2 Contoh Teks Eksplanasi tentang Hujan Es Angin dan Strukturnya

Pada dasarnya, ada banyak sekali jenis teks yang menunjukkan perbedaan cara penulisan, isi, struktur, dan tujuan penulisannya. Salah satunya adalah teks eksplanasi yang menjelaskan suatu proses terjadinya suatu peristiwa, seperti contoh teks eksplanasi tentang hujan berikut ini!

Materi mengenai teks eksplanasi secara lengkap disampaikan saat berada di jenjang Sekolah Menengah Pertama atau SMP. Contoh paling mudah untuk menemukan teks eksplanasi adalah pada buku teks dan media berita, biasanya menjelaskan suatu peristiwa atau fenomena alam.

Teks eksplanasi memiliki kekuatan untuk menjelaskan secara rinci, lengkap, dan jelas untuk mendeskripsikan suatu peristiwa atau fenomena alam yang terjadi. Oleh karena itu, teks eksplanasi memiliki isi yang cukup detail dan rinci, dan memiliki alur yang jelas.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Hujan

Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh Teks Eksplanasi Tentang Hujan!

Sebelum membahas mengenai contoh teks eksplanasinya, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa pengertian teks eksplanasi. Tujuannya agar kamu memahami makna, tujuan, fungsi, dan bagaimana karakteristik teks eksplanasi yang membedakannya dengan teks lainnya.

Apa Pengertian Teks Eksplanasi?

Teks eksplanasi adalah jenis teks yang berisi penjelasan secara detail dan rinci mengenai suatu fenomena atau peristiwa. Cakupan aspek teks eksplanasi sangat luas, tidak hanya fenomena alam, tentu mencakup fenomena sosial dan lainnya yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Teks eksplanasi harus mampu menjelaskan suatu kejadian mulai dari akar permasalahan atau hal-hal yang bisa menyebabkan fenomena tersebut terjadi, hingga proses terjadinya suatu peristiwa, dan tentunya dampak dari peristiwa tersebut.

Informasi yang disajikan harus runtut, lengkap, jelas, dan rinci. Contoh paling mudah adalah pada teks-teks eksplanasi mengenai kejadian atau fenomena alam, seperti tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, gerhana matahari, pelangi, jenis-jenis hujan, dan lain sebagainya.

Apa Saja Ciri-ciri Teks Eksplanasi?

Seperti jenis teks lainnya, teks eksplanasi juga memiliki ciri-ciri yang menjadi karakteristik atau pembeda dengan jenis teks lainnya, apa saja ciri-cirinya?

  • Memuat informasi yang ditulis berdasarkan fakta atau bersifat faktual.
  • Membahas hal yang bersifat keilmuan atau fenomena yang memiliki hubungan dengan ilmu pengetahuan, baik dalam aspek alam maupun sosial.
  • Sifatnya informatif dan tidak memiliki kecenderungan untuk mempengaruhi pembaca atau menggiring opini terhadap suatu fenomena tersebut.
  • Sifatnya generik atau umum, karena fokusnya pada hal umum fenomena di sekitar kehidupan, dan tidak memiliki objek tertentu seperti manusia.
  • Teks eksplanasi juga menggunakan kata penanda urutan untuk menjelaskan proses yang terjadi secara runtut. Misalkan menggunakan kata pertama, kedua, ketiga, keempat, dan selanjutnya.
Contoh Teks Eksplanasi tentang Hujan es

Bagaimana Struktur Teks Eksplanasi?

Setelah memahami pengertian dan ciri – ciri teks eksplanasi, maka selanjutnya penting untuk memahami bagaimana struktur dari teks eksplanasi. Seperti jenis teks lainnya, teks eksplanasi juga memiliki struktur teks tersendiri, apa sajakah itu?

  • Pernyataan Umum

Pada bagian pertama ini, teks eksplanasi mencoba menjelaskan tentang gambaran umum suatu kejadian yang akan dibahas pada teks tersebut. Misalkan untuk teks mengenai fenomena alam, maka bisa dibahas bagaimana proses terjadinya fenomena tersebut.


  • Rangkaian Peristiwa

Struktur yang kedua ini berisi tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari peristiwa atau fenomena yang terjadi. Biasanya dideskripsikan dalam beberapa paragraf untuk bagian sebab, dan beberapa paragraf lain untuk akibatnya, dimudahkan dengan sistem penomoran.

  • Interpretasi

Struktur teks eksplanasi yang terakhir ini berarti penarikan kesimpulan dari keseluruhan teks yang sudah dibahas pada dua bagian sebelumnya. Pada bagian inilah, penulis memiliki kesempatan untuk mengungkapkan tanggapan atau pernyataan terkait fenomena tersebut.

Namun interpretasi yang dibuat juga bukan sesuatu yang bersifat sangat subjektif. Interpretasi dilakukan sesuai dengan penjelasan atau fakta yang ada di dalam teks tersebut. Sehingga tidak diperbolehkan memiliki kesan persuasif atau ajakan kepada pembaca.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Fenomena Hujan Es

Pernyataan Umum:
Fenomena hujan es bukanlah hal yang baru dan mengagetkan bagi masyarakat Indonesia. Hujan es pada dasarnya sama seperti hujan air, hanya saja bentuknya yang berbeda. Perbedaan bentuk ini dipengaruhi oleh proses pembentukan atau terjadinya fenomena hujan es tersebut.

Rangkaian Peristiwa:
Hujan es bisa menjadi salah satu indikator untuk melihat tanda-tanda akan terjadinya angin puting beliung dan angin darat yang kencang. Hal tersebut karena hujan es terjadi pada waktu peralihan iklim dari musim kemarau ke musim penghujan.


Menurut BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, penyebab dari terjadinya hujan es adalah keberadaan awan Cumulonimbus atau yang kerap disebut awan CB yang memiliki ukuran yang besar dan padat.

Selanjutnya, awan CB ini akan terus bertumpuk pada saat terjadi perpindahan iklim yang drastis. Pada daerah dengan iklim tropis, biasanya terjadi saat perpindahan antara musim kemarau ke musim hujan.

Interpretasi:
Dampak dari hujan es ini tidak membahayakan secara langsung jika ukurannya tidak cukup besar dan tidak terkena tubuh secara langsung, oleh karena itu, harus berlindung saat hujan es.

Namun jika ukurannya besar, maka akan berbahaya jika terkena tubuh, dan bisa merusak banyak hal. Mulai dari atap rumah, tembok, kaca, tumbuhan atau tanaman, dan peralatan lainnya yang bisa rusak karena tertimpa gumpalan-gumpalan hujan es.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Hujan angin

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Fenomena Hujan Angin

Pernyataan Umum:
Hujan deras disertai angin yang kencang kerap terjadi di berbagai daerah di Indonesia, fenomena ini kerap disebut sebagai hujan angin. Fenomena alam ini terjadi secara alamiah, dan memiliki tingkat atau skala yang berbeda-beda pada tiap wilayah.

Rangkaian Peristiwa:
Angin kencang yang muncul saat hujan turun berasal dari kumpulan angin yang terbentuk memanjang di laut. Jika anginnya semakin bertumpuk dan awan yang akan menurunkan hujan memiliki konsentrasi yang tinggi, maka bisa menyebabkan badai tropis.

Bibit badai tropis akan terjadi jika konsentrasi keduanya semakin tinggi, hal ini bisa mengakibatkan terjadinya badai di wilayah tropis, terutama yang dekat dengan lautan. Badai yang terjadi biasanya hujan yang sangat deras disertai dengan angin yang sangat kencang.

Fenomena ini menyebabkan hujan seakan bergerak secara horizontal bukan vertikal. Hal itu terjadi karena hujan yang tertiup angin kencang sehingga arah jatuhnya seakan berubah. Dampak dari badai hujan ini biasanya adalah cuaca ekstrim yang terjadi pada suatu wilayah.

Jangka waktunya juga tidak menentu, tergantung pada tingkat keparahannya. Biasanya, tanda-tanda akan badai adalah muncul angin yang sangat kencang dan mendung. Jika sudah terjadi hal demikian, maka itu adalah tanda-tanda akan turun hujan yang deras.

Interpretasi:
Jika terjadi badai, maka usahakan kurangi aktivitas di luar rumah, karena penggunaan payung juga tidak begitu membantu. Apalagi jika berjalan di sekitar bangunan atau pohon, angin yang kencang bisa menyebabkan pohon tumbang, oleh karena itu, lebih baik di dalam rumah.


Editor Choices :

Demikian adalah penjelasan mengenai pengertian, ciri-ciri, struktur dan contoh teks eksplanasi tentang hujan, yaitu hujan es dan hujan angin. Ada banyak sekali contoh teks eksplanasi lainnya, misalkan tentang fenomena sosial, seperti pencurian, perampokan, kesenjangan, dan lainnya.

Komentar / Pertanyaan