3 Strategi Analisis SWOT Diri Sendiri sebagai Mahasiswa yang Efektif

Mahasiswa tentu harus menentukan masa depannya sendiri. Dengan rencana yang tersusun secara matang maka tujuan lebih mudah tercapai. Salah satunya dengan melakukan analisis SWOT diri sendiri sebagai mahasiswa.

Analisis SWOT menjadi penting dilakukan. Pasalnya, analisis ini berguna untuk merumuskan solusi atas setiap permasalahan. Belum lagi adanya tantangan zaman yang semakin berubah.

analisis SWOT diri sendiri sebagai mahasiswa

Oleh karena itu semua mahasiswa harus mampu melakukan analisanya sendiri. cara pertama tentu dengan mengetahui apa itu SWOT. Ini penting sebagai panduan dalam penyusunan rencana masa depan.

Pengertian Lengkap Terkait SWOT Yang Mudah Dipahami

Sebelum lakukan analisis, maka pengertian analisis SWOT begitu penting. SWOT sendiri merupakan elemen yang terdiri atas kekuatan, kelemahan, kesempatan, serta ancaman (strength, weakness, opportunities, dan threats).

Analisis SWOT diri sendiri sebagai mahasiswa melibatkan penyusunan tujuan secara lengkap. Penyusunan juga harus spesifik dari segi spekulasi masa depan. Tentu dengan memerhatikan setiap faktor baik internal atau pun eksternal.

Semua faktor harus dilibatkan mulai dari yang mendukung atau menghambat. Analisis ini dilakukan dengan memilah 4 faktor dalam mencapai tujuan. Sehingga dapat ditarik solusi atas setiap permasalahan.

Kekuatan (strength) digambarkan sebagai nilai plus mahasiswa. Kekuatan inilah yang menjadi nilai tambah. Serta akan membedakan antara satu mahasiswa dengan lainnya.

Cara penyusunan kekuatan dilakukan dengan melihat diri sendiri. cari apa saja hal yang disukai serta bisa dilakukan. Jadikan hal tersebut sebagai penambah nilai diri.

Kelemahan (weaknesses) merupakan gambaran atas kelemahan diri mahasiswa. Dalam menyusun, harus dilakukan dengan jujur. Tuliskan setiap kelemahan diri secara lengkap.

Fungsi penulisan ini adalah untuk mencari solusi. Sehingga kelemahan yang ada bisa dikembangkan menjadi kekuatan. Alhasil, hal negative juga dapat berubah menjadi positif.

Kesempatan (opportunities) adalah setiap peluang yang ada di depan mata. Peluang ini harus dilihat secara objektif. Tak hanya itu, setiap peluang harus diidentifikasi dengan sudut pandang luas.

Gabungan antara kekuatan dengan peluang ini dapat mencapai kesuksesan. Namun, jika mahasiswa pandai dalam melihat peluang. Sehingga penting menyusun analisa SWOT sejak awal.

Ancaman (threats) adalah segala hal yang berpotensi merusak peluang. Bagian ini juga harus ditulis secara utuh. Lihat dengan jeli apa saja ancaman yang akan dihadapi.

Dengan merumuskan ancaman, maka kamu bisa mendapatkan cara penanganan. Bagaimana cara agar ancaman yang ada tak berpengaruh terhadap usaha. Sehingga dapat mencegah terjadinya hal tak diinginkan.

Ancaman akan dikaitkan dengan kelemahan. Di mana antara kelemahan dan ancaman harus dicari solusinya. Bagaimana solusi terbaik untuk menghalau setiap halangan.

Harapannya, saat kekuatan dan kelemahan bisa dianalisis maka kesukesan bukanlah angan. Pasalnya, sudah memiliki pegangan sejak awal bagaimana merumuskan solusi.

Analisis SWOT kerap digunakan bagi perusahaan. Tujuannya adalah untuk merumuskan strategi bisnis. Namun juga bisa dilakukan untuk diri mahasiswa.

Dengan analisis SWOT lengkap, maka akan memiliki panduan lengkap. Sehingga kamu bisa lebih fokus pada tujuan masa depanmu. Tanpa perlu merisaukan kejadian di lingkungan sekitar.

Analisis SWOT juga sangat bagu untuk melihat karakter. Misalnya untuk melihat apakah memiliki kepemimpinan. Atau justru untuk melihat potensi tertentu dalam diri.

Intinya analisis SWOT merupakan pemetaan diri. Di mana tujuan utamanya adalah mengevaluasi setiap elemen. Sehingga bisa menyelesaikan setiap permasalahan.

Tujuan Dan Manfaat Analisis SWOT

Analisis SWOT dibuat dengan tujuan tertentu. Terlebih manfaat yang dirasakan begitu besar. Tak heran jika mahasiswa harus mampu menganalisis dirinya sendiri.

Tujuan analisis SWOT sendiri adalah untuk menemukan peluang 4 elemen. Elemen tersebut adalah kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

advertisement

Harapannya, saat melakukan analisis maka elemen positif dapat dimaksimalkan. Kekuatan dapat dimaksimalkan. Serta kelemahan dapat diminimalkan atau dihilangkan.

Ancaman yang ada juga bisa direduksi. Serta dapat mengambil peluang yang paling menguntungkan sebanyak-banyaknya.

Dengan analisis SWOT, maka dapat lebih mengenal visi misi diri sendiri. sehingga tujuan dapat tercapai dengan mudah. Berikut manfaat lakukan analisis SWOT.

  • Lebih Memahami Kekuatan

Manfaat pertama analisis SWOT adalah memahami kekuatan. Sehingga kamu bisa tahu apa saja yang harus dilakukan. Khususnya dalam meningkatkan skill yang dimiliki.

  • Melihat Jeli Peluang

Manfaat selanjutnya analisis SWOT adalah melihat jeli peluang. Dari situ, kamu bisa lebih paham peluang mana yang bisa digunakan. Mengingat tak semua peluang memiliki kadar sama.

Artinya harus dicari peluang yang mendekatkan dengan tujuan. Dicari juga jalan paling efektif dan tak menyulitkan. Sehingga lebih mudah untuk mencapai masa depan.

  • Melihat Kelemahan Diri Sendiri

Tak semua orang mengetahui kelemahannya. Bahkan banyak yang tak mau mengakuinya. Dengan analisis SWOT, maka kamu dapat mengetahui kelemahan diri sendiri.

Oleh karena itu, dapat memaksimalkan potensi. Serta mencari solusi atas kekurangan diri. Sehingga kekurangan lebih dapat diminimalisir.

  • Mengetahui Ancaman

Ancaman tentu akan selalu ada dalam setiap kesempatan. Tugas kita bukan mengusirnya namu mencari solusi tepatnya.

Sehingga dengan adanya pemetaan ancaman maka salah satunya dapat direduksi. Kamu juga menjadi lebih mempersiapkan diri atas ancaman.

Contoh Analisis SWOT Mahasiswa

Saat melakukan analisis, perlu diperhatikan kejujuran. Tanpa kejujuran maka analisis akan menjadi percuma. Pasalnya solusi yang ditawarkan tidaklah relevan.

Sehingga saat akan menganalisis perlu refleksi diri. Lihat setiap bagian dengan jeli. Jangan sampai ada yang ditutup-tutupi.

Contoh analisis diri sendiri sebagai mahasiswa. Seorang mahasiswa dengan nama Rani. Ia baru saja lulus dari kampus ternama di Jakarta.

Jurusan yang dimiliki adalah akuntansi. Saat ini dia hendak melamar pekerjaan di perusahaan multinasional. Sehingga analisis SWOT harus dibuat lengkap.

Strength (Kekuatan)

Kekuatan yang ditonjolkan oleh Rani berasal dari kebiasaan. Pahami apa saja hal yang biasa Anda lakukan. Pilih yang paling dominan berikut contohnya.

  1. Teliti dalam melakukan perhitungan
  2. Cermat serta rapi dalam menyelesaikan pekerjaan
  3. Mudah beradaptasi di lingkungan baru
  4. Lulus dengan predikat memuaskan
  5. Memiliki pengalaman organisasi
  6. Mampu berkomunikasi dengan efektif
  7. Mampu memimpin dan bisa dipimpin
  8. Pandai mengelola keuangan\
  9. Dapat dipercaya
  10. Bertanggungjawab
  11. Memiliki pengalaman magang yang relevan dengan kerjaan

Kelemahan (Weakness)

Saat menyusun kelemahan, maka kamu harus juur. Tuliskan apa saja kelemahan yang dimiliki. sebisa mungkin relevan dengan pengalaman dan kinerja kamu.

Berikut contoh kelemahan diri dari Rani

  1. Cepat bosan terhadap keadaan
  2. Tidak sabaran
  3. Komunikasi bahasa inggris yang kurang
  4. Mudah baper

Satu yang perlu diingat saat menyusun kelemahan adalah jujur. Perusahaan tak akan menilai apa kelemahan Anda. namun, apa solusi untuk menutupi kelemahannya.

Sehingga penting untuk menuliskan jenis kelemahan yang bisa diperbaiki. Namun, yang paling tentu merubah keadaan tersebut. Sehingga kelemahan dapat diubah menjadi kekuatan.

Peluang (Opportunities)

Peluang merupakan kondisi yang dapat mewujudkan kesuksesan. Adanya peluang harus ditemukan dengan jeli. Pasalnya, tak bisa ditemukan secara tiba-tiba.

Dalam penyusunannya kamu harus mampu objektif atas setiap kondisi. Sehingga dapat terlihat dari sudut pandang yang luas. Berikut peluang yang bisa ditulis oleh Rani.

  1. Memiliki banyak teman dan relasi
  2. Aktif dalam ikatan alumni
  3. Banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan akuntansi
  4. Dukungan besar dari keluarga dan teman

Ancaman (Threats)

Ancaman bisa diartikan sebagai hal yang menghambat langkah kamu. Hal ini juga harus ditulis secara lengkap. Tujuannya adalah agar bisa direduksi.

Berikut contoh ancaman yang kerap menghampiri Rani

  1. Banyaknya pelamar lain yang sejurusan
  2. Pelamar lain lebih berpengalaman
  3. Pelamar lain lebih pandai berbahasa asing
  4. Posisi yang dibutuhkan satu yang melamar ratusan

Setelah mendapatkan 4 elemen secara lengkap, maka Rani dapat merumuskan terkait solusinya. Tentu solusi atas kelemahan atau pun ancaman yang menghadang. Berikut solusinya.

1. Mulai belajar bahasa asing
2. Melati mood agar tak selalu baperan di tempat kerja
3. Berlatih belajar psikotes
4. Memperbagus portofolio

Analisis SWOT diri sendiri sebagai mahasiswa ini begitu penting. Pasalnya, analisis inilah yang akan mengantarkan pada kesuksesan. Semakin kenal diri maka kesuksesan makin menghampiri.

Apa yang dimaksud analisis SWOT?

Perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) terhadap individu, kelompok, instansi produk atau layanan.
Faktor internal = strenght, weakness
Faktor eksternal = opportunity, threats

Begitu sebaliknya, semakin tak kenal diri maka semakin sulit untuk digapai. Jadi, bagi mulai buat analisis secara lengkap terkait diri sendiri. sehingga saat nanti dibutuhkan sudah siap dipakai.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest