5 Contoh Paragraf Analogi tentang Pendidikan yang Benar

Artikel ini akan membahas mengenai pengertian paragraf analogi dan contoh paragraf analogi tentang pendidikan yang dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti atau dipahami. Untuk pengertian dari paragraf analogi sendiri, bisa diartikan menjadi 2 penjelasan namun memiliki arti yang hampir sama.

Salah satu pengertian dari paragraf analogi yang paling umum digunakan adalah suatu paragraf yang membandingkan antara 2 hal yang mempunyai persamaan atau sedikit kemiripan antara satu sama lain yang nantinya akan disimpulkan di akhir paragraf. Paragraf analogi ialah salah satu dari sekian banyak jenis paragraf yang memiliki penalaran induktif.

Selain itu, paragraf analogi juga dapat diartikan sebagai paragraf yang menjelaskan suatu objek dengan menyamakan objek tersebut dengan objek lainnya yang memang memiliki kesamaan tertentu.

Contoh Paragraf Analogi tentang Pendidikan

Paragraf analogi akan memiliki pola khusus dan umum karena jenis paragraf yang satu ini mengikuti aturan penalaran induktif.

Bagian awal dari paragraf analogi akan menjelaskan tentang kedua hal yang akan menjadi topik pembicaraan, dan kemudian disusul dengan kalimat-kalimat persamaan yang dimiliki oleh kedua hal tersebut.

Sponsored Link

Perlu kamu ingat dengan baik bahwa pembanding haruslah sama atau paling tidak sepadan. Di akhir paragraf nantinya, barulah persamaan-persamaan kedua objek ini nantinya disimpulkan menjadi satu kesimpulan yang sama.

Sampai disini kamu sudah cukup paham kan mengenai pengertian dari paragraf analogi? Jika memang sudah paham, sekarang mari kita simak contoh-contoh paragraf analogi yang berkaitan dengan pendidikan.

3 Contoh Paragraf Analogi tentang Pendidikan

Contoh dari paragraf analogi yang paling sering digunakan adalah yang berkaitan dengan pendidikan. Sebab, paragraf analogi lebih sering muncul di dunia pendidikan sehingga akan lebih mudah untuk mencari contohnya di bidang pendidikan.

Karena pengertian dari paragraf analogi sendiri sudah kami jelaskan dengan rinci di awal artikel, jadi sekarang mari kita langsung membahas mengenai contoh paragraf analogi yang membahas tentang pendidikan. Berikut 3 contoh paragraf analogi yang berkaitan dengan pendidikan:

contoh teks

Contoh #1

Mendidik anak dapat diibaratkan seperti merawat sebuah tanaman. Sebuah tanaman sudah pasti akan membutuhkan perawatan yang dilakukan secara rutin dan sabar agar dapat tumbuh menjadi tanaman yang subur dan bermanfaat. Hal ini juga serupa dengan kegiatan mendidik anak.

Anak mesti dididik secara rutin dan penuh kesabaran supaya kelak dia dapat menjadi anak yang baik, cerdas, dan bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun orang-orang di sekitarnya. Maka, didiklah seorang anak secara rutin dan penuh kesabaran seperti halnya merawat sebuah tanaman.

Contoh #2

Ketika kamu bercermin di depan cermin yang sangat jernih, maka wajahmu pasti akan terlihat lebih jelas. Namun sebaliknya, ketika kamu bercermin di depan cermin yang sudah cukup kotor, maka wajahmu pun akan terlihat tidak seberapa jelas.

Hal ini juga serupa dengan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah. Ketika kualitas murid di sekolah tertentu begitu baik, maka bisa dikatakan bahwa kualitas pendidikan di sekolah tersebut sangatlah baik. Namun, ketika kualitas murid di sekolah tertentu amatlah buruk, maka bisa dikatakan kualitas pendidikan dari sekolah tersebut juga patut diragukan.

Oleh karena itu, sekolah atau organisasi pendidikan lainnya perlu meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka miliki, karena kualitas pendidikan yang mereka miliki akan tercermin dari kualitas yang dimiliki murid-murid yang mereka bina.

Sponsored Link
Contoh Paragraf Analogi tentang Pendidikan

Contoh #3

Perlu digarisbawahi bahwasanya setiap anak itu unik. Dan bila di kaitkan denga letak geografis di Indonesia maka bisa diibaratkan dengan lain ladang lain belalang. Metode pendidikan di Jawa dengan kondisi ekonomi, SDM guru dan infrastruktur lebih bagus tentunya berbeda dengan metode pendidikan di pedalaman papua.

Karakter, budaya dan latar belakang anak didik berbeda. Belum lagi pengaruh asupan gizi anak menurut penelitian signifikan mempengaruhi kecerdasan dan daya tangkap anak dalam memahami materi yang diberikan guru. Itulah PR bagi pemerintah untuk bisa menyetarakan pendidikan di seluruh nusantara.

Contoh Paragraf Analogi tentang Pendidikan #4

Jika memancing ikan di air jernih maka kemungkinan besar ikan yang kita tangkap adalah ikan yang sehat, bergizi, gemuk dan ukuran nya besar. Nmun sebaliknya, bila kita memancing ikan di sungai yang sudah keruh tercemar polusi maka hanya ikan kecil ynag ditangkap. begitupun i dunia pendidikan.

Jika sebuah institusi pendidikan berbagai strata (SD SMP SMA) memiliki sistem dan pengajaran yang bagus, maka output anak didik juga bagus. Sistem pengajarannya yang bagus itu seperti apa ? Misalnya kurikulum yang terintegrasi dan tidak berubah-ubah, penerapan aturan disiplin di sekolah yang ketat, menghilangkan budaya bullying, toleransi antar beragama, mengedepankan adab/akhlak dulu baru setelah itu ilmu. dll.

Contoh Paragraf Analogi tentang Pendidikan #5

Memaksa anak untuk bisa menjadi seperti apa yang diharapkan orang tuanya adalah sama saja dengan memaksa seekor ikan berjalan di atas padang pasir. Seekor ikan sudah pasti tidak akan bisa berjalan di atas padang pasir, karena memang tempat tersebut bukanlah habitatnya.

Hal ini juga serupa dengan kegiatan mendidik anak. Seorang anak tidak akan bisa dipaksa untuk menjadi seperti apa yang diharapkan kedua orang tuanya, karena seorang anak mempunyai potensinya masing-masing yang harus digali dan dikembangkan oleh dirinya dengan bantuan kedua orang tuanya.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika mendidik anak sesuai dengan potensinya dan bukan sesuai dengan keinginan atau harapan dari pihak lainnya.

Ciri-ciri Paragraf Analogi

Dapat dilihat cukup jelas pada contoh-contoh paragraf analogi yang telah kami sebutkan di paragraf sebelumnya, paragraf analogi sebenarnya memiliki ciri-cirinya sendiri yang patut untuk kamu ketahui jika ingin mempelajari tentang hal ini. Berikut berbagai macam ciri-ciri paragraf analogi yang perlu untuk kamu ketahui:

1. Paragraf analogi akan membandingkan 2 hal secara bergantian yang memiliki tingkat persamaan yang seimbang atau sepadan. Beberapa hal yang dapat dibandingkan bisa berupa benda, keadaan, kejadian, maupun sebuah proses.

2. Kalimat-kalimat yang berperan sebagai penjelas dalam paragraf analogi kebanyakan akan berupa persamaan-persamaan yang dimiliki oleh kedua hal yang dianggap sama tersebut.

i k l a n

3. Kalimat utama dari paragraf analogi pada umumnya terletak di bagian akhir paragraf atau biasa kita sebut dengan kesimpulan yang menjadi penjelas dari ide awal yang dikemukakan.

Ciri-ciri di atas bisa kamu lihat dengan baik dari contoh-contoh yang telah kami sebutkan sebelumnya bukan?

kuliah

Jika kamu sudah mengetahui ciri-ciri dari paragraf analogi sejak awal, maka kamu bisa dengan mudah membuat paragraf analogi yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginanmu.

Demikian penjelasan kami mengenai pengertian paragraf analogi beserta contoh paragraf analogi tentang pendidikan. Kami dengan sengaja mengambil tema pendidikan untuk contohnya supaya kamu bisa lebih mudah untuk memahaminya.

Editor's Choices:

Sebab, kami berpikir jika tema pendidikan akan lebih mudah untuk dipahami dibanding tema-tema lainnya yang belum tentu ada di kehidupan sehari-hari kita.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
aktuaria unpad
Prospek kerja teknik geomatika
Jurusan Analis Kimia
Universitas Tertua Di Indonesia
jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan
Syarat Masuk Jurusan Pertambangan