11 Contoh Paragraf Induktif tentang Lingkungan Sekolah, Rumah & Alam

Kita semua yang pernah merasakan bangku sekolah pasti sudah pernah menerima materi atau mendengarkan informasi mengenai paragraf induktif dan deduktif. Paragraf induktif adalah suatu paragraf yang meletakkan suatu kalimat inti atau kalimat utama di akhir paragraf.

Sedangkan paragraf deduktif merupakan kebalikannya. Bahkan sering sekali dijumpai mengenai artikel tentang contoh paragraf induktif tentang lingkungan untuk membantu menjelaskan materi tersebut.

Penjelasan Paragraf Induktif

Untuk bisa memahami lebih lanjut mengenai apa itu paragraf induktif, kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana mana pola dari paragraf tersebut. Yang mana pola sederhana dari paragraf induktif adalah dengan menjelaskan suatu hal khusus ke suatu hal umum.

Editor Choices :
contoh paragraf induktif tentang lingkungan

Suatu hal yang bersifat khusus itu seperti fakta-fakta ataupun bukti halo akan diikuti atau diakhiri oleh pembahasan umum. Singkatnya, paragraf induktif itu meletakkan kalimat utama mereka di akhir paragraf dan berkebalikan dengan deduktif.

Ciri-Ciri Paragraf Induktif

Dalam memahami dan mengenali paragraf induktif tidak akan cukup apabila mengetahui mengenai pengertiannya saja. Karena itulah dibutuhkan informasi singkat dan jelas untuk bisa mengindikasikan suatu paragraf induktif seperti ciri-ciri dari paragraf tersebut.

Sponsored Link

Jika kamu tidak mengetahui ciri-cirinya, bacalah informasi berikut.

  • Memiliki ciri-ciri utama mengenai peletakkan kalimat utama di akhir paragraf
  • Paragraf tersebut biasanya akan menyebutkan pembahasan umum berdasarkan informasi-informasi khusus yang sudah disebutkan di awal paragraf
  • Memiliki pola menjelaskan informasi rinci / khusus -> diakhiri dengan menjelaskan informasi umum
  • Terdapat kesimpulan atau kalimat utama yang akan diletakkan di akhir paragraf tersebut

Contoh Kalimat dari Paragraf Induktif

Untuk bisa lebih memperjelas mengenai sejauh mana pemahamanmu mengenai paragraf induktif, mungkin informasi di bawah ini dapat dijadikan sebagai salah satu contoh atau patokan untuk bisa mengetahui kedepannya mengenai bagaimana bentuk dari paragraf induktif tersebut. Sebab di bawah ini akan tersedia mengenai beberapa contoh-contoh kalimat dari paragraf induktif yang bisa dicoba di analisis.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Contoh Paragraf Induktif Mengenai Lingkungan Sekolah

Contoh1
Musim penghujan telah tiba. Terdapat begitu banyak genangan air yang menggenang di dalam area sekolah. Dengan kurangnya area serapan di dalam sekolah untuk bisa menyerap air, hal tersebut membuat genangan air sulit untuk kunjung surut. Penting untuk membuat biopori dalam kawasan sekolah.

Contoh2
Sekolah merupakan salah satu tempat bagi para siswa sekarang untuk bisa mengemban ilmu. Ketika melakukan proses pembelajaran tentunya siswa memiliki tingkat motivasi yang berbeda-beda.

Ada beberapa siswa yang merasa nyaman dalam melakukan proses pembelajaran apabila lingkungan sekolah tersebut bersih dan tidak mengganggu ketenangan siswa. Jadi seluruh siswa, guru, dan staff sekolah wajib berpartisipasi untuk menjaga kebersihan lingkungan untuk menjaga kenyamanan lingkungan sekolah.


Contoh3
Para murid yang memiliki tingkat keaktifan tinggi merupakan salah satu murid yang biasanya di prioritaskan dan selalu diperhatikan oleh para guru.

Tidak jarang justru para guru sering kali mengabaikan murid lain yang memang dianggap tidak aktif. Hal ini justru akan memunculkan kesenjangan sosial karena akan membuat para siswa yang tidak aktif sebelumnya merasa tidak memiliki motivasi untuk menjadi aktif karena tidak pernah dipancing ataupun diperhatikan oleh guru tersebut.

Jadi guru wajib untuk memberikan perhatian secara merata kepada semua siswa terutama siswa yang tidak aktif agar aktif dalam proses pembelajaran.

Contoh4
Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap sekolah itu pasti memiliki beberapa siswa yang memiliki tingkat kenakalan yang mungkin bisa dikatakan melebihi batas. Melakukan perkelahian, membolos saat hari pelajaran merupakan contoh dari beberapa kenakalan para siswa sekolah.

Namun sayangnya kebanyakan guru sekarang ini justru mengambil langkah yang salah untuk bisa mengatasi siswa tersebut yaitu hanya dengan memberinya hukuman. Padahal belum tentu metode tersebut akan membuat siswa tersebut menjadi cerah karena bahkan bisa berpotensi untuk membuat siswa menjadi lebih parah.


Seharusnya guru tidak harus selalu menghukum suatu tindakan dari siswa nakal melainkan harus memikirkan pendekatan yang tepat untuk bisa merubah kelakuannya.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami banjir

Contoh Paragraf Induktif tentang Lingkungan Alam

Contoh paragraf induktif tentang lingkungan alam juga menjadi salah 1 contoh yang wajib diketahui oleh masyarakat sekarang ini terkait dengan berbagai fenomena-fenomena yang sekarang ini sering sekali terjadi di sekitar kita terutama alam.

Contoh5
Banjir merupakan salah satu bencana alam yang bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, contohnya seperti faktor alam dan faktor dari manusia. Tetapi untuk sekarang ini memang mayoritas penyebab terjadinya banjir itu adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri.

Sampah-sampah yang berceceran di segala tempat sekarang ini ternyata juga menjadi salah satu pemicu mengapa banjir sering sekali terjadi khususnya di daerah perkotaan. Apalagi minimnya daerah serapan yang ada di dalam kota itu juga menjadi salah satu penyebab mengapa banjir tidak bisa hilang begitu saja.

Sampah yang berceceran biasanya akan menyumbat saluran air sehingga akan menyebabkan genangan dan parahnya akan mengakibatkan banjir. Karenanya, penting untuk menertibkan masyarakat agar menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan guna mengurangi resiko banjir.


Contoh6
Plastik merupakan salah satu material yang dapat merusak lingkungan karena sifatnya yang sulit untuk diuraikan dan terdapat zat di dalamnya yang mampu merusak ekosistem. Apalagi untuk sekarang ini justru sampah-sampah yang banyak tersebar di segala tempat itu merupakan sampah berbentuk plastik.

Apabila hal ini terus berlanjut tentu saja justru akan merusak ekosistem dan lingkungan. Kebiasaan masyarakat dalam menggunakan kantong plastik sebagai benda untuk membawa barang juga menjadi salah satu faktor mengapa sampah plastik sekarang ini banyak bertebaran.

Sebab biasanya sebagai masyarakat akan langsung membuangnya karena menganggap plastik hanya sekali pakai saja. Penting untuk mengurangi penggunaan plastik karena bahan ini sangat berbahaya untuk ekosistem.

Contoh7
Banjir menjadi salah satu langganan bencana alam yang sering melanda beberapa daerah di perkotaan atau bahkan di daerah pedesaan sekalipun. Selain disebabkan oleh adanya sampah, faktor mengenai daerah serapan juga menjadi pemegang peran paling penting.

Dengan dilakukannya penebangan hutan secara liar juga mampu mengurangi area serapan yang dimiliki oleh suatu daerah, wajar saja apabila daerah tersebut akan mengalami banjir. Harus disadari mengenai pentingnya untuk menjaga pohon atau daerah serapan dengan melakukan penebangan secara tepat untuk mencegah bencana banjir.

Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial

Contoh Paragraf Induktif di Sekitar Lingkungan Masyarakat

Contoh8
Toleransi dari warga solo memang terlihat sangat tinggi apabila dilihat dari berbagai acara perayaan pada setiap keyakinan di hari tertentu. Terlihat seperti saat diadakannya pesta lampion ketika ada perayaan Imlek yang merupakan hari raya bagi keturunan Tionghoa.

Namun masyarakat di sekitar solo ternyata justru ikut menyambut baik hari tersebut dan bahkan ikut merayakan dengan pergi ke berbagai destinasi yang terdapat dipasangnya lampu lampion. Maka akan lebih baik apabila daerah lain mencontoh rasa toleransi yang dilakukan oleh warga solo.

Contoh9
Kelalaian masyarakat sekarang ini sering terlihat ketika mereka merokok di segala tempat tanpa melihat situasi. Padahal merokok itu tidak hanya merugikan mereka tetapi juga bagi orang lain.

Misalnya seperti ketika berada di daerah rumah sakit atau puskesmas. apabila merokok di sekitar wilayah tersebut tentunya akan merugikan orang lain yang notabene tengah sakit. sehingga bukannya keadaan pasien kunjung membaik justru akan semakin memburuk sebab udara yang terkontaminasi dengan asap rokok. Seharusnya bertugas memperingatkan dengan tegas kepada perokok untuk tidak merokok di wilayah bebas rokok.

Contoh Paragraf Induktif di Sekitar Lingkungan Rumah

Contoh10
Pot bunga dari botol bekas merupakan salah satu kerajinan yang dapat diterapkan oleh para anak-anak dan juga para ibu-ibu di rumah. Dengan menggunakan barang-barang bekas khususnya dari botol plastik kerajinan tangan tersebut dapat memangkas biaya untuk membeli pot bunga yang baru.

Selain itu, pemanfaatan botol bekas berupa plastik juga bisa dijadikan sebagai salah satu faktor untuk upaya mengurangi limbah plastik. Sebab sifat plastik yang untuk diurai ternyata memiliki manfaat jika diolah menjadi suatu kerajinan tangan yang bermanfaat.

Contoh11
Nyamuk adalah salah satu serangga kecil tetapi ternyata memiliki daya yang cukup mematikan untuk bisa menyerang kekebalan manusia. Hal ini sudah terlihat jelas ketika seseorang mengidap sakit demam berdarah yang akan menyebabkan berbagai gejala menyakitkan bagi penderitanya.

Nyamuk tersebut dapat berkembang biak dalam jangka waktu yang cukup singkat dengan memanfaatkan berbagai daerah di sekitar rumah kita. Media utama dari nyamuk untuk bisa berkembang biak adalah adanya genangan air. Penting untuk selalu memeriksa dan membuang genangan air di sekitar rumah agar bisa menghilangkan resiko terjadinya perkembangbiakan nyamuk secara besar-besaran.

Jelaskan yang dimaksud dengan paragraf induktif ​

Paragraf induktif merupakan kebalikan dari paragraf deduktif. Paragraf induktif merupakan paragraf yang memiliki kalimat utama yang berada di akhir paragraf.
Pola penyampaian paragraf induktif adalah mulai dari kalimat-kalimat penjelas menuju kalimat utama, atau dari khusus menuju ke umum

Sebutkan contoh paragraf induktif yang singkat ?

Penanganan sampah plastik yang bisa kita lakukan adalah dengan memanfaatkan sampah plastik bekas menjadi sebuah pembuatan kerajinan tangan, atau penanganan lainnya dengan membakarnya.
Pilihannnya adalah mendaur ulang atau memusnahkan nya. Karena sampah plastik tidak bisa terurai jika ditimbun kedalam tanah. utuh ribuan tahun saya plastik bisa terurau didalam tanah. Kita harus menyadari bahwa sampah plastik itu sangat berbahaya pada lingkungan sekitar.

Jika sudah bisa menguasai materi ini maka untuk selanjutnya kamu bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya dengan mencoba untuk membuat beberapa contoh sendiri mengenai paragraf induktif. Hal ini dilakukan agar dapat mengetahui dan menguasai sepenuhnya tentang seluk-beluk dari paragraf tersebut. Sehingga untuk kedepannya akan lebih mudah apabila mengidentifikasi suatu paragraf.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp
Apakah ada tanggapan/pertanyaan?
Kirim Komentar


📢 Komentar / Pertanyaan