3 Contoh Teks Anekdot Singkat tentang Covid-19 atau Corona

Dewasa ini jumlah teks anekdot yang dibuat oleh masyarakat semakin banyak. Khususnya contoh teks anekdot singkat tentang covid-19 yang dialami oleh masyarakat 2 tahun belakangan ini.

Dalam artikel berikut Kami akan membahas tentang apa yang disebut teks anekdot yang belakangan banyak menjadi bahan utama obrolan hingga bahan status media sosial di kalangan masyarakat umum.

Definisi, Ciri dan Struktur dari Teks Anekdot

Teks anekdot adalah sebuah karangan cerita pendek atau singkat yang menarik, lucu dan memberikan kesan tersendiri yang berisi sindiran atau kritik pada sebuah kebijakan, sikap penguasa, layanan publik atau sebuah fenomena yang terjadi di masyarakat.

Contoh Teks Anekdot Singkat Tentang Covid-19 covid19 corona
Contoh Teks Anekdot Singkat tentang Covid-19

Tujuan dari pembuatan teks anekdot adalah untuk menyindir atau mengkritik sesuatu yang ada di kehidupan nyata sehari-hari tanpa memberikan kesan menghakimi atau menyudutkan satu pihak tertentu.

Anekdot bisa berupa lelucon yang berbentuk narasi singkat yang mengandung unsur alur, tokoh dan latar. Atau bisa juga berupa gambar atau ilustrasi yang memiliki unsur lucu.

Teks anekdot sendiri diketahui memiliki 2 macam isi yaitu:

  • Isi tersurat yaitu sebuah makna yang tertulis dan disampaikan secara langsung dapat diketahui dalam teks anekdot
  • Isi tersirat adalah makna dari teks yang tidak dijelaskan secara langsung namun isinya berhubungan dengan situasi atau fenomena yang terjadi di masyarakat

Isi dari teks anekdot bisa berupa kenyataan ataupun fiksi. Sehingga benar atau tidaknya memang bukan untuk dipertanggung jawabkan oleh si pembuat teks anekdot.

Kenali Ciri-ciri Teks Anekdot dengan Benar

Dikutip dari buku Modul Anekdot Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Kemdikbud bahwa ciri dari teks anekdot ada beberapa, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mampu menggugah pembaca untuk tertawa karena mengandung unsur lucu yang bisa menghibur para pembacanya
  • Memiliki sifat mengandung lelucon atau humor yang diartikan sebagai cerita lucu atau bualan semata
  • Memiliki tujuan untuk menyindir atau memberikan kritik
  • Isi teks bisa jadi merupakan pembahasan tentang orang penting atau tokoh
  • Teks anekdot jelas dibuat untuk satu tujuan tertentu
  • Kisah yang diceritakan dalam teks anekdot hampir menyerupai dongeng
  • Kadang kala teks anekdot juga berisi cerita tentang karakter hewan dan manusia yang terhubung dengan cara yang lebih umum dan nyata

Sedangkan untuk ciri teks anekdot berdasarkan kaidah kebahasaan yaitu :

  • Memakai kata keterangan masa lampau
  • Menggunakan kata penghubung antar kata, kalimat atau paragraf
  • Ada penggunaan kata kerja
  • Penceritaan dalam teks anekdot dibuat berdasarkan urutan peristiwa yang berdasarkan waktu
  • Banyak menggunakan kalimat perintah
  • Banyak menggunakan kalimat seru terutama pada teks yang berupa dialog
  • Kalimat dalam teks kebanyakan berupa jenis pertanyaan retorika atau yang tak membutuhkan jawaban
  • Isi teks anekdot kebanyakan berisi peristiwa atau kejadian yang menjengkelkan
  • Banyak yang berupa sindiran alami

Tujuan pembuatan teks anekdot di kalangan masyarakat adalah sebagai teks yang memiliki unsur penghibur dan sebagai sarana yang baik mengkritik atau menyindir pihak tertentu.


Contoh Teks Editorial tentang Kesehatan Lengkap dengan Struktur
Contoh Teks Anekdot Singkat tentang Covid-19

Struktur yang Membangun Teks Anekdot

1. Abstrak
Yaitu sebuah ringkasan yang berisi tentang objek atau hal yang akan disindir atau dikritik. Pembaca diperkenalkan dengan permasalahna yang akan dibahas selanjutnya.

2. Orientasi
Sebuah tinjauan yang dilakukan untuk membantu menentukan sikap yang tepat dan benar yang kemudian cerita akan dilanjutkan dengan melakukan pengenalan pada pelaku dan peristiwa

3. Krisis
Sebuah waktu yang sangat menentukan dalam cerita anekdot ketika situasi menjadi lebih berbahaya dan harus diambil sebuah keputusan

4. Reaksi
Sebuah respon atau tanggapan pada aksi yang dilakukan

5. Koda
Adalah bagian paling akhir yang menjadi penutup yang berisi tentang penegasan pada berbagai hal yang disindir atau dikritik


Anda bisa mengetahui apakah sebuah teks merupakan teks anekdot atau bukan dengan melakukan cara mengenali sebuah teks anekdot diantaranya adalah;

  1. Melihat isi yang bisa bersumber dari kisah nyata
  2. Memiliki maksud tujuan untuk mengkritik
  3. Mengidentifikasi tokoh yang sedang diceritakan
  4. Mencermati masalah yang sedang dibahas dalam teks
  5. Dalam teks terdapat unsur humor yang menggelitik
  6. Ada pesan tersendiri yang disampaikan dalam teks
  7. Dan juga ada kritik yang disampaikan dalam teks

Contoh Teks Anekdot Singkat tentang PPKM

Abstrak
Di masyarakat sedang hangat dibicarakan mengenai masa PPKM yang akan diberlakukan kembali untuk mengantisipasi lonjakan kerumunan massa pada masa new normal.

Orientasi
Cerita bermula saat pengumuman pemerintah yang akan memberlakukan PPKM level 3 untuk wilayah Jawa mengantisipasi lonjakan masyarakat saat liburan akhir tahun.

Krisis
Masyarakat pun berkomentar tentang kapan masa pandemi ini akan berakhir. Sementara pusat perbelanjaan, kawasan wisata hingga pasar pun sudah mulai ramai pengunjung. Bahkan banyak yang mulai kendor menjalankan protokol kesehatan.

Reaksi
Padahal menurut berita terbaru, banyak negara lain yang masih ketat memberlakukan protokol kesehatan dikarenakan kondisi yang belum sepenuhnya aman. Termasuk diantaranya mengenai kabar adanya varian jenis virus corona yang baru.

Koda
Kemudian ada pendapat bahwa pada akhirnya, akan berakhir atau tidak masa pandemi tergantung sikap Kita sendiri. Jika Kita sudah bersikap abai pada bahaya, maka artinya Kita juga sudah siap dengan resikonya.

Contoh Teks Anekdot Singkat tentang PCR

Abstrak
Pemerintah mengumumkan bahwa kebijakan baru pada masa new normal adalah pemberlakuan aturan wajib PCR untuk setiap penumpang pesawat.

Orientasi
Semakin banyak masyarakat yang ingin melakukan perjalanan setelah melalui masa pandemi selama kurang lebih 2 tahun dengan pembatasan perjalanan ke luar daerah atau ke luar negeri.

Krisis
Pemerintah mewajibkan tes PCR dan menunjukkan surat vaksin pada semua penumpang pesawat yang ingin melakukan perjalanan. Sementara untuk penumpang transportasi umum seperti bus, kereta api atau travel sama sekali tak diwajibkan untuk melakukan tes PCR.

Reaksi
Masyarakat mulai protes dengan pemberlakuan wajib PCR untuk naik pesawat. Sementara untuk moda transportasi darat seperti menggunakan bus atau travel sama sekali tak diwajibkan tes PCR. Padahal moda transportasi darat jauh lebih rentan penularan virus ketimbang moda transportasi udara.

Koda
Kemudian ada pendapat baru bahwa jenis virus yang naik pesawat dengan jenis virus yang naik moda transportasi darat berbeda. Sehingga aturan protokol kesehatan yang diterapkan pun berbeda.


contoh Teks Cause and Effect Covid corona
Contoh Teks Anekdot Singkat tentang Covid-19

3. Contoh Teks Anekdot Singkat tentang Vaksin

  • Abstrak

Pemerintah terus berkampanye untuk menyukseskan gerakan vaksin covid 19 dalam rangka meminimalkan penularan virus covid 19 di kalangan masyarakat Indonesia.

  • Orientasi

Dengan vaksin diharapkan akan terbentuk kekebalan massal sehingga penularan virus covid 19 pun bisa diminimalkan dengan lebih optimal.

  • Krisis

Vaksin memang sudah terbukti memberikan kekebalan tersendiri pada tubuh. Namun reaksi yang muncul pada setiap penerima vaksin berbeda-beda sehingga menimbulkan banyak persepsi. Dari mulai vaksin justru melemahkan tubuh, membunuh secara pelan-pelan hingga anggapan vaksin memiliki microchip yang ditanamkan dalam tubuh.

  • Reaksi

Banyak orang yang menolak vaksin, bahkan berani mengajak orang lain untuk tidak ikut divaksin. Beberapa pegawai negeri banyak yang mengaku dipaksa oleh pemerintah untuk melakukan vaksin karena harus patuh pada atasan.

  • Koda

Sekarang saat vaksin masih gratis banyak yang menolak. Giliran besok harus bayar, banyak yang ingin vaksin namun protes pada pemerintah karena mencekik rakyat. Memang serba salah jadinya.

Apa Perbedaan Teks Anekdot dengan Humor ?

Ada 3 perbedaan. Pertama teks anekdot adalah cerita lucu yang berisi sindiran, sedangkan teks humor hanya sekedar cerita lucu.
Kedua: biasanya teks anekdot berisi tentang orang-orang penting atau membahas isu penting, sedangkan teks humor bebas.
Terakhir: teks anekdot memiliki tujuan tertentu, sedangkan teks humor sebagian besar hanya untuk menghibur.

Itulah beberapa penjelasan tentang definisi, ciri, struktur dan contoh teks anekdot singkat tentang covid-19.

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas