9 Prospek Kerja Lulusan Kehutanan beserta Estimasi Gaji

Jurusan kehutanan memang tidak seterkenal jurusan kedokteran, teknik, ataupun jurusan yang ada di fakultas kesehatan. Namun perlu diingat bahwa hutan itu merupakan paru-paru dunia yang perlu dijaga dan dilestarikan. Bukan malah dieksploitasi dan membuat hutan Indonesia jadi rusak parah.

Mengenal Apa Itu Jurusan Kehutanan

Jurusan kehutanan ini diharapkan bisa mempelajari pentingnya hutan sehingga nantinya bisa menjaga, merawat dan juga melindungi komponen ekosistem yang ada di hutan. Meskipun tidak melulu harus bekerja di kehutanan tetapi itulah yang harus dicapai seorang lulusan kehutanan, sadar akan pentingnya hutan.

Prospek kerja lulusan kehutanan juga sangat beragam dan tentunya sangat cocok bagi Anda yang suka dengan lingkungan. Materi yang akan diajarkan disini juga berkaitan dengan lingkungan terutama ekosistem hutan.

Prospek Kerja Lulusan Kehutanan

Kegiatan belajar mengajar di jurusan kehutanan ini tak hanya teori saja, banyak juga kegiatan praktikum yang dilakukan di jurusan ini. Praktikum yang dilaksanakan ini sebagai bentuk praktik dari teori yang sudah diberikan sebelumnya.

Materi yang akan diberikan jika mengambil jurusan ini secara garis besar yaitu sebagai berikut.

  • Keanekaragaman hayati
  • Ekologi hutan
  • Konservasi sumber daya hutan
  • Konservasi tanah, air
  • Sifat-sifat dasar kayu
  • Silvikultur, dan masih banyak materi lainnya yang akan didapatkan dari jurusan ini

Sebelum memilih jurusan kehutanan ada beberapa pengetahuan serta keahlian yang nantinya akan dimiliki atau yang dibutuhkan oleh seorang dari kehutanan yaitu sebagai berikut.

  1. Kemampuan untuk melakukan penelitian
  2. Kemampuan untuk melakukan pengamatan
  3. Kemampuan untuk melakukan analisis
  4. Pemahaman mengenai materi kima dan juga materi biologi
  5. Serta harus memiliki kemampuan berpikir terstruktur.

Prospek kerja untuk lulusan kehutanan ini juga tak jarang bisa bekerja di daerah pertanian terutama untuk tanaman hutan.

Keunggulan Jurusan Kehutanan

Bidang kehutanan jadi salah satu yang bisa harus Anda coba atau miliki tanggung jawab yang besar. Ada beberapa keunggulan dari jurusan kehutanan ini diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Prospek kerja lulusan kehutanan punya essensi kerja yang mulia salah satunya yaitu bisa melestarikan lingkungan sekitar hutan serta menjaga hutan dengan tidak membakar hutan.
  • Jurusan kehutanan ini juga punya prospek kerja yang sangat luas dan beragam. Untuk jurusan ini punya gaji yang biasanya juga beragam dan besar seperti sebagai seorang dosen, birokrat, ahli konservasi dan lainnya.
  • Bisa bekerja disektor swasta serta perusahaan yang beroperasinya di hulu akan sangat membutuhkan lulusan dari kehutanan.
  • Bisa juga menjadi bagian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Prospek Kerja Lulusan Kehutanan

Prospek Kerja Lulusan Kehutanan

  1. Perusahaan Industri Kehutanan

Sektor pekerjaan ini tentu saja menjadi salah satu primadona bagi lulusan sarjana kehutanan yang ingin bekerja sesuai dengan bidang yang mereka geluti. Beberapa perusahaan kehutanan merupakan perusahaan berskala besar yang mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan hasil hutan.

Sebagai contoh perusahaan berskala nasional atau semacam BUMN yang bergelut dalam bidang ini yaitu Perhutani, Inhutani, dan PT. Perkebunan Nusantara. Pada perusahaan swasta, lulusan dari jurusan kehutanan mempunyai potensi bekerja di perusaan swasta seperti PT. Antam, PT. Valey, dan berbagai macam perusahaan lainnya. Gaji yang diperoleh dari sarjana lulusan kehutanan untuk bidang pekerjaan ini biasanya berkisar antara 5-7 juta rupiah per bulannya.


  1. Wirausaha

Sebagai lulusan jurusan kehutanan tentu saja memiliki bekal pengetahuan mengenai jenis-jenis pohon dan bagaimana cara memanfaatkan pohon tersebut agar dapat bermanfaat bagi manusia. Berbagai macam usaha dapat dilakukan oleh lulusan jurusan kehutanan seperti pembuat mebel atau bisnis jual beli kayu.

Sebagai contoh presiden Indonesia yaitu Bapak Joko Widodo merupakan alumni jurusan kehutanan yang pada awal karirnya sangat tekun dan berdedikasi pada bisnis mebelnya dan masih bertahan hingga sekarang.

Jika Anda memiliki modal dan bakat untuk memulai usaha produk hasil hutan maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang berhubungan dengan hal ini. Untuk gajinya sendiri tidak bisa ditentukan karena wirausaha merupakan pekerjaan yang fluktuatif pendapatannya dan harus mendapat keuntungan sebesar-besarnya.

Apabila usaha Anda sukses maka penghasilan yang didapatkan bisa mencapai ratusan juta rupiah bergantung bagaimana Anda mengatur usaha tersebut.

  1. Organisasi Konservasi Kehutanan

Salah satu bentuk pengabdian bagi lulusan kehutanan yaitu bekerja di organisasi nirlaba yang bergerak dalam perlindungan dan pemanfaatan hutan secara lestari. Berbagai macam organisasi nirlaba ini biasanya bergerak untuk menjaga konservasi dan kelestarian hutan.


Mahasiswa jurusan kehutanan yang sangat ingin menjaga dan menjadi agen penggerak dalam pelestarian hutan tentu saja sangat cocok dengan bidang pekerjaan ini. Beberapa lembaga atau organisasi yang sangat berdedikasi dalam pelestarian hutan contohnya adalah CIFOR, World Wildlife Fund, Wildlife Conservation Society, dan sebagainya.

Berbagai organisasi ini bergerak lebih ke dalam bagian pengabdian, dan pembiayaannya biasanya berupa donasi dari investor-investor yang peduli akan kelestarian hutan, jika dapat diakumulasikan biasanya anggota aktif lembaga konservasi ini dapat memperoleh sekitar 5 juta setiap bulannya.

Prospek Kerja Lulusan Kehutanan
  1.  Pegawai Negeri Sipil

Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan salah satu profesi yang sangat banyak diidamkan oleh masyarakat Indonesia, tak terkecuali bagi lulusan kehutanan. Untuk mengakomodir berbagai jenis hutan dan merawat hutan tersebut, pemerintah memiliki kementerian khusus yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang bertugas untuk menjaga ekosistem hutan dan melakukan patroli di hutan yang dimiliki Indonesia.

Dengan bekal ilmu yang dimiliki, seorang lulusan kehutanan sudah seharusnya bisa membantu pemerintah menyelesaikan berbagai macam permasalahan kehutanan yang dimiliki negeri ini. PNS untuk kementerian atau pemerintah daerah biasanya memiliki pendapatan yaitu sekitar 5 juta rupiah per bulan akan tetapi keuntungan bila menjadi PNS tentu saja bentuk tunjangan dan tingkatan jabatan yang dapat menentukan nilai gaji yang lebih tinggi ke depannya.

  1. Petani Hutan

Salah satu profesi yang jarang dilirik dari lulusan kehutanan adalah menjadi petani hutan. Secara umum pekerjaan ini mencakup budidaya tanaman kehutanan hingga dapat diambil manfaatnya dan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut

Menjadi petani hutan tentu saja membutuhkan biaya dan kemampuan yang tinggi, karena untuk mendapatkan keuntungan perlu menggunakan lahan yang luas dengan jumlah tanaman yang banyak.

Karena mirip dengan wirausaha, maka pendapatan dari pekerjaan ini tidak bisa ditentukan karena bergantung pada hasil panen dan jumlah tanaman, semakin banyak tanaman yang dipanen tentu saja semakin besar penghasilannya.

  1. Ahli Konservasi Hutan

Prospek kerja lulusan kehutanan yang selanjutnya yaitu dapat menjadi sebagai seorang ahli konservasi hutan. Pekerjaan ini memiliki job deskripsi untuk menjaga hutan serta makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Menjadi seorang ahli konservasi hutan tidak mengharuskan Anda untuk berdiri sendiri tetapi Anda bisa melakukan pekerjaan di perusahaan swasta dengan kisaran gaji 3,5 juta rupiah hingga 5,5 juta rupiah untuk per bulannya.

Editor Choices :

Apa saja hal menarik dari Jurusan Hehutanan?

Materi belajar sangat luas mulai dari pohon lingkungan air tanah iklim ekologi satwa liar dsb, Ospek kehutanan yang seru seperti mapala, Praktikum lapangan yang menjadi agenda mingguan bersama teman dan dosen ke hutan atau ke gunung. Di akhir tahun kedua ada peminatan (Manajemen Hutan, Teknologi Hasil Hutan, Budidaya Hutan, dan Konservasi Sumberdaya Hutan, dll)

Komentar / Pertanyaan