11 Manfaat / Pentingnya Organisasi bagi Mahasiswa

Bagi kamu yang berstatus sebagai mahasiswa yang aktif pastinya tidak akan merasa asing lagi dengan organisasi di kampus. Selain itu, pastinya juga menyadari betapa pentingnya mengikuti organisasi.

Namun sebagian mahasiswa kurang tertarik untuk mengikuti organisasi karena kesibukan yang dimiliki. Sehingga takut jika kuliah terganggu akibat organisasi yang diikutinya.

pentingnya organisasi bagi mahasiswa

Hal ini tergantung pada diri seseorang dalam mengatur waktu, antara mengikuti organisasi dengan kuliah. Untuk bisa masuk dan bergabung pada organisasi di kampus kamu tidak perlu merasa takut.

Tugas kuliah kamu pun tidak akan keteteran jika pandai dalam mengatur waktu. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari pentingnya organisasi bagi mahasiswa,sehingga jangan ragu untuk bergabung.

Berikut ini manfaat yang bisa diperoleh jika kamu berperan sebagai mahasiswa aktif di dalam berbagai organisasi kampus:

  • Belajar Menjadi Pemimpin

Suatu organisasi yang ada di Universitas menjadi salah satu cara dalam mengembangkan dasar-dasar kepemimpinan pada diri seseorang. Walaupun di dalam kelas sudah terdapat pembagian kinerja.

Misalnya seperti ketua kelas, wakil ketua, bendahara, sekretaris, maupun pengurus organisasi yang lainnya. Namun hal ini berbeda jika kamu mengikuti organisasi pada ruang lingkungan yang jauh lebih luas.

Untuk pembagian kerja pada biasanya berdasarkan dari tim dan untuk setiap anggota organisasi akan terasa rasa percaya dirinya supaya bisa mempengaruhi orang lain di dalam sebuah tujuan.

  • Mempunyai Banyak Teman

Pada saat kamu mengikuti organisasi, maka sudah bisa dipastikan jumlah teman baik akan semakin bertambah. Selain itu jaringan komunikasi pun juga semakin luas.

Apabila kamu hanya berfokus pada kuliah saja, bisa jadi teman yang dikenal hanyalah teman sejurusan atau selokal saja. Akan tetapi hal ini berbeda ketika Kamu masuk dalam organisasi.

Kamu akan lebih banyak mengenal orang lain, baik itu didalam satu kampus maupun beda kampus.

  • Kemampuan Semakin Terasah

Semakin banyak bertemu dengan orang, maka akan memudahkan kamu untuk berdiskusi terhadap orang lain. Hal ini secara tidak langsung bisa melatih keterampilan interpersonal seseorang yang semakin bagus.

Disinilah manfaat berorganisasi yang bisa diperoleh jika kamu mengikuti organisasi di kampus. Kamu pun bisa lebih mengenal karakter orang yang berbeda.

  • Semakin Meningkatkan Jaringan

Pada saat kamu sudah memutuskan untuk masuk ke dalam suatu organisasi, maka hal ini berarti kamu bergabung pada sebuah jaringan. Pada biasanya kamu yang terhubung pada wadah organisasi mempunyai persaudaraan yang kuat.

Termasuk pada saat mengikuti maupun menjadi panitia di acara tertentu. Saat itulah anggota dari wadah organisasi akan terhubung pada pihak lain secara kompetensi.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak anak kuliah yang aktif berorganisasi cenderung mempunyai relasi yang banyak. Dibandingkan dengan mahasiswa yang aktif kuliah.

  • Pengetahuan Semakin Luas

Pengetahuan tidak hanya bisa diperoleh dari membaca maupun mengikuti kuliah dosen saja. Akan tetapi melalui organisasi di kampus juga dapat menambah pengetahuan.

Berbeda dengan belajar dari buku yang hanya banyak teorinya saja. Sedangkan mengikuti organisasi, pengetahuan yang bisa didapatkan dapat secara langsung yaitu melalui dunia nyata tanpa adanya teori.

  • Mengasah Soft Skill

Pentingnya organisasi bagi mahasiswa adalah meningkatkan kepekaan dan me managed diri sendiri. Soft skill dan hard skill mempunyai arti yang berbeda. Hardskill berarti kemampuan teknis yang dipelajari melalui suatu disiplin ilmu, misalnya merakit mesin mobil, mengotak-atik komputer, atau yang lainnya.

Sementara soft skill merupakan kemampuan memanajemen diri atau memanajemen orang lain. Contohnya bekerja sama dengan tim, mengatur bawahan, mengatur waktu, bersikap disipli,n maupun yang lainnya.

Soft skill memang hal yang kecil, akan tetapi cukup esensial karena berhubungan erat antar manusia. Untuk bisa memahami softskill tidak hanya dari sebuah buku maupun materi.

Namun juga bisa diperoleh jika kamu mengikuti suatu organisasi.

  • Mempertajam Bakat

Secara tidak langsung bakat yang kamu miliki dapat terasa dan semakin tajam jika dilakukan secara terus-menerus. Termasuk ketika kamu mengikuti suatu organisasi.

advertisement

Jika mengikuti organisasi dalam dunia olahraga, maka kamu akan semakin ahli di dalam bidang olahraga. Begitu juga dengan yang lainnya.

  • Menambah Nilai Pada CV

Sebagian mahasiswa memang tidak berpikir sejauh ini, betapa pentingnya mengikuti suatu organisasi. Ternyata daftar organisasi yang kamu ikuti dapat dimasukkan ke dalam CV atau surat lamaran.

Hal ini juga bisa menambah nilai pada CV yang kamu tulis tersebut. melalui pengalaman berorganisasi menjadikan perusahaan semakin yakin ketika merekrut kamu.

Alasannya karena kamu dianggap mempunyai pengalaman dalam bekerja sama dengan tim. Dengan demikin, perusahaan tidak lagi merasa ragu untuk memilih kamu sebagai kandidat yang sedang dicari perusahaan.

  • Lebih Peduli Terhadap Lingkungan Sosial

Pentingnya organisasi bagi mahasiswakarena dapat membantu para pelajar supaya lebih peduli terhadap lingkungan sosial. Mengetahui fenomena sosial di lingkungan sekitar juga perlu dilakukan.

Hal ini bisa membantu para pelajar supaya dapat memahami wawasan sosial. Sebagai manusia, terlebih lagi berstatus sebagai mahasiswa tentunya harus lebih peduli terhadap lingkungan sosial karena kamu adalah penerus bangsa.

  • Melatih Interaksi

Manfaat dalam berorganisasi selanjutnya yaitu bisa melatih interaksi ketika kamu berhadapan dengan berbagai kalangan. Saat berada pada arena perkuliahan, pastinya akan menghadapi berbagai macam kalangan.

Baik itu mulai dari teman sekelas, adik tingkat, kakak tingkat, bahkan sampai dengan Direktorat. Kalangan secara Kompleks tersebut bisa menjadikan kamu terus-menerus belajar menyesuaikan dengan cara bersosialisasi dan berinteraksi dengan baik.

  • Bisa Menyelesaikan Masalah

Saat mengikuti organisasi pastinya kamu akan lebih mengenal berbagai karakter dari anggota. Secara tidak langsung kamu sudah bisa merasakan pentingnya organisasi bagi mahasiswa.

Hal ini dapat membantu untuk meredam ego serta mementingkan keperluan orang lain dibandingkan kepentingan pribadi. Ketika memutuskan untuk mengikuti organisasi kuliah, pastinya ada beban yang harus ditanggungnya.

Untuk itu harus pandai dalam mengatur waktu supaya tetap dapat mengerjakan tugas kuliah dan mengikuti mata pelajaran tanpa mengganggu organisasi. Cara inilah yang tanpa disadari dapat melatih kamu supaya bisa menyelesaikan masalah.

  • Membentuk Pola Pikir

Semakin banyak pengalaman yang bisa diperoleh, maka menjadikan diri seseorang berpikir dengan luas dan dewasa. Sama halnya dengan mahasiswa yang lebih banyak mengikuti organisasi di luar kampus mempunyai pola pikir yang sangat bagus.

Hal ini bersumber dari kesamaan visi maupun misi bersama dengan rekan yang terdapat di dalam organisasi. Setiap permasalahan bisa kamu pecahkan dengan baik.

Keputusan yang diambil pun juga tidak asal. Selain itu kerjasama dengan tim juga terjalin dengan baik karena dalam suatu organisasi mengedepankan solid dan kekeluargaan.

Memang tidak lengkap rasanya jika seorang mahasiswa tidak mengikuti organisasi yang ada di dalam kampus maupun di luar kampus. Terlebih lagi pentingnya organisasi bagi mahasiswa,maka selalu disarankan supaya mengikutinya, agar merasakan manfaatnya.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest