Kenali 8 Ciri-ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Psikologi

Ada banyak jurusan di Perguruan Tinggi yang dapat Anda ambil sebagai bekal masa depan. Termasuk Jurusan Psikologi yang kini sedang digandrungi oleh kawula muda karena prospek kerjanya luas.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Jurusan Psikologi? Jurusan Psikologi merupakan salah satu jurusan studi di Perguruan Tinggi yang dasar keilmuannya mempelajari tentang proses mental serta tingkah laku manusia sehingga output keilmuannya dapat memanusiakan manusia.

Apakah Anda tertarik untuk masuk Jurusan Psikologi? Ketahui dan pelajari lebih lanjut tentang syarat masuk, kelebihan, kekurangan serta ciri-ciri orang yang cocok masuk Jurusan Psikologi dengan membaca secara seksama postingan ini hingga selesai.

ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi

Syarat Masuk Jurusan Psikologi

Pada dasarnya, syarat-syarat masuk Jurusan Psikologi itu hampir sama dengan masuk jurusan-jurusan yang lainnya. Hanya saja ada kekhususan-kukhususan tersendiri yang perlu Anda perhatikan dan persiapkan.

  • Lulus SMA atau Sederajat

Syarat pertama dan bersifat umum sebelum Anda masuk Perguruan Tinggi adalah memiliki predikat dan sertifikat Lulus terlebih dahulu dari jenjang SMA/Sederajat. Oleh karena itu, Anda wajib mempersiapakn diri secara matang agar mendapatkan kelulusan seperti yang diharapakan.

  • Berasal dari Jurusan IPA atau IPS

Walaupun di SMA/Sederajat itu terdapat banyak jurusan, tetapi prioritas yang diterima di Perguruan Tinggi pada Jurusan Psikologi berasal dari Jurusan IPA atau IPS. Kenapa bisa demikian? Itu didasarkan pada dasar keilmuan IPA dan IPS yang cukup menunjang Jurusan Psikologi tersebut.

Jurusan IPA itu identik dengan karakter yang lebih kuat untuk basic theory dan analisis yang menunjang Jurusan Psikologi tersebut. Sedangkan, Jurusan IPS memiliki karakter yang cenderung bisa memahami gejala sosial yang juga dibutuhkan untuk memperdalam keilmuan Psikologi.

Jadi, pantaslah jika prioritas yang masuk Jurusan Psikologi itu harus berasal dari rumpun IPA atau IPS, walaupun bisa saja beberapa Perguruan Tinggi menetapkan ketentuan yang berbeda dengan menerima calon mahasiswa selain dari jurusan IPA atau IPS.

  • Lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Lulus SMA/Sederajat dan berasal dari Jurusan IPA atau IPS ternyata tidak cukup untuk meloloskan Anda ke Jurusan Psikologi. Ya, Anda harus menempuh syarat berikutnya yaitu lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Ragam metode dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru sudah diterapkan oleh Perguruan Tinggi seperti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), ataupun seleksi mandiri yang khusus diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi yang Anda tuju.


  • Melengkapi Berkas Pendaftaran

Apabila Anda sudah Lulus seleksi penerimaan Mahasiswa Baru, langkah selanjutnya adalah melengkapi berkas atau dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran seperti Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, Ijazah, dan dokumen pendukung lainnya.

  • Bebas NAPZA

Point penting lain untuk masuk Jurusan Psikologi adalah bebas NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat adiktif). Ketika Anda bebas NAPZA, maka secara langsung kondisi kejiwaan atau psikologi Anda, baik itu berupa pikiran, prilaku ataupun perasaan dapat terkontrol dengan baik. Test bebas NAPZA pada umumnya dilakukan dengan uji urine dengan alat urine screen plus.

  • Sehat Jasmani dan Rohani

Sehat jasmani dan rohani biasanya dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari dokter dengan format tertentu sebagai syarat terakhir bahwa Anda layak diterima di Jurusan Psikologi.

alasan memilih jurusan psikologi

Ciri-Ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi dapat dikatakan sebagai salah satu jurusan yang unik dan menarik sehingga tidak semua orang akan cocok dengan Jurusan Psikologi. Oleh karena itu, ayo kenali ciri-cirinya!


  • Mudah Berinteraksi dengan Orang Lain

Apakah Anda tipe orang yang mudah berinteraksi dengan orang lain? Jika Ya, maka Anda adalah ciri orang yang tepat untuk masuk Jurusan Psikologi karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ilmu Psikologi itu akan menuntut Anda untuk mempelajari tingkah laku manusia termasuk bagaimana cara mereka berinteraksi.

  • Memiliki Kecerdasan Emosi

Kecerdasan emosi harus juga dimiliki oleh Anda yang ingin masuk Jurusan Psikologi karena dengan bekal karakter ini, Anda akan memiliki kemampuan kontrol emosi yang baik sehingga dapat menerima, menilai, ataupun mengelola sesuatu secara objektif.

  • Tertarik dalam Aspek Mengamati

Mengamati umumnya diartikan sebagai suatu tindakan untuk melihat atau memperhatikan secara seksama atau teliti. Mengamati merupakan aspek penting dalam Ilmu Psikologi sehingga karakter tersebut akan menunjang Anda untuk masuk Jurusan Psikologi.

  • Mampu Berpikir Kritis

Berpikir kritis adalah suatu kemampuan untuk berpikir secara logika dan masuk akal serta rasional dan tertata. Berfikir kritis juga identik dengan kemampuan seseorang untuk membaca dan memahami suatu permasalahan dengan cepat dan tepat. Jika itu ada di diri Anda, maka Anda cocok masuk jurusan Psikologi.

  • Memiliki Sikap Netral

Karakter berikutnya yang menandakan bahwa Anda cocok masuk Jurusan Psikologi adalah memiliki sikap netral. Sikap netral sendiri merupakan sikap bijak yang tidak memihak satu sama lain. Artinya, akan bersikap objektif atau tidak subjektif dalam memberikan penilaian tertentu.

  • Mampu Menjadi Pendengar
  • Mampu menyimpan Rahasia / Aib
  • Pola Pikir dan Orientasi Solutif (Bagaimana)
    bukan Menyalahkan (Mengapa)
jurusan kuliah yang cocok

Kelebihan Jurusan Psikologi

  • Mengenali Diri Sendiri

Jurusan Psikologi akan menuntut Anda untuk mengetahui lebih dalam tentang diri Anda sendiri sebelum mengetahui atau mempelajari orang lain. Oleh karena itu, secara tidak disadari Anda akan bersikap lebih bijak dalam menghadapi masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan Anda.

  • Belajar Menjadi Bijak

Keuntungan bagi Anda yang memilih Jurusan Psikologi adalah dapat belajar menjadi orang bijak sehingga Anda akan memiliki kemampuan empati yang besar. Output-nya, Anda akan menghadapi ragam permasalahan dengan reaksi yang bijaksana dan tidak berlebihan.

  • Mempunyai Kemampuan Analisis

Analisis merupakan aktivitas berpikir secara cepat, akurat dan dibuktikan secara ilmiah. Kemampuan tersebut akan terasah dengan beberapa mata kuliah yang mengarah pada kemampuan analisis seperti mata kuliah psikodiagnosis.

  • Mempunyai Kemampuan Mengolah Data

Ilmu Psikologi dapat menuntun Anda untuk memiliki kemampuan dalam mengolah data. Dengan pendekatan penelitian kuantitatif yang diberikan, Anda akan dihadapkan dengan proses pengolahan data yang lumayan rumit dalam bentuk analisis penelitian atau riset.

  • Prospek Kerja yang Bagus

Lulusan Psikologi idealnya harus menjadi psikolog, HRD, atau konselor. Namun, bekal ilmu tersebut ternyata dapat menunjang Anda untuk berkarir di sektor keilmuan lainnya. Dengan modal ilmu tersebut, Anda akan terbimbing untuk mendapatkan prospek kerja yang memadai.


  • Referensi yang Mudah Ditemukan

Jangan khawatir memilih Jurusan Psikologi karena saat ini sudah banyak sumber Ilmu Psikologi yang dibuat secara aplikatif dan menarik dalam bentuk referensi web, video, e-book, ataupun riset dari ilmuan ternama.

Universitas yang Menerima KIP Kuliah

Kekurangan Jurusan Psikologi

  • Disuguhi Studi yang Cukup Berat

Ada banyak Mata Kuliah yang harus diselesaikan oleh mahasiswa yang mengambil Jurusan Psikologi. Ini akan menjadi beban tersendiri bagi Anda yang tidak sungguh-sungguh masuk jurusan ini.

  • Dihadapkan dengan Matematika Dan Biologi

Bagi Anda yang tidak suka dengan Mata Pelajaran Matematika dan Biologi, maka memilih jurusan Psikologi akan menjadi suatu Boomerang. Mata Kuliah Statistika yang identik dengan berbagai cara perhitungan serta Mata Kuliah Biopsikologi yang identik dengan Mata Pelajaran Biologi akan menjadi pertimbangan yang berat apabila Anda kurang menyukai keduanya.

  • Psikolog Identik dengan Peramal

Membaca pikiran atau memprediksi perilaku adalah keahlian yang dimiliki oleh Anda yang telah mendalami Ilmu Psikologi. Sayangnya, sebagian masyarakat menganggap bahwa kemampuan tersebut diidentikan dengan peramal ataupun paranormal yang kesannya negatif, padahal Ilmu Psikologi dapat dibuktikan secara ilmiah.

Bagaimana Rasanya Menjadi Mahasiswa/i Jurusan Psikolog ?

Gambaran kuliah jurusan psikologi kampus A dengan kampus B tentu berbeda. Perbedaan kurikulum, juga akan memberikan perbedaan pengalaman. Jika calon mahasiswa berpikir bahwa Anda akan terhindar dari matematika, maka anggapan itu SALAH

Sebagian kampus juga menekankan pada metode, ketimbang teori. Metode psikologi yang sedang populer belakangan ini adalah eksperimen. Materi-materi yang melibatkan angka, aritmatika, statistika adalah wajib.

Di jurusan psikologi, kita akan mempelajari tentang filsafat, konseptual, teknis (saintifik), Sosio Emosional, Fenomenologis. Last but not the least, ada beberapa kampus yang mewajibkan magang, ada juga yang tidak.

Editor Choices :

Itulah pembahasan tentang Ciri-Ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Psikologi. Apakah Anda sudah ter-cover menjadi salah satu orang yang cocok untuk menjadi bagian dalam Jurusan Psikologi? Jawabanya ada di hati Anda masing-masing.

Komentar / Pertanyaan