4 Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan, Rumah dan Pasar

Eksplanasi merupakan teks yang berisi proses terjadinya suatu kejadian, baik berupa bencana alam, ilmu pengetahuan, sosial, dan budaya. Contoh teks eksplanasi kebakaran bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk memahami bagaimana bentuk sebenarnya jenis bacaan yang satu ini.

Teks eksplanasi memuat informasi yang berdasarkan fakta dan tidak mengandung unsur persuasif untuk mempengaruhi pendapat pembacanya. Berikut penjelasan lengkap mengenai struktur contoh teks eksplanasi yang mengangkat tema seputar kebakaran.

Struktur Teks Eksplanasi

Ada 3 bagian utama yang mendasari terbentuknya struktur eksplanasi lengkap agar bisa memberikan informasi secara utuh kepada pembacanya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya berikut.

Editor Choices :
contoh teks eksplanasi kebakaran
  • Pernyataan Umum

Bagian pertama dari struktur teks eksplanasi yang akan disajikan dalam bab selanjutnya adalah pernyataan umum. Isi teks pada bagian ini berisi pemaparan umum seputar topik yang akan dibahas guna memberikan informasi awal kepada pembaca.

Pernyataan umum ini bisa berisi penjelasan singkat mengenai suatu fenomena utama yang akan dibahas pada teks eksplanasi. Bagian ini bisa juga disebut sebagai pengantar untuk menuju pembahasan berikutnya yang lebih mendalam.

Sponsored Link
  • Sebab Akibat / Penjelasan

Struktur selanjutnya pada teks eksplanasi adalah sebab akibat yang berisi mengapa peristiwa tersebut terjadi serta dampaknya. Pada bagian ini akan dijelaskan tahapan terjadinya suatu peristiwa yang dibahas dalam teks eksplanasi tersebut.

Selanjutnya, akan dijelaskan pula akibat terjadinya fenomena tersebut, termasuk dampaknya bagi lingkungan sekitar. Bagian sebab akibat ini merupakan penjelasan secara mendalam mengenai fenomena atau kejadian yang dibahas.

  • Interpretasi / Kesimpulan

Interpretasi adalah bagian penarikan kesimpulan dari fenomena yang sudah dijelaskan pada struktur sebelumnya. Isi dari bagian interpretasi adalah tanggapan terkait kejadian yang sudah dipaparkan dalam teks eksplanasi tersebut.

Pada teks eksplanasi bagian interpretasi berisi pernyataan berisi kesimpulan terhadap kejadian yang diangkat. Kesimpulan tersebut menjadi penutup pada teks eksplanasi agar pembaca bisa mendapatkan poin yang berusaha disampaikan.

Contoh Teks Eksplanasi Seputar Kebakaran

contoh teks eksplanasi kebakaran hutan

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

Pernyataan Umum:
Kebakaran hutan merupakan suatu fenomena yang terjadi di alam liar dan dapat menghabiskan lahan di area sekitar. Fenomena ini juga didefinisikan sebagai kejadian yang merusak hutan beserta kehidupan di dalamnya serta dapat mengakibatkan kerugian.


Pembakaran hutan pada zaman dahulu dijadikan sebagai langkah alternatif untuk membuka lahan karena dianggap praktis. Namun, saat ini penyebab kebakaran hutan ternyata tidak hanya karena faktor alam atau karena pembukaan lahan saja, melainkan ada alasan tidak bertanggungjawab dari manusia.

Penjelasan Sebab-Akibat:
Penyebab kebakaran hutan digolongkan menjadi 2 hal, yaitu faktor alam dan dikarenakan oleh perbuatan manusia. Berikut ini adalah faktor penyebab kebakaran hutan yang terjadi karena ulah manusia.

1. Puntung Rokok

Merokok dan membuang puntungnya dalam keadaan menyala oleh pekerja di hutan bisa menyebabkan potensi kebakaran terutama pada saat musim kemarau. Hal ini karena pada saat kemarau banyak dedaunan dan ranting kering yang rentan terbakar oleh api kecil sekalipun.

2. Pembalakan Liar (Illegal Logging)


Illegal logging atau pembalakan hutan secara liar seringkali meninggalkan sampah berupa dedaunan dan ranting yang menumpuk, sehingga akan mengering pada saat kemarau. Sisa pembalakan hutan tersebut rentan terbakar terutama apabila orang tidak bertanggungjawab asal menyalakan perapian.

3. Kurangnya Kesadaran Diri

Rendahnya tingkat kesadaran diri saat melakukan kegiatan di hutan, seperti membakar sampah juga bisa menyebabkan kebakaran. Aktivitas membakar sampah yang tidak memperhatikan kondisi sekitar ini bisa menyebabkan api merambat ke lahan lainnya, sehingga menyebabkan kebakaran hutan.

Dampak terjadinya kebakaran hutan adalah mempengaruhi proses produksi bahan organik. Kebakaran hutan juga berdampak pada sisi ekonomi yang membutuhkan kayu. Sektor perekonomian yang terdampak akibat kebakaran hutan antara lain adalah perdagangan, pariwisata, dan perkebunan,

Kebakaran hutan juga akan memberikan dampak pada kesehatan manusia, yaitu mengganggu sistem pernapasan. Asap kebakaran hutan yang lebat mengandung gas berbahaya, seperti nitrogen oksida, karbon monoksida, dan karbon dioksida.


Interpretasi:
Dapat ditarik kesimpulan bahwa kebakaran hutan merupakan suatu fenomena yang merugikan masyarakat secara luas. Dampak kebakaran hutan sangat besar bagi kehidupan di dalamnya hingga ke generasi berikutnya. Oleh sebab itu, sangat penting menjaga hutan agar tidak terjadi kebakaran.

contoh teks eksplanasi kebakaran rumah

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Rumah

Pernyataan Umum:
Kebakaran tidak hanya bisa terjadi di alam liar, namun juga di lingkungan rumah yang padat penduduk. Terjadinya kebakaran rumah ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk karena fenomena alam, kecerobohan, atau karena unsur kesengajaan.

Terjadinya kebakaran rumah ini bisa menyebabkan kerugian bagi keluarga yang mengalaminya. Peristiwa kebakaran ini bisa terjadi tidak hanya pada satu rumah saja tetapi juga dalam satu kompleks yang luas karena nyala apinya besar dan cepat merambat.

Sebab-Akibat:
Fenomena kejadian kebakaran rumah ini dapat disebabkan oleh pemakaian kabel listrik yang tidak sesuai. Pemakaian ini bisa menimbulkan korsleting karena lapisan pembungkus kabel terbakar akibat pemasangan yang tidak sesuai ukuran.

Lapisan pelindung kabel yang terbakar akan menimbulkan percikan api dan membakar area di dekatnya, seperti plafon kayu. Kebakaran ini akan semakin membesar apabila terdapat banyak kabel dengan ukuran besar yang dirambati oleh percikan api.

Kobaran api akan cepat membesar di dalam rumah dan akan membakar bagian yang sangat sensitif, salah satunya adalah material kayu. Apabila rumah Anda merupakan kawasan padat penduduk, maka kobaran api karena korsleting listrik ini bisa merambat ke pemukiman warga lainnya.

Penggunaan kompor gas yang tidak hati-hati juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kebakaran rumah. Kurangnya pengetahuan mengenai bagaimana cara memasang tabung gas dan penggunaan kompor di rumah bisa menimbulkan ledakan yang menyebabkan kebakaran.

Ledakan kompor gas akan langsung menimbulkan kobaran api yang cepat membesar apabila ada benda mudah terbakar lainnya. Kobaran api dari kompor gas ini tidak hanya bisa membakar satu rumah, melainkan hingga beberapa pemukiman lain di dekat area ledakan.

Akibat dari kebakaran yang terjadi pada beberapa rumah dalam satu area ini adalah kesulitan dalam memadamkan api. Dampaknya adalah api akan semakin membesar apabila cara pemadamannya salah dan petugas tidak bergerak dengan cepat.

Interpretasi:
Kebakaran rumah bisa merupakan peristiwa yang bisa menyebabkan kerugian berupa rusaknya tempat tinggal dan barang berharga lainnya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk berhati-hati dan menjaga keamanan dalam beraktivitas di rumah agar tidak berpotensi menyebabkan kebakaran.

contoh teks eksplanasi kebakaran pasar

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Pasar

Pernyataan Umum:
Kebakaran merupakan suatu peristiwa bencana yang dapat terjadi dimana saja, termasuk di pasar. Peristiwa kebakaran pasar termasuk suatu fenomena yang dapat terjadi akibat kecerobohan manusia, sehingga menimbulkan kerugian.

Pasar yang menjadi tempat bertransaksi jual beli akan membahayakan apabila di sana terjadi peristiwa kebakaran. Peristiwa kebakaran pasar ini bisa menimbulkan kerugian materi dan membahayakan nyawa.

Sebab-Akibat:
Ada banyak faktor penyebab terjadinya kebakaran pasar yang antara lain adalah puntung rokok dan korsleting listrik. Pembuangan puntung rokok sembarangan dalam keadaan masih menyala di pasar merupakan perbuatan yang tidak bertanggung jawab dan bisa menyebabkan kebakaran.

Puntung rokok yang masih menyala bisa menimbulkan kobaran karena di pasar terdapat banyak benda mudah terbakar, seperti plastik. Kobaran api tersebut bisa cepat membesar apabila kondisi di pasar sedang dalam keadaan panas.

Faktor selanjutnya yang bisa menyebabkan kebakaran pasar adalah korsleting arus listrik di antara banyaknya kios. Korsleting ini akan sangat cepat merambat dan mengakibatkan kebakaran karena arus listrik di pasar merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan.

Kondisi kios pasar yang sangat berdekatan dan hampir tidak ada jarak kecuali tempat berlalu lalang pedagang dan pembeli membuat kebakaran akan cepat membesar. Apalagi jika material kios tersebut terbuat dari kayu dan di dalamnya terdapat bahan yang sangat mudah terkena kobaran api.

Kebakaran pasar karena korsleting listrik ini juga akan cepat merambat di tengah cuaca yang panas. Kios yang saling berhimpitan akan lebih cepat ludes dimakan api beserta barang dagangan yang disimpan di dalamnya.

Interpretasi:
Akibat dari bencana kebakaran pasar ini adalah kerugian materi yang ditanggung oleh pedagang dan pengelola. Kios pedagang akan mengalami kerusakan dan barang dagangannya habis dilalap api, sehingga menderita kerugian besar, belum lagi trauma dan bebab psikologis.

Kebakaran pasar juga bisa menyebabkan kerugian berupa hilangnya nyawa apabila lokasi ini sedang padat pengunjung. Bagi orang yang tidak bisa menyelamatkan diri dari kobaran api, bisa berpotensi meregang nyawa di tengah kebakaran.

contoh teks text paragraf kalimat

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Gedung

Kebakaran gedung bisa terjadi karena adanya percikan api akibat korsleting listrik atau ledakan alat. Peristiwa ini mengakibatkan kerugian secara materi hingga bisa menyebabkan adanya korban apabila kobaran api menjalar dengan cepat.

Peristiwa kebakaran gedung, terutama yang terdiri dari banyak lantai menyebabkan proses pemadaman menjadi sulit. Hal ini karena api lebih cepat menjalar ke bagian lantai gedung yang lain, terutama apabila ada properti yang mudah terbakar, seperti kabel listrik.

Proses pemadaman pada kebakaran gedung juga lebih sulit karena akses masuknya yang belum tentu langsung bisa dijangkau oleh petugas damkar ke seluruh ruangan. Saat terjadi kebakaran gedung seperti ini biasanya seluruh penghuninya dialihkan melalui jalur evakuasi sebelum dilakukan pemadaman.

Sebutkan Ciri-ciri Teks Eksplanasi?

Berdasarkan fakta (faktual). Hal yang dibahas bersifat keilmuan, Sifatnya tidak persuasif / tidak berusaha memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas, menggunakan kata penanda urutan(misal: pertama, berikutnya, terakhir, dll), Fokus pada hal umum (general), bukan partisipan manusia. Contoh: hujan, tsunami, banjir, gempa bumi, dan lainnya.

Sebutkan Struktur Teks Eksplanasi?

Pernyataan umum: berisikan topik yang akan dijelaskan pada proses proses terjadinya/proses keberadaan.
Urutan sebab akibat: berisi penjelasan mengenai proses terjadinya fenomena yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal sampai akhir.
Interpretasi: berisi kesimpulan dari topik yang telah dijelaskan.

Beberapa contoh teks eksplanasi kebakaran di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi saat akan membuat bahan bacaan serupa. Pembuatan teks eksplanasi terbilang cukup sederhana karena hanya terbagi menjadi 3 struktur saja. Anda bisa mencari topik terkini untuk diangkat pada teks eksplanasi.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan