3 Contoh Teks Eksemplum Peristiwa Alam Disekitar Kita

Apakah kamu sedang mendapatkan tugas untuk membuat teks eksemplum? Menyajikan informasi tentang kejadian sekitar dalam bentuk teks eksemplum mungkin masih terdengar asing oleh banyak orang. Apalagi teks ini tergolong teks yang jarang disajikan secara umum.

Sebagai pelajar, mungkin kamu telah mempelajari berbagai jenis teks. Nah, salah satu jenis teks itu adalah teks eksemplum, lho. Apabila kamu mendapatkan tugas membuat teks ini khususnya tentang alam, maka sebaiknya kamu tak perlu bingung. Dalam ulasan ini, kamu akan mendapatkan beragam contoh teks eksemplum peristiwa alam.

Mengenal Teks Eksemplum Peristiwa Alam

Sebelum kita mengulas tentang contohnya, alangkah baiknya kita berkenalan dengan teks eksemplum itu sendiri. Apalagi bagi kamu yang saat ini belum mengetahui jenis teks ini pasti akan mengalami kesulitan ketika mendapatkan tugas membuat teks ini.


contoh teks eksemplum peristiwa alam

Teks eksemplum merupakan teks yang mempunyai kerangka yang berurutan. Dimulai dari  pengenalan tokoh (orientasi), peristiwa (insiden), dan pesan moral (intepretasi). Urutan tersebut pastinya membuat para pembaca untuk lebih mudah memahami bacaan tersebut.

Sederet Contoh Teks Eksemplum Peristiwa Alam

Setelah mengetahui kerangka dari teks eksemplum, langsung saja kita sajikan beberapa contoh teks eksemplum peristiwa alam berikut. Kamu dapat mengembangkannya dari berbagai peristiwa alam yang terjadi di sekitarmu.

Sponsored Link

Contoh Teks Eksemplum Fenomena Alam 1
Banjir Menggenang Pemukiman Sukajaya

Orientasi
Pada tanggal 1 Maret 2021, telah terjadi hujan lebat di desa Sukajaya. Derasnya hujan yang mengguyur desa ini terjadi dari siang hari hingga menjelang pagi hari. Sebagai dampaknya, pemukiman Sukajaya mengalami banjir akibat derasnya hujan. Para warga sekitar terjebak di dalam rumah mereka.

Pemukiman Sukajaya pada dasarnya didominasi oleh kalangan anak-anak. Sebagian besar anak-anak terjebak di dalam rumah mereka. Pihak RT telah menghubungi berbagai aparat untuk membantu mengatasi banjir yang menjebak pemukiman Sukajaya.

Insiden
Pada mulanya, hujan yang mengguyur pemukiman Sukajaya dimulai pukul 1 siang. Saat itu kondisi cuaca memang sedang tidak mendukung. Bahkan, derasnya hujan juga disertai petir dan angin kencang. Sungai di dekat pemukiman warga tidak dapat menampung derasnya hujan yang mengguyur pemukiman tersebut. Alhasil, pada malam hari sekitar pukul 11 malam tanggul jebol dan akhirnya meluap ke pemukiman warga.

Para warga yang sebagian besar telah tertidur lelap tidak menyadari insiden jebolnya tanggul di sungai sekitar. Kejadian tersebut diketahui oleh warga sekitar yang kebetulan mendapatkan tugas ronda alias jaga malam di lingkungan pemukiman. Kata Slamet, tanggul sungai jebol karena tidak mampu menahan derasnya air hujan. Warga juga tidak sempat membuka bendungan sungai sehingga kejebolan.

Hingga akhirnya air luapan sungai masuk ke pemukiman warga Sukajaya. Tinggi genangan sungai hingga subuh sudah mencapai 50 cm. Rendahnya resapan tanah pada pemukiman tersebut membuat air tidak dapat mengalir dengan sempurna.

Intepretasi
Para warga merasa menyesal tidak sempat membuka bendungan sungai. Kejadian ini sebenarnya telah terjadi beberapa kali. Namun derasnya hujan membuat para warga kesulitan dalam membuka bendungan sungai sehingga tanggul jebol.

Kejadian tersebut menyadarkan warga pemukiman Sukajaya untuk siaga dalam setiap saat. Warga juga perlu membuat sistem drainase yang baik sehingga air dapat meresap dan mengalir dengan mudah. Bila terjadi hujan lebat, tentu air tidak akan menggenangi pemukiman warga.

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Contoh Teks Eksemplum Fenomena Alam 2
Penggundulan Hutan Longsornya Pemukiman Warga

Orientasi
Minggu lalu, tepatnya pada tanggal 28 Februari 2021 telah terjadi longsor pada pemukiman warga di desa Mandini. Longsor ini telah menggugurkan puluhan rumah warga di pemukiman tersebut. Akibatnya, para warga harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Insiden
Kejadian longsornya tanah pemukiman warga desa Mandini bermula saat hujan mengguyuri pemukiman tersebut seharian.  Tanah sekitar rupanya tidak mampu menahan beban air yang menggenanginya. Warga setempat melihat pergeseran tanah pada sore hari sekitar pukul 16.00. Tanah mulai bergeser secara perlahan hingga akhirnya menggusurkan rumah-rumah warga.

Pemda setempat kemudian bergerak cepat dalam menangani bencana tersebut. Setelah ditelusuri, rupanya kejadian tanah longsor itu disebabkan karena akhir-akhir ini sering terjadi penggundulan hutan pada pemukiman warga setempat. Sebagai akibatnya, tanah tidak mampu menopang air dan berakhir dengan longsor.

Intepretasi
Beruntungnya, kejadian longsor ini tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja, puluhan warga harus kehilangan tempat tinggal mereka. Pihak Pemda tekah menyediakan tempat tinggal sementara pada asrama milik Pemda.

Peristiwa bencana longsor ini menjadi pembelajaran bagi semua warga bahwasanya kita sebaiknya tidak melakukan penggundulan hutan untuk apapun tujuannya. Sebagai warga, kita hendaknya juga merawat lingkungan sekitar sehingga tidak terjadi beragam musibah.

Contoh teks eksemplum peristiwa alam 3
Putusnya Jembatan Penghubung Desa Maju-Makmur

Orientasi
Hujan deras mengguyuri desa Maju dan Makmur selama beberapa hari terakhir ini. Bahkan, hujan sempat berhenti dan mengucur kembali semalaman. Sebagai akibatnya, aliran sungai semakin penuh dan berakhir dengan putusnya jembatan penghubung desa Maju-Makmur.

Kejadian putusnya jembatan penghubung desa Maju-Makmur ini sebenarnya pernah terjadi sekali namun pada lima tahun yang lalu. Penyebabnya pun sama, yakni hujan deras yang mengguyuri kedua desa tersebut sehingga sungai tidak mampu menampung air hujan dari berbagai wilayah.

Insiden
Warga sekitar telah melihat goyangnya jembatan sebelum akhirnya ambruk. Beberapa warga bahkan sempat hendak melewati jembatan tersebut. Namun melihat derasnya air sungai hingga melewati batas jembatan membuat para warga tak jadi melewati jembatan tersebut. Beberapa warga sempat merekam insiden putusnya jembatan penghubung itu hingga viral di media sosial.

Ambruknya jembatan penghubung ini merupakan hal yang tidak terduga bagi warga setempat. Semua akses jalan akhirnya terputus karena jembatan penghubung ini menjadi jalan utama bagi warga desa Maju dan Makmur.

Intepretasi
Melihat kejadian tersebut, Pemda langsung mengerahkan personilnya untuk mengatasi kejadian putusnya jembatan tersebut. Untungnya, hingga detik ini tidak ada laporan korban bencana putusnya jembatan penghubung desa Maju-Makmur. Insiden tersebut hanya saja merusak fasilitas penghubung antar desa.

Pihak Pemda rencananya akan membuat alternatif jalan bersama para warga sekitar. Alteratif jalan ini diharapkan dapat menghubungkan kedua desa sehingga arus lalu lintas dapat berjalan dengan normal meskipun masih terkendala.

Pihak Pemda juga segera melakukan peninjauan serta perencanaan mengenai pembuatan jembatan baru. Perlunya bahan yang kuat dan berkualitas sehingga jembatan tidak mengalami ambruk kembali.

contoh

Demikian beberapa contoh teks eksemplum peristiwa alam yang bisa kamu pahami dengan mudah. Kamu pastinya dapat membuat contoh teks eksemplum yang lain khususnya tentang peristiwa alam.

Jelaskan struktur teks eksemplum ?

Orientasi : berisi tentang pengenalan tokoh dan latar.
Insiden : berisi tentang inti masalah atau hal yang dialami pelaku dalam cerita.
Interpretasi : hikmah/pelajaran/moral yang diambil oleh pelaku dalam cerita.

Apa perbedaan antara teks eksemplum dengan teks anekdot ?

Teks Eksemplum = Teks Cerita yang mengandung pesan Moral. Teks anekdot = sebuah karangan, cerita atau kisah yang ditulis secara singkat dan berisi sindiran/kritikan.

Apa bedanya teks eksemplum dengan teks narasi

Teks eksemplum itu teks yang berisi insiden atau kejadian yang tidak diinginkan oleh tokoh cerita. Bercerita tentang kesialan, permasalahan atau bencana yang dialami tokoh.
Sedangkan teks narasi itu teks yang sama seperti eksemplum ada insidennya namun rangkainnya urut sesuai urutan waktu

Pada dasarnya, teks eksemplum ini memuat narasi mengenai suatu kejadian secara rinci dan urut. Selain itu juga terdapat tokoh yang berperan dalam teks tersebut. Pembaca akan mengetahui secara detail mengenai peristiwa alam yang diceritakan oleh penulis pada teks eksemplum.

Apakah saat ini kamu sudah bisa memahaminya? Sekarang kamu pasti kini bisa membuat teks eksemplum dengan mandiri, kan?

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp
Tinggalkan komentar


Trending Topics
prospek kerja teknik mesin
Tips Wawancara Kerja bagi Fresh Graduated
alasan memilih jurusan psikologi
Contoh Teks Recount Singkat