7 Materi Presentasi yang Menarik untuk Mahasiswa

Saat kuliah, Anda mungkin mengalami banyak proses dalam perkuliahan. Dalam setiap mata kuliah, Anda mungkin akan mendapatkan tugas untuk dipresentasikan. Nah, materi presentasi yang menarik untuk mahasiswa sesungguhnya tidak sulit ditemukan kok.

Menentukan materi kuliah sebenarnya cukup mudah bagi Anda yang ingin menarik perhatian rekan-rekan sekelas. Namun, Anda tetap harus informatif pada saat memilih topik untuk presentasi. Agar bisa menciptakan materi presentasi kuliah yang menarik, ada kiat-kiat yang harus diikuti.

Topik presentasi haruslah bisa menarik perhatian dari para pendengarnya. Oleh karena itu, ada beberapa cara agar membuat presentasi Anda semakin menyenangkan dan menarik untuk didengarkan oleh audiens di kelas.

Materi Presentasi yang Menarik untuk Mahasiswa

Sebelum membahas kiat-kiat pentingnya, yuk ketahui beberapa topik yang cocok untuk Anda pertimbangkan saat hendak membuat presentasi di kelas!

Materi Menarik Presentasi Mahasiswa

Banyak sekali topik presentasi yang bisa dipilih saat hendak membuat materi presentasi. Sesungguhnya, presentasi bisa menarik karena dua factor, yaitu factor materi dan faktor tampilan. Apabila bisa mengkombinasikan semuanya, Anda bisa menarik perhatian dari para penonton.

Sponsored Link

Memilih materi presentasi sesungguhnya tidak sulit, kok. Apabila Anda ingin mencoba presentasi dengan materi yang bisa menarik perhatian audiens, maka Anda juga harus berpikir kreatif. Mengkreasikan materi presentasi yang baik bisa meningkatkan kemungkinan Anda bisa mendapatkan berbagai keunggulan dari presentasi yang ada.

Topik seputar kerja keras menjadi salah satu yang paling menarik dan banyak dicari oleh mahasiswa. Bagaimana pun, para mahasiswa merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk sukses di masa depan.

Topik seputar kerja keras dan kesuksesan bisa menjadi salah satu hal yang bisa mencuri perhatian para audiens. Hal ini juga jadi salah satu cara terbaik untuk memperoleh perhatian.

Topik seputar tren industri terbaru juga bisa Anda pilih sehingga menjadikan presentasi Anda lebih menarik. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan keunggulan berupa pertanyaan yang cerdas dari teman-teman sekelas.

Topik yang terkait dengan undang-undang kontroversial juga bisa menjadi sebuah hal menarik untuk dibahas. Karena Anda merupakan seorang mahasiswa yang memiliki pikiran tajam, maka Anda bisa memilih topik ini untuk memiliki diskusi cerdas bersama teman sekelas Anda.

Jika tertarik membahas tentang berita terkini, tidak ada salahnya Anda coba, lho! Apalagi jika Anda memiliki materi kuliah yang relevan dengan berita tersebut. Pastinya, Anda tidak akan mengalami kesulitan saat membawakan materi presentasi yang Anda siapkan sebelumnya.

Topik yang terkait dengan studi kasus juga cukup menarik dicoba. Saat Anda memilih sebuah topik terbaik, Anda bisa menyandingkan sebuah kasus dengan teori atau materi yang Anda pelajari saat itu.

Anda juga bisa melempar pertanyaan-pertanyaan umpan untuk menarik minat para audiens. Tentunya, cara ini bisa digunakan jika Anda menginginkan sebuah cara yang asyik untuk memancing diskusi yang cerdas.

Banyak cara yang juga bisa lakukan untuk memilih topik terbaik. Salah satunya adalah dengan mengadakan conference call dengan para pakar yang terkait dengan materi yang sedang Anda bahas di kelas. Hal ini tentunya sangat mengasyikkan dan menyenangkan, bukan?

Itulah beberapa hal yang paling menyenangkan untuk dicoba. Jika Anda tertarik untuk memilih topik presentasi yang menarik, maka Anda bisa mulai memilih dan menentukan topik mana yang paling cocok untuk dicoba.

Sponsored Link

7 Tips Mudah Menciptakan Presentasi yang Menarik

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan jika ingin mendapatkan kenyamanan saat menciptakan presentasi yang menarik. Dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Penasaran dengan tipsnya? Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda coba:

1. Tampilkan presentasi yang singkat, padat, dan tidak terlalu banyak teks. Ingat, teks yang terlalu banyak bisa membuat audiens merasa bosan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya hanya memasukkan sebagian teks agar tidak mengalami kesulitan saat menarik perhatian audiens.

2. Anda juga bisa menggunakan banyak gambar sehingga audiens merasa lebih banyak interaksi yang terjadi antara Anda dan audiens. Cara ini juga sangat cocok untuk membuat presentasi Anda semakin menyenangkan.

3. Tambahkan efek, namun jangan berlebihan. Transisi yang ada di Power Point bisa Anda gunakan untuk membuat presentasi Anda semakin menarik dan menyenangkan. Hal ini juga bisa dipilih untuk meningkatkan kenyamanan audiens saat menonton presentasi.

4. Jika memungkinkan, tambahkan sebuah cerita untuk menarik perhatian audiens. Cara ini akan sangat mudah dilakukan sehingga bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan diskusi yang baik dan cerdas dengan rekan sekelas Anda.

5. Pastikan Anda juga bisa menjadi seorang yang mempresentasikan materi dengan timing yang tepat. Anda bisa mengajukan pertanyaan pada waktu yang tepat, sehingga Anda tidak membuat para audiens bosan.

6. Jika memiliki banyak materi yang harus disampaikan, Anda juga harus memastikan bahwa poin-poin penting dari presentasi tersebut sudah tersusun dengan baik dalam 3 topik utama. Hal ini memudahkan Anda untuk beralih dari satu bagian ke bagian lainnya.

Itulah beberapa hal yang paling penting untuk Anda pertimbangkan saat memilih materi dan mempersiapkan presentasi yang menyenangkan. Ingat, sebuah presentasi yang baik adalah presentasi yang bisa mengundang banyak perhatian dari audiens.

Hal inilah yang nantinya akan membuat Anda semakin menikmati presentasi yang Anda sampaikan di forum. Tentunya, ini menjadi hal penting sebagai materi presentasi yang menarik untuk mahasiswa, khususnya untuk Anda.

Apa saja kesalahan umum yang sering dilakukan saat presentasi ?

Menggunakan Istilah-Istilah Sulit Dimengerti.
Melakukan Pengulangan Kalimat.
Berbicara dengan Gaya Berbisik / Intonasi kurang tepat.
Terlalu Banyak Melakukan Gerakan / Gesture.
Komunikasi yang Terlalu Satu Arah tanpa melibatkan interaksi.

Editor's Choices:

i k l a n

Bagaimana cara menangani pertanyaan tak terduga saat presentasi?

Langkah pertama memuji pertanyaan/audiens sembari memikirkan jawaban,
Step yang kedua adalah mengulur jawaban di sesi presentasi, misalnya “… karena jawaban yang Ibu ajukan perlu penjelasan yang mendetail, maka jawaban akan saya sampaikan diakhir presentasi kali ini.”
Cara ketiga yaitu menjawab berdasarkan hal yang umum/pengalamannya yang hanya terjadi pada anda/subyektif. Contoh: “Dari apa yang saya pelajari…”
Cara terakhir, tidak disarankan untuk dilakukan, yaitu mengatakan sebenarnya bahwa anda tidak mengetahui materi.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan EkBang
Universitas Tertua Di Indonesia
Soft Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa agar Kompetitif
Prospek Kerja Teknik Geologi
Daftar Universitas Termahal Di Indonesia
Syarat menjadi tukang parkir pesawat - gaji tukang parkir pesawat - cara menjadi tukang parkir pesawat - marshaller pesawat