4 Contoh Teks Inspiratif tentang Pendidikan dan Strukturnya

Teks inspiratif atau yang juga bisa disebut sebagai cerita inspirasi. Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, Inspirasi mempunyai arti sebagai ilham atau suatu hal yang bisa menggerakkan hati. Pada beberapa literasi lainnya juga dijelaskan bahwa inspirasi adalah percikan ide-ide kreatif yang muncul karena pengaruh dari lingkungan sekitar.

Secara singkat teks inspiratif merupakan teks yang berisi pengalaman seseorang ataupun cerita fiksi yang bisa menggugah inspirasi dan semangat para pembacanya. Apakah Anda ingin lebih mengetahui secara lebih lengkap mengenai teks inspiratif? Ikuti terus pembahasan tentang contoh teks inspiratif, khususnya contoh teks inspiratif tentang pendidikan beserta strukturnya berikut ini.

Sebelum kita sajikan beberapa contoh dari teks inspiratif berikut, sebaiknya kita mempelajari terlebih dahulu apa definisi dari teks inspiratif. Selain memulainya dari definisi atau pengertian, kita juga perlu mengetahui ciri-ciri, struktur hingga langkah-langkah dalam menulis teks inspiratif. Berikut pembahasan mengenai teks inspiratif.

Contoh Teks Inspiratif tentang Pendidikan

Definisi Teks Inspiratif

Cerita inspirasi atau teks inspiratif adalah teks yang berisi rangkaian cerita seseorang dengan bentuk narasi. Tak hanya itu, teks ini mempunyai pesan dan kesan mendalam yang bisa menyentuh hati para pembaca. Selain itu, isinya pun dapat berupa karangan bebas namun umumnya hal itu didasari pengalaman pribadi seseorang yang diceritakan kembali.

Tujuan teks inspiratif ini sendiri adalah untuk memberikan motivasi atau inspirasi untuk para pembacanya. Hal yang lebih tepat adalah cerita inspiratif ini bisa memberikan motivasi para pembaca untuk lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Pada intinya, salah satu teks ini bisa memunculkan nilai positif atau kebaikan untuk pembaca. Teks ini sangat cocok untuk dibaca oleh Anda yang mungkin tengah kehilangan motivasi dalam hidup.

Ciri-ciri Teks Inspiratif

Ada beberapa ciri dari teks inspiratif yang dapat memudahkan kita dalam mengenali jenis teks satu ini. Berikut ini beberapa ciri dari teks inspiratif.

  1. Contoh teks inspiratif mempunyai struktur teks terdiri dari komplikasi peristiwa, orientasi, resolusi, kode serta komplikasi.
  2. Contoh teks inspiratif umumnya mempunyai tema spesifik dan bisa dikembangkan menjadi cerita atau kisah yang menarik.
  3. Contoh teks inspiratif umumnya mempunyai alur cerita teratur agar para pembaca dapat memahami cerita yang tersaji beserta pesan yang ada di dalamnya.
  4. Contoh teks inspiratif juga mempunyai pesan ataupun kesan yang ingin disampaikan untuk para pembaca.
  5. Contoh teks inspiratif juga termasuk teks dengan karakter narasi, sebab penulis menceritakan tentang sesuatu atau seseorang yang bisa menginspirasi siapapun dalam membaca ceritanya.
  6. Contoh teks inspiratif umumnya juga menceritakan kisah kehidupan karakter yang dapat dijadikan panutan untuk pembacanya. Karakter pada teks tersebut bisa berupa karakter di dalam kehidupan nyata ataupun fiksi.

Struktur Teks Inspiratif

Teks inspiratif terdiri dari lima unsur yang menjadi struktur pada penyusunannya. Berikut struktur pada teks inspiratif.

  1. Orientasi, merupakan bagian dari tahap pengenalan dan umumnya berisi pengenalan tokoh, latar, serta latar belakang cerita.
  2. Rangkaian atau kerumitan peristiwa, merupakan bagian paragraf yang berisi awal mula terjadinya suatu peristiwa hingga pada puncak permasalahan.
  3. Komplikasi, merupakan bagian tahap puncak beberapa peristiwa yang dikembangkan dari tahap kerumitan peristiwa sampai menemukan solusi atau jalan keluarnya.
  4. Resolusi, merupakan bagian tahap penyelesaian masalah. Masalah atau peristiwa yang berkembang dari bagian kerumitan komplikasi dan peristiwa terpecahkan di bagian ini.
  5. Koda, merupakan bagian penutup dari suatu cerita inspiratif, termasuk contoh teks inspiratif tentang pendidikan dan jenis teks narasi yang lain. Pada bagian ini terdapat pesan moral dan kesimpulan yang bisa diambil dari cerita tersebut.

Tak hanya itu, beberapa langkah dalam menyusun teks inspiratif antara lain.

  1. Menentukan tema dan pesan/amanat yang nantinya Anda sampaikan.
  2. Menentukan sasaran pembaca.
  3. Merancang peristiwa utama yang nantinya Anda tampilkan dengan bentuk skema alur.
  4. Membagi peristiwa utama tersebut ke bagian awal, pengembangan, hingga akhir cerita yang sesuai dengan struktur dari teks inspiratif.
  5. Merinci peristiwa utama dalam detail peristiwa untuk menjadi pendukung.
  6. Menyusun tokoh dan wataknya, sudut pandang, dan latar.
  7. Memahami aturan tanda baca pada beberapa kalimat tertentu.

Contoh Teks Inspiratif

Berikut ini beberapa contoh teks inspiratif dan juga strukturnya.

Contoh Teks Inspiratif tentang Pendidikan
Contoh Teks Inspiratif tentang Persahabatan

Contoh Teks Inspiratif Sahabat

  • Orientasi

Diceritakan ada dua orang yang cukup lama bersahabat yaitu Rian dan Adi. Rian adalah tipe orang pendiam yang selalu memahami karakter Adi. Sementara Adi adalah tipe orang yang senang blak-blakan hingga kerap menyakiti orang.


  • Kerumitan Peristiwa

Walau persahabatan keduanya telah dibangun dari SD, Rian terkadang sakit hati dengan karakter Adi. Rian kerap bergumam, mengapa sifat sahabatnya tak berubah sejak dulu.

  • Komplikasi

Pernah pada suatu hari, Rian menasihati Adi. Dia berkata, “Adi, ubah sifatmu dong! Kalau kamu terus begitu, orang-orang yang ada di sekitarmu bisa menjauh, termasuk aku”.

Adi membalas, “Kamu kan sahabatku, memahami aku sejak dulu seperti apa. Kamu kan orang yang terus memahami karakterku. Namun kalau kamu tak tahan lagi dengan karakterku, baiklah ayo sudahi persahabatan kita sampai di sini saja.”

  • Resolusi

Sebagai sahabat terdekat Adi, sebenarnya niat Rian baik. Dia menasihati Adi agar dapat berubah sebab terlanjur kesal dengan karakternya yang blak-blakan. Namun pada sisi lainnya, dia pun ingat akan kebaikan-kebaikan yang telah Adi berikan padanya sejak kecil sampai dia bisa menerimanya.

Pada hari-hari berikutnya pun, bahkan hingga keduanya lulus kuliah, Rian tak lagi menyuruh Adi agar berubah. Rian yakin, tanpa diperintah pun, Adi tentu menyadari bahwa perilaku yang bisa menyakiti orang lain itu tidaklah baik.


  • Koda

Dalam persahabatan, sesekali memang kita perlu menyadarkan sahabat kita. Hal ini tentu untuk kebaikan sahabat kita sendiri. Namun saat dengan mudah ingin mengakhiri persahabatan dengan sahabat kita sejak kecil sebaiknya pikirkan kembali. Karena, mungkin saja sahabat kita telah memberikan kebaik yang jumlahnya tak terhitung.

Dalam persahabatan, jika sahabat kita telah menolak saat dinasehati (khususnya mengenai perubahan sikap) maka cukup yakin bahwa suatu saat dia bisa berubah, tanpa perlu kita perintah.

Contoh Teks Inspiratif Pahlawan

Contoh teks inspiratif tentang pendidikan berikutnya berkaitan dengan pahlawan, yaitu Pahlawan Pandemi Covid-19

  • Orientasi

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, perawat muda yang bernama Mbak Niken telah ditugaskan di Rumah Sakit Gunawan Sukaharjo. Sosoknya yang muda sangat total dalam melayani pasien. Orang tua Mbak Niken mengapresiasi kinerjanya.

  • Kerumitan Peristiwa

Sekalipun Mbak Niken telah bekerja dengan total, masih saja kerap diremehkan di lingkungan kerjanya karena usia yang masih dianggap muda. Bisa dibilang dianggap belum mempunyai pengalaman. Tentunya hal ini membuat Mbak Niken merasa sakit hati. Akan tetapi dia menguatkan tekadnya untuk terus bekerja melayani pasien-pasiennya.

  • Komplikasi

Nasib Mbak Niken memang ditakdirkan tak senyaman tinggal di rumah orang tuanya. Karena selain diremehkan di rumah sakit oleh orang-orang di lingkungan kerjanya, di lingkungan sekitar kontrakannya juga kerap dijauhi oleh orang-orang. Mereka takut Mbak Niken bisa membawa dan menularkan virus. Bahkan Mbak Niken pernah mendengar bahwa corona merupakan konspirasi. Tentu menyakitkan!

  • Resolusi

Namun dari semua permasalahan yang dihadapi Mbak Niken, dia tetap fokus bekerja membantu orang-orang yang sekarang ini tengah membutuhkan jasanya. Beberapa pasien telah dinyatakan sembuh memuji Mbak Niken dan teman-temannya. Mereka berkata ternyata pahlawannya adalah kalian yang telah melayani kami dengan totalitas.

Dalam contoh teks inspiratif tentang pendidikan kesehatan ini, Mbak Niken berharap agar dunia kembali seperti semula. Tak hanya itu, dia pun berharap agar orang-orang mematuhi protokol kesehatan dan peduli terhadap kesehatan.

  • Koda

Totalitas dalam bekerja yang ditunjukkan Mbak Niken memunculkan keikhlasan. Mendapatkan beragam ujian, dia tetap kuat. Dia merupakan salah satu pahlawan yang perlu mendapat apresiasi kita.

Contoh Teks Inspiratif tentang Pendidikan

Contoh Teks Inspiratif Tokoh atau Atlit (Michael Jordan MJ23)

  • Orientasi

Sejak kecil Michael Jordan mempunyai minat pada olahraga, salah satu olahraga favoritnya adalah bola basket.

  • Kerumitan Peristiwa

Saat SMA, Jordan pernah ditolak ketika ingin ikut seleksi tim basket di sekolahnya. Alasan utama saat itu adalah tubuhnya terlalu pendek. Tak hanya itu, dia dianggap kurang mahir pada permainan tersebut.


  • Komplikasi

Jordan sedih mendengar hal tersebut, namun dia tak menyerah. Dia berlatih dengan giat setiap hari di rumahnya. Tak hanya teknik, dia pun melatih fisik dengan disiplin dan sangat keras. Dua tahun berikutnya dia kembali ikut seleksi tim di sekolahnya dan diterima.

  • Resolusi

Di kompetisi SMA tahun 1981 Jordan membuktikan hasil kerja kerasnya. Di game pertamanya dia sukses mencatatkan 40 angka. Dia pun mempunyai statistik mengagumkan, rata-rata 25 angka setiap game dan memenangkan kompetisi SMA pada tahun yang sama.

  • Koda

Jordan pensiun Tahun 2003 dan tercatat menjadi pemain kedua yang mencetak angka paling banyak selama satu musim. Saat ini Jordan telah menjadi pebisnis, pemilik klub NBA dan salah satu legenda basket di dunia.

Contoh Teks Inspiratif Kehidupan

  • Orientasi

Suatu hari ada seorang pria dan keledai jatuh pada lubang yang dalam. Pria itu tak dapat menarik keledai itu keluar, tak peduli seberapa keras usahanya. Oleh sebab itu, dia memutuskan untuk mengubur hidup-hidup keledainya.

  • Kerumitan Peristiwa

Tanah yang mulai ditimbun ke lubang lokasi keledai berasal dari atas. Keledai yang merasakan tertimpa tanah, menggoyang tubuhnya untuk menjatuhkan tanah di atas tubuhnya, lalu melangkah di atas tanah itu. Tanah berikutnya kembali ditimbun dalam lubang.

  • Komplikasi

Keledai kembali mengibaskan tubuhnya dan menaiki tanah itu. Semakin tanah ditimbun, semakin tanah itu naik tinggi.

  • Resolusi

Jelang siang, keledai bisa keluar dari lubang, lalu merumput di padang rumput hijau.

  • Koda

Sesudah banyak “mengibaskan” masalah dan melangkah (belajar dari cerita di atas). Suatu saat sesudah terlepas dari masalah, nantinya Anda bisa merumput di padang rumput hijau atau Anda mampu meraih hal yang diimpikan.

Apa Perbedaan Teks Inspiratif dengan Teks Narasi?

Teks inspiratif dan cerita narasi sebenarnya sama tapi tak sepenuhnya serupa. Teks narasi tidak selalu mengandung cerita inspiratif namun cerita inspiratif pasti terdapat elemen narasi didalamnya. Strukturnya sama (Orientasi, Perumitan Masalah, Komplikasi, Resolusi, Koda), yang beda adalah isinya.
Teks Narasi: Endingnya tidak selalu positif/bahagia, terdapat suatu pesanbisa berupa manat dan pesan moral.
Teks Inspiratif: Endingnya selalu positif/bahagia, terdapat hal yang bisa dijadikan inspirasi dan menggugah semangat pembaca,

Editor Choices :

Nah itu tadi contoh teks inspiratif tentang pendidikan beserta definisi, ciri-ciri beserta strukturnya khusus untuk Anda. Semoga bermanfaat! Untuk artikel menarik lainnya, Anda bisa terus mengunjungi website kami.

Komentar / Pertanyaan