3 Contoh Teks Negosiasi di Lingkungan Keluarga

Melakukan negosiasi sudah menjadi hal yang umum sekali dilakukan, negosiasi bisa di lingkungan kantor, lingkungan sekolah dan bisa juga di lingkungan keluarga. Negosiasi paling umum dilakukan di lingkungan keluarga, jadi sesama anggota keluarga saling bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan.

Untuk melakukan negosiasi yang benar maka harus tahu dulu contoh teks negosiasi di lingkungan keluarga seperti apa, dari melihat contoh tersebut pasti akan sukses kalau bernegosiasi. Untuk tahu lebih lengkap mengenai bagaimana membuat teks negosiasi dan fungsinya bacalah ulasan berikut.

Pengertian Lengkap Teks Negosiasi

Sebelum membuat teks negosiasi maka harus tahu dulu teks negosiasi itu sebenarnya apa. Teks negosiasi adalah bahan lisan atau tertulis yang isinya interaksi dua pihak yang punya kepentingan berbeda-beda.

Contoh Teks Negosiasi di Lingkungan Keluarga
Contoh Teks Negosiasi di Lingkungan Keluarga

Proses negosiasi perlu sekali dilakukan kalau ada dua pihak yang ingin mendapatkan apa yang diinginkan. Dengan melakukan interaksi kedua belah pihak tersebut akan mencari solusi yang kiranya tidak merugikan masing-masing pihak.

Teks negosiasi sendiri tidak asal dibuat tetapi disesuaikan dengan kondisi dan siapa yang akan diajak negosiasi, kalau pembuatan teksnya sembarangan bisa-bisa tidak akan ditemukan solusi dari negosiasi tersebut. Maka dari itu perlu sekali mempelajari caranya membuat teks tersebut.

Sponsored Link

Tujuan Utama Melakukan Negosiasi

Seseorang kalau melakukan negosiasi pastinya ada tujuannya, begitu juga kalau yang melakukan adalah keluarga juga ada tujuannya. Sebelum melihat contoh teks negosiasi di lingkungan keluarga lihat dulu tujuan dari negosiasi antar anggota keluarga ada di bawah ini.

  • Mencapai Kesepakatan

Biasanya kalau bernegosiasi tujuan utamanya adalah ingin mencapai kesepakatan. Jadi kalau ada anggota keluarga yang berbeda pendapat bisa bernegosiasi agar tidak lagi terjadi perbedaan dan mencapai kesepakatan yang tidak merugikan sesama anggota keluarga.

  • Mendapatkan Solusi Dari Sebuah Masalah

Negosiasi juga bukan hanya untuk mendapatkan sebuah kesepakatan saja tetapi untuk mendapatkan solusi juga. Solusi ini tidak akan mungkin diperoleh kalau anggota keluarga saling diam tanpa mendiskusikan atau negosiasi tentang masalah tersebut.

  • Untuk Menguntungkan Semua Anggota Keluarga

Dengan bernegosiasi nantinya tidak ada anggota keluarga yang akan dirugikan, jadi kalau ada perbedaan pasti langsung dinegosiasikan. Kalau semua anggota keluarga bisa ikut dalam negosiasi tersebut pastinya setiap anggota akan mengemukakan pendapatnya dan tidak ada pihak yang dirugikan.

Contoh Teks Negosiasi
ilustrasi: Contoh Teks Negosiasi di Lingkungan Keluarga

Ciri Khusus Teks Negosiasi Dalam Keluarga

Teks negosiasi pastinya tidak akan sama, jadi setiap jenis teks itu punya ciri yang beda. Teks negosiasi juga punya ciri yang khas sekali dan ciri inilah yang membedakan dengan teks lainnya. Ciri dari teks ini ada empat dan berikut adalah penjelasannya.

  • Ada kesepakatan yang menguntungkan semua pihak yang ikut dalam negosiasi.
  • Ada tujuan yang jelas.
  • Mengedepankan kepentingan bersama bukan menguntungkan satu individu saja.
  • Bentuknya saran dengan tujuan mencari penyelesaian.

Struktur Teks Negosiasi Di Lingkungan Keluarga

Teks jenis apa pun pastinya ada strukturnya dan strukturnya juga berbeda-beda antara satu teks dengan teks yang lainnya. Teks negosiasi juga sama punya struktur yang jelas, kalau teks negosiasi sudah mengikuti struktur barulah dikatakan baik dan benar. Untuk struktur dari teks ini berikut ini.

  • Pembukaan

Teks negosiasi di keluarga biasanya di awali dengan pembukaan terlebih dahulu, jika langsung mengutarakan permintaan tanpa ada basa-basi terlebih dahulu biasanya akan gagal permintaannya. Untuk pembukaan yang umum sekali digunakan adalah besok liburan mau ke mana.

  • Permintaan

Setelah ada awal pembicaraan lanjut teks permintaan, permintaan inilah yang akan mengawali negosiasi. Permintaan ini kata-katanya harus yang halus sebab kalau menggunakan kata yang kasar atau kurang sopan bisa-bisa pihak lain akan langsung menolak.

Misalnya kalau mau liburan, anak mau minta liburan ke suatu tempat, tetapi orang tua mengharuskan di rumah saja. Karena terjadi perbedaan maka anak bernegosiasi agar bisa pergi ke tempat wisata. Itulah sedikit contoh teks negosiasi di lingkungan keluarga.

  • Penolakan

Kalau permintaan sudah diutarakan, biasanya pihak lain tidak akan langsung menyetujui tetapi akan memberikan saran atau pilihan yang berbeda. Penolakan inilah yang akan menjadi awal mulanya proses negosiasi.

  • Persetujuan

Setelah ada penolakan nantinya ada persetujuan, persetujuan ini bisa ada kalau pihak yang mengalami penolakan bisa membuat yakin pihak yang menolak. Dengan adanya persetujuan ini barulah negosiasi dikatakan berhasil.

  • Penutupan

Kalau persetujuan sudah ada maka yang terakhir adalah penutupan, penutupan pada teks negosiasi keluarga itu berbeda dengan yang dilakukan penjual dan pembeli. Kalau di keluarga penutupnya cukup OK, baiklah atau bisa juga dengan terima kasih.

Baca juga: Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Contoh Teks Negosiasi Anggota Keluarga Yang Benar

Negosiasi bukan hanya dilakukan antar pembeli dan penjual saja tetapi negosiasi juga bisa terjadi di lingkungan keluarga, biasanya negosiasi terjadi jika anggota keluarga ada yang beda pendapat. Untuk contoh teks negosiasi di lingkungan keluarga teks cukup banyak dan berikut adalah beberapa contohnya.

Contoh Teks Negosiasi Ibu dan Anak

Pergi Liburan

Ibu        : Besok hari minggu enaknya jalan-jalan ke mana ya?
Anak     : Bagaimana kalau pergi ke kebun binatang saja?
Ibu        : Jangan ke kebun binatang sebab ramai, lebih baik ke taman hiburan saja.
Anak     : Bosan ke taman hiburan Bu, wahana tidak ada yang baru.
Ibu        : Ok kalau begitu besok ke kebun binatang,
tetapi minggu depan ke taman hiburan ya!
Anak     : Siap Bu.

Contoh teks yang ada di atas tadi merupakan bentuk negosiasi anak dan ibu mengenai tempat tujuan liburan. Karena anak bisa bernegosiasi dengan baik maka Ibu bisa menyetujui permintaan anak dan pihak Ibu juga tidak dirugikan karena minggu besoknya bisa ke tempat yang diinginkan.

Contoh Teks Negosiasi Kakak dan Adik

Beli Jajan

Kakak   : De, beli jajan yuk ke warung.
Adik     : Ayo Kak, tapi Ade beliin es ya kak.
Kakak   : Jangan beli es, De lebih baik beli jajan yang sehat aja.
Adik     : Panas-panas enaknya minum es Ka, ade tidak mau jajan yang lain.
Kakak   : Ya udah, tetapi belinya satu aja jangan banyak-banyak.
Adik     : Ok Ka.

Negosiasi di atas tadi merupakan negosiasi kakak dan adik yang ingin beli jajan, karena Adik mau beli es tetapi Kakak tidak mengizinkan makanya terjadi negosiasi dan Adik bisa mendapatkan apa yang diinginkan.

Contoh Teks Negosiasi Anak dan OrangTua

Memilih Jurusan Di Universitas

Orang tua         : Pertengahan 2021 kalau sudah lulus SMA mau kuliah jurusan apa Nak?
Anak                 : Masuk jurusan teknik kimia Fakultas MIPA Bu/ Pak.
Orang tua         : Jangan pilih jurusan itu Nak susah mata kuliahnya, lebih baik ambil Jurusan bahasa saja.
Anak                 : Tapi kalau masuk Pendidikan Matematika prospek kerjanya bagus Bu/Pak.
Orang tua         : Oh begitu, ya sudah yang penting kuliahnya yang benar.
Anak                 : Iya pak bu, Nanda janji bakal baik-baik bawa diri dan kejar IPK bagus.

Contoh Teks Negosiasi

Baca juga: Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah

Apa Perbedaan Teks Negosiasi dan Debat ?

Teks negosiasi ialah jalan berunding guna mencapai mufakat bersama. Sedangkan debat adalah proses saling bertukar pendapat data fakta yang tujuannya mencari solusi atau sekedar pemenuhan ego siapa benar siapa salah.

Editor's Choices:

Itulah contoh teks negosiasi di lingkungan keluarga anak dan orang tua tentang menentukan jurusan yang akan diambil anak. Orang tua dan anak punya pendapat berbeda dan anak meminta orang tuanya untuk menyetujui apa yang diinginkan anak.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
farmasi atau analis kesehatan
alasan memilih jurusan psikologi
cita cita yang cocok untuk jurusan IPS
Prospek Kerja Analis Kesehatan
Prospek Kerja Teknologi Hasil Pertanian
jurusan untuk introvert