adalah gaya hidup  yang mengedepankan konsumsi yang berlebihan.

Kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan makanan yang tidak sehat membuat konsumsi makanan juga jauh dari kondisi yang ideal. Mengubah gaya hidup adalah langkah pertama untuk menghindari obesitas. Tentunya, hal pertama yang perlu diubah adalah pola konsumsi sehari-hari.

Jika anda kebanyakan memakan makanan yang tidak sehat dan memiliki kalor yang tinggi, maka resiko obesitas juga akan sangat dekat dengan tubuh anda.  Oleh karena itu, asupan kalori harus selalu dijaga. Selain itu, konsumsi makanan yang berasal dari buah dan sayur harus selalu diutamakan.

Di samping pola makan yang baik, anda juga disarankan untuk melakukan olahraga sesuai dengan level kebugaran badan Anda. Untuk Anda yang memang mengalami obesitas, maka tugas olahraga anda biasanya akan lebih berat. Hal ini dikarenakan olahraga ringan tidak akan mampu untuk menurunkan berat badan Anda.

Namun, jika anda tidak bisa melakukan olahraga berat, olahraga ringan juga bisa menjadi pilihan. Kunci untuk mendapatkan hasil yang baik dari proses ini adalah untuk tetap konsisten walaupun pada awalnya anda tidak bisa melihat hasil akhir yang diharapkan.

pengertian struktur ciri-ciri contoh teks

Contoh #8
Berapa Banyak Vitamin C yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari?

Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Tidak hanya untuk meningkatkan imunitas tubuh untuk cara mencegah timbulnya penyakit, vitamin C juga dapat memperbaiki kesehatan hati dan merupakan bahan utama untuk pembentukan kolagen yang diperlukan untuk kesehatan kulit. Beberapa riset juga menunjukkan bahwa konsumsi vitamin C yang baik dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada beberapa organ tubuh.

Namun, jumlah konsumsi harian untuk vitamin C tetap harus dilakukan sesuai dengan rekomendasi pakar kesehatan. Dokter biasanya merekomendasikan sekitar 90 mg vitamin C yang perlu dikonsumsi oleh orang dewasa setiap harinya. Jumlah ini memang terlihat sedikit. Dan biasanya, jumlah tersebut merupakan kadar minimal yang harus dipenuhi setiap harinya.

Vitamin C sendiri tidak akan disimpan oleh tubuh di dalam sel lemak. Oleh karena itu, konsumsi vitamin C yang berlebihan biasanya akan dibuang oleh tubuh melalui proses ekskresi. Jadi, jika kamu mendapatkan suplemen vitamin C yang jauh melebihi 90 mg,  kamu tidak perlu takut mengkonsumsinya karena kelebihannya tetap akan dibuang dari dalam tubuh.

Contoh #9
Menjaga Kesehatan dengan Tetap Olahraga Saat Bekerja

Aktivitas duduk yang dilakukan terlalu lama merupakan salah satu hal yang dapat mengancam kesehatan fisik kita. Oleh karena itu, bagi anda yang banyak menghabiskan waktu di kantor, anda disarankan untuk menemukan cara agar tetap bisa berolahraga sambil mengerjakan pekerjaan anda.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan  berdiri dan menggerakkan tubuh setiap setengah jam sekali. Anda tidak harus melakukan gerakan yang berat. Cukup dengan menyentuh ujung kaki dengan ujung jari anda sambil meluruskan lutut. Posisi ini akan kembali melancarkan peredaran darah anda dan berefek sangat baik pada keseluruhan kesehatan tubuh.

Dan tentunya, anda tidak bisa lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup sepanjang hari. Kekurangan air putih tidak hanya akan membuat tubuh anda menjadi lemah karena dehidrasi, tetapi juga membuat fokus pada pekerjaan Anda menjadi lebih sulit untuk dilakukan.

Obesity affects every aspect of a people’s lives,
from health to relationships.

Apa definisi dan struktur teks persuasif ?

Teks persuasif merupakan paragraf / teks yang berisi ajakan, himbauan atau bujukan kepada pembaca agar terpengaruh yang harapannya pembaca dapat mengikuti sesuai arahan dari teks yang dituliskan oleh penulis.
Teks persuasif mempunyai empat struktur, yaitu pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, dan penegasan kembali.

Apa ciri-ciri teks persuasif ?

Berisi Data dan Fakta, Argumen Harus Meyakinkan Pembaca, Berisi Kata-Kata Bujukan misalnya ayo / mari / segera / -lah, Menghindari Konflik, Pengenalan Isu, Rangkaian Argumen, Pernyataan Ajakan, Penegasan Kembali

Kesimpulan

Bahan bacaan di atas merupakan contoh teks persuasif tentang kesehatan yang pada umumnya digunakan untuk mengajak pembaca untuk mencoba menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan aktivitas positif.

Editor's Choices:

Pembaca pun sebisa mungkin dipengaruhi untuk mengikuti rekomendasi yang dicantumkan pada bahan bacaan tersebut. Dan teks persuasif ini juga bisa diaplikasikan untuk membahas topik lainnya, seperti pendidikan, politik, budaya, dan banyak topik lainnya.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat
Prospek Kerja Antropologi Sosial
jurusan kuliah yang bisa kerja di kantoran
aktuaria unpad
Alasan Memilih Jurusan Akuntansi
jurusan yang jarang diminati di Unpad