3 Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor . Sobat, pernahkah kalian membaca asal terjadinya suatu bencana tanah longsor di media massa? Ternyata, teks bacaan tersebut dapat dikategorikan sebagai teks eksplanasi.

Secara harfiah, eksplanasi ditengarai berasal dari bahasa Inggris “explain” yang berarti menjelaskan. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dipahami jika sebenarnya teks eksplanasi merupakan teks yang bertujuan untuk menjelaskan suatu hal.

Contohnya pada teks eksplanasi tanah longsor yang menerangkan sebuah proses “mengapa” dan “bagaimana” kejadian tersebut dapat terjadi.

Editor Choices :
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Pengertian dan Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Suatu kejadian yang ada di sekitar kita seperti bencana alam selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan terjadi dalam suatu proses. Dari kejadian ini, kita dapat mengetahui bagaimana bencana tersebut ada, apa penyebabnya, serta bagaimana akibat yang ditimbulkan.

Lantas, bagaimana cara mudah membedakan antara teks biasa dengan teks eksplanasi? Mudah saja, namun untuk membedakannya maka Anda perlu mengetahui beberapa tanda dan ciri-ciri teks tersebut melalui poin-poin berikut.

Sponsored Link
  • Memuat informasi faktual dan saintis

Dalam penyampaiannya, informasi yang diberikan pada teks eksplanasi lebih banyak berisi fakta-fakta dan berhubungan dengan ilmu pengetahuan sejumlah bidang keilmuan. Tidaklah mengherankan apabila kemudian banyak pengetahuan yang bisa didapatkan oleh para pembaca apabila menyimak teks tersebut.

  • Secara gramatikal memuat penanda urutan

Dalam sebuah teks eksplanasi, sudah sangat wajar apabila di dalamnya memuat berbagai penanda urutan seperti “pertama, kedua, ketiga” atau “selanjutnya, berikutnya”. Selain untuk menambah koherensi kalimat, penanda urutan tersebut juga akan menjadikan bacaan pada teks eksplanasi semakin padu dan informatif.

  • Berfokus pada hal-hal generik

Meskipun banyak berisi hal-hal saintifik, nyatanya teks eksplanasi tidak menuliskan penjelasan mengenai manusia. Justru hal-hal di luar manusia seperti bencana alam, ilmu-ilmu sosial budaya, hingga berbagai peristiwa terkini menjadi topik utamanya. Dengan demikian, teks eksplanasi bersifat objektif seperti mengenai teks eksplanasi tanah longsor.

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Struktur Teks Eksplanasi yang Benar

Teks eksplanasi setidaknya harus memenuhi tiga unsur penting di dalamnya. Dengan demikian, penjelasan akan menjadi lebih padu dan informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. adapun struktur teks eksplanasi yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Informasi dan pernyataan umum

Pernyataan umum dalam teks eksplanasi berisi tentang pokok topik yang akan dijabarkan. Dalam hal ini, informasi yang diberikan adalah mengenai proses terjadi maupun keberadaan suatu hal. Pernyataan umum ini dapat ditulis pada bagian awal teks tersebut.


  • Urutan sebab dan akibat

Setelah pembaca dijelaskan mengenai informasi dan pernyataan umum, penulis teks eksplanasi kemudian akan membawa Anda pada penjelasan suatu fenomena. Bedanya, penjelasan ini dilakukan secara bertahap menggunakan penanda urutan sehingga runtut dari awal hingga akhir kejadian.

  • Interpretasi (pendapat/penafsiran)

Merupakan sebuah pendapat yang sifatnya bukan menjadi suatu keharusan. Interpretasi menjadi sebuah intisari atau kesimpulan dari berbagai pernyataan umum dan penjelasan atasnya. Penulis juga dapat memberi tanggapan pada setiap informasi di dalam teks.

Inilah Contoh Teks Eksplanasi

Dalam artikel ini, kami akan menjabarkan beberapa contoh teks eksplanasi tanah longsor. Adapun contohnya adalah sebagai berikut.

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor 1

Tanah longsor merupakan sebuah peristiwa alam yang sering terjadi di negeri ini. Kejadian tanah longsor sering terjadi di kawasan lereng gunung meskipun tidak jarang di kawasan lain juga mengalaminya. Bencana alam ini dapat terjadi apabila terdapat pergerakan tanah atau batuan sehingga jatuh atau amblas.

Ada beberapa penyebab terjadinya tanah longsor. Yang pertama, terjadi karena gempa. Gempa membuat lempengan tanah menjadi bergerak karena adanya pecahan. Apabila struktur tanah lemah, maka akan memicu terjadinya longsor.


Selanjutnya, ada juga tanah longsor yang terjadi karena curah hujan yang tinggi namun daya serap tanah rendah. Hal ini kerap terjadi karena adanya erosi akibat deforestasi berlebih. Akibatnya, tanah menjadi tidak stabil dan mudah longsor.

Dari beberapa kejadian yang sudah ada, dapat disimpulkan jika tanah longsor sangatlah berbahaya. Anda yang tinggal di kawasan lereng gunung hendaknya musti berhati-hati sehingga terhindar dari bencana tersebut. Peran masyarakat juga sangat penting dalam menjaga lingkungan sekitar supaya tanah longsor tidak terjadi.

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor 2

Bencana tanah longsor sering kali menimbulkan korban jiwa dan tidak sedikit membuat banyak orang kehilangan tempat tinggalnya. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya mitigasi sehingga bencana tersebut tidak terjadi kembali dan meminimalisir berbagai kerugian yang dialami.

Menurut Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bantul, setidaknya ada 9 cara yang dapat dilakukan sebagai langkah mitigasi bencana. Pertama, yakni tidak membuat kolam di atas lereng gunung. Kedua, yakni tidak mendirikan rumah di bawah tebing. 

Ketiga, menghindari penebangan pohon di sekitar lereng gunung. Berikutnya, yakni tidak melakukan penggalian tebing secara tegak lurus karena dapat mengurangi daya tanah terhadap tanah di atasnya. Kelima, tidak mendirikan bangunan langsung di atas sungai karena dapat menyebabkan erosi pada tebing.


Selanjutnya, pembuatan terasering untuk memperlambat aliran permukaan ketika hujan. Ketujuh, yakni rutin mengecek retakan pada tanah. Kedelapan, yakni penyuluhan berkala kepada masyarakat. Dan yang terakhir intervensi dari pemerintah dan warga sekitar.

Itulah beberapa cara untuk menghindari tanah longsor yang dapat merugikan semua pihak. Dengan adanya mitigasi bencana yang baik, serta peran aktif dari pemerintah dan masyarakat, tentu saja bencana alam tersebut dapat dihindari.

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor 3

Struktur geografis Indonesia secara tidak langsung memberikan dampak yang begitu besar, salah satunya risiko terjadinya tanah longsor di banyak tebing. Tidak jarang, kejadian tanah longsor memakan korban yang tidak sedikit dengan kerugian materiil yang besar.

Sayangnya, kesadaran masyarakat terhadap bencana ini masih cukup rendah. Hal ini dapat dilihat dari masih maraknya pembangunan rumah di bawah tebing maupun di lereng gunung yang curam. Selain itu, masih banyak juga penebangan pohon secara masif dan tidak bertanggung jawab.

Padahal, penyebab tanah longsor akibat dari deforestasi sangatlah besar. Dari penebangan tersebut, terjadilah erosi yang menyebabkan struktur tanah menjadi renggang dan tidak ada penahan ketika hujan turun dengan lebat. Akibatnya, tanah menjadi rapuh dan mudah amblas.

Tanah longsor dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Meskipun banyak diberitakan pada saat musim hujan, nyatanya tanah longsor juga dapat terjadi ketika musim kemarau.

Bencana tanah longsor ini juga dapat terjadi apabila ada gempa yang cukup besar, baik gempa tektonik maupun vulkanik yang menyebabkan guguran tanah atau batuan.

Apabila terjadi secara terus menerus, semakin besar kerugian yang akan ditimbulkan. Masyarakat sekitar tebing juga mau tidak mau harus direlokasi sehingga menjadi aman dan terhindar dari berbagai bencana tersebut. Korban jiwa dan kerugian material juga semakin besar jumlahnya apabila tanah longsor terjadi secara terus-menerus.

Apa fungsi dari teks eksplanasi?

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan atau menerangkan sesuatu secara rinci, seperti peristiwa, hal, atau fenomena alam.
Secara umumnya, fungsi teks eksplanasi adalah untuk menjawab pertanyaan “mengapa?” dan “bagaimana?” suatu peristiwa terjadi.

Itulah beberapa contoh teks eksplanasi tanah longsor yang telah disesuaikan dengan keadaan sesungguhnya. Silakan dicoba membuat teks eksplanasi versi Anda ya!


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp
Apakah ada tanggapan/pertanyaan?
Kirim Komentar


📢 Komentar / Pertanyaan