6 Perbedaan Jurnal dan Paper, Makalah, Artikel

Sebagai seorang mahasiswa, tugas dari dosen adalah sebuah hal yang tak pernah terlewatkan. Salah satu tugas yang paling sering diberikan yaitu untuk mengulas tentang jurnal dan paper.

Sebelum mengulas, mahasiswa tentu diharapkan sudah tahu tentang perbedaan keduanya agar lebih mudah dalam mengerjakan. Sebagai referensi, ini dia perbedaan jurnal dan paper.

Mengenal Apa itu Jurnal

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnal memiliki arti yaitu sebuah majalah yang berisi artikel yang membahas bidang atau topik tertentu.

perbedaan jurnal dan paper makalah artikel

Sementara, berdasarkan istilah, jurnal ilmiah adalah rangkuman artikel yang berisi hasil penelitian, yang kemudian dipublikasikan sebagai upaya diseminasi hasl penelitian.

Mengutip dari Simon Fraser University, artikel jurnal adalah artikel yang mengulas suatu bidang secara spesifik dan terperinci. Berdasarkan reputasinya dan kompetensi penulisnya, jurnal lebih unggul daripada paper.

Sponsored Link

Umumnya, jurnal ditulis oleh para pakar yang memang ahli di bidang yang ia ulas di jurnal. Dengan kredibilitas tersebut, jurnal biasanya dipublikasikan di situs jurnal resmi.

Mengenal Apa itu Paper

Paper adalah istilah lain untuk makalah. Makalah diartikan sebagai artikel yang merangkum hasil penelitian atau ulasan penelitian terdahulu yang dikemas dalam format tertentu.

Penulisan makalah dibuat secara sistematis; mulai dari topik , masalah, hingga pembahasan. Makalah memiliki integritas di bawah jurnal, sehingga tidak bisa memiliki ISSN.

Makalah juga bisa diartikan sebagai tulisan berisi hasil penyelidikan dan penelitian sebuah topik yang kemudian ditarik kesimpulannya. Umumnya, digunakan dalam bidang akademis, khususnya mahasiswa perguruan tinggi.

Penulisan makalah umumnya mengambil referensi dari fakta yang tertulis pada artikel yang memiliki reputasi baik. Jurnal termasuk salah satunya. Dengan demikian, penulisan makalah bisa bersumber dari jurnal.

perbedaan jurnal dan paper

Mengenal Perbedaan Jurnal dan Paper

Sekilas, baik jurnal maupun paper memiliki kemiripan yang susah untuk diidentifikasi. Nyatanya, ada beberapa perbedaan signifikan yang membedakan keduanya. Ada setidaknya enam faktor yang membedakan antara jurnal dan paper.

  • Proses Pengumpulan – Paper Lebih Mudah, Jurnal Lebih Rumit

Paper akan melalui proses pengumpulan yang jauh lebih mudah sebab tidak memiliki seleksi yang kompleks, semenara jurnal  akan melalui seleksi yang lebih rumit, termasuk seleksi oleh para ahli, sebab berisi penelitian yang nantinya akan dibukukan. Maka dari itu, seleksi yang rumit diharapkan dapat menyaring betul jurnal yang benar-benar berkualitas.

  • Jadwal Publikasi – Paper Bisa Kapan Saja, Jurnal Mengikuti Jadwal

Paper memiliki jadwal publikasi yang lebih fleksibel dan cepat, sebab proses pengumpulan yang lebih mudah. Sementara, jurnal akan dipublikasikan berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, entah itu tahunan atau bulanan.

Kembali lagi, jurnal adalah hasil penelitian yang harus diteliti kembali oleh para ahli menyangkut kebenarannya. Maka dari itu, jadwal publikasi tidak bisa fleksibel seperti paper.

  • Akreditasi – Paper Tidak Punya, Jurnal Wajib Punya

Makalah atau paper tidak memiliki akreditasi, kecuali apabila makalah tersebut menjadi bagian publikasi jurnal yang berakreditasi. Sementar, jurnal memiliki status akreditasi.

Sponsored Link

Di Indonesia, petugas seleksi jurnal yaitu DIKTI. Nantinya, DIKTI akan bertugas untuk menilai kualitas dari sebuah jurnal. Nantinya, jurnal yang berhasil melalui seleksi DIKTI akan dikelola oleh lembaga khusus akreditasi untuk jurnal ilmiah bernama Arjuna (Sistem Akreditasi Jurnal Nasional)

perbedaan jurnal dan paper drai segi penelitinya
  • Identitas – Jurnal Memiliki Identitas Sejumlah Peneliti, Paper Memiliki Identitas Individu

Jurnal memiliki identitas yang banyak termasuk judul, daftar isi, ISSN, volume, dan lainnya. Hal ini lantaran jurnal adalah kumpulan beberapa tulisan yang terdiri dari beberapa nama peneliti yang bergerak di disiplin ilmu yang sama.

Sementara, paper memiliki identitas yang lebih sederhana yaitu data diri peneliti, judul, halaman, dan tidak memiliki volume.

  • Situs – Jurnal Punya, Paper Tidak

Paper lebih bersifat individual, sehingga publikasinya bisa dilakukan secara mandiri. Sementara, jurnal menyangkut sejumlah pihak sehingga dibutuhkan sebuah situs yang mewadahi jurnal yang ada.

Setelah melalui akreditasi dan memiliki ISNN, jurnal kemudian diunggah ke situs jurnal, agar nantinya mudah diakses oleh masyarakat. Ada sejumlah situs pencarian jurnal internasional antara lain ScienceDirect, DOAJ, dan Research Gate.

  • Kuantitas – Jurnal Lebih Banyak, Paper Lebih Sedikit

Mengingat bahwa jurnal adalah kumpulan penelitian dari sejumlah peneliti yang kemudian dibukukan dan dipublikasikan ke situs jurnal online, maka jumlah lembar yang dimiliki oleh jurnal jauh lebih banyak dibandingkan paper. Paper adalah sebuah tulisan karya individu, yang jumlahnya hanya beberapa lembar saja.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa jurnal dan paper adalah dua tulisan yang berbeda, melihat dari segi proses pengumpulan, jadwal publikasi, akreditasi, identitas, situs, dan kuantitas.

Secara singkat, jurnal adalah kumpulan penelitian sejumlah orang yang nantinya diseleksi untuk kemudian dipublikasi secara resmi, yang mana punya waktu lebih lama untuk dipublikasi.

Sementara, makalah adalah tulisan indiividu yang tanpa harus melalui seleksi dan bisa dipublikasikan kapan saja dan tanpa adanya sebuah situs resmi yang menaungi.

Perbedaan Jurnal dengan Makalah

Membahas tentang jurnal dan makalah, ada beberapa aspek yang membedakan keduanya. Dari pengertian, makalah merupakan karya tulis ilmiah yang mengulas bidang tertentu, sementara jurnal merupakan kumpulan tulisan hasil sejumlah penelitian yang diadakan oleh peneliti. Makalah bertujuan bertujuan mengelola informasi sementara jurnal melakukan identifikasi penilaian, dan pencatatan.

i k l a n

Makalah bermanfaat untuk mengerti dan mencari solusi dari suatu permasalahan. Makalah juga digunakan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari ketika berhadapan langsung dengan kasus di lapangan.

Sementara jurnal digunakan untuk mengetahui timbulnya perubahan dari suatu kejadian, entah bertambah atau berkurang, dan perubahan tersebut dijadikan referensi di penelitian mendatang.

Makalah berfungsi untuk mengumpulkan data ilmiah dan mengelolanya secara benar dan cermat, memperluas ilmu di bidang tertentu, dan menjadi bagian dari sumbangsih pemikiran masyarakat terhadap topik tertentu. Jurnal berfungis untuk mencatat hal-hal yang bersifat informative, instruktif, analisis, dan historis.

Makalah ditulis dengan format judul dan dilanjutkan dengan permasalahan, kajian teori, dan pembahasan. Nantinya, makalah akan ditutup dengan kesimpulan, saran, penutup, dan daftar pustaka.

Jurnal  terdiri dari judul, nama penulis dan pembimbing. Dilanjutkan dengan abstrak beserta kata kunci, pendahulan, metode, dan pembahasan. Kemudian ditutup dengan simpulan, daftar pustaka.

perbedaan jurnal dan paper

Bedanya Jurnal dan Artikel

Sementara, untuk jurnal dan artikel, ada pula beberapa faktor yang membedakan keduanya. Jurnal adaalh kumpulan aritkel tentang disiplin ilmu tertentu, semetana artikel adah tulisan tentang topik menarik di tengah masyarakat dan tertulis terpisah dari koran, majalah, ataupun buku. Jurnal bersifat publikasi, sementara artikel meruapakn karya sastra.

Jurnal ditulis untuk keperluan akademis, sementara artikel bersifat informatif. Dengan demikian, jurnal berisi ulasan buku, prestasi, konten editorial, umpan balik, maupun perkembangan zaman.

perbedaan jurnal dan artikel

Sementara, artikel lebih mencakup tentang cerita, berita, fakta, informasi, ataupun pengalaman penulis yang juga bisa berisi fakta, saran, maupun pendapat.

Bagaimana cara mencari jurnal yang sesuai dengan apa yang kita inginkan?

Pertama, kunjungi situs web PNRI dan lakukan pendaftaran. Setelah berhasil, masuk ke E-resource dan temukan segudang basis data di atas. Jelajahilah semua, dan rasakan pengalamannya, mana yang cocok untuk bidang ilmumu.
Saya coba EBSCO, ternyata ini lebih cocok untuk ilmu sosial humaniora ketimbang life science. Namun jika universitasmu juga berlangganan EBSCO secara mandiri (misal UGM), bisa jadi yang dilanggan berbeda dan ada konten life science dan medicine juga.
Kedua, yang saya sukai adalah ProQuest, terutama basis data Thesis/Dissertation. Di sini cukup masukkan kata kunci, dan akan keluar naskah disertasi S3 full text dari berbagai universitas keren di dunia, di mana Google ga mungkin bisa menjamahnya. Dan ini LEGAL!

Editor's Choices:

Dengan mengetahui perbedaan jurnal dan paper, mahasiswa dan masyarakat umum dapat memanfaatkan keduanya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
Jurusan Kuliah yang Bisa Sambil Kerja
prospek kerja teknik mesin
Jurusan Saintek UGM
jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan
Prospek Kerja Budidaya Perairan