11 Syarat Masuk Jurusan Kehutanan di Kampus Top Indonesia

Setelah menyelesaikan Pendidikan di tingkat SMA/SMK, kamu akan memasuki babak baru di kehidupanmu. Di sini kamu bisa memutuskan untuk langsung terjun di dunia kerja atau melanjutkan belajarmu di Perguruan Tinggi.

Akan lebih baik untuk memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Jika kamu tertarik dengan hutan dan ekosistemnya, Jurusan Kehutanan adalah yang terbaik untukmu. Syarat masuk Jurusan Kehutanan harus kamu penuhi untuk dapat lolos pada tahap seleksi penerimaan mahasiswa Jurusan Kehutanan.

Sebelum masuk ke syarat apa saja yang harus kamu penuhi, ada baiknya kamu memahami apa itu Jurusan Kehutanan dan apa saja kiranya yang akan kamu pelajari.

Syarat Masuk Jurusan Kehutanan
Syarat Masuk Jurusan Kehutanan

Jurusan Kehutanan di Perguruan Tinggi

Jika kamu ingin nantinya dapat bekerja di bidang yang berhubungan dengan lingkungan maupun ekosistem alam, maka Jurusan Kehutanan dapat menjadi pilihan terbaik. Jurusan Kehutanan sendiri merupakan bidang study yang mengajarkan dan melatih mahasiswa untuk dapat mengatur, merawat, serta melindung ekosistem yang ada di hutan.

Pembelajaran yang akan dilakukan di Jurusan Kehutanan bukan hanya sekedar teori, namun juga mengombinasikannya dengan teknologi. Teknologi yang semakin maju diharapkan dapat mempermudah manusia dalam melindungi dan melestarikan ekosistem hutan.

Dalam proses belajarnya, mahasiswa Jurusan Kehutanan akan mempelajari banyak hal termasuk fisiologi tumbuhan dan satwa, ekologi hutan, ilmu tanah, serta management dan pengelolaan hutan. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari cara terbaik perlindungan dan rehabilitasi hutan yang rusak.

Permasalahan hutan yang membuat ekosistem hutan semakin rusak juga akan menjadi salah satu bahan pembelajaran penting yang harus dipelajari mahasiswa. Mahasiswa Jurusan Kehutanan diharapkan memiliki kemampuan untuk melestarikan dan menyelesaikan berbagai permasalahan terkait tentang kerusakan hutan.

Syarat Masuk Jurusan Kehutanan

Setiap jurusan di Perguruan Tinggi tentu saja memiliki syarat dan kriteria tertentu untuk dapat meloloskan calon mahasiswa. Begitu pula dengan syarat-syarat masuk yang harus dipenuhi siswa saat ingin belajar di Jurusan Kehutanan.

Berikut ini beberapa syarat masuk Jurusan Kehutanan yang harus kamu ketahui dan pahami jika ingin menjadi bagian dari Fakultas Kehutanan.

Suka dengan Alam dan lingkungan

Mendengar nama Jurusan Kehutanan saja, kamu pasti sudah bisa menebak bahwa jurusan yang satu ini berkaitan erat dengan lingkungan. Salah satu modal utama yang harus kamu miliki saat memilih Jurusan Kehutanan sebagai jurusanmu di Perguruan Tinggi adalah rasa cinta terhadap lingkungan.


Modal utama ini bisa kamu jadikan alasan utama mengapa kamu memilih Jurusan Kehutanan sebagai Fakultas yang kamu pilih. Rasa cinta tersebut akan mengantarkanmu pada rasa tertarik untuk mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan lingkungan.

Melakukan sesuatu yang didasarkan oleh cinta akan membuatmu mampu melakukan hal terbaik dari usaha terbaikmu. Mencintai lingkungan juga tidak cukup hanya dengan kata-kata. Harus ada bukti nyata dari kecintaanmu terhadap lingkungan tersebut.

Dengan mempelajari banyak hal mengenai cara pelestarian, pengelolaan, dan pemecahan masalah, diharapkan kamu akan mampu memberikan kontribusi secara langsung kepada lingkungan. Pekerjaan yang baik adalah yang berdasarkan pada ilmu yang tepat. Oleh karena itu, mencintai lingkungan menjadi syarat atau modal utama saat memilih Jurusan Kehutanan.

contoh teks

Suka melakukan observasi

Pengertian observasi secara umum adalah Teknik mengumpulkan data yang dilakukan oleh peneliti. Pengumpulan data tersebut diambil berdasarkan pengamatan secara langsung kepada objek penelitian dari dekat. Ketika kamu sudah resmi menjadi mahasiswa Kehutanan, akan ada banyak observasi yang harus kamu lakukan.

Observasi bisa dilakukan di laboratorium atau turun langsung ke hutan untuk mengobservasi objek penelitian sesuai dengan topik yang dipelajari. Ekosistem hutan memiliki ribuan komponen biotik dan abiotic yang dapat menjadi objek penelitian yang kamu butuhkan selama proses belajarmu dalam memahami ekosistem hutam.


Persyaratan yang satu ini akan mendorongmu menyukai kegiatan observasi secara lebih mendalam. Menjadi mahasiswa Jurusan Kehutanan berarti siap melakukan banyak observasi yang mayoritas juga akan dilakukan secara langsung di hutan. Dengan demikian, mahasiswa akan mengenal dan memahami secara langsung komponen apa saja yang harus mereka perhatikan selama melakukan observasi.

Dapat memenuhi kriteria akademik

Syarat utama lainnya untuk dapat menjadi bagian dari Fakultas Kehutanan adalah calon mahasiswa dapat memenuhi kriteria akademik. Seperti jurusan dan fakultas lainnya, Jurusan Kehutanan juga memiliki kriteria akademik yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa.

Saat penyeleksian mahasiswa baru, pendaftar akan dicek rekap akademik yang mereka peroleh selama di SMA/SMK secara keseluruhan. Karena Fakultas Kehutanan termasuk ke dalam bidang Science, maka nilai akademik yang lebih diperhatikan terletak pada nilai pelajaran science.

Selain menyiapkan nilai sesuai dengan syarat yang ditentukan di setiap Fakultas Kehutanan, kamu juga harus menyiapkan dokumen wajib lainnya. Kemudian, kamu juga harus menyiapkan dokumen pendukung yang akan memberikan nilai plus tersendiri dalam proses penyeleksian seperti piagam, sertifikat lomba atau seminar dan lain sebagainya.

Melakukan seleksi masuk dan lolos

Setiap Perguruan Tinggi dan juga Fakultas, tentu saja memiliki seleksi masuk yang berbeda. Satu Perguruan Tinggi akan mengadakan tes masuk Universitas, kampus lainnya akan mengadakan seleksi dengan cara yang berbeda.

Proses ini tak bisa kamu hindari, terlebih jika kamu mengincar kampus-kampus terbaik. Kampus terbaik biasanya akan memiliki sistem seleksi yang lebih sulit karena memang banyak calon mahasiswa yang berharap bisa lolos seleksi di Perguruan Tinggi tersebut.

Itulah mengapa, selain nilai, kamu juga harus menyiapkan diri untuk seleksi masuk Perguruan Tinggi yang ingin kamu targetkan. Kerjakan Latihan soal-soal yang serupa dari tahun sebelumnya, agar kamu tidak kaget dengan tes yang harus kamu jalani nantinya.

Menyukai kegiatan penelitian

Menjadi mahasiswa Jurusan Kehutanan berarti akan melakukan banyak penelitian yang berhubungan erat dengan lingkungan. Oleh karena itu, kamu harus mampu mempersiapkan dirimu untuk melakukan berbagai penelitian nantinya.

Penelitian yang dilakukan bukan hanya tentang tumbuhan atau hewan yang dapat kamu temukan di hutan, tapi penelitian komponen abiotic juga akan dilakukan. Contohnya saja, penelitian tanah, batuan, dan juga air yang ada di wilayah hutan tertentu.

Jika kamu memang dasarnya menyukai kegiatan penelitian, kegiatan ini akan sangat mengasyikkan karena kamu dapat menemukan banyak hal baru yang menarik. Perasaan tertarik ini akan membuatmu dapat melakukan penelitian dengan senang hati sehingga hasilnya pun dapat maksimal.

Akan berbeda cerita Ketika kamu harus melakukan penelitian secara terpaksa hanya untuk mendapatkan nilai dari dosen. Itulah mengapa penting bagi calon mahasiswa Jurusan Kehutanan untuk menyukai kegiatan penelitian.


Menyukai science (Ilmu Pengetahuan)

Bukan hanya menyukai lingkungan, syarat lainnya yang harus ada di dalam diri seorang mahasiswa Jurusan Kehutanan adalah menyukai science. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Jurusan Kehutanan akan berhubungan erat dengan lingkungan. Hal tersebut berarti Jurusan Kehutanan juga akan berhubungan erat dengan science.

Science bukan hanya tentang makhluk hidup, tapi juga benda-benda di sekitarnya yang kemudian membentuk rantai kehidupan yang berperan penting untuk semua makhluk. Tidak jauh-jauh dari science membuat Jurusan Kehutanan banyak dituju oleh siswa yang dulunya memilih IPA sebagai jurusan di SMA.

Suka Bersosialisasi dan Komunikasi Baik

Bersosialisasi menjadi kemampuan penting yang sangat dibutuhkan di dunia kerja maupun di kehidupan sehari-hari. Menjadi mahasiswa Kehutanan diharuskan memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik untuk dapat menjalin hubungan baik dengan masyarakat maupun rekan kerja.

Komunikasi yang baik dalam bekerja sama di dalam tim sangat penting agar tim dapat bekerja dengan baik. Selain bekerja Bersama tim, jika kamu terjun di dunia kerja, kamu juga akan berhubungan secara langsung dengan masyarakat.

Memiliki skill bersosialisasi yang baik akan memudahkanmu dalam melakukan penyuluhan ke masyarakat mengenai cara dan langkah pelestarian hutan. Pandai bersosialisasi juga akan memudahkanmu dalam menjalin relasi dengan berbagai pihak.

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam
Jurusan yang Cocok untuk Orang Intovert dan Pendiam

Mampu melakukan analisis

Selain meneliti dan mengobservasi, kemampuan menganalisis juga sangat dibutuhkan oleh mahasiswa Kehutanan. Bukan hanya saat menjadi mahasiswa, kemampuan menganalisis juga akan berperan penting Ketika kamu sudah memasuki dunia kerja.

Pada dasarnya, menjadi mahasiswa Kehutanan akan dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dengan baik. Salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah adalah dengan menganalisisnya terlebih dahulu. Menganalisis masalah kemudian mencari langkah apa yang paling tepat untuk menyelesaikannya.

Tidak buta warna

Syarat penting lainnya yang harus dipenuhi oleh seluruh mahasiswa Jurusan Kehutanan adalah tidak buta warna. Entah itu buta warna partial atau total, penderita buta warna sangat disayangkan tidak bisa lolos seleksi calon mahasiswa Jurusan Kehutanan.

Hal tersebut dikarenakan mahasiswa Kehutanan akan berurusan secara langsung pada objek penelitian. Ketika meneliti, akan ada banyak substance dengan warna berbeda yang harus dapat dibedakan secara spesifik oleh peneliti (mahasiswa). Bagi mereka yang menderita buta warna, akan sulit menganalisis komponen atau substance objek penelitian.

Kesanggupan biaya selama masa kuliah

Syarat terakhir di dalam daftar ini adalah kesanggupan orang tuamu dalam membayar biaya perkuliahan. Bukan rahasia umum lagi bahwa biaya perkuliahan setiap tahunnya akan semakin meningkat. Terlebih jika kamu memilih Perguruan Tinggi Swasta yang mengharuskanmu membayar semua biaya.

Jurusan Kehutanan mengharuskan mahasiswanya untuk aktif melakukan berbagai observasi, analisis dan penelitian. Kegiatan tersebut tentu saja membutuhkan dana yang tidak sedikit. Itulah mengapa kamu harus yakin akan kemampuanmu atau orang tua untuk membayar biaya perkuliahan yang tidak murah. Kecuali jika memang kamu mendapatkan biaya siswa.

Memiliki jiwa berpetualang

Menjadi seorang mahasiswa Jurusan Kehutanan tentu akan banyak melakukan praktik lapang yang mengharuskanmu untuk sering pergi ke hutan. Akan sulit bagimu jika selama ini kamu hidup di kota dengan berbagai fasilitas mudah dan hobi mager. Namun, akan sangat menantang sekaligus mendebarkan bagimu yang memiliki jiwa berpetualang.

Hutan memiliki medan yang tak terduga saat kamu ingin menjelajahnya. Bukan hal mudah pula untuk dapat menentukan arah mana yang menunjukkan jalan yang tepat. Itulah mengapa, jiwa berpetualang sangat dibutuhkan untuk mahasiswa Jurusan Kehutanan agar mereka dapat menemukan hal menarik tersebut dari banyaknya kegiatan yang mereka lakukan di hutan.

Editor Choices :

Syarat masuk Jurusan Kehutanan yang telah disebutkan di atas dapat kamu persiapkan dari jauh hari. Selain persiapan akademis, persiapan skill juga sangat penting sebagai bekal kamu nantinya setelah resmi menjadi mahasiswa Jurusan Kehutanan.

Komentar / Pertanyaan